Belajar Membuat Zongzi

HennieTriana Oberst

 

Zongzi 粽子 atau yang biasa kita sebut Bakcang adalah salah makanan tradisional yang dinikmati pada Dragon Boat Festival yang diperingati pada hari ke 5 bulan ke 5. Tahun ini jatuh pada tanggal 23 Juni, tetapi mulai 22 Juni libur sudah dimulai.

Hari Sabtu siang kemarin di tempat tinggalku diadakan kegiatan membuat Bakcang. Bahan utamanya adalah ketan, sedangkan bahan isinya bermacam-macam sesuai selera. Kemudian dibungkus dengan daun bambu yang sebelumnya telah direbus. Setelah itu dimasukkan ke dalam air yang mendidih, dimasak hingga matang. Mumpung sedang berada di Cina tak ada salahnya mencoba mempraktekkan dan mengabadikan kesibukan orang membuat Bakcang ini. Berikut foto-fotonya yang akan melengkapi.

#1 : Daun bambu yang telah direbus

 

#2 : Ketan direndam di air & buah kering chinese dates (Jujuba)

 

#3 : Manisan buah Jujuba

 

#4 : Kacang-kacangan

 

#5 : Red bean paste

 

#6 – #9 Cara membungkus bakcang

Kami ikut mencicipi juga Bakcang yang telah matang. Bakcang yang telah dikeluarkan dari bungkusnya dimasukkan ke dalam mangkok kecil yang telah diisi dengan gula pasir. Untuk lidahku mungkin lebih pas jika disantap dengan kucuran gula merah, sayangnya tak tersedia gula seperti itu di Cina.

Foto # 10 (Bakcang yang telah matang)

Saat ini banyak sekali Bakcang ditawarkan di toko dan supermarket, variasinya rasa, ukuran dan harganya juga berbeda-beda. Yang setiap hari aku lihat adalah Bakcang yang cukup menarik perhatianku karena warnanya yang berbeda. Kelihatan lezat walaupun aku belum mencoba mencicipinya, seperti foto berikut (bukan bermaksud promosi nih).

Foto # 11 (Zongzi Starbucks)

 

Salam sejahtera

北京 Beijing, 2012-6-16

 

59 Comments to "Belajar Membuat Zongzi"

  1. HennieTriana Oberst  1 August, 2012 at 03:03

    Lani, aku menyapa sementara di sini dulu ya.

    Anoew… bulu tipis emang sexy ya

    Silvie, sepertinya mengikat bacang gmpang kok. atau mungkin ada juga yang sedikit rumit ya.

  2. Silvia  26 July, 2012 at 06:50

    Sdh pintar mengikat bacangnya Hen?

  3. anoew  24 June, 2012 at 01:30

    naksir tangan cowok? beeeuuh ogah.

    *masih suka sama tangan non-cowok, yang ada bulu tipisnya

  4. Lani  24 June, 2012 at 01:16

    HENNIE : lagi nyantai to???? aku japri, kamu msh ngutang belum dibalas hehehe…….baru aja balik dr ngopi2, setelah nitip LEI ke boat diver…….buat almarhum

  5. HennieTriana Oberst  24 June, 2012 at 00:27

    Lani wah ketinggalan komenmu ini. Aku di rumah saja hari ini, capek. Istirahat sejenak, walaupun sebetulnya banyak yang harus dikerjakan menjelang pulang ke Jerman. Nggak apa, ntar mulai Senin beraktifitas lebih sigap dari biasa hehehe…

  6. HennieTriana Oberst  24 June, 2012 at 00:20

    Terima kasih ya Anoew, sudah dianggap mulus

    *kalau naksir juga gak apa-apa*

  7. anoew  23 June, 2012 at 22:08

    lho kok mulus?
    *gk jadi naksir ah

  8. HennieTriana Oberst  23 June, 2012 at 20:41

    Anoew, salah.. Aku kan yang jeprat-jepret kamera.
    Lagian itu tangan cowo berondong pula (sayangnya bukan tipe-ku).

  9. anoew  23 June, 2012 at 20:37

    mencoba menebak dari gambar-gambar di atas, tangan Hennie ada di foto ke 4 dari bawah. Benar?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.