Rubik’s Cube

Gandalf The Grey – Middle Earth

 

Kubus Rubik atau Rubik’s Cube atau Magic Cube atau Magic Block (nama saat pertama masuk Indonesia) adalah salah satu alat permainan paling terkenal di dunia yang sudah lama beredar. Menurut sejarahnya mainan ini diciptakan oleh Ernő Rubik di tahun 1974 tapi baru diproduksi massal dan mendunia di awal tahun 1980-an. Kebetulan saat berkunjung ke rumah teman ada kubus Rubik milik anaknya yang dalam keadaan teracak, secara iseng saya coba main dan berhasil mengembalikan ke enam sisinya. Sang anak cukup takjub karena ternyata dia belum menguasai ilmu solusi kubus Rubik ini, hasilnya malah si anak sengaja mengacak lagi dan kemudian meminta saya menyusunnya lagi tapi dengan stopwatch siap di tangannya! Tantangan ini berhasil saya selesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit, cukup bagus mengingat saya tidak pernah latihan dan harus mengingat-ingat dulu rumus-rumus solusi yang pernah saya pelajari di masa kecil dulu.

Beberapa hari kemudian saat berbelanja di supermarket kebetulan ada kubus Rubik berwarna putih yang murah dan langsung saya masukkan keranjang belanjaan. Setelah di rumah baru ketahuan ternyata kubus ini menggunakan sistem yang berbeda dimana tidak menggunakan per, jadi gerakan putaran sangat ringan tapi juga sangat mudah bergeser karena tersenggol sehingga kadang-kadang saat hendak diputar ada yang tersangkut karena ada elemen yang posisinya tidak pas/rata. Dengan kubus ini mulailah saya mencoba me-refresh dan menggenapi ilmu kubus Rubik yang pernah saya pelajari tapi belum genap / sempurna sehingga kadang-kadang macet dan tidak berhasil menyusun keenam sisinya.

Setelah melengkapi rumus solusi kubus Rubik saya berhasil menembus waktu solusi di bawah 3 menit. Nah, di sinilah mulai terasa jika kubus putih murahan ini susah dimainkan dengan cepat karena sering tersangkut dan hampir saja terlepas berantakan elemen-elemennya. Maka mulailah saya mencari kubus yang lebih bagus, target utama jelas kubus Rubik yang asli dan berhasil saya temukan di toko mainan Toys R’ Us, sayangnya ini adalah jenis yang diperkecil ukurannya sehingga terasa agak kurang enak/pas di tangan.

Hasil googling dan baidu-ing mendapatkan beberapa merk kubus Rubik buatan China yang bagus dan diakui pemain kubus Rubik dunia. Dari sebuah toko online saya memesan kubus Rubik merk Dayan Guhong berwarna dasar biru yang didesain khusus untuk ‘speed-cubing’ alias lomba adu cepat kubus Rubik, jadi sangat lancar diputar dan tidak mudah terlepas karena mempunyai bentuk elemen yang memungkinkan untuk diputar walaupun posisinya belum pas (rata/lurus). Dengan kubus ini saya berhasil menembus waktu di bawah 2 menit, cukup cepat untuk ukuran pemula dengan rumus solusi sederhana (beginner’s solution).

Secara umum solusi kubus Rubik bisa dibagi menjadi dua jenis:
1. Solusi sederhana (beginner’s solution), paling mudah diingat karena hanya sedikit rumus yang perlu diingat tapi juga paling lambat waktu solusinya karena ada rumus yang harus diulang beberapa kali. Metoda ini dimulai dengan menyusun satu sisi dasar dahulu lalu dilanjutkan ke lapis kedua sisi samping dan terakhir lapis ketiga sisi samping dan sisi atas disusun bersamaan. Biasanya pada setiap kubus Rubik disertakan lembaran solusi sederhana ini berupa gambar yang relatif mudah dimengerti.

2. Solusi tingkat lanjut / khusus untuk lomba adu cepat, ada beberapa ‘guru’ yang menciptakan metoda berbeda diantaranya adalah Jessica Fridrich (http://ws2.binghamton.edu/fridrich/cube.html) dengan metodanya CFOP (Cross, F2L, OLL, PLL) dimulai dengan menyusun Cross atau posisi silang seperti tanda + pada sisi dasar lalu dilanjut dengan tahap F2L, First 2 Layer atau 2 lapis pertama yang mirip beginner’s solution, kemudian dilanjut tahap akhir OLL dan PLL (Orient Last Layer, Permute Last Layer). Lars Petrus (http://lar5.com/cube/) menciptakan metoda menyusun kubus kecil 2x2x2 kemudian dilanjut ke 2x2x3 dan kemudian baru 3x3x3. Ada juga metoda Roux (http://grrroux.free.fr/), metoda ZZ (http://cube.crider.co.uk/) dan lain-lain. Solusi tingkat lanjut biasanya menggunakan notasi khusus untuk menyebut bagian dan arah putaran.

Beberapa fakta menarik tentang kubus Rubik ini:

Dalam kondisi normal kubus Rubik mempunyai 43 quintrilyun kombinasi posisi berbeda yang semuanya bisa diselesaikan menjadi 1 posisi sempurna (1 quintrilyun = 1 milyar-milyar atau 1 dengan 18 angka nol di belakangnya!). Seandainya ada 43 quintrilyun kubus Rubik dengan posisi berbeda ini dijajarkan memanjang segaris maka panjang barisan kubus itu akan mengelilingi bumi 275 kali!

Jika kubus dibongkar elemennya dan disusun kembali secara manual maka bisa didapat 519 quintrilyun kombinasi posisi berbeda, tapi tentunya hanya 43 quintrilyun posisi yang bisa diselesaikan menjadi 6 sisi sempurna. Hal ini disebabkan karena sistem mekanis kubus Rubik membuat setiap gerakan kubus selalu ada hubungannya dengan elemen lain, jadi ada perubahan posisi elemen yang tidak mungkin dicapai tanpa membongkar kubus. Oleh karena itu jika kubus Rubik anda terlepas berantakan, susunlah kembali dalam posisi 6 sisi sempurna, jangan asal susun karena ada kemungkinan tidak bisa diselesaikan dengan metoda/solusi apapun (selain metoda bongkar ulang tentunya).

Secara teoritis ternyata semua posisi kubus Rubik yang 43 quintrilyun tadi bisa diselesaikan secara optimal dengan 20 langkah / gerakan saja bahkan kurang! Beberapa ahli solusi kubus Rubik memang bisa menyelesaikan dengan kurang dari 30 langkah tapi untuk 20 langkah rasanya hampir tidak mungkin dicapai oleh manusia biasa, sehingga memerlukan program khusus yang dijalankan di jaringan komputer milik Google (mungkin setara super-komputer kemampuan kalkulasinya) untuk membuktikannya. Oleh karena itu angka 20 ini disebut sebagai God’s number, karena dianggap hanya Tuhan / dewa yang bisa menyelesaikan kubus Rubik dalam 20 langkah atau kurang.

Rekor solusi tercepat kubus Rubik saat ini dipegang Feliks Zemdegs dari Australia dengan waktu 5.66 detik saja (menggunakan kubus Dayan V ZhanChi). Silakan perhatikan betapa cepat kubus itu diputar dalam video youtube ini http://www.youtube.com/watch?v=3v_Km6cv6DU.

Rekor rata-rata untuk lomba juga dipegang Feliks Zemdegs dengan waktu 7.64 detik. Dalam perlombaan biasanya pemain diwajibkan menyusun kubus 5 kali dengan posisi acak yang berbeda lalu diambil waktu rata-rata dari 3 waktu tengah, jadi waktu tercepat dan waktu terlambat tidak dihitung tapi tetap dicatat. Juga sebelum timer waktu dimulai, pemain mendapat waktu beberapa detik untuk melihat dan menganalisa secara cepat kubus teracak itu tanpa merubah posisinya.

Ternyata di Indonesia ada banyak juga penggila kubus Rubik ini yang mampu menyusun dengan super cepat dalam hitungan kurang dari 30 detik. Saat ini rekor tercepat saya sudah dalam hitungan detik tapi masih 59 detik alias hampir 1 menit. Solusi dalam waktu kurang dari 90 detik sudah sering tercapai tapi untuk menembus 60 detik rasanya cukup berat, mungkin perlu merapal metoda Fridrich dan melatih jari-jari tangan melakukan finger trick.

Berikut adalah syarat atau modal untuk bisa menyusun kubus Rubik dengan cepat (jika ingin menyusun dengan super cepat tinggal tambahkan saja kata ‘super’ di setiap kata sifat / kata keterangan kerja di bawah ini)
1. Kubus Rubik yang baik, lancar dan bisa diputar cepat, bisa diberi pelumas khusus dan juga dimodifikasi.
2. Finger trick atau trik jari tangan yang terlatih untuk memutar kubus dengan cepat dan tepat posisinya.
3. Kemampuan mata melihat kombinasi warna kubus dengan cepat untuk menentukan rumus yang harus digunakan.
4. Kapasitas otak dan memory yang baik untuk mengingat dan mencari rumus yang diperlukan untuk posisi tertentu dengan cepat serta sinkron dengan kecepatan mata.
5. Keberuntungan yang besar, kadang-kadang bisa mendapat posisi yang mudah diselesaikan…

Bagi pemula yang ingin belajar menyusun kubus Rubik kebetulan saya menemukan artikel video yang mudah dipahami dan menarik, http://rubikku.ning.com/group/beginnercentral/forum/topics/belajar-rubik-cara-playgroup (Peringatan: harap berhati-hati dalam menerapkan jurus ’1-2-3-bablas’ apalagi jurus ‘isep-isep-lepeh’ dalam tutorial ini).

Selain kubus Rubik 3x3x3 ini ada banyak variasi dan modifikasi alat permainan yang mirip, misalnya kubus 4x4x4, kubus 5x5x5, kubus 6x6x6 bahkan kubus 11x11x11, juga bentuk asimetris yang tidak kubus lagi tapi piramid tetrahedron, silinder, bola dan lain-lain, yang tentunya punya tingkat kesulitan berbeda.

 

62 Comments to "Rubik’s Cube"

  1. lembayung  17 March, 2012 at 12:32

    makasih mbah, kali ini tugasnya kulemparkan kepada Dung-Dung-Pret dan Tante Cemong aja.

  2. Gandalf the Grey  17 March, 2012 at 11:36

    Lemb: kalo begitu silakan dicari dan di-riset dulu, lalu tolong buatkan artikelnya di sini ya…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)