Peony menjawab: Menyusun Menu Bulanan untuk Karyawan

Peony – Serpong


Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…

Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME ya…

Siang ini Peony mendapat pertanyaan menarik dari NHP, seperti di bawah ini

 

Nah berikut ini adalah jawaban saya buat NHP dan buat Sahabat Baltyra yang berminat juga….

Dalam menyusun menu bulanan baik untuk di rumah maupun untuk  karyawan (yang mana saya asumsikan adalah menu makan siang), sebaiknya siapkan menu yang rendah lemak – kaya protein dan serat, agar dapat dinikmati oleh semua karyawan tanpa kuatir membahayakan kesehatan mereka.

Sebagaimana saya sudah sampaikan pada NHP di kolom komentar tulisan saya “Menyusun menu bulanan yukk”… bahwa kebiasaan menyantap makanan tinggi kolesterol di usia muda, dapat memberikan dampak buruk di usia senja kelak, disebabkan oleh penimbunan atas lemak yang berlebih di tubuh kita.

Oiya, sebelum lebih jauh menulis, saya harus jelaskan bahwa saya bukanlah orang dengan latar belakang pendidikan kesehatan atau juga bukan orang yang mendalami ilmu mengenai gizi, namun apa yang akan saya tuliskan adalah merupakan pengalaman pribadi saya sebagai penikmat makanan kolesterol-asam urat tinggi sejak muda dan mulai merasakan efek samping “kanan-kiri-depan” (hihihi maksudnya perut gendut gituuu) dan merupakan tips yang diberikan oleh dokter yang membantu saya menangani masalah kesehatan saya tersebut.

OK, back to the topic, jadi dalam menyusun menu bulanan tersebut, selain dari kiat-kiat yang sudah pernah saya sampaikan dalam tulisan saya sebelumnya (“Menyusun menu bulanan yukk”) ada beberapa tambahan yang mungkin dapat menjadi acuan, yaitu….

  • Tidak semua lemak adalah jahat, karena tubuh kita masih memerlukan lemak… Lemak yang baik bisa kita dapatkan dari nabati… contohnya dari alpukat, kacang-kacangan…
  • Jangan takut makan menu bersantan, sepanjang tidak berlebihan.
  • Jika memungkinkan, sajikan nasi beras merah sebagai sumber karbohidrat dalam menu kita.
  • Untuk menu makan siang di kantor, pilihlah menu yang praktis (dalam proses memakannya) karena jam istirahat karyawan kan terbatas, rata-rata hanya 60 menit.
  • Harus ada minimal 1 porsi buah, sebaiknya pilih buah yang berserat tinggi.

Berpedoman dari hal-hal tersebut di atas, berikut ini adalah contoh menu yang saya susun…

Semoga tulisan Peony kali ini bisa bermanfaat ya..

Selalu melakukan apapun dengan sepenuh hati, Peony

Dear Redaksi Baltyra, terima kasih ya udah ditayang…

Sahabat Baltyra, terima kasih ya udah membaca tulisanku dan resep-resep ala dapurku, Pawon Peony (http://pawonpeony.blogspot.com/)

 

37 Comments to "Peony menjawab: Menyusun Menu Bulanan untuk Karyawan"

  1. Peony  7 November, 2012 at 13:22

    Dear Pak Bagong Julianto, makasih ya sudah mampir dan juga buat apresiasinya

    Pak, kalau “pecel madiun” yang paket basic ya hanya pecel sayur nya + krupuk gendar, nah pendamping nya itu bisa dengan ayam goreng, empal daging, tahu/tempe bacem… misalnya…
    Nah untuk variasi, saya padankan pecel madiun nya dengan gadon daging.

    Gadon daging itu adalah menu berbahan dasar daging sapi giling + irisan kol yang dikukus dengan bumbu rempah dan santan. Resepnya sudah dimuat juga lho di Baltyra…
    Gambarnya terlampir ya Pak…

    Jadi…semua menu ditolak…dari mulut langsung ke perut aja ya…

  2. Peony  7 November, 2012 at 13:15

    Dear Linda, makasih ya sudah mampir dan juga buat apresiasinya

    Maaf telat bangett merespon komen nya Linda, karena baru main internet lagi nih…

    menu on the spot juga menarik lho…
    jadi menyusun menu bulanan atau tidak, selera aja sih sebenarnya… tul khan…

  3. Bagong Julianto  7 November, 2012 at 12:41

    Mbak Pur,

    Menu 15, tanya ini:
    Pecel madiun, biasanya sudah ada ayam gorengnnya…
    Terus gadon daging, itu apa?! Empal disuwir-suwir atau daging cincang goreng?

    Menu selebihnya: SAYA TOLAK!

    Tolak ke dalam perut lewat geligi-lidah-liur lewat kerongkongan……

  4. Linda Cheang  10 October, 2012 at 20:51

    whoaaa, Peo. aku kapok bikin sususnan menu, soale lebih sering melanggar hal yang sudah disusun sendiri, hihihi, jadinya lebih sering on the spot ajah…..

  5. Peony  5 October, 2012 at 17:47

    Dear Alvina, makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    Sebenernya menu itu gak mesti buat menu kantin karyawan saja sih.. bisa juga buat menu keluarga aja…

  6. Alvina VB  5 October, 2012 at 12:17

    Peony, thank you ya….. nanti dicobain dech kl dah punya karyawan banyak dan buka canteen sendiri (buat karyawan dunk), he..he….

  7. Peony  5 October, 2012 at 12:09

    Dear Fel, makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    iya Fel, selain nulis disini, cici juga nulis nya di blog-ku yg alamat nya ada diakhir tulisanku

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)