Superstorm SANDY

Juwita Setiono – Sydney

 

Bencana alam sedang melanda Amerika. Berita terakhir mengabarkan bahwa 38 orang meninggal, 200 pasien diungsikan dari NYC Hospital dan 6.5  juta penduduk tidak mendapatkan supply aliran listrik.

Semua ini adalah akibat dari kedahsyatan Badai Sandy.

Tentunya kita semua mengikuti berita bencana alam ini, baik dari siaran berita di televisi maupun dari media lain. Beberapa media heboh menayangkan liputan ‘rekayasa’.

Rekayasa foto: Patung Liberty dihantam badai.

Tetapi mungkin berita ini benar? Bahwa lagu Gangnam Style sebenarnya adalah lagu jampi-jampi pengundang hujan.

Apa arti sebuah nama.

Apakah rekan Baltyra pernah berpikir kenapa badai yang sifatnya merusak ini mempunyai nama yang bagus? Siapa yang berwenang memberi nama? Bagaimana sistem pemberian nama ini?

Badan Meteorologi memantau kegiatan badai dengan sistem latitude dan longitude. Sistem yang cukup rumit untuk dimengerti, jadi dalam penyampaian berita ke penduduk setempat digunakanlah sistem nama.

Badan Meteorologi menyusun enam daftar nama badai di Atlantik. Setiap daftar terdiri dari dua puluh satu nama. Satu daftar dipergunakan untuk satu tahun. Setelah enam tahun, daftar pertama dipakai kembali.

Untuk tahun ‘genap’ nama laki-laki dipakai di urutan ganjil.  Dan di tahun ‘ganjil’ nama perempuan dipakai di urutan ganjil.

Diperkirakan tidak lebih dari 21 badai terjadi dalam satu tahunnya. Badai yang pertama terjadi diberi nama yang dimulai dengan huruf ‘A’, badai kedua diberi nama yang dimulai dengan huruf ‘B’ dan seterusnya dengan pengecualian huruf Q, U, X, Y dan Z tidak dipergunakan.

Jika terjadi lebih dari dua puluh satu badai dalam satu tahun, abjad Alpha, Beta, Gamma, Delta dan seterusnya yang dipergunakan.

Beberapa nama tidak dipergunakan lagi, misalnya Badai Katrina. Badai Katrina menyebabkan kerusakan yang luar biasa dan menyebabkan banyak korban sehingga penggunaan nama ‘Katrina’ kembali, dianggap tidak layak.

Berikut ini nama badai yang tidak dipergunakan lagi.

Sistem nama yang berbeda berlaku untuk Eastern North Pacific, Australian Region, Fiji Region, Papua New Guinea, Filipina, Northern Indian Ocean  dan Southwest Indian Ocean dan ditentukan oleh National Hurricane Center.

Superstorm Sandy. Betapa dahsyatnya kerusakan yang diakibatkan. Jalan menuju pemulihan akanlah penuh dengan perjuangan dan dibutuhkan ketegaran hati. Harus dan pasti bisa dilalui!

Salam

 

33 Comments to "Superstorm SANDY"

  1. Alvina VB  3 November, 2012 at 00:44

    Hallo Juwita (jadi inget lagu Juwita malam….) n Gandalf, ternyata org yg sama ya….
    Btw, Itu minum beer/ minum yg lainnya? Dah hot, hot, hot di Ausie saat ini ya?

    Cheers….happy weekend….
    lihat aja bentar lagi akan keluar itu puisi2nya penulis Baltyra, he..he….

  2. Juwii  2 November, 2012 at 17:03

    @Alvina: Hallo Alvina… iyaaa… Juwita forever the one and only. Halaah… Hihii.. Gimana kabarmu yaa..
    @Gandalf: Mbah.. Aku ini kadang memang anteng kok, hehe…

  3. Gandalf the Grey  2 November, 2012 at 12:21

    Alvina: kalo dari namanya sih kayaknya iya sama…
    sayang beliaunya sangat irit berkomen di sini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.