I’m (still) Proud of Indonesia

[email protected] – Singapore

 

Salam dari Singapura kepada semua. Sudah lama saya absen menulis di baltyra, hanya mengintai artikel-artikel  di sini, dan menikmati semua hasil tulisan-tulisan yang ada.

Kali ini saya hanya ingin menuliskan, betapa bangganya saya sebagai orang Indonesia yang berada di Singapura. Kenapa begitu, karena adanya kegiatan yang dilaksanakan di Singapura.

DBS Marina Regatta, mungkin banyak yang tidak pernah mendengar nama ini. Sejujurnya, ini baru kali pertama dilaksanakan di Singapura, kompetisi yang disponsori utama oleh DBS Bank dan diikuti oleh negara-negara dimana pangsa pasar DBS Bank berada.

“The DBS Marina Regatta 2012 marks Singapore’s inaugural international dragon boat competition since 2000.”

Acara kali ini terdiri dari 7 kategori masing masing dalam 200m dan 500m. dari 7 kategori yang ada, baiknya kita sortir menjadi 3 acara utama DBS Marina Regata 2012 (man), DBS Premier Women, DBS Premier Mixed. Dimana didalam acara ini Singapura sebagai tuan rumah diperkuat oleh nasional teamnya, begitupula dengan Indonesia, Hongkong, Brunei, Philippines, dan Malaysia.

Dari tiap kategori, mereka harus bertanding sebanyak 3 kali.

Tanpa panjang lebar, silahkan diliat hasil-hasil jepretan jarak jauh.

Warming Up

German Team

Stretching

The Boat

Indonesian Ladies

The BOYS

Sail Away…..

Off You Go

Singapore Team , Win or Lose, still Run like in the army

Indonesian Ladies, as usual…

Cooling Down….

Kenapa judul di atas adalah Saya bangga akan Indonesia, sedikit cerita untuk menjelaskan mengapa.

Dalam acara ini, ke 3 kategori yang saya sebutkan di atas, diperkuat oleh masing masing nasional team, dan pada tiap pertandingan, team Indonesia menang dan sangat membanggakan. Pada pertandingan pertama, belum ada yang memperhatikan team Indonesia, dan Indonesia menang mutlak.

Pertandingan ke 2, Team Indonesia mulai mendapatkan perhatian yang lebih karena teknik dan kemampuan yang luar biasa. Beberapa komentar dari sang komentator yang sempat terekam di memori :

Comment :
“ Ladies and gentleman, the 500m man’s team will be starting soon, please take a note on boat at line 5 (Indonesian), all paddlers with white cap, they will surprise you in the last 100m stroke”

“Look at that… Look at Indonesian team, they row beautifully and flying like butterfly… amazing, that skill is just amazing.”

“.. Singapore team is leading currently…. Entering last 100m and still Singapore leading, it might be the time for Singapore to win it… Indonesian team didn’t do the usual dash to stroke… Singapore team will win it…. (at 50m)… Ohh, I speak to early, Indonesian team suddenly dash…. Can Singapore hold it… Look at that skill of Indonesian team…. Indonesian team leading now…. And win it by a boat, what an amazing speed, that the technique we want to see, and Indonesian team win again….”

Itu adalah beberapa komentar dari sang komentator yang masih terekam dan bisa saya tuliskan di sini, masih ada beberapa komentar lain yang tidak ingat atau terlewat.

Setiap kali Indonesia bertanding, selalu banyak photographer dan penonton yang besiap-siap untuk melihat, tak lupa juga team dragon boat yang lain ikut melihat dan ingin mengetahui apa dan bagaimana Indonesia bisa melakukannya.

LUNCH TIME!!!… jam 12 siang, acara dihentikan untuk makan siang, dan beristirahat… setelah itu jam 1 akan dilanjutkan, tak disangka hujan deras… setelah reda, acara masih blom dapat dilanjutkan karena petir masih menggelegar, di Singapura, keselamatan sangat diutamakan, acara olahraga apapun di tempat terbuka, jika ada petir harus segera dihentikan hingga mendapat ijin untuk dilanjutkan dari Singapore Sports Council.

They Bored waiting… under the rain

Nothing To Do? Warming up part 2 with style….

Still no go

Photo Photo deh….

Time To Go

That's how they do warming up

This is How We Do it… (singing and dancing)

Indonesian Team leading….

Check the wave on us and the boat behind

REFUELING!!!!….

THEN!!!…. another delay…. karena ada seseorang VVVVVIP datang… yak, jadinya semua pertandingan dihentikan, ditunda….

Can u see who?

Salute by Singapore Team

Indonesian Team Next

HORMAT…. GRAK!!…

Row….Row…. GRAND FINAL!!!

And we won…..

Indonesian Ladies (sorry agak blur, salah di lensa)

Bersama teman-teman… (sang kameraman gak bisa ikut, ntar gak ada yang photo)

Diminta tukar baju, minta ada photo bareng, aneh-aneh dan riuh suasananya

Dan di akhir acara setelah grand final, baru kali ini saya melihat, team Indonesia diserbu oleh team dari Singapura dan juga negara-negara yang lain untuk berphoto bersama, ataupun bertukar baju….

Memang hebat Indonesiaku.

Saya lebih rela, kalo pajak Negara digunakan untuk membiayai, mensponsori mereka-mereka para atlit dan jawara-jawara muda ini untuk ikut kompetisi di setiap event yang ada. Daripada untuk membiayai tikus-tikus negara yang kerjanya hanya duduk dan menjadi gendut di gedung DPR/MPR sono.

Salam Dari Singapura.

Note :
Buat kawan-kawan…. eh… Kang Anoew, ataupun Buto… ataupun semua… dimanapun, acara apapun, kapanpun…. selalu saja ada yang bening, jadi berhubung dengan kamera zoom, maka saya coba sertakan… beberapa adegan paparazi.

Terimakasih atas perhatiannya….
SALAM.

 

51 Comments to "I’m (still) Proud of Indonesia"

  1. Indriati See  23 April, 2013 at 14:47

    Reportase yang lengkap dan apik … foto2nya juga cantik2
    Terima kasih Mas Pras

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.