Temu Kangen Kanca Sinau

Ratman Aspari

 

JAKARTA – Bertempat di anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sabtu (03/03/12), diadakan Temu Kangen Kanca Sinau, Alumni dan Pendiri SMA Purnama Gombong. Acara berlangsung cukup meriah, kurang lebih tiga ratusan orang alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni SMA Purnama (IKASMAP) Gombong tampak memadati anjungan Jawa Tengah di TMII.

Acara ini diikuti oleh semua angkatan, mereka datang dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari luar pulau Jawa sengaja datang, selain untuk sekedar melepas rasa kangen sesama rekan mereka, acara ini juga sebagai bentuk kepedulian para alumni terhadap alamaternya, SMA Purnama Gombong.

Selain para almuni, para guru sekaligus jajaran pendiri SMA Purnama Gombong juga tampak hadir pada acara tersebut. Para pendiri sengaja menyempatkan diri datang ke Jakarta untuk menghadiri acara tersebut.

Bambang Widodo, selaku Ketua IKASMAP dalam kata sambutannya mengatakan, dipilihnya baju warna putih untuk para alumni yang hadir saat ini untuk mengenang kebersamaan kita ketika masih di SMA dulu. Selain itu lanjut Bambang, apa yang terjadi di SMA purnama Gombong saat ini, menjadi pemikiran dan keprihatinan kita, para alumni.

IKASMAP, lanjut Bambang, akan senantiasa berada di belakang para pendiri SMA Purnama yang saat ini sedang berjuang untuk menyelesaikan kemelut, keluar dari krisis yang melanda SMA Purnama Gombong dari cengkeraman pihak yayasan serta pihak lain yang ingin menguasai keberadaan sekolah tersebut.

“Hari ini, kita semua merasa bersyukur sekaligus bangga kepada guru dan para pendiri yang hadir ditempat ini, berkat perjuangan beliau-beliau yang begitu gigih inilah bisa berdiri sebuah lembaga pendidikan tempat dimana kita bisa menimba ilmu. Namun dalam usia yang sudah senja, para pendiri ini masih harus berjuang sendirian untuk memperoleh kembali hak-haknya. Untuk itu kami seluruh almuni yang tegabung dalam IKASMAP akan selalu berada di belakang para pendiri ini,” tegas Ketua IKASMAP.

Sementara itu, H.Marsito Hadiraharjo,BA salah satu pendiri mengatakan langkah yang bernilai tinggi dan terpuji adalah langkah para alumni (alumnus) yang telah membentuk IKASMAP. Berarti semua alumni yang tergabung dalam IKASMAP masuk dalam tingkat maju (majunya SMA Purnama-red).

“Setiap alumni di depan saya adalah ahli sesuatu, harus kami hargai setinggi-tingginya, dan tetap terikat dalam pribadi IKASMAP tanpa meninggalkan sejarah yang baik kita bawa terus, yang jelek kita buang jauh. Keberadaan sekolah SMA Purnama Gombong dengan asetnya yang ada saat ini, merupakan hasil kerja para pendiri dan guru yang begitu tulus mengabdi sejak awal, dan ada hak alumni di situ, ”ujar H.Marsito.

Di akhir acara Temu Kangen Kanca Sinau, Alumni dan Pendiri SMA Purnama Gombong, juga diikrarkan melalui sebuah deklarasi untuk terbentuknya Yayasan IKASMAP,  sehingga ikrar ini bisa disebut sebagai Deklarasi Taman Mini (03 Maret 2012).

Yayasan IKASMAP ini telah mengakomodir berbagai masukan dari seluruh angkatan alumni yang ada, berbagai program dan agenda kegiatan telah dijadwalkan sesuai kebutuhannya, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. (Ratman Aspari)

 

14 Comments to "Temu Kangen Kanca Sinau"

  1. Tito  20 April, 2014 at 16:16

    Good Job Senior fr. 1996.

  2. Untung Wahyudi  29 October, 2012 at 11:42

    Mohon dapat di informasikan alamat sekretariat IKASMAP Gombong, terimakasih.

  3. taufan  25 July, 2012 at 05:15

    pak kancono apa kabar. masih ingat tdk dengan taufan.

  4. Kancono R. Warsito  26 April, 2012 at 19:19

    Selamat….. maju terus……dan sukses selalu… IKASMAP-Gombong!

    Telah tertorehkan sejarah SMA Kerabat II Gombong, kelak alumninya menyesaki perjuangan bangsa, negara dan bangsa sebagai goresan prasasti “Tinta Emas”, walau sekolah kita kini sedang colaps. Semoga ada diantara para alumni yang peduli untuk mencerahkan kembali. JASMERAH = jangan sesekali meninggalkan sejarah. Kita kenang masa lalu untuk membangun masa depan kita. Jaya, jaya selalu Alumni IKASMAP Gombong!!!

    Wasalam,
    Dr. Kancono, M.Si
    (alumnus SMA Purnama Gombong 1979 kini bekerja sebagai staf opengajar di Prodi Pendidikan Kimia, FKIP-UNIB, Bengkulu, email : kanconow@yahoo.co.id; kancono@hotmail.com). Kontak selalu via FB.

Terima kasih sudah membaca dan berkomentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)