(Swike) Ayam (Kuah Tauco)

Meitasari S

 

Sudah beberapa minggu ini aku, berhemat sambil belajar memasak. Ternyata asik juga. Selain lebih variatif tentu juga lebih higienis.

Nah, gara-gara Buto ngusrekin terus buat nulis masakan, maka kupilih masakan favoritku. Walau istilahnya salah menurut JC, tapi tetep aja ndablek. Wkwwxk. Bukan apa-apa, susah juga merubah apa yang selama ini aku hapal sebagai Swieke. Seperti halnya orang yang mengatakan silet, padahal silet itu kan merek pisau cukur. (Ngeles aja nih, xixixi)

Swieke, kata Buto artinya ayam air alias kodok. Tapi karena di Semarang dan sekitarnya Swieke itu dimasak pakai taoco dan kuah bawang plus jahe, maka biar gampang, kusebut masakanku SWIEKE AYAM. Ini bukanlah masakan PIDAK (injak) lho ya para sudrun!

Baiklah mulai bahan dulu ya : ayam, bawang (separo digeprek, separo digoreng), jahe, gula jawa, kecap, onclang (daun bawang), daun jeruk dan taoco tentu. Weitz hampir lupa, jeruk nipis!

Sekarang cara masaknya. Pertama, cuci ayamnya dulu. Terus di rebus.

Sementara merebus, goreng bawang dulu untuk ditaburkan setelah masakan siap.

Terus geprek jahe dan bawang. Kemudian digongso, setelah harum, masuk kan taoco, daun jeruk. Pasti baunya hmmm.. Lalu masukkan ayam yg sudah direbus. Gongso bersama bumbu tadi sampai menyatu bumbunya, Tambahkan kaldu dan air yang banyak biar segar panas-panas kuahnya. Oh ya gula jawa serta kecap jangan lupa. Hati-hati jika mau menambahkan garam. Karena biasanya sudah asin. Jika suka tambahkan rawit dan onclang juga sledri. Dan kalau sudah mendidih masukkan bawang goreng. Selesai!

Kalau udah mau maem, beri perasan jeruk nipis…Wawww, yum dah! Dijamin!

Sudah ya..Gampang to? Cobalah, pasti ketagihan. Selamat mencoba!

Jika hasilnya tidak enak, jangan salahkan saya. Kan sudah dibilang saya tidak pintar memasak. Siapa suruh percaya saya…Wkwkwk, salam ceria!

 

About Meitasari S

Seorang istri dan ibu pekerja yang karena pilihan kehidupan, menahkodai keluarganya paralel dengan suaminya yang satu di Jakarta dan satu lagi di Semarang. Jiwa sosialnya yang tinggi, membuatnya terlibat juga dalam kepengurusan salah satu sekolah asrama di Jawa Tengah dan juga dalam lembaga sosial Anak-anak Terang yang mendanai anak-anak kurang mampu untuk menempuh pendidikan yang lebih baik.

My Facebook Arsip Artikel

110 Comments to "(Swike) Ayam (Kuah Tauco)"

  1. Meitasari S  14 March, 2012 at 19:32

    mawar, hahaha sori br balas. Iyo lah. Tp tetep kalah ama suami je. Nyatane masakan ku kalah pamor ma punya dia tuh. Ha ha ha.

    Ok ditgu ya kalo k smg harus kontak aku., salam manis dari aku yg paling manis

  2. Mawar09  3 March, 2012 at 05:33

    Meita: Gitu dong belajar masak mulai sekarang biar bisa ngalahin suami, atau pura2 kalah ya supaya ngga usah masak??? ha…ha….
    Oh… Semarang sudah mulai panas ya?! Aku tahun ini belum bisa mudik, kan sudah tahun lalu mudiknya, mudikku setiap 2 tahun sekali. Kan tinggalku jauh jadi ngga bisa setiap tahun, pengen sih !!! he…he… Salam manis !

  3. Meitasari S  2 March, 2012 at 17:49

    Halo mawar. Tx walo tak suka sdh baca. Ya aku memang lg belajar masak aja. Soalnya aku ini kalah jago ama suami. Jd masakanku gak laku. Anak2 pilih masakan ayahnya. Jadi ya kumakan sendiri aja buat makan siangku.

    Semarang udah mulai panas. Tp msh ada hujan. Ayo ntar awal agust k smg. Kopdar ama kang dj, ayla n da.. Salam manis ..

  4. Mawar09  1 March, 2012 at 01:02

    Meita : lagi belajar masak ya atau baru mulai menunjukkan salah satu ke ahlianmu yang disembunyikan?? Sayang aku ngga doyan taoco, jadi ngga bisa mempraktekkan resep masakan mu ini. Apakabar dengan Semarang? masih suka hujan kah? Salam manis!

  5. Meitasari S  24 February, 2012 at 20:00

    El, kuwi ora salah kamar. Sudah takdir dr mu memberi komen itu di masakanku. Ha ha ha

  6. Meitasari S  24 February, 2012 at 19:59

    Kang anoew murid yg cerdas utk hal seputar paha kodok…

  7. Meitasari S  24 February, 2012 at 19:57

    P. Han, radar e kang anoew sngt peka dg sgala sesuatu yg ber hub dg paha…

  8. elnino  24 February, 2012 at 08:19

    Waduh, kok aku salah kamar ki… Iki komen untuk artikel ISK maksude.
    Tapi swiwi ayam mu ketoke lumayan kok, nyah sudrun.

  9. elnino  24 February, 2012 at 08:11

    Excellent!!

  10. anoew  24 February, 2012 at 07:12

    Lha itu, pak Hand ngajari ada otot yang hidup di paha..

Terima kasih sudah membaca dan berkomentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Image (JPEG, max 50KB, please)