Tentang Negeri Samba (3): Festa Junina

Dewi Aichi – Brazil

 

Setiap bulan Juni, Brasil inteiro (seluruh wilayah Brasil), akan merayakan Festa Junina, yaitu pesta rakyat yang berasal dari wilayah nordeste (timur laut).

Untuk lebih jelasnya apa itu Festa Junina, ini saya kutip dari wikipedia:

“Festa Junina (June Festival), also know as festa do São Juão  for their part in celebrating the nativity of St. John the Babtist, are the annual Brazilian celebrations historically related to European Midsummer that take place in the beginning of the Brazilian winter. These festivities, which were introduced by the Portuguese during the colonial period 1500-1822, are celebrated nation wide but are particularly associated with Northeastern Brazil. The feast is mainly celebrated on the eves of the Catholic solemnities of Saint Anthony, Saint John the Babtist, and Saint Peter”

Dalam festa junina akan didapatkan nuansa rural life dan beberapa typical seperti pakaian, makanan, dance (khususnya “dança quadrilha”). The quadrilha featuries couple formations around a mock wedding whose bride and groom are the central attraction of the dancing.

Food

Ada beberapa jenis makanan khas yang wajib ada dalam Festa Junina, di antaranya adalah yang berbahan jagung, kenapa? Karena bulan Juni merupakan bulan dimana jagung sedang dipanen. Beberapa makanan yang dibuat dari jagung adalah cuzcuz, pamonha, bolu, cural, jagung rebus, canjica, pipoca (popcorn). Selain dari bahan jagung, ada juga arroz doce (bubur manis), cocada, pé de moleque, quentão, Vinho quente, batata doce dan lain-lain.

Pamonha (jagung diparut, direbus dengan gula dan susu UHT) setelah mengental, dibungkus dengan kulit jagung, kemudian direbus lagi.

Pè de muleque

Cuscuz

Itu beberapa contoh makanan khas festa Junina

 

Xadrez

Biasanya pada saat festa, orang-orang memakai baju xadrez, motif kotak-kotak atau garis-garis. Dan di bulan Juni ini, mulai dari toko-toko fantasia, toko baju dan di pusat pusat perbelanjaan, mall, akan semarak memasang apa saja untuk keperluan festa Junina. Kemeja kotak kotak akan terlihat dipakai oleh siapapun pada bulan Juni ini.

Foto-foto di bawah ini diambil di sekolah anak saya dalam rangka festa Junina 23 Juni 2012.

Festa Junina 2011

Waktu masih kecil

 

Di sekolah-sekolah dan di kampung-kampung

Festa Junina diselenggarakan oleh setiap sekolah maupun masyarakat Brasil pada umumnya, yaitu dalam sekelompok masyarakat, akan mengadakan festa di salah satu ruas jalan. Siapa saja boleh datang, boleh menikmati makanan yang tersedia, boleh berdanca dan boleh berpartisipasi. Tetapi ada acara inti yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara yaitu danca Quadrilha.

Untuk yang di bawah ini adalah foto-foto dari acara inti yaitu pentas dança Quadrilha yang dipentaskan anak-anak di sekolah.

Berhubung saya tidak bisa mengedit vídeo yang saya rekam, maka hanya bisa saya cantumkan musik yang digunakan untuk anak-anak berdansa, agar pembaca bisa menangkap kesan dalam foto-foto ini.

Sebagaimana tahun-tahun yang lalu, festa Junina sangat mengakar di dalam masyarakat Brasil, sehingga selalu diselenggarakan oleh masyarakat. Tidak ketinggalan juga di sekolah-sekolah, selalu diadakan festa Junina.

Salam festa Junina..!

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona.

Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

52 Comments to "Tentang Negeri Samba (3): Festa Junina"

  1. bambangpriantono  20 July, 2012 at 08:59

    Iyo….pakaiannya juga banyak pengaruh Spanyolnya kalau gak salah.

  2. Dewi Aichi  20 July, 2012 at 08:47

    Mas Bamb….wooo…..aku jadi penasaran….aku mau telusuri ahh…barangkali memang sama….dansanya berpasangan kan?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *