Jalan-Jalan ke Niagara Fall dan Sekitarnya

Mawar

Hallo teman-teman apakabar? Semoga kalian semua selalu sehat dan bahagia. Sudah lama sebenar saya ingin menulis artikel ini tapi selalu tertunda terus. Walau jalan-jalannya di bulan October tahun lalu dan baru dijadikan artikel sekarang, semoga masih bisa dinikmati ya!

Karena kesibukan di Musim Panas, kami kebanyakan bepergian sebelum itu atau sesudahnya, terlebih lagi kalau disertai camping. Camping yang paling nyaman adalah waktu Spring dan Fall/Autumn, di samping pemandang bagus, tidak panas, juga tidak begitu ramai. Di waktu Summer, camping ground akan sangat ramai karena anak-anak liburan sekolah (3 bulan) sehingga agak kurang nyaman. Bayangkan saja kalau lagi ramai begitu mau mandi dan ke WC saja harus antri dan juga jadi agak kotor, walau dibersihkan tiap hari. Belum lagi kalau rumput-rumput baru dipotong akan membuat lantai di tempat mandi atau WC menjadi kotor karena rumput-rumput yang menempel di sepatu, terutama di pagi hari karena banyaknya embun yang membasahi rumput.

Jalan-jalan kami kali ini adalah ke Niagara Fall dan daerah sekitarnya. Kami memutuskan untuk camping di Four Mile Creek Camping Ground di New York State dan letaknya cuma sekitar 15 menit dari Niagara Fall wilayah USA. Camping groundnya nyaman karena banyak pohon rindang dilengkapi dengan beberapa fasilitas tempat mandi (airpanas/dingin) serta toilet. Biasanya kami booking online dan pilih tempat campingnya, begitu sampai di sana kalau belum malam bisa check lokasi dulu dan bisa tukar tempat bila memungkinkan.

Fasilitas area campingnya ada yang dilengkapi dengan listrik (biasanya untuk RV) dan yang biasa, kami lebih memilih yang biasa. Walau tempat camping banyak anak-anak, yang jelas kalau malam hari di atas jam 9 malam hampir ngga kedengaran suaranya lagi, mungkin sudah terlalu capek main seharian, lagian ada peraturan kalau diatas jam 10 malam tidak boleh ribut agar tidak mengganggu yang lain.

Rencana berangkat Jum’at sekitar jam 12:00 siang tertunda karena baterei mobil ngadat. Telpon teman yang lagi menunggu jemputan kami dan minta dia ke rumah dengan mobilnya sehingga bisa pergi beli battery baru. Akhirnya kami berangkat sekitar jam 1:30 siang dan sampai di camping ground sudah sore banget (hampir gelap). Pasang tenda dan rapikan semua keperluan didalamnya seperti airbed, sprei, bantal, selimut dan sleeping bag bila diperlukan malamnya kalau terlalu dingin, juga tas yang berisi baju serta keperluan lainnya ditaruh di dalam tenda.

Setelah urusan tenda selesai baru kami mengurus soal makanan, berhubung saya bawa makanan yang sudah matang, jadi tinggal dihangatkan saja sehingga tidak terlalu lama makan malampun terhidang. Setelah makan malam dan beberes kami memutuskan ke Niagara Fall untuk jalan-jalan di sekitarnya dan melihat Air Terjunnya yang warna warni. Kami parkir di park wilayah USA karena dikasih tanda parkir gratis dari tempat camping, lalu jalan kaki melintas jembatan menuju ke wilayah Canada, lewat custom dan serahkan passport untuk diperiksa, ditanya mau berapa lama di Canada ……. Kami jawab less than an hour !! Orangnya sampai tersenyum, kami bilang cuma mau lihat Fall saja.

Ternyata banyak sekali pengunjung di waktu malam, baik itu tourist local maupun dari luar, sempat mengambil beberapa foto tapi hasilnya tidak begitu bagus karena angin yang bertiup agak kencang. Air Terjunnya jadi cantik kalau malam hari karena berwarna warni, ini semua pengaruh dari warna lampu yang dinyalakan di balik air, akibatnya kelihatan warna Air Terjun yang berganti-ganti. Tidak lama kemudian kami jalan kaki melintasi jembatan kembali ke wilayah USA, lewat Imigrasi dan passport diperiksa. Ngga ditanya apa-apa karena mereka lihat kami ngga bawa apa-apa, cuma camera dan tas tangan kecil saja. Kami segera menuju ke tempat parkir dan kembali ke tempat camping, sambil ngobrol, suamiku bikin api unggun dan kami duduk di sekitarnya menghangatkan tubuh karena sudah mulai agak dingin, sempat mengecek suhu malam itu ternyata cuma 45F (sekitar 7C).

Hari Sabtu pagi setelah mandi kami segera sarapan kemudian beres-beres, sekitar jam 10 pagi kami meninggalkan camping ground menuju kota Kitchener, Canada karena ada perayaan October Fest yang sangat besar di sana (khas Germany), di perbatasan mobil dihentikan untuk periksa passport (pemegang Green Card tidak memerlukan visa) dan perjalanan diteruskan. Kami berhenti di suatu public market yang besar untuk lihat-lihat apa saja yang dijual di sana, ternyata banyak sekali Amish people yang berjualan di sini, dari makanan, buah-buahan, daging dan sayuran.

Berhubung sudah jam makan siang, maka kami memutuskan mencari makanan di sini saja. Suami dan teman mencoba makanan Greek tapi katanya kurang seru, saya sendiri coba makanan Asia ternyata tidak seperti yang aku bayangkan, rasanya tidak enak. Akhirnya malah kami beli buah-buahan saja untuk dimakan di mobil. Suami dan teman masih ingin keliling sebentar, sementara saya sudah ngga betah ingin pergi saja karena kalau jalan keliling di luar gedung sangat banyak debu berterbangan dari tempat parkir yang tertiup angin, ini yang bisa memicu alergieku timbul.

Rupanya teman kami tahu masalahku maka mereka memutuskan untuk segera meninggalkan tempat ini. Sekitar jam 2 siang kami sampai ditempat tujuan, uh…… sudah ramai banget dan banyak tempat sudah menyajikan music. Setelah cari informasi sana sini, akhirnya kami memutuskan untuk menghadiri Acara October Fest Dinner yang ada hiburan live music dan tarian, perorangnya sekitar US$42 menurutku mahal, tapi kata suamiku ngga apa-apa lah ngga setiap saat ke sini. Berhubung Acara Dinner berlokasi di tempat lain dan baru dimulai jam 6:30, maka kami menghabiskan waktu mendengar music sambil lihat map untuk cari tahu alamat tempat dinner kami.

Bosan cuma duduk-duduk saja, kamipun segera menuju tempat parkir mobil dan memutuskan mengunjungi tempat lain untuk menghabiskan waktu. Mau ke Museum ternyata hari Sabtu cuma buka setengah hari, akhirnya kami cuma keliling-keliling saja dengan mobil dan melihat taman yang sangat indah dan masih banyak banget bunga bermekaran, jadi deh kami singgah di situ untuk lihat-lihat dan ambil beberapa foto. Kebetulan ada rombongan pengantin lagi berfoto bersama keluarganya.

Jam 6 sore kami segera meninggalkan taman menuju ke tempat Octoberfest Dinner, perjalanan menuju ke sana lebih kurang 20 menit mana lagi kami belum mengenal daerah itu sehingga memerlukan lebih banyak waktu. Di pintu masuk kami diminta menunjukkan ticket dan diharuskan memakai gelang yang terbuat dari kertas yang sudah di-cap, lalu kami di antar kemeja yang sudah tersedia, kata mereka gelang harus dipakai selama kami berada di sana karena di area yang lain juga ada pesta music tapi tanpa makan, hal ini untuk mencegah jangan sampai pengunjungi sana masuk ke tempat dinner ini.

Kami diperbolehkan mengunjungi tempat lain itu tanpa harus membayar lagi asalkan tunjukkan gelang yang dipakai, setelahnya bisa kembali lagi ke tempat dinner kami. Buffet pertama dihidangkan berupa makanan pembuka/appetizers, sejam kemudian dinner terhidang dan para tamu dipersilahkan mengambil makanan berurutan mulai dari meja yang paling depan, jadinya teratur dan tidak berdesak-desak. Acara musicpun dimulai dengan penyanyi wanita berkostum khas yang suaranya sangat merdu menyanyikan lagu-lagu Germany dan beberapa lagu lama diiringi band yang pemainnya sudah agak berumur, kemudian ada juga tari-tarian yang dipertunjukkan oleh suatu kelompok anak muda.

Makanan dinner lumayan enak dan banyak macamnya, bagi yang makannya banyak bisa bolak-balik ambil makanan. Setelah itu diumumkan dessert tersedia di sudut ruangan bagi yang sudah selesai dinner, banyak macam tart, pie, cookies dan manisan terhidang begitu juga dengan buah-buahan dilengkapi teh dan kopi. Aku cuma ambil secuil kue dan beberapa potong buah-buahan. Ngga berani minum teh karena takut nanti ngga bisa tidur, jadi cuma minum air putih saja, suami dan teman kami minum bir, cuma segelas sih (bier dan wine harus beli). Waktu lihat jam sudah menunjukkan pukul 9:30 malam, kami memutuskan untuk kembali ke tempat camping.

Waktu kami pamit, panitianya mengira kami cuma mau keluar ke tempat lainnya sehingga dia bilang jangan lupa ya nanti akan ada buffet lagi untuk penutup acara. Duh… dengarnya saja sudah tambah kenyang. Kami bilang ngga bisa ikut, karena harus kembali ke wilayah USA dan perjalanan sekitar satu setengah jam. Sampai ditempat camping kami bakar api unggun sebentar, kemudian siap-siap pergi tidur karena besok acara lain sudah menanti.

Hari Minggu setelah sarapan kami berencana mengunjungi Fort Niagara yang letaknya tidak jauh dari tempat camping kami. Dalam perjalanan menuju kesana kami melewati banyak perkebunan buah dan secara tidak sengaja saya melihat tanda “ U Pick Apples” . Segera memberitahu ke suami dan teman untuk berhenti sebentar mencari tahu apa betul seperti yang tertulis di papan depan perkebunan itu. Ternyata memang iya dan kami memutuskan akan singgah dalam perjalanan pulang ke tempat camping nanti. Aku sudah kesenangan saja karena paling suka mengunjungi perkebunan sayur dan buah-buahan.

Tiba di Fort Niagara kami segera masuk ke gedung tempat menjual karcis dan cari informasi soal tour keliling tempat itu, harga masuk per orang US$10 sudah termasuk guide. Kami harus menunggu beberapa pengunjung yang akan ikut dalam rombongan, sepuluh menit kemudian tour keliling dimulai dan tour guidenya cerita riwayat Benteng permulaan Benteng ini didirikan dan kegunaannya sampai sekarang, juga sudah direnovasi. Benteng ini aslinya didirikan untuk melindungi kepentingan New France di Amerika bagian Utara, dan mengambil peranan besar dalam perang antara Perancis dengan Indian dan kemudian jatuh ketangan Inggris di tahun 1759.

Sebenarnya masih panjang cerita soal peperangan dan lainnya yang terjadi ditempat ini, tapi tidak akan saya tuliskan di sini karena yang ingin saya bagi di sini adalah gambaran gimana tour dan tempatnya. Yang mau tahu lebih banyak bisa cari di Google. Bangunan ini sangat bagus dan terawat serta megah dengan hamparan rumput nan hijau. Tampak beberapa petak kebun sayuran yang kelihatan sangat terawat dan tumbuh subur. Kemudian diadakan pertunjukan, seorang pemuda mengenakan seragam tentara jaman dulu lengkap dengan sepatu dan senapannya, lucunya sepatu mereka tidak ada untuk kaki kiri dan kanan seperti seharusnya, jadi bisa dipakai untuk kaki mana saja.

Seragamnya juga sudah sangat kotor karena katanya jaman dulu itu mereka cuma punya satu, jadi kalau tidur mereka tanggalkan kemudian besoknya dipakai lagi, sangat jarang dicuci karena kondisi yang tidak memungkinkan. Tak lama kemudian diumumkan bahwa tentara itu akan menembakkan senapannya dan semua mengelilingi dia untuk menonton, saya ngga berani terlalu dekat (takut kenapa-kenapa, kan senapan sudah tua begitu !!)

Kami meninggalkan Fort Niagara menuju ke Lewiston (kota yang kecil tapi nyaman) untuk makan siang, banyak banget tourist berseliweran dan semua restaurant yang buka tampak penuh. Kami makan sandwich yang lumayan enak di sebuah restaurant, setelah itu jalan-jalan sebentar melihat toko-toko yang buka, juga mencari informasi soal Ghost Tour untuk malam nanti. Dapat informasi bahwa semua yang berminat ikut “Walking Ghost Tour” harus berkumpul di belakang sebuah toko yang ada taman luas serta bisa bayar sebelum tour dimulai, yaitu jam 8 malam. Kami segera meninggalkan Lewiston menuju ke perkebunan buah untuk memetik apple, tapi sebelumnya suami dan teman ingin singgah ke tempat penjualan Wine karena mereka mendapat info ada beberapa tempat winery yang bagus produknya.

Setelah membeli beberapa botol dan mencicipi wine (saya ngga ikutan) maka kamipun menuju ke perkebunan apple untuk memetik sendiri apple-apple yang kami inginkan. Mobil bisa masuk sampai halaman belakang rumah yang empunya perkebunan, setelah parkir mobil muncul yang empunya dan kamipun bertanya dan dapat penjelasan bagaimana memetik dan dia tanya jenis apple apa juga rasa apple yang bagaimana yang kami inginkan. Kami kasih tahu bahwa kami suka apple yang crunchy, tidak terlalu manis dan ada sedikit rasa asamnya, maka kamipun dibawa ke tengah perkebunan dan ditunjukkan pohon apple mana yang bisa kami petik dan dikasih satu wadah berupa ember besar.

Saking asyiknya memetik sampai lupa motretin pohon-pohon apple yang begitu rendah dan lebat buahnya, ada sih satu buah foto yang sempat suami jepret tapi tidak mungkin bisa saya share di sini karena ada foto teman dan dia ngga mau fotonya dipajang. Kalau kami ke sana lagi akan saya foto yang banyak sehingga bisa di share di sini ya. Setelah ember penuh, kamipun mencari yang empunya perkebunan dan melihat dia sedang sibuk bersama anaknya memetik apple untuk dikirim ke pembeli langganan. Apple yang sudah kami petik dipindahkan ke satu tas yang besar dengan ukuran ½ bushel (24 lbs), waktu kami tanya harganya, dikasih tahu US$ 5…. sampai melongo dengarnya, murah sekali. Dengan sangat ramah dia bilang “ jangan kapok ya, datang lagi” karena selain apple mereka juga punya perkebunan cherry yang bisa dipetik sendiri di bulan Juni. Hm….asyik juga nih !!

Kami segera kembali ke tempat camping, mengeluarkan buah apple dari mobil, dan taruh didalam tenda teman. Siang hari temperature waktu itu selalu sekitar 75F dan malamnya baru turun , jadi lebih baik apple ditaruh dalam tenda. Saya langsung mencuci beberapa apple untuk dimakan, ternyata rasanya sangat enak dan segar dibanding dengan apple yang dibeli dari supermarket atau toko buah, lagian ngga ada lapisan wax/lilin.

Kami duduk-duduk di tempat yang rindang sambil baca buku dan dengar music menunggu tibanya waktu untuk masak makan malam. Setelah makan malam dan beres-beres serta berganti pakaian, kamipun segera berangkat menuju ke Lewiston untuk mengikut walking ghost tour. Duh…. ternyata banyak betul peminatnya, lebih dari seratus orang dan ada anak-anak pula. Jam 8 malam tepat tourpun segera dimulai dipandu oleh 2 orang yang sudah sangat berpengalaman, tugas mereka terbagi yang satu pembicara (dia mengenaikan mikrofon mini yang disangkutkan di telinganya) dan satunya lagi di belakang rombongan untuk memantau keamanan dan juga lalu lintas karena kami sering harus menyebrang jalan.

Tour ini tidak memasuki bangunan yang katanya sering ada penampakan, tapi cuma di halamannya saja dan juga beberapa sudut kota. Waktu kami akan melintasi salah satu rumah yang mewah, tour leader menyuruh kami jalan terus dan jangan peduli kalau dengar suara omelan empunya rumah yang selalu complain soal tour ini. Menurut tour leader kami, wanita tua itu sering telpon ke kantor walikota memprotes kenapa membiarkan tour tersebut diizinkan, katanya sangat mengganggu dia karena melintasi jalan di depan rumahnya. Kata tour leader kami biarkan saja, namanya juga orang sudah tua, pasti ada yang ngga suka lihat orang berombongan jalan di malam hari keliling kota, jadi ngga perlu diambil hati.

Tour berakhir sekitar jam 10 malam, seru juga sih karena ngga serem soalnya kan ngga masuk ke dalam bangunan yang katanya angker itu. Setelah say goodbye, kamipun segera kembali ke tempat camping, duduk-duduk sebentar kemudian pergi tidur karena besok pagi harus ngepak semuanya dan pulang.

Hari Senin, bangun pagi sekitar jam 7:30……. sepi karena banyak yang sudah meninggalkan tempat camping hari Minggu. Setelah mandi dan sarapan kamipun segera membongkar tenda dan membereskan semua barang dan menyusunnya di mobil. Setelah semua rapi tersusun di mobil, kamipun meninggalkan tempat camping, kami singgah dulu di kantor pengelolahuntuk drop kartu pengenal dan juga membuang sampah. Selamat tinggal tempat camping nan nyaman, kami pasti akan kembali camping di sini.

Sekianlah teman-teman kisah camping dan jalan-jalan kami kali ini, semoga bisa dinikmati dan terima kasih sudah meluangkan waktu membacanya.

Salam,

Mawar

61 Comments to "Jalan-Jalan ke Niagara Fall dan Sekitarnya"

1. Mawar09  16 August, 2012 at 23:23

Lani : aku jadi ngakak sendiri baca komentarmu. Waktu itu memang takut banget, ngga berani lihat keliling jadi yang di pelototin cuma guidenya saja. Japrimu sudah aku terima, balasnya besok ya!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.