Yang Manis-manis dari si Manis Untuk Teman-teman yang Manis

Dewi Aichi – Brazil

 

Camilan ini wajib ada dalam sebuah pesta ulang tahun di Brasil. Namanya “brigadeiro” dan “beijinho”. Kedua camilan manis ini, adalah jiwa dalam setiap pesta ulang tahun. Yang warna coklat adalah brigadeiro dan yang putih namanya beijinho.

Bagi ibu-ibu yang ingin merayakan ulang tahun anak dan mengundang teman-teman kecilnya, agar meriah dan buah hati ceria, bikin saja camilan manis ini yang pasti disukai anak-anak. Cara bikinnya sangat mudah dan cepat, camilan sehat dan bergizi.

 

Brigadeiro

Bahan:

-satu kaleng susu kental manis

-satu sendok makan mantega

-empat sendok makan susu bubuk coklat

Cara membuat:

Tuang satu kaleng susu kental manis ke dalam panci anti lengket, tuang satu sendok mantega, dan tuang empat sendok makan susu bubuk coklat. Panaskan panci di atas api sedang, dan aduk tanpa berhenti sampai kelihatan dasar panci apabila adonan diaduk dengan arah vertikal atau horisontal. Kira-kira butuh waktu 10 sampai 15 menit saja.

Kalau adonan sudah tidak kelihatan lengket pada dasar panci, maka harus diangkat dari api, dan dinginkan. Setelah adonan dingin, ambil sedikit demi sedikit untuk dibentuk bulat-bulat sebesar biji klepon. Tetapi sebelum membentuk bulatan-bulatan brigadeiro, olesi tangan dengan sedikit mantega, sedikit saja, agar adonan brigadeiro tidak lengket di telapak tangan.

Bulatan-bulatan brigadeiro tersebut ditaruh ke dalam sebuah piring yang berisi meses, bisa meses warna-warni atau meses coklat. Kemudian diambil dan taruh ke dalam kertas atau cetakan dari bahan kertas sebagai alas. Brigadeiro siap disajikan untuk anak-anak.

Beijinho

Bahan:

-satu kaleng susu kental manis

-satu sendok makan mantega

-seratus gram kelapa parut (sudah dalam kemasan)

Cara membuatnya sama seperti brigadeiro, setelah adonan dingin, bentuk bulatan-bulatan sebesar biji klepon, kemudian taruh bulatan-bulatan ke dalam piring yang berisi kelapa parut, atau bisa juga ditaburi gula putih warna warni. Setelah selesai, taruh bulatan ke dalam cetakan kertas untuk alas, dan hiasi dengan butiran cengkeh seperti pada nastar kalau di Indonésia.

Foto yang terakhir ini adalah bonus he he…sisa-sisa adonan coklat yang dipanci, boleh dikoretin pakai garpu, dimakan sambil bikin bulatan-bulatan, biasanya koretan ini lebih lezat he he….dan biasanya, saya rebutan sama anak, wah kalau ngga cepat-cepat, bisa keduluan anak atau bapaknya rebutan koretan he he…

Mudah sekali kan? Silahkan dicoba untuk memeriahkan anak-anak, tidak perlu untuk pesta ulang tahun, untuk camilan atau bekal piknik juga oke.

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

94 Comments to "Yang Manis-manis dari si Manis Untuk Teman-teman yang Manis"

  1. sikarr  10 August, 2012 at 13:24

    kalo bikin brigaidero pake biskuit gimana?

  2. Dewi Aichi  25 June, 2012 at 17:54

    Pak Handoko, tapi teman-teman Pak Handoko tidak bisa dimakan he he he he…

  3. Handoko Widagdo  25 June, 2012 at 12:12

    Aku gak suka makanan manis, sbab teman-temanku sudah sangat manis

  4. Dewi Aichi  4 June, 2012 at 20:35

    Alvina, dengan senang hati saya akan bikin resep ini dirumahmu….tolong segera kirim tiket PP Brasil-Canada ya..!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *