Wayang Onthel

Mbilung Sarawita (Condro Bawono)

 

Seni Pertunjukan Wayang Onthel merupakan kreasi Komunitas Sepeda Kuno “VOC” Magelang.

Wujud wayangnya dibuat dari onderdil sepeda kuno.

Musik pengiringnya merupakan perpaduan antara gamelan (terutama kendhang, saron, demung dan gong) dengan perkusi yang dibuat dari onderdil sepeda (misalnya jeruji, bel sepeda, rangka) dan peralatan bengkel sepeda (misalnya kunci ring, kunci pas, tang).

Nama-nama tokoh / karakter wayangnya tidak mengikuti pakem wayang purwa, melainkan diciptakan sesuai kebutuhan para seniman “VOC” dalam merespon dinamika kehidupan faktual dan aktual sehari-hari.

Tujuan utama Wayang Onthel adalah menyampaikan pesan-pesan moral dan edukasi dengan cara yang bersifat menghibur dan mudah dimengerti.

Itulah sebabnya maka episode-episode pertunjukan diberi judul seperti “Gerakan Anti Narkoba”, “Kampanye Bersepeda”, “Ayo Ngonthel”, dsb.

Judul episode pertunjukan pada 30 November 2011 yang foto-fotonya diunggah di Album Foto ini adalah “Wayang Onthel on the Ex Bike Street”.

Episode “Wayang Onthel on the Ex Bike Street” merupakan aksi kepedulian dan keprihatinan “VOC” terhadap “hilangnya” jalur-lambat kendaraan non-mesin di Jl. Pemuda, Kota Magelang.

Seni pertunjukan Wayang Onthel ini ASLI ide-kreatif ORISINIL dari para anggota Komunitas Sepeda Kuno “VOC” Magelang.

 

Note Redaksi:

Sugeng rawuh, Mbilung Sarawita/Condro Bawono. Selamat datang dan selamat bergabung…make yourself at home. Ditunggu artikel-artikel lainnya ya… Terima kasih kepada Dewi Aichi yang mengenalkan satu lagi penulis ke Baltyra.

 

11 Comments to "Wayang Onthel"

  1. mBilung Sarawita  28 July, 2012 at 21:55

    matur nuwun kawigatosanipun para kadang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.