Indonesia Ketjil, Washington DC: Tujuhbelasan Kali Ini

Dian Nugraheni

 

Tahun lalu, anak-anak Indonesia yang berada di seputaran Washington, DC, Maryland, dan Virginia, dengan batasan usia 13 tahun paling muda, boleh menjadi anggota Paskibra, alias Pasukan Pengibar Bendera.

Tahun ini, kebijakan yang turun dari Dubes Indonesia, lain lagi, bahwa petugas Paskibra diambil dari kalangan mahasiswa. Banyak para anak-anak yang berharap bisa ikutan Paskibra tahun ini, merasa kecewa. Bahkan terdengar suara protes salah seorang dewasa, “dari negeri asalnya sono, yang namanya petugas Paskibra itu ya bukan mahasiswa, tapi anak-anak SMA …”

Ada yang bilang, habis kalau Paskibranya anak-anak, kebanyakan jumlahnya, nggak ada bujetnya…

Busyet dah.., yang bener aja, cuma buat selenggarain tujuhbelasan di halaman rumah Kedubes doang dibilang nggak ada bujetnya..? Sedangkan anak-anak yang berangkat pulang balik latihan aja, satu anak nggak cukup sepuluh dollar buat naik kereta sekali berangkat, nggak pada ngeluh kok..

Whatever, Indonesia, tetaplah Indonesia…meski berada di bumi asing. Percayalah, tetap “Indonesia..!!”

Hari ini senang juga lah, melihat anak-anak di Indonesia Ketjil di seputar wilayah Washington, DC, ini bermusik dan bernyanyi. Mereka memainkan iringan musik dan menyanyikan lagu-lagu nasional, dan juga lagu-lagu daerah. E…yamke rambo, yamkeee….!!

Kumpuuulll…bentar lagi upacara dimulai lhoo….

 

Nyanyikan lagu-lagu daerah…

 

41 Comments to "Indonesia Ketjil, Washington DC: Tujuhbelasan Kali Ini"

  1. anoew  25 August, 2012 at 14:35

    senangnya melihat anak-anak bangsa yang sadar dengan budaya aslinya

  2. nia  25 August, 2012 at 14:07

    Alvina… sy blm pernah ktm dng pak Andri cm waktu itu ktm bu Feri aja. malah baru tau sy klo namanya Ferial Hadi pantes cantik banget… ternyata none Jakarta to. memang orgnya rendah hati bgt. waktu itu acaranya ktm sama org2 Indonesia yg berobat di Singapura. bu Feri kasih bingkisan yg isinya gak sama. tergantung yg sakit umur berapa. kesannya personal gt. jg gak cm dateng bawa bingkisan tp tau jg siapa yg mau dikasih bingkisan. ya mungkin itu ajudan2nya jg yg berjasa tp setau sy gak banyak lho pejabat yg mau repot2 gini.

    nah waktu itu jg ada bbrp pembantu yg dateng di acara itu. habis acara bu Feri nyapa mereka. beliaunya biasa aja tp org2 yg terlibat acara (bukan org2 KBRI) ribut bgt atur ini itu. malah ada yg ngomong pake mic ‘ayo mbak2 ngobrol sama bu Dubes. kpn lg kalian bs ktm Dubes.’
    abis tu bu Feri kasih pidato singkat ‘klo melihat sy di jalan ato dimana saja tolong sy disapa ya. dan jgn panggil sy bu Dubes. bu Feri saja. nama sy Feri. yg Dubes itu suami sy.’
    tu kan yg bener2 pejabat aja rendah hati

  3. nia  25 August, 2012 at 13:58

    Linda… sama sy jg punya temen deket yg gak suka ngumpul2 jd kmi klo jalan bareng ya berdua aja. ato ada tambahan ya plg 1 itupun yg sama2 gak reseh. sy kenal dia baru sekitar 3 taon pdhl keluarga kmi saling kenal dah lama banget. kmi walo akrab bgt gak nanya2 yg terlalu personal. kecuali klo misalnya sy cerita naik gaji trus dia nanya ‘naek brp persen’ udah gt tok gak perlu jumlahnya.

  4. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:32

    Mbak Mawar09…yaa, betul Mbak..kita orang ngomong sesama bahasa, jadi sampai gimana dia berhenti di titik dan koma aja, kita tau apa yang dia maksud, apa nyindir, apa suka, apa marah, apa ngiri…nahhh, mana kalau sudah tinggal di LN, juga yang bikin ga kuat..aduhhh.., banyak di antara mereka kayak yang paling hebat aja, begini begitu…(ya sebenere itu hak mereka sih, cma mbak Dian agak nggak bisa ikutin yang begitu2..)..

    Mending gaul “light2” aja…cool…he2..makasih yaa..

  5. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:30

    Mbak Alvina…wahh, summer melancong terus pasti nih..he2..
    Yaa, kalau mbak Dian kan ga kemana2, jadi pengen bisa ikutan terus biar anak2 tau gimana2nya Indonesia…seneng juga kalau pas liat mereka begitu antusias untuk latihan baris, atau nyanyiin lagu daerah dan nasional…anak2 juga seneng setahun sekali Emaknya dandan “layak” di muka umum..ha2..(setiap 17an saya selalu berkain dan kebaya…

  6. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:27

    EA.Inakawa..hwaaa….itulah yang pertama banget kedengeran, pas kita2 nanyain, kapan dibuka pendaftaran buat anak2 yang pengen ikutan paskib, dijawab oleh salah satu orang, “nggak tau deh, kayaknya bujetnya nggak cukup…mungkin besok yang naikin dan nurunin bendera orang2 pegawe KBRI”….Hixixixixi, langsung deh kita2 ketawa ngakak…hahhhh…makasih yaa..

  7. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:25

    Pak DJ, lama banget saya ngak gaul dengan orang2 senegara untuk membicarakan bujet, ehh, dengar kali ini, buat 17an kedengaran rumor bahwa bujet ga cukup, kan kecewa juga pak DJ, wong hanya dalam acara 17an ini anak2 bisa mengenal lebih jauh bagaimana Indonesia…sedangkan pak Dubes punya banyak agenda acara besar, pasti bujetnya banyak bener…he2..
    Wahh, pak DJ, putranya jauh lebih ganteng pakai ukel Bali begitu..he2..makasih yaa..salam juga dari Virginia..

  8. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:22

    Mas Bagong Julianto…
    Nahhh, itu dieeee…kalau Atase Militernya, pernah bilang sama aku, kriteria yang dipakai ketika memilih anak2 untuk jadi petugas pengibar atau penurun bendera upacara…salah satunya, postur tubuh mencukupi, cara jalan “masih bisa diperbaiki” atau masih bisa dilatih jalan ala baris berbaris militer, daaaannnn…diusahakan, atau diutamakan BUKAN ANAK ORANG DALEM….Kebetulan anakku tahun kemaren, meski masih 13 tahun, tapi tinggi badan dll sudah cukup, dia bertugas menurunkan bendera…Tahun ini, no comment deh….he2..makasih yaa..

  9. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:17

    Dewi Aichi..iya Wie..di sini juga yang kumpul cuma anak seputar DC, Maryland, Virginia, karena 3 negara bagian ini kayak Depok, Jakarta, Bekasi gitu deh, nyambungnya…Negara2 bagian lain ya mungkin berkegiatan di Konsulatnya masing2…
    Kalau aku sebenere cuma buat anak2, biar tetep bisa mengenal Indonesia dengan baik…

  10. Dian Nugraheni  25 August, 2012 at 13:15

    JC..percaya banget kok JC yang soal begituan, maaf2 aja, dan maaf2 bangets, maka daripada mumet, nggak usah deket2 yang bikin mumet….ha2…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.