Sejarah Blok Barat dan Blok Timur

Edysatria Tarigan Girsang

 

SEJARAH DUNIA

Permintaan dari Cah Semangat tentang SEJARAH BLOK BARAT DAN BLOK TIMUR BESERTA DAFTAR ANGGOTA.

~Gajah Mada

 

Sesudah Perang Dunia II berakhir, muncul dua kekuatan inti sebagai pemenang perang, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara ini dianggap mempunyai andil besar bagi kemenangan pihak Sekutu. Amerika Serikat dengan pasukannya yang besar berhasil memukul mundur bahkan memaksa Jerman dan Italia untuk menyerah. Jasa Amerika Serikat semakin besar saat Jepang menyerah setelah peristiwa pemboman kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan kota Nagasaki (9 Agustus 1945).

Di pihak lain, Uni Soviet juga memberikan andil besar atas kemenangan pihak Sekutu di Perang Dunia II. Berkat Uni Soviet, negara-negara di Eropa Timur yang dikuasai NAZI Jerman berhasil dibebaskan, seperti Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia, dan Cekoslowakia. Pengaruh kedua negara semakin besar setelah Perang Dunia II berakhir. Kekuatan militer, politik, dan ekonomi kedua negara ini tidak dapat ditandingi negara-negara pemenang lainnya. Meskipun kedua negara sama-sama tergabung di pihak Sekutu saat Perang Dunia II, pada dasarnya ideologi kedua negara sangat jauh berbeda. Uni Soviet menganut ideologi komunis-sosialis, sementara Amerika Serikat menganut liberal-kapitalis.

Dengan dua ideologi yang ada, masing-masing pihak merasa kalau ideologinya mampu membawa perubahan ekonomi bagi negara-negara lain yang krisis setelah Perang Dunia II. Politik “mencari teman” diterapkan kedua negara untuk menggaet negara-negara lain supaya mengikuti ideologi mereka. Politik “mencari teman” ditempuh dengan cara apapun, diantaranya dengan memberikan bantuan, berdiplomasi, atau invasi militer. Persaingan di segala bidang antara blok barat (Amerika Serikat) dan blok timur (Uni Soviet) sering disebut Cold War (Perang Dingin).

Perang Dingin dimulai saat masing-masing kubu mendapatkan kawan. Awal Perang Dingin ditandai dengn didirikannya pakta pertahanan NATO (North Atlantic Treaty Organization) oleh blok barat pada tanggal 4 April 1949, yang beranggotakan awal 12 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Perancis, Belanda, Belgia, Italia, Portugal, Islandia, Norwegia, Luksemburg, dan Denmark. Sebagai tandingannya, pihak blok timur juga mendirikan organisasi serupa pada tanggal 14 Mei 1955, dengan nama Pakta Warsawa yang beranggotakan awal 7 negara yaitu Uni Soviet, Jerman Timur, Polandia, Bulgaria, Cekoslowakia, Hongaria, dan Albania.

Setelah bidang politik dan militer, persaingan kedua kubu menjalar ke bidang ekonomi (Marshall Plan vs Molotov Plan), kegiatan intelijen (CIA vs KGB), teknologi nukir, teknologi ruang angkasa (astronot vs kosmonot), bahkan olahraga (olimpiade). Persaingan kedua kubu berakhir saat Uni Soviet runtuh pada tahun 1990-an. Akibatnya banyak daerah yang berusaha memisahkan diri dan merdeka dari Uni Soviet. Wilayah-wilayah yang berhasil memerdekakan diri antara lain: Estonia, Latvia, Lithuania, Belarusia, Ukraina, Moldova, Georgia, Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, Kirgiztan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Rusia (meneruskan warisan Uni Soviet).

Sumber: Nana Nurliana Soeyono, Sudarini Suhartono, dan Magdalia Alfian. 2003. Sejarah 3 Nasional dan Umum. esis

 

6 Comments to "Sejarah Blok Barat dan Blok Timur"

  1. mutiara amanda  19 February, 2014 at 16:05

    trims

  2. J C  12 November, 2012 at 10:07

    Yang aku ingat kalau baca seperti ini adalah lagu Wind of Change by Scorpion…

  3. Swan Liong Be  11 November, 2012 at 20:12

    Lagu “Go West” dulu dilarang disiarkan di mantan “Republik Demokrasi Jerman” , mungkin kalau ada lagu “Go East” malah dianjurkan hehehe….

  4. Dewi Aichi  11 November, 2012 at 19:59

    Ini berita perang dingin, saat aku masih SD kayaknya…bapak selalu mendengarkan dari radio transistornya…

  5. Bagong Julianto  11 November, 2012 at 19:26

    GO WEST Pet Shop Boys, Wind of Change Scorpion……

  6. Handoko Widagdo  11 November, 2012 at 12:22

    Bagaimanakah sejarah Jawa Barat dan Jawa Timur? Sumatra Barat dan Sumatra Timur? Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur? Papua Barat tidak ada Papua Timur?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)