Kuda Lumping (2)

Anung Prayitno

 

Artikel sebelumnya: http://baltyra.com/2012/05/10/kuda-lumping-1/

 

Pedagang asongan Balon, Kacang, Gemblong …..

 

“Jangan banyak bengong dong!”, nanti seperti ini:

Baru aja di jepret, karena memang terlihat berbeda sama yang lain….

Bukti betapa kuatnya orang kesurupan sampai bambunya rusak….

Junior : “Flying”…

Naik-naik ke puncak bambu

Siapa bilang Kesurupan tak membutuhkan keseimbangan…

 

Lumayan tinggi, makin tegang ketika 2 orang naik…

 

PAWANG in action!!

 

WANI PIRO? sudah tradisi di kalangan Setan suap menyuap, tidak berlaku lagi istilah “Setan ora doyan Demit ora ndulit”, sekarang setan dan Manusia sama-sama doyan DUIT.

Teknik suap ini adalah pancingan agar Barongan keluar dari sarangnya, dari sekian Pemain yang  kesurupan, Baronganlah yang belum mau keluar dari sarangnya, komat-kamit dan tawar menawar pun terjadi dengan uang Rp.100.000,-

Setelah sekian lama keadaan memang bener-bener berubah sang Pawang pun berhasil menarik Barongan dari sarangnya. Kesurupan pun terjadi tapi bukan ke Pemain malah ke Penonton yang kesurupan walah walah bahaya…….

Karena memang Kesurupan ini bukan untuk Penonton (orang yang nonton) maka ada teknik merayu ala assistan Pawang, biar ga kesurupan.

Berikut ini gambar cara pembatalan kesurupan kalau bukan Penari (Pemain).

Penonton yang Kesurupan lagi dirayu assistan pawang …

Meskipun Penabuh gamelan ga apalah: bakal jadi Barongan.

Penuh gaya…

Gayanya menakutkan, coba perhatikan barongan full action bunyinya ga berhenti cetak cetok tu mulut barongan seakan mau makan semua yang ada padahal GA PUNYA GIGI…

Hanya gambar gigi baris namun ta satu pun gambar gigi yang runcing (serem).

Punya mata tapi masih ngintip lewat mulut, kaki tetep 2 seakan kaki 4…

Paling menakutkan sendiri, paling sibuk sendiri, mondar mandir…

Ya begitulah Barongan…

Nah ini dia sebagai penutup acara Topeng, Penampilan tari masih dalam kesurupan sangat kocak jauh dari kesan serem. Paling sering digodain pemain lain, pegang pisang satu sisir, diminta ga dikasih lari, sampai-sampai pisangnya jatuh..

Kocaknya lagi saat cari pisang yang jatuh seperti orang buta (meraba) padahal sudah di kasih tahu kiri, kanan, kiri dikit, depan, maju, maju, kanan, kanan…

Sang PAWANG (selesai)

Teknik jarak jauh seperti memutuskan benang layang-layang. atau kalau bandel diakhiri dengan meniup kuping (disuwuk/disebul) bul.. bul…
Begitulah cara Sang Pawang memulangkan satu demi satu Kuda Lumpingnya…….

Terimakasih, Salam Damai dari Bekasi

 

17 Comments to "Kuda Lumping (2)"

  1. Dewi Aichi  7 September, 2012 at 01:39

    Lani..mbok jangan di brakoti …coba dicokot saja…kamu kan biasa nyokot.

  2. Lani  7 September, 2012 at 01:07

    AKI BUTO : “Ah, Lani, kalau kowe tidak perlu jadi jaran kepang, mbrakoti kelapa dan ngremus beling khan sudah biasa tho”

    dasar lurah sudrun! mmgnya aku aji2 po???? iso mbrakoti kelapa dan ngremus beling????? pie klu kamu sj sing tak brakot????? karo aku kremus2 koyok krupuk??????? wakakakaka……….gimana DA, kang Anuuuuuu apakah dikau setuju??????

  3. Alvina VB  7 September, 2012 at 00:49

    Mas Anung, duluuuu banget, waktu masih muda, saya pernah lihat pertunjukan kuda lumping yg orgnya makan gelas kaya makan kerupuk, ttp tidak berdarah-darah ya krn ini org kesurupan, kaya ada roh lain dlm tubuhnya/ dia ada pegangannya, ttp kok saya yg merasa nyeri/sakit perut yo…he..he….sejak saat itu saya gak pernah lihat pertunjukan kaya gini lagi, takutnya transfer roh2 tsb ke badan saya bisa repot nanti, gelas piring dirumah abis saya makanin, ha..ha….

  4. Dj.  6 September, 2012 at 22:52

    Ingat waktu kecil, kalau ada kuda lumping, selalu ngikuti, sampai kekampoeng sebelah.
    karena ingin nonton lagi…
    Hahahahahaha….!!!
    Salam,

  5. Kornelya  6 September, 2012 at 20:18

    Nonton kuda lumping itu ada suasana magis tetapi tidak menakutkan.

  6. Dewi Aichi  6 September, 2012 at 20:07

    Pak Anung…saya masih ngga ngert dengan pemain kuda lumping kok bisa kesurupan gitu ya? apa benar-benar hilang kesadaran atau pura-pura saja…mungkin ada yang bisa menjelaskan..

  7. Anung FP  6 September, 2012 at 16:22

    HennieTriana/EA.Inakawa/Bagong Julianto
    —————————————-
    Ya betul mungkin da soulmate ma Kuda Lumping sering kejadian demikian, kejadian kesurupan/kesetrum biasanya lebih extrim lagi, bukan cuman 1-2 orang biasanya rombongan 5 org sekaligus (serem), tapi untungnya yang ini KLnya kalem2 aja kan? …
    Sy pengin kecipratan duwit ajalah bisa ga ya? He..he..
    Tempatku juga ada tiap 17 agustus semua kesenian pada keluar, kebetulan tahun ini berbarengan sama bulan puasa jadi pd libur.
    Salam Damai

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.