Maya dan Nyata (2): Kopdar

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER YANG BERBAHAGIA…..!!!

Perkenankan Dj. melanjutkan oret-oretan yang lalu mengenai dunia “maya” dan “nyata”….

Menurut dimas Josh Chen tidak ada dunia maya, yang ada adalah yang nyata, silahkan saja. Dunia maya, mungkin dunianya roh-roh halus ya…. hahahahaha…!!! Yang Dj. maksud dunia maya, mungkin juga tidak lain saat pertama kali saling berkenalan tanpa mengenal sosok yang sesungguhnya. Hanya dalam tulisan saja, tanpa tahu masing-masing, siapa dan tinggal dimana, kecuali nama dan itupun belum tentu nama yang benar.

Okay…. Dj. tidak akan mendiskusikannya, apa maya, atau nyata, yang jelas mas Handoko, malah senang dengan si Maya tetangganya. Hahahahahahahahaha….!!!

Well, semoga anda sehat semuanya, semoga bisa baca oret-oretan yang ngalor-ngidul ini dan jangan heran, bila memang demikian.

Okay…setelah seseorang berkenalan di millis dan belum pernah jumpa, maka keinginan untuk saling bertatap muka itu pasti ada.

Olehnya menyambung oret-oretan yang lalu, kami sobat di GMDj. juga saling penasaran, kapan dong dan dimana kita bisa bertemu. Untuk Dj. yang saat itu sering ke Belanda untuk berbelanja, maka satu kesempatan yang baik, kalau bisa bertemu dengan sobat di Belanda.

Jelas setelah janjian, maka bisa atur waktu, contohnya ke kota Oss, ke Veldhoven, ke Maastrich atau juga ke Almere…O… ya jelas juga ke Zuetemeer, ke rumah mbakyu NU2K…Sangat senang kalau bisa bertemu, walau hanya untuk sebentar saja, melepas rindu, karena yang tadinya hanya melihat photonya saja, sekarang bisa bertatap muka, bahkan bisa berpelukan….

Yang pertama kami kunjungi, malah sudah seperti saudara, karena saat di Ko-Ki dulu, telah menyapa Dj. dengan pertanyaan, apakah Dj. yang dulu pernah tinggal di komplex AURI Mandai / Makassar…??? Adiknya pak dokter…??? Tahunya kita pernah satu komplex, kenal dan bahkan adik kelas… (dunia memang sempit rasanya)

Saat mencari rumahnya di dekat kota Maastrich, kami dipandu lewat HP dan ternyata dia sudah menunggu di jalan raya. Hebat…!!! Pertemuan sangat rame dan cerita lama keluar semuanya…..hahahahahaha….!!!! Suaminya yang sangat tenang, juga Susi hanya menemani dengan cukup keheranan, tapi turut senang…

Dan saat kami pulang, tidak lupa pelajaran dari dimas, minta rantang sebelum pulang… hahahahahaha…!!!

Kami juga satu saaat mengunjungi sobat di Veldhoven…

Susi sudah seperti di rumah sendiri, karena kebetulan, ibu rumah ini buka katering, jadi di rumahnya buanyak sekali makanan dan juga kueh-kueh bikinan sendiri.

Pertemuan dengan mbakyu NU2K yang pertama kali di kota Breda, karena kami akan melanjutkan perjalanan ke Belgia. Ada pertemuan masyarakat Kristen Indonesia se Eropa di Mechelen. Setelah telpon-teponan, maka kami janji bertemu dengan mbakyu NU2K, di tengah kota Breda di salah satu cafe. Kesan yang sangat menyenangkan, karena ternyata mbakyu NU2K sangat sumeh (kata orang Jawa), senyumnya, selalu menghiasi wajah yang ayu.

Bila ada pertemuan, maka ada juga perpisahan, tapi pisah, dengan harapan bisa kembali bertemu.

Pada satu saat, Dj. juga harus ke Belgia lagi, karena ada kakak Dj. yang ikut konferensi di Brussel, jadi hanya mau ambil oleh-oleh saja. Mbakyu NU2K undang kami untuk makan malam di rumahnya. Malah pas di hari UlTah Dj., jadi merayakan UlTah di rumah mbakyu NU2K, bersama sobat GMDj. dari Maastrich dan Veldhoven. Mbakyu, pasti masih ingat akan mereka bukan…???

Mbakyu NU2K, begitu baiknya, ya…bahkan kueh UlTah juga mbakyu bikin untuk Dj. dan katanya…. Mas Dj. ini kuehnya dipotong dulu…. Hebat memang mbakyu satu ini, sangat perhatian sekali, melebihi mbakyu kandung.

Dan bukan hanya menerima kami yang dari Mainz, Veldhoven dan Maastrich, tapi mbakyu NU2K juga mengundang adiknya yang sibuk di kedutaan untuk hadir dan juga ada yang lainnya. Satu berkat Perjamuan Kasih yang tersedia di meja begitu buanyaaaak, melalui tangan kasih mbakyu NU2K. Dj. hanya bisa bersyukur, karena tangan Kasih TUHAN, selalu menemani kami, dimana saja kami berada.

Nah itu tadi sobat GMDj. yang tinggal di Belanda yang sempat kami kunjungi. Bila anda ada waktu dan ingin membaca pertemuan kami dengan sobat di Almeere….Silahkan cari artikelnya di KoKi, disana juga ada yang Dj. gendong…. Hahahahahahaha…!!!

Bagaimana dengan sobat GMDj. yang di Jerman…??? Jelas kami di Jerman juga banyak bikin kopdar an, bahkan boleh dibilang sering… Nah photo-photo di bawah ini, pertemuan sobat GMDj. di Jerman, yang pertama kali bertemu di kota Mainz, belum banyak, tapi sudah cukup meriah. Karena yang datang dari Berlin, sudah seperti anak Dj. dan sangat manja…. Begitu bertemu, langsung nemplok….!!!

Karena yang datang sudah malam hari, maka kami hanya sempat makan malam bersama di Restaurant. Dan paginya, kami sarapan bersama di rumah dengan cukup meriah. Yang datang saat itu, ada yang dari Goslar (teman yu Lani), dari Frankfurt dan juga dari Rüsselsheim.

Dan siang hari kami seperti kanak-kanak, jalan di pinggir bengawan Rhein dengan penuh cerita simpang siur.

Sorenya kami pulang ke rumah dan Susi sudah sediakan kolak untuk kaffezeit dan kami masih penuh semangat dan minum anggur (Juice anggur), tanda persahabatan.

Untuk makan malam, anak-anak kami sediakan gado-gado dan teman-temannya…

Nah itu tadi sedikit oret-oretan tentang Kopdar dengan sobat GMDj. di Belanda dan juga yang pertama kali di Mainz. Semoga oret-oretan ini bisa sedikit memotivasi anda semua yang masih ragu untuk bertemu dengan sobat yang sebelumnya belum pernah bertatap muka.

Jelas, semuanya memerlukan pengorbanan, baik biaya, tapi yang jelas adalah waktu, tapi akan seimbang dengan kegembiraan dalam persahabatan yang kita akan terima.

Karena semuanya itu tergantung sikap kita juga, bila kita dengan senang hati menerima sobat anda (seperti apa adanya), maka Dj. yakin sobat kita juga akan menerima kita dengan dua tangan terbuka dan hati yang bersuka cita. Bahkan saat berpisahpun, sudah melebihi seorang saudara, sampai bisa mewek…Dan inilah hebatnya persahabatan, dari yang tidak kenal, hingga tidak mau berpisah….. Yang melihat juga bisa ikutan mewek….

Terimakaksih untuk kesabaran anda semuanya, juga terimakasih Dj. kepada pengasuh BalTyRa yang selalu bersabar dan menayangkan oret-oretan Dj.

Selamat berkopdar ria, semoga kebahagiaan dan Kasih serta Berkat TUHAN, senantiasa menaungi kehidupan anda semuanya…!!! Mohon maaf, bila banyak kata-kata yang kurang berkenan.

 

Salam manis untuk anda semua dari kami di Mainz.

Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

79 Comments to "Maya dan Nyata (2): Kopdar"

  1. Dj.  3 April, 2012 at 03:49

    Hallo Evi…..
    Terimakasih sudah mampir….
    Hebat, sampai ada dua bike nya….
    Untuk sementara memang belum ada rencana ke USA.
    Bulaln Juli ini rencana mudik dulu.
    Apa Evi tidak ada rencana mudik…???
    Terimakasih untuk tawarannya, semoga bisa menjadi kenyataan ya.
    Salam manis dari Mainz.

  2. Evi Irons  2 April, 2012 at 10:19

    Saya mah mau banget kalau bisa ketemuan. Kapan Oom Dj ke Texas, Kebetulan lagi musim bike rally NIH, kit a bisa biker bareng, saya punya motor dua.

  3. Dj.  31 March, 2012 at 23:26

    KANG REEEEKKKEEEE…..!!!!

    NUHUN ATUUUUH….!!!

    Kamana saja anjeuna teh…???
    Daramang…Akang….???

  4. Reca Ence AR  31 March, 2012 at 23:13

    Seruuuuuuuuuu pak Dj
    iiihhhhhh Indahnyaaaaaaaa

    Salam Kangen
    Reca

  5. Dj.  31 March, 2012 at 15:29

    Lani Says:
    March 31st, 2012 at 06:09

    Walah mas, aku duwe 2 botol, mengko hari minggu aku meh kepasar tradisional beli bengkuang, mangga pencit, papaya mengkal, nanas, mo bikin rujak……..wes ngileeeeeeeer je…..
    Naik bus ke pitness?

    ————————————————————————————————————

    Selamat Pagi yu…
    O….di Kona ada bengkoang ya yu…???
    Hebat, ya sama di negara sendiri ya….
    Selamat menikmati rujaknya….

    Benar yu, dulu sering diantar Susi dengan mobil.
    Molai tahun ini ada ticket bus sangat murah, hanya bayar 10% dari harga aslinya.
    Naik bus dari depan rumah dan turun didepan pitnes center. Begitu juga pulangnya.
    Didepan rumah ada 2 bus yang lewat untuk ke kota.
    Tinggal duduk manis dan 15 menit sampai

    Salam manis dari Mainz

  6. Lani  31 March, 2012 at 06:09

    Yu Lani….
    O…begitu ya yu…
    Dj. kira ada rezept special….
    Tadi bangun, sarapan bersama Susi, sebelum dia berangkat ngarit.
    Dj. wis sregep yu, pagi sudah asah-asah, bikin kopi untuk Susi.
    Susi ngarit, Dj. langsung goreng tahu, untuk bikin sambel gooreng tahu, pakai rambak dan kacang merah.
    Begitu semua komplit, taunya tidak punya cabe… hahahahahaha….!!!
    Jadi sebentar lagi mau kekota, setelah pitnes, mau ke Asia toko, cari cabe, atau sambel uleg yang sudah jadi
    dibotol.
    ———————————-
    MAS DJ : ndak ada resep special mas…..cm ditambah taoco saja, biar sedep dan lain rasanya…….
    Bagus! Itu yg dinamakan suami jempol tenan wessss……..mas durung ngarit to? Cutinya msh berlanjut?
    Jgn lupa sambel gorengnya dikasih trasi sedikit biar lbh sedeppppppp
    Kapan hari aku ke supermarket ada cabai merah segar, murah lagi harganya aku beli 1kg! aku frozen mas, jd tiap mo masak tinggal ambil…..
    —————————-
    Sayang Kona jauh ya yu, kalau dekat, itu sambal rujaknya Dj. samperin.
    Padahal di botol juga masih ada setengah….
    Okay Yu, sampai nanti lagi, mau berangkat, busnya sebentar lagi datang…
    Salam manis dari Mainz…
    Walah mas, aku duwe 2 botol, mengko hari minggu aku meh kepasar tradisional beli bengkuang, mangga pencit, papaya mengkal, nanas, mo bikin rujak……..wes ngileeeeeeeer je…..
    Naik bus ke pitness?

  7. Dj.  30 March, 2012 at 15:17

    Yu Lani….
    O…begitu ya yu…
    Dj. kira ada rezept special….
    Tadi bangun, sarapan bersama Susi, sebelum dia berangkat ngarit.
    Dj. wis sregep yu, pagi sudah asah-asah, bikin kopi untuk Susi.
    Susi ngarit, Dj. langsung goreng tahu, untuk bikin sambel gooreng tahu, pakai rambak dan kacang merah.
    Begitu semua komplit, taunya tidak punya cabe… hahahahahaha….!!!
    Jadi sebentar lagi mau kekota, setelah pitnes, mau ke Asia toko, cari cabe, atau sambel uleg yang sudah jadi
    dibotol.

    Sayang Kona jauh ya yu, kalau dekat, itu sambal rujaknya Dj. samperin.
    Padahal di botol juga masih ada setengah….
    Okay Yu, sampai nanti lagi, mau berangkat, busnya sebentar lagi datang…
    Salam manis dari Mainz…

  8. Dj.  30 March, 2012 at 15:11

    Juwii Says:
    March 30th, 2012 at 04:26

    Pak Djoko, thanks for sharing… Paling asik kumpul2 yah… Widihhh… Makanannya kompliiit…
    —————————————————————–

    Juwi….
    Terimakasih ya sudah mampir….!!
    Benar paling asyiiiik, ngumpul rame-rame, ngobrol ngalor-ngidul sambil makan….
    Tanpa ada diskusi, yang ada hanya tertawa bahagia….!!!
    Salam manis dari Mainz…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.