Khas Semarang Peranakan (4): Pak Lay Ca ala Pawon Peony

Peony – Serpong


Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…

Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME ya…

Hari ini Peony masih lanjut dengan sajian khas Semarang Peranakan ala Pawon Peony berikutnya yaitu.. Pak Lay Ca. Pak Lay itu menurut hematku artinya adalah ati ampela ^-^ jadi menu ini adalah ca ati ampela…Oiya… mengenai Pak Lay Ca ini, Peony yakin banyak versi nya, tapi yang Peony sajikan adalah Pak Lay Ca menurut versi yang sering Peony masak ya… maklum… nama nya juga “ala Pawon Peony”…

Gak pake lama, mari kita siapkan…

  • 10 pasang ati-ampela
  • 5 siung bawang putih, keprek – cincang kasar
  • 1 butir bawang bombay ukuran sedang, iris sesuai selera
  • 1 tangkai daun bawang, iris persegi panjang
  • 100 gr wortel, potong sesuai selera
  • 100 gr kembang kol, potong sesuai kuntum
  • 100 gr kapri manis, bersihkan
  • 250 ml kaldu ayam
  • 2 ruas jahe, keprek
  • larutan maizena secukupnya
  • lada, gula dan garam sesuai selera
  • sedikit minyak untuk menumis

Kemudian…

  • Cuci bersih ati-ampla, buang semua kotoran dan lemak yang menempel, rebus dengan seruas jahe hingga matang (dan ampela nya empuk). Potong -potong ati ampela sesuai selera.
  • Panaskan minyak, tumis seruas jahe + bawang putih hingga bawangnya harum, masukkan bawang bombay dan daun bawang, aduk-aduk hingga bawang bombay setengah matang.
  • Masukkan ati-ampela, aduk-aduk sebentar, masukkan wortel, kaldu ayam, lada, gula dan garam. Masak hingga wortel setengah matang.
  • Masukkan kapri manis dan kembang kol, aduk sebentar, masukkan larutan maizena, aduk-aduk hingga merata dan kuah agak mengental.
  • Pak Lay Ca siap disajikan.

Masih tetep mudah kan bikinnya… ayo silakan dicobain siapa tau cocok dengan selera…Selamat menikmati ya… Sampai jumpa diresep-resep khas Semarang peranakan berikutnya ya..

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony…

Dear Redaksi Baltyra.com… terima kasih banyak ya.. juga buat Sahabat Baltyra, terima kasih banyak karena sudah meluangkan waktu membaca sajian ala Pawonku… Pawon Peony (http://pawonpeony.blogspot.com/)

26 Comments to "Khas Semarang Peranakan (4): Pak Lay Ca ala Pawon Peony"

  1. Peony  28 March, 2012 at 13:41

    Ci Lani… iya bener juga Ci, kalau gak pake ati-ampla maka namanya berubah menjadi capcay..

  2. Peony  28 March, 2012 at 13:40

    Dear Alvina, makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    bener banget Alvina, masakan ini rasa nya mirip banget dengan capcay, hanya saja ada ati ampla nya..

    Ada kemungkinan sih pemakaian ati-ampla di menu capcay beberapa resto itu adalah sbg pengaruh dari menu paklay ca ini ya… tapi saya juga gak tau pasti.

    Silakan dicobain ya resep ini…

  3. Lani  28 March, 2012 at 03:08

    PEO : mungkin namanya jd cap cay ya? krn non ampela dan ati……..ya, gmn aku ora mangan segala macam jeroan je……

  4. Alvina VB  28 March, 2012 at 02:14

    Peony, ini rasanya mirip2 kaya cap-cay kah….bedanya mungkin cuma pakai ati dan ampela ya….
    Ttp banyak resto di Jkt yg taruh ati dan ampela loh di dlm cap-cay, apa ini pengaruh dari Semarang…

  5. Peony  27 March, 2012 at 09:39

    Dear Pak Dj, terima kasih Pak udah mampir dan juga buat apresiasinya

    Pak, capcay model semarangan emang beda tapi nganggenin (alias bikin kangen)… nanti saya kirim juga resepnya kesini ya Pak

    Salam manis juga dari Serpong…

  6. Peony  27 March, 2012 at 09:36

    Dear Kornelya, makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    ayo dicobain ya resepnya

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.