Ayo Berenang

Linda Cheang

 

Halo Pembaca Baltyra semuanya. Kiranya Anda semua dalam keadaan sehat dan diberkati.

 

Pembaca sekalian,

Setelah aku berhasil memiliki sepeda (MTB) baru, memang aku jadi lebih kerap berolah raga. Tetapi sebenarnya ada satu cabang olah raga yang paling ingin kulakukan dengan intensitas lebih sering yaitu : berenang. Paling tidak, ya, seminggu sekali secara rutin. Selain karena aku memang suka berenang, juga aku memndapatkan saran untuk berenang dari dokterku, berkaitan dengan lututku yang sudah mulai klothakan gara-gara dulu, aku sempat gemuk.

Masalahnya, lokasi tempat tinggalku cukup jauh untuk mencapai kolam renang umum dan biasanya juga umumnya kolam renang di kotaku menggunakan air dari sumber sumur artesis, bahlan air dari PDAM dengan ditambahi kaporit yang cukup pekat. Apalagi sejak lokasi Pemandian Tjihampelas menghilang, diganti kompleks apartemen oleh sebuah grup pengembang perumahan,  makin sulitlah mencari kolam renang dengan air yang segar, kecuali aku mau bersusah payah pergi ke Ciwangun Indah Camp di kawasan Lembang yang airnya dari mata air gunung.

Suatu hari saat aku menemani ibuku membersihkan lantai paling atas rumah belakang kami, aku melihat ada pembuatan kolam renang di hotel tetanggaku. Jarak rumahku dengan pintu masuk hotel  hanya semenit jalan kaki, karena memang dekat, walau terpisahkan oleh sebuah bengkel merangkap ruang pamer mobil. Aku berpikir, alangkah enaknya kalau kolam renang itu dibuka untuk umum, jadi aku bisa lebih sering bisa berenang. Ternyata……..hotel tsb memang membuka fasilitas kolam renangnya untuk dapat diakses oleh warga awam dengan membayar tiket, tentunya. Hotel tsb bersertifikasi *2, kelak mungkin dengan adanya kolam renang, sebentar lagi akan naik bintang, ya.

Maka, pada suatu ketika, aku menelepon ke resepsionis hotel tsb untuk bisa bertemu dengan seorang bagian pemasarannya. Singkat cerita, aku bisa bertemu dengan Ibu Widi, dari  bagian Sales & Marketing Hotel Endah Parahyangan tsb, yang menerangkan apa saja fasilitas hotel tsb yang sangat berguna untukku meluaskan pekerjaanku, dan utamanya, aku dapat berenang lebih sering. Jadilah aku mencoba kolam renangnya di satu awal pekan.

Aku terkesan dengan suasana area kolam renangnya yang asri, meski tak seindah situasi di Kona, Hawaii, sana. Ada dua batang Pohon Kurma yang sengaja ditanam di situ, siapa tahu suatu saat akan berbuah.  Ukuran kolamnya yang 7 x 18 meter masih terasa kurang besar untukku. Ibaratnya baru juga nyebur dari satu ujung kolam, eh, sudah sampai lagi di ujung yang satunya lagi. Kedalaman kolam yang hanya 1.2 – 2 meter, juga terasa kurang dalam untukku, karena berenang di kolam yang dangkal, membuat berenang terasa lebih berat. Dulunya aku sering dibawa Papaku berenang di kolam yang kedalamannya sampai 4 meter dan kedalaman segitu enak sekali dipakai berenang.

Hal yang membuatku lebih terkesan lagi, ternyata airnya begitu jernih dan segar, mengingatkanku ketika aku berenang di Sumber Air Muncul, luar kota Salatiga, Jawa Tengah, akhir tahun lalu ketika pergi liburan. Hanya sedikit kaporit yang kurasakan sehingga berenangku jadi lebih semangat. Biarpun airnya dingin, tapi ketika berenang di kolam itu,  aku tidak merasa kedinginan.  Dari informasi yang disampaikan Ibu Widi, ternyata mereka menggunakan sumber air tanah alias sumur, yang memang untuk wilayah lokasi hotel, bengkel dan rumah tempat tinggalku itu kondisi airnya masih sangat baik. Singkatnya lagi, kini, tidak ada lagi alasan bagiku untk menunda-nunda jika ingin berenang, kecuali karena sakit,  karena lokasi fasilitas sudah ada plus harga  tiketnya ramah di kantong. Apalagi dengan membayar biaya keanggotaan per bulan yang mumpung masih ramah di dompet, aku boleh menggunakan kolam renang tsb sesering yang aku mau, mau sehari sampai sepuluh kali keluar-masuk juga boleh.

Setelah beberapa kali berenang di sana, lumayan, suara klothakan di kakiku mulai berkurang dan sekarang aku lagi rajin-rajinnya berusaha untuk bisa berenang dengan gaya kupu-kupu, satu gaya renang yang sangat sulit untukku. Dengan rajin berenang, maka kemampuan bernapasku menjadi semakin baik, dan ini menguntungkan bagiku setiap kali berlatih paduan suara, aku jadi mampu bernyanyi dalam satu tarikan napas, bisa nyanyikan dua sampai 3 baris panjang lirik lagu. Kualitas suara yang keluarpun semakin baik. Kegiatan bersepedapun menjadi semakin ringan. Belum lagi tubuhku yang semakin bagus bentuknya tetapi tidak berotot besar seperti dari hasil berolah raga di pusat kebugaran. Boleh periksa silang, deh,  ke Oom Dj dan Tante Susi yang berhasil ketemu aku, ketika mereka bertemu aku di liburan sangat singkat mereka ke Bandung beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, aku juga punya kerja sama corporate rate dengan pihak manajemen hotelnya, jadi untuk para tamu yang suka banget dolan ke Bandung terutama saat akhir pekan, dan perlu kamar, tetapi sering kehabisan kamar, boleh, deh, kontak aku, siapa tahu masih ada kebagian akomodasi di hotel ini. Secara okupansinya, hotel ini lebih sering mencapai 100%  justru di hari-hari kerja atau weekdays¸ dipakai untuk rapat oleh instansi pemerintah, instansi swasta, sampai untuk menggelar acara pesta ulang tahun dan pernikahan. Aku akan senang hati membantu untuk informasinya.

Teman-teman Baltyra, sudah ada kawan-kawan yang mengajak balapan renang kalau mereka kelak pulkam  ke Bandung. Ayo, siapa lagi yang mau balapan renang denganku? Balapan sehat juga.

Ayo berenang!

 

Salam ngojay,

Linda Cheang

Agustus 2012

 

About Linda Cheang

Seorang perempuan biasa asal Bandung, suka menulis tentang tema apa saja, senang membaca, jalan-jalan, menjelajah dan makan-makan. Berlatar pendidikan sains, berminat pada fotografi, seni, budaya, sastra dan filsafat

My Facebook Arsip Artikel Website

41 Comments to "Ayo Berenang"

  1. adwin  3 February, 2013 at 20:02

    Kolam renang nya untuk umum? Tiket masuknya berapa ya harganya? Kebetulan rumah aku juga deket sana.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.