Rambut

Donald Sitompul

 

Tak pernah dibiarkan panjang. Aku tak tahu kenapa dia selalu memilih potongan rambut seperti itu. Mungkin saja ada seseorang yang mampu memintanya, agar rambutnya selalu dipotong pendek. Ah, mungkin juga pekerjaannya. Siapa yang tahu. Dan tak seorang pun di dekatnya yang mempunyai waktu untuk menanyakan padanya, semua sibuk dengan keramaiannya masing-masing.

Teman-temannya pun kebanyakan berambut pendek, selalu cantik kurasa. Walau sekali-kali kubayangkan dirinya berambut panjang. Tapi, tak perlu risau akan hal itu.

Katakanlah rambutnya pendek, karena tuntutan pekerjaan. Terus siapa yang bisa melarangnya, bukan? Pekerjaannya memang membuat dia harus memotong pendek rambutnya, mungkin saja dia bekerja di bagian layanan masyarakat. Pekerjaan dimana ada keramaian di sekeliling, masyarakat menuntut semua harus cepat. Bila tidak dilayani akan ada keributan.

Bayangkan saja bila rambutnya dibiarkan panjang, bukankah dia akan repot berlari-lari kesana kemari mendengarkan suara-suara yang menginginkan layanan segera. Rambutnya akan mengganggu, ah .… Kalau panjang tentu saja lebih menarik, tapi siapa yang mau peduli.

Sekali ini dia melayani beberapa orang yang ingin segera mendapat minuman dan makanan ringan, periksa di tempat makanan. Stok sudah habis. Bakal ada bencana, orang-orang akan mengomel.

Maaf bu, coca cola sudah habis, bagaimana kalau diganti sprite saja?

Ah … Kalau begitu teh saja!

Senang melihat dia demikian sibuk, sambil berpikir apakah aku punya ide untuk meminta sesuatu, agar dia mampir ke kursiku. Belum tahu aku ingin apa, tetapi perjalanan ini masih kurang setengah jam lagi. Mudah-mudahan sebuah ide akan ‘nyantol‘ di pikiran.

Tapi semua usai setelah tiba, dia masih sibuk merapikan sesuatu di belakang. Tak tahu, entah apa yang dilakukannya. Aku ingin menyapa untuk sekedar berbasa-basi. Mungkin suatu waktu dapat bertemu lagi. Dia menuruni tangga beranjak pergi dengan seseorang, berbicara sesuatu sambil menggandeng lengan temannya. Mesra.

Perjalanan kembali ke kota, kemacetan selalu menjadi teror bagi siapa saja. Perlahan. Kubayangkan rambutnya, selalu pendek. Apakah rambut itu harum? Apakah setelah dia pulang kerja rambut itu tetap harum? Siapa yang pernah membelai rambut itu? Rambut itu seolah berada di pelupuk mata, kubelai perlahan dan dia terpejam. Ah ….

Kemacetan ini membuatku terbayang pada rambut itu. Selalu dipotong pendek.

Tomang, 7 September 2012

 

17 Comments to "Rambut"

  1. Bagong Julianto  12 September, 2012 at 06:22

    Yaaaa..
    Rambut pendek, gerak gesit, ramah…
    CANTIK juga jadinya…

  2. Kornelya  12 September, 2012 at 06:03

    Karena rambut itu mahkota, kerudung/topi sekalipun tak menghalangi imajinasi lelaki akan keseksiannya.

  3. Alvina VB  12 September, 2012 at 03:53

    Cuma 1x dalam hidup punya rambut pendek banget krn yg ngeriting rambut saat itu kesalahan, jadi dipangkas aja snip-snip tahu2 dah pendek kaya polwan, ha…..ha……ttp kepala kok jadi enteng ya……

  4. donaLd  12 September, 2012 at 00:41

    kelewat, terimakasih mas Handoko, mbak Lani….

    Mbak Lani, aku sudah ga bebek lagi…. hahaha…

    Btw, aku sambil mikir kok mas Admin taruh gambar laki-laki ya? Padahal ceritanya tentang perempuan, keren juga….

  5. Lani  12 September, 2012 at 00:29

    hello Donald yg ndak pakai bebek………mmm, membahas soal rambut……..katanya rambut itu mahkota wanita? ndak peduli mo pendek/panjang……..apakah msh berlaku ya pepatah itu?

  6. Lani  12 September, 2012 at 00:28

    EA : hah? suka yg berambut pendekkkkkkkkkk?????? wadoh yg di Kona ikut tersipu-sipu……..la penyuka dan suka rambut pendek kkkkkk

  7. donaLd  11 September, 2012 at 23:32

    Terimakasih komennya, mas JC, mas Anoew, mas Dj, mbak Linda, mas James, mas Inakawa, dan awesome…. Aku menulis tentang seorang teman perempuan yang bekerja di dunia penerbangan saat dalam perjalanan pulang, tetapi sengaja dikaburkan dalam tulisan ini… Pembaca bebas menafsirkan… Hehehe…

    Btw, mas JC terimakasih!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.