Red Bull Event di Mainz

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER YANG BERBAHAGIA (termasuk mbak DA)…

Hari ini, tgl. 28 Mei 2012, di Mainz hari libur Pantekosta….Hari yang indah, di Mainz cuaca sangat indah dan suhu bahkan mencapai 25°C. Matahari bersinar terang dan kami ada niat untuk jalan-jalan ke kota…. ya kota Mainz, mungkin untuk makan es grim…???

Sesampai kami di Stasiun KA, (karena kami naik bus dari rumah), begitu banyaknya manusia berjubel. Baik mereka yang turun dari berbagai bus, juga mereka yang keluar dari Stasiun. Ada apa gerangan di Mainz? Jelas Dj. langsung cari informasi dan ternyata di Pelabuhan di Mainz, hari ini ada “ Red Bull Flugtag “ (Red Bull adalah = Energy Drink) yang mensponsori event ini.

Yang mana di Jerman ada reklamenya, kalau orang minum Red Bull, akan bisa terbang (katanya). Di Indonesia juga ada minuman semacam Red Bull, yaitu “Krating Daeng ??? “ Nah maaf kalau salah tulis. Nah hari ini “Red Bull” bikin event besar-besaraan di Mainz.

Dan acara utamanya adalah terbang dengan pesawat bikinan tangan, entah bentuknya apa saja. Yang penting bisa terbang, walau hanya beberapa detik saja dan akan mendarat di air (sungai Rhein). Maka kamipun berjalan menuju ke tempat yang sudah ditentukan….Bahkan jalan-jalan di sekitar pelabuhan, semua ditutup, hanya karena event ini, (tidiak ada kendaraan di jalanan).

Dimana-mana selama mata memandang, hanya manusia dan manusia……Karena kami datang sudah agak terlambat, jadi tidak mendapat tempat yang strategis. Dj. dengar, untuk tempat yang bagus, mereka sudah datang sejak jam 7:00 pagi (karena gratis). Gila…!!! Padahal acaranya mulai jam 12:00 siang.

Puji TUHAN….!!! Dengan menenteng kamera yang sedikit berat, Dj. dikasi ijin untuk berdiri di tangga tribune. Sedang Susi ada di bawah, tapi dia bilang tidak apa-apa, asal Dj. bisa ambil photo untuk Baltyra.

Saat kami datang, sudah sangat rame dengan manusia…

Tengok kiri…. Manusia buanyak sekali…

Tengok kanan, juga buanyak sekali manusia….

Lama-lama tidak tega juga dan Dj. minta ijin sama penjaga tribune, apa Susi boleh naik, hanya sebentar istirahat duduk saja.

Akhirnya kami dikagetkan dengan suara orang bertepuk tangan…Ternyata Show telah dimulai dengan munculnya “Hang-Gliding” dengan asap yang muncul dengan tiba-tiba. Membuat Looping beberapa kali…

Semua penonton bikin Laola, angkat tangan bergantian….

Setelah Hang-Gliding selesai, –+ 10 menit kemudian, mucul 2 Parasut dengan 2 orang (tandem)

Mereka berpelukan dan satu parasut sudah miring ke samping, orang sangka salah satu dari mereka ada yang tidak beres…

Ternyata hanya show dan akhirnya mereka berpisah untuk Landing tepat di tempat yang sudah ditentukan. Hebat…!!!

Ada banyak parasut yang turun dan ada juga yang tempat Landingnya kebablasan dan mendarat di air… Sayang jarak dimana Dj. berdiri di atas tangga cukup jauh dan tidak bisa melihat air sungai Rhein.

Setalah Show parasut, tau-tau dari atas muncul 2 pesawat capung bermain Aerobatic, mereka bikin Spining. Jelas, penonton tepuk tangan dengan sangat riuh…..Untuk Show pesawat, sengaja jaga jarak dari penonton, agar kalau ada kejadian apa-apa, penonton tidak ada yang jadi korban.

Photo di bawah ini, adalah saat yang paling menegangkan…Semua penonton sudah menyangka akan terjadi Crash…!!! Karena jelas dilihat dengan mata, bahwa dua-duanya menuju titik yang sama. Ternyata di detik terakhir masih bisa ngeles dan semua penonton hanya ada satu kata yang keluar dari mulut mereka…

Ooooooooooo………!!!!!

Saat Show “Airobatic” selesai, maka kami mendapat penjelasan, bahwa di dalam pesawat tidak ada pilotnya. Karena hanya “model pesawat” saja, tapi model yang cukup besar. Walau demikian, semakin heran semua penonton, akan kemahiran 2 orang yang mengemudikan dengan “Remote control“

Setelah Show pesawat selesai……Maka Show yang sebenarnya tiba, yaitu terbang beberapa detik dengan pesawat buatan yang aneh-aneh. Nah entah bentuk apa ini, tapi satu keberanian duduk di atas, yang mana tidak lama lagi akan terjun di air yang cukup curam.

Yang ini lain lagi….Juga didorong oleh rekan-rekannya dari belakang.

Yang ini lebih berani lagi, dia tidak duduk, tapi malah berdiri di atas pesawat-pesawatan buatannya….

Yang di bawah ini, sudah mirip pesawat, tapi juga hanya bisa 14,8 Meter saja terbangnya. Semuanya tanpa mesin dan hanya diidorong oleh rekan-rekannya dari belakang…

Yang ini, lain lagi….

Karena Dj. tidak bisa melihat bagaimana mereka jatuh ke air, satu-satunya jalan hanya bisa Dj. ambil dari layar besar yang tersedia. Hanya saja, hasilnya tidak begitu bagus…..

Dj. mohon maaf, karena kulitnya Susi sudah sedikit terbakar sinar matahari, maka kami tidak bisa lama ambil photo, walau sebenarnya masih sangat banyak figur pesawat yang aneh-aneh…Kami memutuskan untuk pulang, sebelum lebih gawat dengan kulit Jerman satu ini…..Karena tidak membawa Sunblocker, jadi milih amannya saja.

Banyak juga terutama wanita yang pingsan, karena udara panas dan tidak cukup minum. Polisi cukup sibuk juga, sayang tidak boleh ambil photo dari dekat.

Kami jalan ke tengah kota dan mencari Cafe dan istirahat sejenak. Dan yang aneh, malah bertemu dengan Dewo sekeluarga yang sedang bersepedaan bertiga. Dewo, Jana dan cucu David, kami makan es grim atau milk shake bersama.

Setelah 1 jam lebih istirahat, maka kami pulang dan mereka melanjutkan bersepedaan ke arah sungai Rhein.

Event yang Dj. tulis di atas, adalah event yang cukup besar, karena tidak hanya dikuti oleh beberapa negara bagian Jerman, tapi juga ada beberapa negara tetangga dan bahkan ada kelompok yang dari USA, yang turut meramaikan. Tapi semuanya itu adalah satu hiburan saja dan yang paling laris adalah mereka yang buka cafe di dekat tempat tersebut.

Semua kedai cafe penuh sesak dan kesempatan bagi orang Jerman dimana udara sangat bagus, untuk minum-minum bier.  Semoga oret-oretan diatas bisa sedikit membawa anda semua melihat suasana di kota Mainz, di saat ada Red-Bull Flugtag. Maaf bila banyak kata-kata yang tidak berkenan.

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

77 Comments to "Red Bull Event di Mainz"

  1. Dj.  7 June, 2012 at 14:55

    Yu Lani….
    Tak kiro wis turu Yu…
    Jebule malah sih nggaru….
    Nek nggaru sampai jam berapa tho yu…???
    Ya, kami tunggu artikelnya, Dj. yakin sangat menarik…

  2. Lani  7 June, 2012 at 14:43

    MAS DJ : baru aja balik soko nggaru mas…….ada hiburan menarik, nanti mo aku bikin artikel utk tayang disini…..spt biasane mas artikel kenthir…….hahahha buat seneng2 wae…….

  3. Dj.  7 June, 2012 at 13:39

    Mas Bagong….
    Matur Nuwun mas…..
    Hahahahahahahaha…..!!!
    Kelakuan wong Jowo siji kuwi yo mas….???
    Komentar mas Bagong, Dj. selalu senang bacanya…
    Suwun mas….
    Pareng,

  4. Dj.  7 June, 2012 at 13:37

    Yu Lani……
    Selamat Pagi Yu…..
    Maaf, semalam mata sudah berat, jadi langsung Dj. tinggal tidur….
    Sekarang Dj. nulis, yu Lani ngorok… hahahahahaha….!!!

    Benar Yu, Dolpin ( Delpin ), dia seperti manusia, tidak bertelu dan juga tidak menetas…..
    Kalau ada yang menetas, itu sangat aneh, keajaiban dunia….. hahahaha….!!!

    Wis kokean manungso yu, ben wae podo tukaran sak karepe dewe, supoyo ndonyo ora kokehan
    menungso sing elek watak e…. Hahahahahaha….!!!

  5. Bagong Julianto  7 June, 2012 at 05:27

    KangMas Dj>>>

    Kami berkali-kali lihat acara ini. Sejak sekian tahun yang lalulah! Hehehe…… di TV!
    Memang mesti diacungi jempol: selalu banyak ruang dan waktu sajikan kreativitas yang mendecakkan banyak khalayak…..
    Bagian sing ngundang eseman:…………”Kami memutuskan untuk pulang, sebelum lebih gawat dengan kulit Jerman satu ini…..” Heheheehhe …..goro-goro kelakuane Jowo siji kuwi……….

    Suwuunnnnn..

  6. Lani  7 June, 2012 at 04:07

    MAS DJ : dolpin dudu iwak mas……mamalia……..beda lo ya……iwak ngendog, mamal kan melahirkan……..ora sok keminter lo ya mas……..cm mengkoreksi sithik………..

    nek dipikir, binatang wae mengenal cinta kasih malah lbh tulus mungkin ya? malah ciptaan Nya yg tertinggi perang karepe dewe……..mungkin nyowo wis ora ono regane??????

  7. Dj.  7 June, 2012 at 03:49

    Maaf yu, ono sing lali…
    Matur Nuwun yo yu, untuk videeo Klipp nya yang benar-benar indah.
    Susi senang sekali melihatnya…
    Lha jenenge kuucing, yo dolanan karo iwak dolpin…
    Hhahahahahahaha….!!!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.