Menikmati Pertunjukan The Royal Edinburgh Military Tattoo

Cechgentong

 

The Royal Edinburgh Military Tattoo adalah acara tahunan yang menampilkan kehebatan para anggota korps militer dari berbagai negara dalam memainkan alat musik dan tarian. Acara ini mirip dengan festival Drum Band tetapi lebih dikhususkan bagi anggota militer.

Pada tahun 2011, The Royal Edinburgh Military Tattoo memasuki tahun ke-61 penyelenggaraannya pada bulan Agustus lalu. Seperti tahun-tahun sebelumya pertunjukkan The Royal Edinburgh Military Tattoo diadakan di Istana Edinburgh, Skotlandia. Dengan mengusung tema “Of The Sea”, acara dibuka oleh korps drum band The Royal Navi Piracy Patrol yang memainkan alat musik tradisional Massed Pipe dan Drum.

Menurut  Chief Executive and Producer, Brigadier David Allfrey, acara The Royal Edinburgh Military Tattoo tahun 2011 dipersiapkan lebih matang dan menarik bagi para penonton. Istana Edinburgh diselubungi oleh kain hitam sehingga memberikan kesan impresif dad ditunjang pula oleh peralatan Amphitheater canggih dan mewah bernilai 16 juta poundsterling.

The Royal Edinburgh Military Tattoo (fettesmanagement.wordpress.com)

Hampir seribu penampil seperti musisi, penyanyi dan penari dari anggota militer seluruh dunia turut meramaikan acara ini. Diantaranya debutan Brazilian Marine Corps Martial Band yang berjumlah 90 orang dengan tarian sambanya, the German Mountain Army Band menampilkan tarian tradisonal Bavaria, Band of the Royal Netherlands Army Mounted Regiments dengan atraksi memainkan alat musik sambil bersepeda, Norwegian Armed Forces -His Majesty The King’s Guard Band and Drill Team yang menampilkan tarian asal Skotlandia dengan atraksi yang luar biasa dengan penuh kedisiplinan dan ketepatan dalam pertunjukkannya dan masih banyak lagi.

Tetapi dari semua itu yang menarik perhatian adalah atraksi dari Switzerland’s Top Secret Drum Corps. Band dari korps agen rahasia (Top Secret) asal Swiss sangat terkenal dalam setiap pertunjukkan drum band militer di seluruh dunia. Pada acara ini mereka mempertunjukkan permainan drum band apik yang digabungkan dengan ketrampilan ala sirkus para anggotanya. Luar biasa. (Atraksinya lihat video di bawah).

Pertunjukkan tahunan ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari para penontonnya sehingga kesan militer yang kaku dan disiplin mencair. Penonton sangat menikmati keseluruhan acara. Event ini memberikan kesan bahwa musik adalah bahasa universal (dunia) dan keuniversalan itulah yang dapat memudahkan manusia dimanapun menerimanya dengan penuh perdamaian.

Menurut rencana, The Royal Edinburgh Military Tattoo ke 62 pada tahun 2012 kembali dilaksanakan pada tanggal 3-25 Agustus 2012. Bagaimana dengan TNI ?

 

22 Comments to "Menikmati Pertunjukan The Royal Edinburgh Military Tattoo"

  1. cechgentong  22 March, 2012 at 10:43

    Mawar09, betul banget nonton sambil makan pisgor lebih nikmat. terima kasih ya

  2. Mawar09  22 March, 2012 at 06:46

    Cech : terima kasih ya artikelnya. Baca judulnya aku kira yang ikut pertunjukan semuanya ber tattoo, tahu nya ngga! Menonton pertunjukan sambil makan pisang goreng pastilah asyik banget !!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.