Buncis Cah Tahu Telur Orak-arik

Linda Cheang

 

Sebenarnya aku sedang mempersiapkan beberapa tulisan kayak cerita bersambung, tapi karena mendadak otak lagi buntu, dan eh, ya, koq,  saya malah diminta Mama, untuk mengolah Buncis yang keburu dibeli tetapi sempat ditelantarkan, maka dengan bahan-bahan makanan yang ada (tepatnya : teronggok) di kulkas, dan bumbu-bumbu yang sudah ada di dapur, inilah masakan hasil karya saya.

Buncis Cah Tahu-Telur Orak-Arik

Bahan :

–       250 gr Buncis. Di sini kebetulan Buncisnya organik yang empuk digigit.

–       2 butir telur ayam

–       2 siung bawang putih ukuran sedang

–       250 gram daging ayam suwir dicincang halus

–       4 buah tahu dipotong kotak-kotak kecil, di sini saya pakai Tahu Tauhid Kuning made in Lembang

–       4 sendok makan kaldu ayam, Boleh pakai kaldu blok, tapi yang saya gunakan di sini kaldu ayam langsung hasil godogan tulang-tulang ayam

–       1 sendok teh gula pasir sebagai pengganti vetsin

–        1 ½  Sendok makan Saus Tiram

–       1½ – 2 sendok makan kecap manis untuk perona masakan

–       1 sendok makan kecap asin Cap Ikan Merah atau kecap asin apa saja

–       1 sendok makan kecap Inggris untuk penguat aroma  masakan

–       2 sendok makan minyak goreng

–       2 sendok makan minyak wijen sebagai finishing touch

  • Catatan :
  1. besaran unit satuan di atas adalah dikira-kira saja, karena saya tidak menakar dengan persis
  2. daging ayam suwir akan lebih mudah dicincang/dipotong-potong halus dalam kondisi membeku.

 

Cara membuat :

  • Buncis dicuci bersih di bawah air mengalir, dipotong pangkalnya sambil ditarik “tali” bagian sisinya. Diiris tipis diagonal.
  • Cincang halus bawang putih atau boleh dimemarkan dengan muntu (Sunda : mutu)  sampai halus.
  • Olesi permukaan dalam wajan lebih dulu dengan minyak goreng sampai seluruhnya terolesi, agar nanti bahan makanan tidak menempel, lalu panaskan dengan api sedang. Kecuali kalau wajannya  sudah ada lapisan anti lengket, boleh tak pakai minyak goreng, tapi kalau lapisan anti lengketnya terkelupas, harap tanggung sendiri ya.
  • Setelah minyak goreng panas, masukkan bawang putih cincang/halus, tumis sampai mengeluarkan aroma harum.
  • Masukkan 2 butir telur ayam, dan buat orak-arik sampai matang
  • Setelah telur orak-arik jadi, masukkan daging ayam cincang bersama potongan tahu, aduk-aduk sampai seluruh daging ayam matang.
  • Masukkan seluruh kaldu ayamnya. Lalu aduk-aduk lagi sampai seluruh daging ayam dan tahu matang benar.
  • Tutup wajan sejenak sekira 3 menit, di atas api sedang.
  • Setelah memastikan daging ayam sudah matang, masukkan saus tiram, kecap asin, kecap Inggris, aduk agar merata.
  • Masukkan gula pasir dan aduk sampai merata.
  • Masukkan kecap manis untuk memberi rona pada masakan, aduk sampai rona masakan rmerata
  • Terakhir, finishing touch-nya, teteskan minyak wijen dan aduk masakan sampai benar-benar merata. Masakan akan mengeluarkan aroma sedap yang akan mengguggah selera makan Anda.
  • Sajikan pada piring saji dan masakan siap disantap.

Menurut Mama saya yang memang jagoannya masak, Buncis Cah olahan saya itu terasa enak. Tapi kalau buat saya sendiri, masih perlu tambahan sedikit tetesan kecap asin lagi, baru terasa mak nyuss :D

Selamat mencoba!

 

Salam masak-masak,

Linda Cheang

Akhir Mei 2012

 

About Linda Cheang

Seorang perempuan biasa asal Bandung, suka menulis tentang tema apa saja, senang membaca, jalan-jalan, menjelajah dan makan-makan. Berlatar pendidikan sains, berminat pada fotografi, seni, budaya, sastra dan filsafat

My Facebook Arsip Artikel Website

44 Comments to "Buncis Cah Tahu Telur Orak-arik"

  1. HennieTriana Oberst  4 June, 2012 at 16:15

    Linda, wah ternyata bakat lainnya menyajikan masakan lezat.
    Boleh nih kapan-kapan aku masak, gampang dan pasti enak.
    Thanks resepnya ya.

  2. Linda Cheang  2 June, 2012 at 22:52

    Mpek Dul bikin masakan buatanku itu gampang, tapi kalo barteran sama kartu-kartu pos Lourdes yang nggak ada prangkonya dari Lourdes? Parah!

  3. Lani  2 June, 2012 at 22:50

    MPEK DUL, LINDA : hahaha……….orak-arik ditukar sama kartu pos dr LOURDES……….hayooooooo Linda, ok aja…….sapa takuttttttttt?

  4. mpekDul  2 June, 2012 at 22:46

    Linda, Lha augustus kalo mpek mampir Bandung ditraktir makanan ini dan mpek bawakan kartu2 dari Lourdes. saling tukar menukar…..
    Nah pikirkan dulu masih ada waktu dua bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.