Klepon

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER…..!!!

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. yang selalu dan selalu pamer…..Ikutan dimas Josh Chen…Biarin saja, wong punya-punyaku sendiri…hahahahahaha….!!! Jangan ada yang marah ya, hanya sekedar jokes saja…

Apa anehnya sih yang dinamakan “ KLEPON “ ??? Benar memang, semua orang Indonesia tau apa itu klepon….Lha terus, Dj. mau pamer apanya…??? Mau melanjutkan nulis, malah tertawa dulu…. bolehkan….??? Hahahahahahahaha….!!!

Sedang enak-enaknya leyeh-leyeh, taunya bel rumah berbunyi dan bertubi-tubi (bukan Tübingen lho Hennie). Dj. sudah mikir, ini pasti tingkah si cucu yang bandel dan pasti ada yang dia mau pamerin atau tanyakan ke opanya. Sampai di dalam rumah, dia sudah tidak sabar, mau bicara…tapi mulutnya ditutup oleh tangan ayahnya.

Dan Junior bilang…. Warte doch mal ein moment…. (tunggulah sebentar). Setelah dia buka jacketnya maka ayahnya bilang, sekarang kamu boleh bicara….Dia cerita dengan mulut dan 2 tangannya, katanya….Saya telah bantu mama dan papa bikin kueh kesukaan opa.

Papa bikin besar, mama bikin juga besar, hanya saya bikin kecil….Nah lo….. bikin kueh apa nih….??? Ada besar dan ada yang kecil….Lalu keluarkah maminya dari dapur dan berkata… ini opa, kami tadi bertiga bikin, David juga bantu bikin…

Ooooaaaallaaaah….!!! Jebule mereka bikin KLEPON tho…!!!

David langsung protest, aku juga turut bikin, aku juga mau diphoto dengan klepon..

 

Nah setelah dia puas, maka ditaruhnya di atas meja makan.

Dan David ambilkan beberapa untuk opanya.

Yang kecil, opa harus makan, itu saya yang bikin, dipencet-pencet lalu mama bilang, dikasi gula coklat dan dibikin bundar…. hahahahaha…!!!

Hhhhhmmmmmm…!!! Ternyata enak sekali, memang sudah lama juga tidak makan klepon. Maka datanglah menantu dan bertanya… bagaimana opa, enak atau tidak….??? Sudah sejak minggu lalu ingin bikin klepon, tapi kelapa parut nya selalu kosong di Asia toko.

Nah ini dia mengapa Dj. pamerkan ini klepon. Karena yang bikin bukan orang Indonesia dan juga bukan orang Jawa. Tapi orang dari Slovakia, ya benar….menantu Dj. orang dari Slovakia. Tapi dia mau belajar bersama Susi masak masakan Indonesia, juga bikin kue klepon dan pisang goreng.

Yang mana sebelum dia kenal si Junior (Dewo), hal ini belum pernah dia dengar, apalagi bikin, mimpi juga tidak. Jangankan klepon, lha makan nasi saja baru di rumah kami, sampai dia bisa bikin nasi goreng sendiri. Jadi ingat saat-saat pertama dia suka bikin klepon dan memang tidak ada bedanya dengan klepon bikinan orang Jawa.

Tapi satu saat, dia dapat tugas dari persekutuan kami, untuk bikin kueh dan dia juga sanggupi. Saat selesai kebaktian, maka seperti biasa, acara ramah tamah, makan kueh dan minum teh atau kopi. Nah saat kuehnya yang Jana bikin sudah siap di ruang sebelah, maka kami semua menuju ke ruang makan.

Semua orang Indonesia kaget dan banyak yang teriak… kueh apa ini…??? Jana dengan tenang menjawab… YUUUUUP…!!! KLEPON…!!! Lho..klepon kan hijau…!!! Lha ini kok warnanya “rosa“…??? Jana masih dengan tenang menjawab, bosen…!!! selalu hijau, sekali-kali ganti warna biar kelihatan lain…

Semua yang ada di dalam ruangan… serentak…. hahahahahahahahaha….!!! Tapi tetap rasa klepon, jadi ya habis juga sih…. (walau lain warna, tapi tetap enak).

Okay…kalau ada yang mau protest, maka Dj. ikut sertakan cerita kecil di bawah ini…

J.C karo Lani lagi guyonan (J.C. dan Lani sedang bercanda)

J.C : Lan…, aku duwe bedeg an (Lan…, aku punya tebakan…)

Lani : Opo dul !!!! (bukan Cak Doel dan bukan juga mpek Dul lho ya)

J.C. : Kalau pagi di dapur, kalau siang di sumur, Kalau malam di kasur opo Lan…???

Lani : Yo jelas Bojomu tho dul.

J.C. : Salah..!!!!

Lani : Lha opo…???

J.C. : Salah…!!!

Lani : Po, o…, salah… salah… mulu…!!!

J.C. : Sing bener iku KOMPOR…!!!

Lani : Kok iso…….. ??? (kok bisa… ???)

J.C. : Suka-suka aku tho, lha wong kompor-komporku dewe, mau tak taruh di kasur, di sumur, di dapur yo sak senengku tho……..

Hahahahahahahahahaha….!!! Lariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..!!!! Wuuuuuuuuuussssssstttttt…..!!!! Sebelum dibalang dingklik sama yu Lani….!!!

Untuk dimas Josh Chen, Dj. siapkan bebek panggang dari Thai Restaurant…Biar dimakan berdua dengan kembarannya….

Okay…okay…Semoga yu Lani dan dimas tidak marah ya, dengan guyonan Dj. ini. Terimakasih untuk kesabaran anda semuanya, semoga Kasih dan Berkat TUHAN, menaungi kita senantiasa…. !!!

Salam klepon manis dari Mainz.

Dj. 813

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

103 Comments to "Klepon"

  1. Dj.  4 April, 2012 at 03:01

    Hallo Celo…….
    Terimakasih sudah mampir…
    Puji TUHAN….!!!
    Kalau oret-oretan Dj. diatas bisa mengibur mbak Celo….
    Salam manis dari Mainz.

  2. Cello Mita  4 April, 2012 at 02:52

    sumpah ngakak baca guyonan nya,,,,makasih ya Om DJ, tadi sedih plg dr kantor suntukkk, skg bisa ketawa ketiwi terhibur artikel nya OM yg ringan dan menghibur…GBU

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *