Tentang Negeri Samba (1): Amigo Secreto

Dewi Aichi – Brazil

 

Saya sudah janji untuk menulis tentang amigo secreto kepada Ratna Elnino Agustina, tetapi berhubung bertabrakan dengan pekerjaan, maka baru kali ini bisa memenuhi janjiku untuk menulis.

Amigo = teman, secreto=rahasia, jadi amigo secreto artinya teman rahasia. Di Brasil, setiap akhir tahun, yaitu liburan antara Natal sampai Tahun Baru, biasanya teman-teman, saudara, atau perusahaan maupun kantor-kantor, mengadakan acara makan bersama, berkumpul, atau pesta.

Dalam kesempatan acara seperti itu, biasanya diadakan tukar kado yang disebut “amigo secreto”. Misalnya begini, kita semua teman-teman di baltyra mengadakan kopdar. Sebut saja sebagai contoh JC, Anoew , Pak Iwan , Fire , mas Sumonggo, Pak Handoko, Elnino, Lani, Pak DJ , BU Nunuk, Emon , JL, Meita, Itsmi, Hennie, Nia, Lembayung , Ayla, Pampam dan lain-lain.

Kemudian dalam satu kertas ukuran kartu nama, ditulis semua nama-nama peserta kopdar. Setelah ditulis, masukkan ke dalam amplop, dan dilem. Kira-kira seminggu sebelum hari H, para peserta kopdar harus mengambil amplop dan melihat nama siapa yang tertera dalam amplop.

Jika jarak jauh, amplop bisa diberi nomor, sehingga yang tidak bisa mengambil langsung, bisa menyebutkan nomor amplop, kemudian dikirim via pos. Para peserta tidak boleh saling membocorkan rahasia. Namanya saja amigo secreto kok, kalau ngga rahasia, pas acara tukar kado ngga seru.

Setelah semuanya mendapatkan teman rahasia, koordinatornya mengedarkan selembar kertas dimana dalam kertas tersebut tercantum semua nama peserta kopdar dan harga kado, sebut saja untuk harga kado adalah 10 juta rupiah.

Selanjutnya, misalnya saja JC sebagai koordinator, harus jalan untuk mengedarkan lembar kertas tersebut, pertama ke rumah Pak Iwan misalnya. Setelah di tangan Pak Iwan, Pak Iwan harus menuliskan kado apa yang diinginkan. Tulis saja, untuk Pak Iwan misalnya minta kado mie instant satu kardus misalnya. Setelah dari rumah Pak Iwan, JC langsung ke rumah Elnino, kemudian Elnino menuliskan permintaannya dalam kertas tersebut, misalnya saja Elnino minta lingerie VS ukuran xxx. Begitu seterusnya sampai semua peserta menuliskan keinginannya.

Lani menuliskan permintaannya yaitu “pacar”, wah repot ini belinya, di mana ya ada yang jualan pacar? JC minta Tablet yang sudah kelindes truk, JL minta rokok sak pabriknya, Ayla minta sawah satu hektar, Pak Handoko minta monyet sehutan rimba, Hennie minta pesawat beserta pilotnya dan seterusnya.

Setelah itu, kertas bisa difotocopy dan disebarkan ke seluruh peserta kopdar. Jadi masing-masing peserta kopdar yang telah mempunyai teman rahasia, bisa membaca keinginan temannya melalui kertas tersebut dan harus membeli kado sesuai keinginan teman rahasianya.

Tibalah hari H, setelah berkumpul, bercanda, bercerita, makan-makan dan dansa…dansa, nossa..nossa…assim voce me mata…..! Saatnya saling tukar kado.

Biasanya kalau di Brasil, yang pertama disuruh mengungkapkan siapakah teman rahasianya adalah tuan rumah. Tetapi karena ini acara kopdar diadakan di hotel bintang 5, maka yang ditunjuk untuk mengungkapkan teman rahasia pertama kalinya adalah JC sebagai koordinator.

Dalam mengungkap teman rahasia, JC harus menyebut sifat, ciri-ciri, karakter, atau pekerjaan, atau apapun, biasanya sampai sejelek-jeleknya ciri temannya (bercandaan), tapi ngga boleh menyakiti, dan ngga boleh saling tersinggung…kan biasanya sudah tau sama tau dan bercanda. Tidak boleh ada acara sakit hati, tujuannya kan senang-senang bersama.

JC: “teman rahasia saya yaitu, hmmm…seorang wanita, cantik, tapi jarang mandi. Makannya banyak sekali. Modis sih….tapi kalau ketawa, seluruh Jakarta bisa dengerin saking kerasnya. Teman saya ini, RKS alias rodo kenthir sithik. Tapi baik hati dan tidak sombong.”

Nah….di antara waktu JC menyebutkan ciri ciri tersebut, peserta mulai menebak nebak, siapa yaaaaa…?
Kemudian JC, menyebutkan nama teman rahasianya yaitu LANIIIIIII….., sambil menyerahkan kado, cipika cipiki, Lani membuka kado dan memperlihatkan ke seluruh peserta.

Selanjutnya giliran Lani yang akan mengungkap siapakah tman rahasianya. Lani: “teman rahasiaku jik kinyis-kinyis, wonge nek turu mesthi ngiler (curiga mode on, kok tau kalau tidur ngiler, apa tidur bareng?). Dia seorang pria. Tidak punya jempol, tapi yang naksir banyak. Pasti pakai ilmu pelet. Sambil ketawa ketiwi, Lani melanjutkan pidatonya. Teman saya itu, DDR alias, Daya Dong Rendah, tapi kalau soal bening-bening, cepat sekali nangkepnya. Siapakah dia..?…!”

Dilanjut yuk secara beranting mengungkapkan teman rahasia kita..! Silahkan Anoew sekarang giliranmu..!

Jadi dengan acara “amigo secreto” ini, semua mendapatkan kado sesuai dengan yang diinginkan. Seperti arisan tapi mendapatkannya secara serempak dalam satu waktu. Suatu saat jika ada kopdar, diadakan seperti ini sepertinya asik juga, yah….biar semakin akrab dan meriah.

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

47 Comments to "Tentang Negeri Samba (1): Amigo Secreto"

  1. anoew  19 February, 2012 at 21:29

    Lha kalau yg di yutup kan jamak, tidak eksklusip lah. Kalau dirimu yg meliput kan bisa mengarah ke body painting, tattoo, kiwir-kiwir dsb dsb… Tapi, yg detail lho hahaha..

  2. Dewi Aichi  19 February, 2012 at 21:16

    Oya Anoew, nanti malam siaran langsung dari Rio de Janeiro….lebih heboh, lebih glamour….lebih hot, lebih berani

  3. Dewi Aichi  19 February, 2012 at 21:10

    Anoew….videonya ada….cuma ngga bisa upload saja……foto sebagian ada di fbku…detail yang gimana…ohhh….carnaval….banyak linknya kok, nanti yang terbaru aku kirimi linknya ya….kalau yang tahun lalu udah banyak YouTube …yang terbaru sedang berlangsung..

  4. anoew  19 February, 2012 at 20:51

    Wik, nti kalau pas ada acara itu lagi diliput ya. Sedetail mungkin.

  5. Dewi Aichi  19 February, 2012 at 20:28

    Kornelya…ha ha….ada saksinya, bahwa apa yang dikatakan Jc itu benar….! Oya….carnaval Brasil memang sangat liar…makanya seneng tuh para wartawan, dari TV lokal maupun internasional, tiap saat interview wanita wanita telanjang, hanya dibaluti make up, glitter dan cat tubuh…wuih ngga kebayang jika FPI, di lokasi samba…semaput 3 bulan….

    Anoewwwww….jumlahnya 69 kok……

  6. Dewi Aichi  19 February, 2012 at 20:24

    Tammy….berarti sama ya….jadi enak, semua dapat kado….!

  7. Dewi Aichi  19 February, 2012 at 20:23

    Pak Handoko…seksi konsumen? Pas puasa kok ha ha….aku seksi sekali aja…..seperti biasa ha ha….

  8. Dewi Aichi  19 February, 2012 at 20:22

    Kalau koordinatornya, eh koordinatir wong cewe kok, Ayla…kalau dirimu….boleh keliling dunia…tapi biaya sendiri…..enak ajaaaaa…

  9. anoew  18 February, 2012 at 11:26

    Kornelya, jumlahnya 72 atau lebih?

  10. Kornelya  18 February, 2012 at 11:06

    Mba Dewi, FPI nonton carnaval di Brasil, malah mblongop; pentungnya terlepas dari tangan, lututnya bergetar, sambil komat-kamit ; ooh ternyata bidadari itu adanya di Brasil. Salam .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.