Tulislah Kembali Surat Cinta

Indriati See – Jerman

 

Banyak orang berpikir, di zaman yang serba modern ini, menulis surat cinta sudah ketinggalan zaman alias kuno, tidak praktis dan buang-buang waktu. Tetapi menurut pakar penulis surat cinta dan pendiri Web-Site www.liebesbrief.ch Jeannot Lucchi dari Swiss malah sebaliknya. Beliau bilang bahwa mengungkapkan cinta seseorang dengan melalui surat cinta sekarang ini mengalami zaman Rennaissance, kembali “IN“ yang berarti seni menulis surat cinta kembali diminati.

Di bawah ini beberapa saran yang patut diketahui:

Mengapa surat cinta sekarang menjadi “IN“ kembali ?

Kehidupan modern menuntut kita untuk melakukan segala sesuatu harus dengan cepat sudah tentu membuat kehidupan kita sehari-hari menjadi tambah stress, kita dihinggapi oleh penyakit instant, kaku, hambar, dalam hal bercinta juga maunya cepat-cepat…eits…jangan dulu berpikir ke arah p**** ya, maksud saya di sini, kalau kita sedang jatuh cinta dan rindu kepada kekasih kita, kita bisa langsung angkat telepon, chatting atau berkomunikasi dengan melalui kamera seperti YM dll. dimana kita bisa saling memandang sang kekasih, berbicara langsung sehingga rasa rindu dan kangen terpenuhi.

Tetapi setelah telepon dari seberang ditutup, atau computer dimatikan, apakah ada sesuatu yang ditinggalkan yang membuat kita selalu terhibur apabila rasa kangen menyerang kita kembali ? ”Tidak” jawab Jeannot Lucchi. Nah…disinilah peranan surat cinta menjadi penting kembali.

Surat cinta bisa kita simpan, dibawa kemana-mana, disimpan di bawah bantal pokoknya kemana saja kita pergi, si surat cinta selalu mendampingi kita.

Kalau kita kangen dengan sang kekasih, kita bisa baca berulang-ulang surat cinta yang dikirimnya.

Surat cinta merupakan bukti yang lebih bisa dipegang dari pada penjelasan cinta yang hanya melalui telepon atau komunikasi canggih lainnya, begitu penjelasan Jeannot Lucchi.

Keuntungan apa yang kita dapat dengan menulis surat cinta ?

Dalam menulis surat cinta, perasaan yang keluar dari lubuk hati tercurah atau terungkap ke dalam kata-kata yang kita pilih dan tulis, di samping itu dalam menulis surat cinta, kita dituntut agar kita selalu dalam keadaan sadar, memusatkan pikiran kita kepada orang yang kita cintai, nah…situasi seperti ini kadang-kadang tidak kita miliki kalau kita berbicara di telepon.

Menulis surat cinta juga fungsinya sama seperti kita menulis apa yang kita rasakan kedalam sebuah catatan harian (Diary), semua uneg-uneg bisa kita tuangkan kedalam tulisan dan setelah itu kita merasa lega.

Keuntungan apa yang didapat oleh penerima surat cinta ?

Sudah pasti seperti menerima hadiah atau harta karun yang selalu bisa disimpan dan dikenang. Untuk penerima surat cinta juga merasa bahagia karena merasa dicintai.

Perlukah suami-istri yang sudah lama hidup bersama menulis surat cinta?

“Perlu“ jawab Jeannot Lucchi, “Menulis surat atau memo untuk mengungkapkan perasaan terima kasih, perhatian khusus, perasaan cinta yang kalau kita ucapkan dengan kata-kata kedengarannya lucu karena toh kita sudah lama hidup bersama, dapat membangkitkan kembali saat-saat romantis disaat kehidupan bersama dimulai”.

“Kalau anda berbuat salah terhadap pasangan anda maka anda harus mengakui, kalau tidak bisa dengan kata-kata ya harus melalui surat atau memo cinta, hasilnya anda akan cepat dimaafkan dan tambah dicintai, disayang oleh pasangan anda“.

Bagaimana memulainya agar berhasil ?

“Sering kita mengalami kesulitan untuk menemui kata-kata yang tepat ketika kita memulai menulis surat cinta. Apabila hal ini terjadi, tulislah semua yang ingin anda ungkapkan di atas kertas biasa (bukan kertas surat). Penyusunan kalimat bisa diatur kemudian.

Saran dari para pakar: “Untuk kalimat pembuka, kita siapkan pada akhir surat, maksudnya pokok pikiran yang akan ditulis harus diutamakan terlebih dahulu dan kalau sudah selesai baru kalimat pembuka dan penutup ditulis“.

Apa yang harus kita perhatikan dalam menulis surat cinta ?

Jeannot Lucchi menyarankan: “Penggunaan kata “kamu“ harus sering ditulis dari pada kata “saya“ (biar kesannya tidak egois).

Kalimat yang pendek dan mengandung penuh arti lebih penting dari kalimat yang panjang-panjang.

Ungkaplah perasaan anda dengan jelas melalui kata-kata yang dipilih, jangan menulis kalimat yang berputar-putar yang menuntut si kekasih untuk menebak sendiri apa yang ingin anda ungkapkan.

Surat cinta yang indah adalah surat yang bisa menggambarkan ribuan kenangan yang anda alami berdua, menggambarkan saat-saat indah dan romantis bagi anda berdua.

Dengan membayangkan saat-saat yang indah dan romantis maka pembuatan surat cinta akan lancar dengan sendirinya.

 

Saran-saran yang perlu diperhatikan dalam membuat surat cinta:

  1. Tulis surat dengan tulisan tangan, kesannya lebih pribadi. Bisa juga disertai dengan tanda-tanda misalnya: gambar ”hati” apabila kata ”hati” sulit untuk ditulis.
  2. Pergunakanlah kertas surat yang cantik, bermotif atau berparfum untuk memberi kesan kepada sang kekasih bahwa anda mempunyai perhatian khusus untuknya.
  3. Pilihlah perangko yang cantik misalnya: dengan motiv bunga atau motiv khusus lainnya. Atau bisa juga ditambah dengan sticker kecil yang cantik diatas amplop.

Nah…begitulah menurut pakar penulis surat cinta Jeannot Lucchi.

Sekarang kita bertanya kepada diri kita masing-masing: ”Perlukah kita menulis surat cinta untuk orang yang kita cintai ?” Kalau ”ya”, maka saya ucapkan ”Selamat menulis surat cinta“

 

Source: ais.badische-zeitung.de, gedanken-und-gefuehle.de, laura 7-6.2.08

 

18 Comments to "Tulislah Kembali Surat Cinta"

  1. dinanda  10 May, 2012 at 08:26

    ada pengalaman lucu,suatu hari ada seorang teman minta bantuan saya minta tuliskan surat Cinta, lalu saya buatkan surat cinta yang penuh perasaan, begitu “honor’ saya terima…, baru tau saya ternyata surat cinta itu ditujukan buat cewek kecengan saya…., hadddduh, perasaan cintaku tergoda oleh honor… : ‘(

  2. dinanda  10 May, 2012 at 08:17

    hemmm, terimakasih mbak tulisannya yang membuat memori masa lalu, terngiang kembali, sebagian surat cint masih saya simpan, seperti jalan setapak menuju telaga masa silam…, :'(

  3. Kornelya  9 May, 2012 at 02:46

    Aku daftar iku lomba menulis surat cinta.

  4. Lani  9 May, 2012 at 01:58

    MBAK PROBO : tuh udah tambah satu lagi yg se7777777…….utk bertulis surat cinta……dr Adhe…sapa lagi yg mo ngedaftar?

  5. Adhe  9 May, 2012 at 00:01

    mau deh ikutan lomba surat cinta, hehehe…..soalnya aku suka banget nulis surat.

  6. Lani  8 May, 2012 at 23:03

    11 MBAK PROBO : se7777777 banget dgn ide mbak…….hayoooooo mbak mulai dulu no 1…..krn idenya kan dr mbak hehehe……..mengko tak susul mbak

  7. Alvina VB  8 May, 2012 at 20:35

    Jadul, sebelum ada internet, memang cuma surat/ post card yg dipergunakan utk komunikasi dgn si doi…sekarang anak2 muda pake sms aja…kok ya gak ada seninya ya? he..he…mungkin praktis ya….soalnya duluuuuuuu surat dari si doi bisa dipegang, dipelototi, dicium kl dlm suratnya diselepin macem2 fragrance dari kembang kering gitu loh, ha..ha… ini cerita jadul banget ya… kayanya jaman sekarang gak ada lagi yg tulis surat cinta, ya itu pakai sms aja…. Terus terang saya jarang nulis surat cinta (soalnya gak punya bakat ngegombal, ha..ha….), ttp dpt surat cinta dari si doi sering banget, sampe tukang posnya hafal banget dan ikutan seneng juga, krn dpt tip terus….he..he….cheers….

  8. probo  8 May, 2012 at 20:27

    besok Baltyra ngadain lomba menulis surat cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.