Khas Semarang Peranakan (4): Pak Lay Ca ala Pawon Peony

Peony – Serpong


Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…

Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME ya…

Hari ini Peony masih lanjut dengan sajian khas Semarang Peranakan ala Pawon Peony berikutnya yaitu.. Pak Lay Ca. Pak Lay itu menurut hematku artinya adalah ati ampela ^-^ jadi menu ini adalah ca ati ampela…Oiya… mengenai Pak Lay Ca ini, Peony yakin banyak versi nya, tapi yang Peony sajikan adalah Pak Lay Ca menurut versi yang sering Peony masak ya… maklum… nama nya juga “ala Pawon Peony”…

Gak pake lama, mari kita siapkan…

  • 10 pasang ati-ampela
  • 5 siung bawang putih, keprek – cincang kasar
  • 1 butir bawang bombay ukuran sedang, iris sesuai selera
  • 1 tangkai daun bawang, iris persegi panjang
  • 100 gr wortel, potong sesuai selera
  • 100 gr kembang kol, potong sesuai kuntum
  • 100 gr kapri manis, bersihkan
  • 250 ml kaldu ayam
  • 2 ruas jahe, keprek
  • larutan maizena secukupnya
  • lada, gula dan garam sesuai selera
  • sedikit minyak untuk menumis

Kemudian…

  • Cuci bersih ati-ampla, buang semua kotoran dan lemak yang menempel, rebus dengan seruas jahe hingga matang (dan ampela nya empuk). Potong -potong ati ampela sesuai selera.
  • Panaskan minyak, tumis seruas jahe + bawang putih hingga bawangnya harum, masukkan bawang bombay dan daun bawang, aduk-aduk hingga bawang bombay setengah matang.
  • Masukkan ati-ampela, aduk-aduk sebentar, masukkan wortel, kaldu ayam, lada, gula dan garam. Masak hingga wortel setengah matang.
  • Masukkan kapri manis dan kembang kol, aduk sebentar, masukkan larutan maizena, aduk-aduk hingga merata dan kuah agak mengental.
  • Pak Lay Ca siap disajikan.

Masih tetep mudah kan bikinnya… ayo silakan dicobain siapa tau cocok dengan selera…Selamat menikmati ya… Sampai jumpa diresep-resep khas Semarang peranakan berikutnya ya..

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony…

Dear Redaksi Baltyra.com… terima kasih banyak ya.. juga buat Sahabat Baltyra, terima kasih banyak karena sudah meluangkan waktu membaca sajian ala Pawonku… Pawon Peony (http://pawonpeony.blogspot.com/)

26 Comments to "Khas Semarang Peranakan (4): Pak Lay Ca ala Pawon Peony"

  1. Dj.  26 March, 2012 at 23:51

    Peony…..
    Kamsia…!!!
    Dj. mau sekali…!!!
    mau makannya saja…. hahahahahahahaha…!!!
    kalau ke Semarang, selalu makan Cak Chay goreng, ingat kesukaan ayah Dj.
    Jadi ingat alm. ayah….
    Salam manis dari Mainz….

  2. Kornelya  26 March, 2012 at 23:43

    Asyik hari ini ngga usah masak, bakalan dapat antaran dari Peony. Terima kasih sebelum kirimannya sampai.

  3. Peony  26 March, 2012 at 18:42

    Dear Pak Handoko, makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    Amaannnn Pak… masih banyak kok…

  4. Handoko Widagdo  26 March, 2012 at 18:35

    Aduh sore-sore baru bisa komen, semoga paklaynya belum habis.

  5. Peony  26 March, 2012 at 18:28

    Dear PamPam… makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    PamPam…. kalau kita masak apapun selama kita masih doyan makan hasil masakan kita… amannnnn

    Gimana kalau lain kali masak apapun, difoto trus di-sharing dg kita-kita di Baltyra ya
    Ditunggu… beneran lho..

    ohya, silakan dicoba resepku yg ini…

  6. [email protected]  26 March, 2012 at 18:16

    PEONY!!!… saya pernah masak capcay, tapi entah jadinya gak karuan…. (walau menurut perut sendiri sih ok2 aja)
    pokoknya, apapun masakannya sebelum di masak, ku harus pakei bawang bombay dulu supaya wangi…. hihihihi, tambah gula, tambah garam, tambah saos tirem…. tambah semua aja… masukin jadi 1….

    mbuh…. rasanya, dan sayurnya acak2an, dari daging ayam, sosis, maling (lancheon meat), bakso… (lho kok jadi banyak dagingnya daripada sayurnya ya)… ahahahahhahaha….

  7. Peony  26 March, 2012 at 17:14

    Dear Mas Anoew… makasih ya udah mampir dan jg buat apresiasinya

    lagi ngebayangin itu “rantang (ukuran) buto” segede apa ya

    Mas, kali ini, merah-merahnya pake wortel aja ya… saos’e ketinggalan

  8. anoew  26 March, 2012 at 17:11

    Masalah rantang-merantang saya jelas kalah sama Kang Josh, soale rantang buto.

    Pe, tumben gk dikasih merah-merah.. Saos, maksudnya.

  9. Peony  26 March, 2012 at 16:58

    Dear Erni, makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    Aku juga waktu masih anak-anak gak suka sayur

    btw, semua resep masakan ala dapurku pasti gampang lho…
    silakan dicobain ya, semoga cocok dengan selera dan anak-anak doyan

  10. erni  26 March, 2012 at 16:48

    tks ya peony, kayaknya gampang dan anakku pasti suka. mereka gak terlalu doyan sayuran, pusing tiap hari mikir masak apa. tambah dech satu menu he..he..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.