Day Trip with the Regency Residents & May Lei Day 2012

Lani – Kona, Hawaii

 

Aloha teman-teman di Baltyra, kali ini aku akan berbagi cerita mengikuti tour bersama manula dari panti Regency Hualalai di tempat aku bekerja dan perayaan May Day, yang di Hawaii lebih terkenal dengan May Lei Day.

GLASS BOTTOM BOAT TOUR

Tour dengan harga regular $ 40.00, selama 1 ½ jam, dipatok $ 10.00 untuk para senior. Agak ragu untuk mengikuti tour ini, karena pernah ikut romantic sunset dinner selama hampir 4 jam, selama perjalanan di atas kapal, kepalaku pusing, tidak bisa menikmati sama sekali makanan yang disediakan. Speed boat yang diombang-ambingkan ombak, membuat seluruh badan serasa dilolosi tulang belulangnya, lemes dan mengaduk-ngaduk perut serasa ingin muntah.

(1) Di dalam van bersama para manula dan salah satu pegawai Regency Hualalai di latar belakang berdiri.

Akhirnya aku ikut tour ini, karena mendapat dorongan dari activity director dari Regency Hualalai. Selain karcis yang murah…….

(2) nampak activity director dengan blouse biru, di pintu seorang volunteer, yang blouse putih pegawai front desk

Jam 11:30 pagi kami diminta berkumpul di lantai dua, semua peserta yang tentu saja kebanyakan para manula, usia mereka 80+ berdatangan dan diabsen oleh Leona (activity director). Ada 15 orang peserta+ sopir dan volunteer total 20 orang. Jam 12:00 tepat mulai boarding, sopir merangkap asisten untuk para manula, bersama beberapa volunteer ikut mendampingi para manula. Jarak antara Regency Hualalai dan Kailua Pier 15 menit naik mobil van khusus untuk para manula, yang dimaksud khusus di sini karena van ini dilengkapi dengan ramp hydraulic yang bisa diatur secara otomatis untuk naik dan turun, serta ada hand rail untuk berpegangan, serta pembatas kursi roda, walker, setelah manula berada di ramp tersebut agar tidak terjatuh.

(3) peserta

Sesampai di Pier, van diparkir di pinggir boat docking, satu persatu manula turun dari van, dibantu oleh sopir dan para volunteer, kemudian menaiki tangga untuk memasuki boat.

Hal yang nampaknya sangat mudah bagi peserta muda usia, menjadi sangat sulit untuk para manula, karena tangga yang bergoyang-goyang karena gerakan ombak. Satu  persatu manula dibantu crew kapal mereka memasuki boat, dituntun ke tempat duduk.

(4) boat yang docking persis di pinggir pembatas antara laut dan daratan nampak tangga yang selalu bergerak

Total memakan waktu sejam untuk memasukkan semua manula ke dalam boat.

(5-6) membantu seorang manula berjalan di tangga, turun dari tangga untuk duduk di dalam kapal

(7) di dalam boat, nampak asisten activity director memakai blouse biru tertawa dengan renyahnya…….

(8) setelah semua peserta duduk di dalam boat

Glass bottom boat ini hanya memuat 25 penumpang, ada 6 jendela gelas di dasar kapal, para peserta bisa melihat pemandangan di bawah laut lewat kaca ini, seperti melihat aquarium, bedanya ini aquarium alam, lautan bebas.

Aku lupa mengambil foto jendela gelas di dasar perahu. Perahu dijalankan sangat pelan, agar peserta bisa melihat pemandangan alam di bawah dengan jelas.

Tiba-tiba aku diserang kantuk luar biasa, seperti minum obat tidur, menguap tiada henti, kepala pusing, perut mual. Karena kapal yang bergoyang-goyang tiada henti.

Aku mengambil foto secara cepat, dan sebagian aku minta bantuan teman volunteer untuk memfoto, karena badanku lemas, akhirnya aku hanya bersandar di tempat duduk.

Sempat ditanya oleh teman volunteer, apakah sakit/mabok. Aku jawab: ya, karena tidak tahan kapal selalu bergerak tiada henti.

Di kapal ada 4 crew, satu crew wanita merangkap jadi guide, menjelaskan jenis ikan yang bersliweran dibawah sana, berbagai macam bentuk coral.

Pemandangan di bawah sangat jelas, bahkan hingga dasar laut juga jernih.

Tour selama sejam akhirnya selesai, satu persatu manula dibantu turun dari kapal dan kembali memasuki van. Total waktu untuk menaikkan, menurunkan para peserta 2 jam.

Sesampainya di Regency Hualalai, aku minum beberapa gelas, serta merta badanku segar kembali.

Bagiku mengikuti tour seperti ini, sekali sudah lebih dari cukup, dasar katrok hahaha……

 

MAY DAY = MAY LEI DAY IN HAWAII

May day di Hawaii lebih dikenal dengan May Lei Day……

Karena pada hari itu banyak kegiatan yang berhubungan dengan bunga, salah satunya diajarkan merangkai bunga dibuat Lei. Aku lupa membawa kamera untuk mengambil foto ketika kami diajarkan membuat Lei.

Hari itu ada kunjungan dari pelajar setingkat SMP=middle school. Kealakehe middle school, kurang lebih ada 50 orang pelajar, mereka semua berpakaian untuk menari hula. Didampingi para guru, keluarga dan sanak saudara.

Acara dimulai jam 1:00 siang, para manula sudah duduk rapi diruang kegiatan yang merangkap ruang pertemuan.

Diawali dengan kata sambutan dari tetua/pembawa acara.

(1) wanita Hawaii…..membuka kata sambutan diseling dengan bahasa Hawaii. Selesai kata sambutan, acara dibuka dengan 2 pelajar laki-laki meniup kerang

(2) mereka meniup kerang ke empat penjuru mata angin. Selesai peniupan kerang, para pelajar mengumandangkan chant dalam bahasa Hawaii, yang mengerti artinya hanya mereka.

(3) mengumandangkan chant dalam bahasa Hawaii

Semua pelajar mix race, tidak ada satupun pelajar yang berkulit putih, hampir semuanya berlatar belakang campuran Hawaii, Jepang, Portugis, Cina, Filipin. Sangat menarik karena berbagai wajah yang unik, dengan kulit yang tidak hitam, tapi juga tidak putih kemerahan, bentuk mata dari yang sipit sampai yang bak bola berbinar, rambut mereka dari yang hitam legam, kecoklatan dan blond.

(4-5) pelajar wanita sedang menari hula

(6-10) nampak pelajar pria sedang menari hula, dengan gerakan rancak, para penonton dan interaksi penari dan penonton

Acara dikemas dalam tempo satu jam, setelah selesai para pelajar disediakan snack dan minuman.

Acara ini digelar sebelum para pelajar mengadakan tour ke California mengunjungi Disneyland dan tour ke Universal studio, serta tampil di Walt Disney studio dengan acara exchange program.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya…

 

A HUI HOU

Lani

Kona- The Big Island of Hawaii

May 2012

 

61 Comments to "Day Trip with the Regency Residents & May Lei Day 2012"

  1. Lani  11 July, 2012 at 22:33

    MEITA : salam ditrima oleh si baju biru……..sambil tersenyum mesra hahahah………

    semoga seneng dgn semua kirimanku………

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *