Ilmu Warisan Ibu: Membuat Menu Daftar Masakan Sebulan

Yeni Suryasusanti

 

Sejak saya mulai bisa mengingat, di dapur rumah keluarga kami sudah selalu ada tertempel di dinding Daftar Menu 1 Bulan.

Menu ini mempermudah Ibu saya yang karena kariernya harus berangkat pagi-pagi untuk mengajar, sementara asisten rumah tangga yang belanja ke pasar dan membantu memasak.

Dengan adanya Daftar Menu ini, rutinitas pagi “Hari ini masak apa, Bu?” yang dijawab dengan berpikir dulu dapat Ibu hindari.

Namun tentu saja, menu ini bukanlah harga mati. Ketika sesekali kami ingin masakan yang sedikit berbeda dari menu yang ada, kami akan bilang pada Ibu, “Bu, masak sarden kecap dongggg…” :D

Ah, seorang anak memang selalu akan merindukan masakan Ibunya – tentunya untuk seorang Ibu yang bersedia “belajar” memasak :D

Beberapa hari yang lalu, kebetulan saya membaca email salah seorang member NCC dan tergelitik dengan cerita dan permintaan bantuannya.

Apakah cerita dan bantuan yang diminta? Tidak lain tidak bukan cerita tentang bingungnya sang member karena baru saja “pisah rumah” dengan orangtuanya dan bingung setiap pagi masak apa untuk keluarga kecilnya. Menu menjadi kurang variatif, cenderung itu-itu saja.

Karena selama tinggal bersama Ibunya tidak pernah perlu memikirkan hari ini masak apa, besok masak apa hanya tinggal makan saja :D

Jadi selain bingung soal menu, kemampuan memasak pun masih terbatas.

Ada member lain langsung membalas, menyarankan member yang bertanya untuk membeli buku resep yang memuat menu satu bulan.

Namun, bukan bermaksud merendahkan, berdasarkan pengalaman membeli beberapa buku yang berisi menu satu bulan, beberapa resep masakannya ada yang bukan masakan sederhana pembuatannya yang umum kita buat sehari-hari. Cenderung masakan yang agak asing di lidah saya kalaupun bukan rumit pembuatannya.

Sebagai salah seorang moderator NCC (www.NCC-Indonesia.com) yang paling jarang berkecimpung di dunia kuliner (hehehe…) karena lebih fokus mengurus keuangan, saya terpanggil untuk menjawab email tersebut hanya karena akibat tulisan saya yang rapi (ehm…) saya selalu bertugas menuliskan menu 1 bulan yang telah dirancang oleh Ibu saya sejak saya masih duduk di bangku SMP :D

Akhirnya karena selalu memperhatikan, maka saya mengerti bagaimana cara yang mudah untuk membuat menu tersebut tanpa harus merasa perlu membeli buku resep menu sebulan :)

Mumpung menjelang weekend, siapa tahu berguna bagi teman-teman di luar milis NCC yang masih bingung, saya putuskan untuk saya share lengkapnya…

Berikut Cara Membuat Daftar Menu Masakan Sebulan :

  1. Putuskan menu terdiri dari 2 atau 3 macam setiap kali dihidangkan.
  2. Buat daftar sayur yang biasa kita buat/makan, minimal 10 macam (jika kurang perbendaharaan sayur, bisa lihat di berbagai buku resep, search di google, atau beli buku resep masakan NCC / lihat resep di Web NCC)
  3. Buat daftar lauk  yang biasa kita buat/makan, minimal 10 macam juga ( jika kurang perbendaharaan lauk, bisa lihat di berbagai buku resep, search di google, atau beli buku resep masakan NCC / lihat resep di Web NCC )
  4. Buat daftar lauk tambahan (jika menu terdiri dari dari 3 macam setiap kali dihidangkan)
  5. Silangkan sayur dengan lauk yang sesuai (misal : sayur berkuah jangan ketemu lauk berkuah, sayur yang pedas jangan ketemu lauk yang pedas, sayur bersantan jangan ketemu lauk bersantan).
  6. Jika ada menu yang harus diulang karena kurangnya perbendaharaan resep, temukan dengan pasangan yang berbeda saat pengulangannya (misal : hari ke 1 sayur bayam + ikan goreng + sambal, hari ke 20 sayur  bayam + ayam balado)

Saya beri contoh sederhana ya…..

Daftar sayur :

Sayur bayam bening, tumis caisim, cap cay, cah kangkung, sayur asam, terong balado…. dst.

 

Daftar lauk :

Ikan goreng + sambal, ayam goreng, pu yung hai, sarden kecap, teri kentang balado, empal goreng….. dst.

 

Maka contoh pasangannya adalah :

Hari 1 : Sayur bayam bening + teri kentang balado

Hari 2 : Tumis caisim + ayam goreng

Hari 3 : Cap cay + Pu yung hai

Hari 4 : Cah kangkung + empal goreng

Hari 5 : Sayur asam + Ikan goreng

Hari 6 : Terong balado + sarden kecap

Oke, selamat mencoba, semoga bermanfaat! Ternyata membuat menu itu mudah kan? :)

 

Jakarta, 25 May 2012

Yeni Suryasusanti

Note:

Beberapa waktu lalu Peony juga pernah menuliskan artikel sejenis. Sebagai tambahan referensi dan memperkaya variasi menu rumahan (http://baltyra.com/2011/04/14/menyusun-menu-bulanan-yuukkk…/). Terima kasih kepada Peony karena gambarnya jadi ilustrasi artikel yang sejenis ini.

 

28 Comments to "Ilmu Warisan Ibu: Membuat Menu Daftar Masakan Sebulan"

  1. nunay  30 January, 2014 at 06:45

    Wah wah…bener2 sangat membantu….aku ga pinter dan ga hoby masak pengetahuan tentang mcm2 masakan pun sdikiiit…komplit deh…:p tapi keadaan membuat aku harus memasak….makasih banyyaakkk yaaa…

  2. Etrisst Echa  28 November, 2013 at 10:54

    Salam kenal mba…
    Tulisan mba, Cukup membantu q dlm membuat menu, ,,, btw bisa buatkan variasi menu yang berkaitan dgn ikan
    Oke makasih bantuanx…..
    Salam kenal buat yang lain yaaa

  3. neny arifah  28 November, 2013 at 08:48

    Tks banget daftar menunya, bener2 menginspirasi dan membuat aku gak bingung setiap pagi

  4. nurma  25 October, 2013 at 10:34

    aduuuh tengkiu banget bu… sangat berguna buat saya … sebagai wanita bekerja dengan 3 anak…. wajib dan harus masak… tidak ada pilihan…… kalau beli terus… gaji saya habis buat makan seminggu doang hehehehe

  5. yanti  29 August, 2013 at 07:00

    masih bingung karena saya msih pemula sdangkan kmampuan msih blum cukup tuk memasak

  6. ekatmawati  23 August, 2013 at 09:48

    Waaah pas banget nih lagi mumet mikir masak apa, resep2nya bisa buat bekal makan anak sekolah juga. tks

  7. Dyah Maulida U  18 March, 2013 at 10:07

    Terima kasih sekali utk mbak yenny….
    Lagi mulai pusing mikir variety menu–buka search engine langsung disapa mbak yenny, trm ksh byk – very helpfull.

  8. Ernest  28 December, 2012 at 11:21

    Berguna sekali tips cara membuat menunya mbak, tp sy ini benar masih pemula dalam hal masak memasak, jd sangat minim menu yg bisa sy buat, hehehe.. Namanya udah jd istri kudu bs banyak nihh… Thank you

  9. Yeni Suryasusanti  28 May, 2012 at 10:27

    Mas Hand : kuliah di indo kah? kog ada masak bersama? hebat, biasanya anak kost di sini beli makan di warteg aja wkwkwkwk

    Alvina : kalo udah punya anak2 beli melulu bisa2 anggaran rumah tangga bocor dehhhh heheheh…. senang kalo bermanfaat

  10. Alvina VB  28 May, 2012 at 10:06

    Yenny dan Peony, thanks berat….boleh dijadikan contoh nich jadwalnya…soalnya kl lagi sibuk banget, suka bingung sendiri, hari ini mau masak apa ya??? (sambil garuk2 ketek eh kepala) buntut2nya ya udah beli aza dech hari ini, he..he…..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.