Jangan Brongkos

Elnino

 

Halo teman-teman Baltyra yang berbahagia…

Kali ini saya pengen coba urun resep masakan kesukaan saya: jangan brongkos alias sayur brongkos. Kalo miss Sudrun van Mberok alias Nurmeita saja bisa bikin swike swiwi ayam, masak saya gak bisa bikin yang lain sih, hihi…

Saya kurang tahu, apakah sayur yang berwarna kecoklatan nan gurih ini juga dikenal di daerah lain, selain Jogja dan Jawa Tengah (mungkin)? Bahan utama yang harus ada dalam jangan brongkos ini adalah kacang tholo (kacang beras?), santan dan kluwek/kluwak. Untuk pelengkapnya bisa ditambahkan tetelan/daging sapi/iga/ceker ayam, telor rebus, labu siam, tahu, kulit melinjo yang merah….terserah apa saja deh, yang kira-kira matching (asal jangan cuilan sendal jepit saja dimasukkan, hehe..)

Nah, berikut ini bahan-bahannya:

  • 250 gr kacang tholo
  • 250 gr daging sapi/tetelan/iga
  • 5 butir telor ayam rebus (jangan pake telur buaya, susah nyarinya…)
  • 1-2 buah labu siam
  • 1 buah tahu cina ukuran 10 cm x 10 cm (waktu beli harap bawa penggaris), dipotong 2 cm x 2 cm atau sesuai selera
  • 1/2 butir kelapa untuk dibuat santan

Bumbu-bumbunya:

  • 5-6 buah kluwek diambil isinya
  • 6 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 2-3 butir kemiri
  • 1 jempol kunyit
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 sdm ketumbar
  • Sejumput gula pasir bagi yang menyukai ada tone manis di masakannya (saya sih gak pake, lebih suka yang bernuansa asin gurih)
  • Cabe rawit merah utuh bagi yang suka pedas (saya gak pake)
  • 3 batang sereh digeprek pake ulekan
  • 5 lembar daun jeruk (robek separo biar keluar aromanya)
  • Garam secukupnya

Pembaca, beginilah cara memasaknya (Farah Queen mode on):

Pertama, cuci daging sampai bersih kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah agak empuk, masukkan kacang tholo. Nah, sambil nunggu kacangnya empuk, telornya dikupas deh tuh…(tapi kalo kang Anoew suka makan sekulit-kulitnya juga, gak papa deh, gak usah dikupas). Labu siamnya juga dikupas and then dipotong kotak-kotak (soalnya kalo bulet-bulet disangka mau bikin cocktail buah). Kelapa parutnya diperas dengan seksama untuk mendapatkan santan kira-kira satu rantang (pinjem rantangnya Buto nih, dengan syarat ngembaliinnya harus diisi jangan brongkos yang udah mateng…ih, pamrih banget!). Oya, kalo dagingnya dah empuk dan ukurannya masih terlalu besar, boleh lho diangkat dulu dari rebusan dan dipotong-potong sesuai selera…

Teruusss (ngomongnya pake megal-megol ya…), semua bumbu diuleg halus kecuali cabe, daun jeruk dan sereh. Setelah bumbunya halus, ditumis dengan sedikit minyak sampe harum kemudian masukkan ke rebusan daging dan kacang tholo. Jangan lupa masukkan daun jeruk dan serehnya sekalian ya… Tuangkan santan, menyusul kemudian labu, dan telor. Terakhir cemplungkan tahu dan cabe rawit. Aduk-aduk supaya santannya nggak pecah. Setelah labu lunak, cicipi rasanya apakah sudah cukup asin atau belum. Kalo terlalu asin bisa diseimbangkan dengan menambahkan sedikit gula pasir. Nah, jangan brongkos yang gurih dan nikmat siap dihidangkan dan disantap, deh! Gimana, nggak susah kan memasaknya?

Ini dia penampakan jangan brongkos yang gak pake tahu

 

Yang pake tahu n ekstra labu siam (kesukaan tuan besar :p)

 

83 Comments to "Jangan Brongkos"

  1. elnino  4 April, 2012 at 13:27

    Yyk, penambahan labu atau kulit mlinjo or whatever itu, sah2 aja kok, hehe… Kebetulan suani saya suka banget sama labu siam. Jadi bikin rawon pun tetap ditambahin labu. Tapi labunya jadi terasa enak lho, beneran… Nah, kalo kacang tholo, emang kesukaan saya
    Makasih ya, udah mampir.

  2. yyk  4 April, 2012 at 12:40

    hehhehhe jd kangen ma sayur ni. tp kalo mami saya bikin gak pake labu siam tu pak. n banyakin kacang tholonya. mantabbbbs !

  3. elnino  18 March, 2012 at 04:32

    Makanya gak nawari kamu Yung… Ya sudah tak kasih ongkos aja nih, beliin sego kuciing di lik Gembus ya..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.