Bolu untuk Pesta dan Pelengkap Hidangan

Dewi Aichi – Brazil

 

Karena sudah menjelang lebaran, tidak ada salahnya saya berbagi resep sederhana di baltyra, semoga bermanfaat. Hari Minggu kemarin, selain bikin salad mayones, saya bikin bolu , iseng iseng saja untuk pencuci mulut. Maka bolu itu saya kasih isian nanas, agar lebih lezat.

Bolu ini juga bisa dihias seperti cake untuk ulang tahun. Meski bahan dan caranya sangat sederhana dan murah, jangan kecewa dulu…rasanya sungguh luar biasa enak. Untuk dijadikan hidangan pelengkap jamuan Makan atau untuk pesta ulang tahun, bolu bisa dihias sesuai kreativitas teman-teman.

Bolu ini sangat mudah dibikin dan cepat. Bahan dasar untuk bolu ini adalah:

  • 4 butir telur
  • 1 gelas susu UHT
  • 2 gelas gula putih
  • 0.5 gelas minyak goreng
  • 2 gelas tepung terigu
  • 1 sendok makan baking soda

Note: ukuran gelas sedang, atau untuk muat air 250 ml

Bahan isi:

  • 1 buah nanas, dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan sedikit air dan ditambah gula putih, air rebusan jangan sampai asat atau kering.
  • 2 kaleng susu kental manis direbus dalam panci presto selama 30 menit(direbus dalam keadaan kaleng tertutup), kemudian dibiarkan dingin sampai benar-benar dingin.

Semua bahan, kecuali tepung terigu dan baking soda, diblender sampai rata dan mengembang, masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu, blender terus sampai rata, terakhir adalah baking soda, blender sekitar 1 menit agar tercampur dengan seluruh adonan.

Setelah adonan siap, tuangkan ke dalam loyang/cetakan bolu,yang sudah diolesi minyak dan tepung terigu agar tidak lengket, bentuk cetakan sesuaikan dengan keinginan teman-teman. Saya memakai loyang persegi panjang.

Oven dengan suhu 180 drajat, sampai bolu menguning. Untuk menandai bolu sudah matang atau belum, tusuk pakai lidi atau sumpit, jika tidak lengket, berarti bolu siap diangkat.

Setelah matang, keluarkan dari oven, dan biarkan agak dingin, supaya bisa dilepas dari loyang tanpa merusak bentuk bolu. Setelah agak dingin, tuang bolu ke alas sesuai ukuran dan bentuk bolu, bisa pakai baki yang dialasi kertas aluminium. Bagi 2 bagian bolu tersebut dengan cara memotong bagian tengah dengan ketebalan yang sama. Memotongnya pakai benang, karena dengan memakai benang, bolu tidak pecah atau rusak, lihat gambar di bawah ini.

Untuk memisahkan belahan bolu, karena bagian bolu menjadi tipis, saya akali pakai telenan . Masukkan ujung telenan ke tengah bolu yang sudah terbagi dengan benang tadi. Seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Salah satu sisi bolu yang ditaruh di dalam alas baki, diolesi dengan susu kental manis yang sudah direbus tadi(hati-hati saat membuka kaleng susu, perhatikan kaleng dalam keadaan benar benar dingin), karena jika kaleng masih panas dan dibuka, isinya kadang nyemprot keluar, ini bahaya, karena panas dan bisa mengenai muka yang membuka kaleng.

Begitulah warna susu kental manis setelah direbus, rasanya juga enak sekali, lebih enak, dan akan pas jika dikombinasi dengan nanas rebus. Buktikan sendiri he he…

Setelah rata dengan olesan susu, taburkan rebusan nanas hingga rata dan teteskan sebagian air rebusan , tetapi jangan sampai kebanyakan. Tetes-tetes saja hingga rata.

Setelah itu, tutupkan bagian sisi bolu yang satunya diatas bolu yang sudah ada nanasnya itu.

Untuk menghias bolu, saya beli crème siap pakai, tinggal dikocok sampai membentuk buih.

Setelah crème membentuk buih, hias bolu sesuka hati, jika ingin warna warni, bisa dikasih pewarna makanan. Saya tidak tersedia pewarna di rumah, maka saya biarkan putih saja, seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Itu crème membentuk gelombang seperti itu hanya saya totol totol pakai dasar sendok he he…jadinya membentuk seperti itu. Mudah kan?

Teman-teman bisa membikin sendiri dengan kreativitas sendiri-sendiri, untuk melengkapi jamuan makan di Lebaran nanti, bisa ditulisi dengan crème “Selamat hari raya Idul Fitri”, juga bisa untuk cake ulang tahun putra putri kita, murah dan meriah, jangan lupa bikin brigadeiro dan beijinho yang ini ya..

http://baltyra.com/2012/05/30/yang-manis-manis-dari-si-manis-untuk-teman-teman-yang-manis/

Pasti anak-anak suka sekali dibikinkan pesta seperti ini.

Semua resep saya gampang, praktis, dan murah. Silahkan dicoba..!

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona.

Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

26 Comments to "Bolu untuk Pesta dan Pelengkap Hidangan"

  1. Lani  12 August, 2012 at 04:16

    EA : mmg ini jenis nanas putih, bukan krn nanas muda……….klu yg muda2 itu bagian DA yg lagi ngidam………….hahahaha

  2. anoew  10 August, 2012 at 21:43

    Lho aku juga mengomentari kepiawaian (walah, piawai) dalam memasak gitu lho. Buktinya aku bilang “manteb, Wik.”

  3. Dewi Aichi  10 August, 2012 at 21:15

    Pak Handoko, sungguh terlalu memang ha ha ha ha…bahasanya sungguh terlalu. Pak Han nyuruh masak, Elnino nyuruh asah asah…..aduh nasibbb…kapan gemuknya kalau begini caranya…

  4. Dewi Aichi  10 August, 2012 at 21:14

    Pak EA , Lani sedang masak oseng oseng, makanya ngga dijawab he he he…

  5. Handoko Widagdo  10 August, 2012 at 09:35

    Tak ada gunanya kalau dibuatnya di Brazil. Sungguh terlalu.

  6. EA.Inakawa  10 August, 2012 at 04:00

    @ Ci Lani, baru tau ada nanas putih di Kona, jenisnya putih atau emang masih muda belia nanasnya…….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *