Montserrat

Mpek Dul

 

Di dunia ini ada dua tempat yang bernama Montserrat.

Yang pertama adalah satu kepulauan kecil wilayah luar negeri dari Britania Raya yang terletak di laut Karibia. Pulau ini diketemukan oleh Columbus ketika menemukan benua Amerika dan menamakan pulau ini “Montserrat”, berdasarkan sebuah gunung dengan nama yang sama di Spanyol.

Yang kedua yang saya tuliskan di sini aadalah  Montserrat, satu daerah pegunungan di propinsi Cataluῆa atau Catalonia, Spanyol, 50 km di sebelah barat laut Barcelona, ibu kota dari propinsi ini. Dan merupakan batas perpisahan antara daerah  Anoia, Bages en Baix Llobregat.

Selain itu Montserrat merupakan pegunungan yang terpenting dan salah satu yang paling misterius di dunia, karena suasananya yang begitu agung, hikmat sebagai satu tempat pertapaan agama Kristen Roma Katolik  sehingga menjadikan satu tempat ziarah yang sangat banyak dikunjungi.

Biara Montserrat sendiri adalah satu lingkungan biara dan pertapaan yang besar sekali dari agama Katolik milik tarekat Benekditin yang sejak tahun 888 mempunyai kapel yang didirikan oleh seorang imam Oliba Ripoll. Tahun 1560 resmi diberkati. Di tahun 1812 dirusak oleh tentara Napoleon. Baru pada pertengahan abad ke XIX direnovasi lagi dengan gaya arsitektur seperti yang sekarang ini, disertai elemen-elemen tehnik yang saat itu sudah dipikirkan sampai lebih lanjut untuk masa depan yang dmodern tanpa merusak corak budaya aslinya.

Ketika saya untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di tempat ini, bulu kuduk saya berdiri, bukan karena takut melainkan keagungan tempat ini yang menekan saya untuk memberikan rasa hormat dan kekaguman yang luar biasa, selain arsitektur yang sangat tinggi. Selain itu juga menjadi satu tempat pendakian yang digemari oleh para pendaki gunung.

Tempatnya terkurung dan dilindungi oleh gunung-gunung batu di sekitarnya, meski tempat ini sendiri tidak jauh dari kota metropolitan Barcelona dan dapat dicapai dengan kereta listrik bergigi yang khusus dipakai untuk di pegunungan sehingga dapat mendaki. Kereta listrik ini juga banyak dipakai di Swiss. Nama dari gunung Montserrat ini berasal dari dialek Catalonia “mont” atau gunung, dan “serrat” atau pegunungan, dalam bahasa Spanyol: Sierra. Sebetulnya kata “serrat” sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “gergaji”, sehingga akirnya nama Montserrat di artikan “gunung yang ter-gergaji”, karena bentuknya yang juga “bergerigi”.

Di propinsi Catalonia nama Montserrat merupakan satu tradisi yang banyak dipakai oleh wanita  dan biasanya ada yang disingkat Montse, Muntsa, Serrat atau Rat, tetapi sejak abad ke 19 nama ini juga dipakai oleh pria.

Penyanyi-penyanyi sopran yang terkenal Montserrat Figueras dan Montserrat Caballé juga kelahiran Barcelona. Caballé pernah menyanyi bersama Freddie Mercurie dengan lagu terkenal Barcelona yang dipakai sebagai lagu pembukaan Olympiade Barcelona.

Puncak tertingginya adalah  Sant Jeroni di ketinggian 1236 m di atas permukaan lalut. Puncak-puncak lainnya adalah Cavall Bernat, Les Agulles, Serrat del Moro, Montgrós, Sant Joan en Palomera.  Pada tahun 1987 Montserrat diberi status “cagar alam nasional” oleh pemerintah Spanyol dan dilindungi sepenuhnya karena letaknya dan bangunannya yang istimewa dan sangat cocok arsitekturnya dengan alam di sekitarnya. Meskipun tidak banyak flora yang dapat tumbuh di sini, tetapi  mempunyai fauna yang khusus hanya diketemukan di daerah ini, seperti kambing bertanduk yang dikenal sebagai “Aries” di dunia astrologi perbintangan.

Menurut  penyelidikan geologi diperkirakan bahwa bentuk gunung yang aneh dan hanya khusus seperti di Montserrat dan juga yang pada awal mulanya diketemukan di bagian sebelah barat laut dan tenggara daerah ini, adalah gunung berapi atau gunung batu karang, tetapi dari hasil penyelidikan lebih lanjut, ternyata gunung terdiri dari kalsit (calcite) dan kapur  yang kemudian berdasarkan proses ratusan ribu tahun, sehingga berwarna agak merah muda. Kombinasi ini sangat unik sekali karena didunia ini tidak banyak gunung yang mengandung komposisi semacam ini.

Menurut legenda, di gua Santa Cova, ada orang yang menemukan patung bunda Maria, ibu dari Yesus atau Isa, tanpa pernah diketahui dari mana asal mulanya. Sejak itu gunung ini dikuasai suasana yang penuh spiritualitas, itulah yang secara tidak disadari membawa suasana yang hikmat dan hormat penuh misteri dan spiritalitas. Di samping biara utama ini banyak dibangun gereja-gereja dan kapel (rumah ibadah kecil).

Patung Maria yang berwarna agak coklat ini berasal dari abad ke 17 ketika masih belum ada bangunan di sini, sehingga dinamakan la Moreneta atau ” the Braun” atau “si Coklat” dapat dilihat di tempat tersendiri di gereja di kompleks biara ini. Sampai sekarang Maria di akui sebagai pelindung propinsi Cataluῆa atau Catalonia dan dirayakan setiap tahun di Montserrat pada tanggal 27 April.

Biara  Montserrat yang dalam bahasa Catalonia Monastir de Montserrat ini berada di ketinggian 720 meter, di  sebelah timur dari gunun ini dan dikenal sebagai satu tempat ziarah dan di sekitarnya ada hotel yang khusus untuk tamu-tamu yang ingin bermalam di sana, dan hampir selalu penuh.

Selain itu biara ini mempunyai perpustakaan yang unik, sekitar 300.000 buku-buku termasuk koleksi kuno dari abad ke 14 Llibre Vermell, satu kumpulan lagu-lagu koor anak-anak dan termasuk tertua di Eropa, juga ada satu museum dimana koleksi El Greco, Picasso dan Salvador Dalí, selain benda-benda kuno dari jaman Farao, termasuk satu mummie, sumbangan dari Mesir sebagai satu tanda penghargaan kebudayaan.

Montserrat  dapat dicapai dengan mobil lewat jalan yang berliku liku di lereng pegunungan “de Carretera de Montserrat” lebih kurang 1 jam 30 menit, dengan kereta listrik sekitar 1 jam  berangkat dari stasiun  Monistrol de Montserrat, milik perusahaan kereta listrik bergerigi FGC de Cremallera de Montserrat. Tetapi cara yang paling cepat untuk mencapai tempat ini adalah dengan kereta berkawat yang bergantung di antara stasiun Aeri de Montserrat dan pegunungan ini hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

Untuk mereka yang di satu saat berkunjung ke Barcelona, saya anjurkan untuk meluangkan waktu berkunjung ke tempat yang sangat indah dan tidak ada duanya di dunia ini, selain  penuh spiritualitas. Adios !

 

35 Comments to "Montserrat"

  1. Dewi Aichi  24 February, 2012 at 07:58

    Mpek Dul……lhaaaaaaaaaaa…wong sama saja, di Indonesia juga begitu kok ….ke rumah Mpek Dul aja deh..saya ngga tau apa yang akan terjadi di 2014 dalam piala dunia dan 2016 untuk olimpiade….buktinya Brasil sudah dipercaya…

  2. mpek DuL  24 February, 2012 at 07:18

    Dewi Aichi Says: February 24th, 2012 at 06:00
    Piala dibanting…langsung pasukan pengaman menangkap dan sekarang masih di tahan
    Si pria itu padahal cakep banget, Keanu R kalah deh….badannya kokoh, melompat dengan ringan di pagar tempat juri…

    Lha kamu itu ngawasi pialanya apa pria nya? Baru gitu aja udah ribut, gimana nanti kalau mau organisasi Olympic games 2016 dan juga gimana kalo sampai Brasilia (Maxi) dikalahkan Belanda (mini) lagi dalam pertandingan sepakbola dunia 2014, stadionnya bisa dijebol
    WA – AK bener? udah kamu balik aja ke Indonesia kalo gitu.

  3. Dewi Aichi  24 February, 2012 at 06:00

    Piala dibanting…langsung pasukan pengaman menangkap dan sekarang masih di tahan….ini aku sedang lihat beritanya lagi….untuk Sao Paulo dimenangkan mocidade, Rio dimenangkan oleh tijuca….

  4. Dewi Aichi  24 February, 2012 at 05:56

    Mpek Dul….wah kok tau sih….aku kan belum ngasih tau tentang ribut ribut itu he he……iya benar sekali…carnaval yang begitu megahhhh dan mewah, ternoda dengan ulah 2 orang pria yang melompat ke ruang juri, merebut semua kertas yang berisi point point dari sekolah sekolah samba yang ikut desfile….tetapi si pria itu memang sudah beberapa kali masuk penjara karena beberapa kasus kejahatan. Si pria itu padahal cakep banget, Keanu R kalah deh….badannya kokoh, melompat dengan ringan di pagar tempat juri…

  5. mpek DuL  24 February, 2012 at 05:15

    IWAN SATYANEGARA KAMAH Says: February 24th, 2012 at 00:08
    Kapan nulis negara Cikeas?

    Lho yang dimaksudkan Cikeas desa di kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Indonesia ?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.