Matahari Sabit 21 Mei 2012

Gandalf The Grey – Middle Earth

 

Tanggal 21 Mei 2012 terjadi gerhana matahari annular dimana sebagian matahari tertutup bayangan bulan, karena posisi bulan berada pada jarak terjauh dari bumi maka bayangan bulan tidak bisa menutupi seluruh permukaan matahari sehingga selama proses gerhana berlangsung suasana siang tetap terang benderang, tidak seperti gerhana matahari total yang menyebabkan siang menjadi gelap laksana malam. Pada puncak gerhana, matahari terlihat seperti cincin terang jika posisi pengamat berada tepat di garis pusat gerhana, sedang jika tidak maka matahari terlihat seperti bulan sabit atau cincin terputus. Tentunya hal ini merupakan fenomena alam yang sangat menarik.

Gerhana matahari ini dimulai saat pagi hari dari sekitar Guangzhou, China bergerak ke arah Taipei, Taiwan, lalu Tokyo, Osaka, Jepang, kemudian menyeberang samudera Pasifik ke benua Amerika melintasi Nevada, Utah, Arizona, New Mexico dan berakhir di Texas. Sayang di Indonesia tidak bisa menikmati fenomena ini karena matahari belum terbit. Total dari awal gerhana hingga selesai memakan waktu sekitar 2 jam dengan puncak gerhana hanya berlangsung beberapa menit saja.


Tahap awal gerhana matahari, bayangan bulan masuk dari kanan atas


Puncak gerhana, matahari sabit yang sangat terang


Tahap akhir gerhana matahari, bayangan bulan keluar ke arah kiri bawah (bonus efek flare filter/lensa)


Warna warni efek dari filter CPL


Sun-star efek dari difraksi lensa

Peringatan: Melihat atau memotret gerhana matahari secara langsung sangat berbahaya! Resiko terbesar adalah kerusakan retina mata yang bisa menyebabkan kebutaan total / permanen, juga resiko rusaknya sensor kamera.

Untuk memotret gerhana matahari seharusnya menggunakan filter khusus untuk matahari (solar filter) atau bisa juga menggunakan kaca pelindung tukang las (welder glass). Karena tidak berhasil menemukan filter khusus matahari maupun kaca pelindung tukang las maka digunakan trik khusus yaitu double CPL (Circular Polarizing filter) dengan CPL filter yang di depan dipasang terbalik dan diatur sehingga mengurangi hampir semua cahaya yang masuk dan kamera di-set pada mode LiveView! (tidak menggunakan view finder jadi mata tidak terkena sinar matahari langsung).

 

65 Comments to "Matahari Sabit 21 Mei 2012"

  1. Gandalf the Grey  3 June, 2012 at 10:47

    ugie: terima kasih komennya…

  2. ugie  3 June, 2012 at 00:22

    fotonya bagus2 banget .. Makasih yaa.. jd ikutan menikmati suasana gerhana yg indah .

  3. Gandalf the Grey  28 May, 2012 at 19:25

    Anung FP: terima kasih, saya juga masih belajar kok…

  4. Anung FP  28 May, 2012 at 11:22

    Wah kereeeeen bangeed
    Mantap jaya da kalo suhu turun gunung
    Ditunggu tips nya lagi ne
    Salam Damai
    Tq

  5. Gandalf the Grey  27 May, 2012 at 21:33

    AT: terima kasih…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *