Israel

Mpek Dul

 

ISRAEL   

Medinat Yisra‘el dalam bahasa Ibrani: מדינת ישראל = (Arab:  دولة إسرائيل = Dawlat Israel) Satu negara yang sangat kontroversial, disegani, dikagumi dan dihormati, kawan serta dibenci lawan ini didirikan tanggal 14 Mei 1948 oleh David Ben Gurion dengan wilayah hanya 22.000 km2. Negara di Timur Tengah ini dikelilingi Laut Tengah di sebelah barat, Libanon dan Suriah di sebelah utara, Yordania di sebelah timur dan Mesir dan gurun pasir Sinai di selatan. Selain itu dikelilingi dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza, Tepi Barat Sungai Yordan (West-bank), disingkat Tepi Barat. Mata uang: New Israeli Shekel שֶׁקֶל חָדָשׁ‎‎ = Sheqel Chadasj, juga merupakan mata uang resmi yang berlaku di teritorial Tepi Barat.

Jumlah penduduk sekitar 7,5 juta jiwa, termasuk beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, seperti Palestina, Arab Kristen, Arab Muslim, Druze, Samaria, Falasya, Cina, Jepang dll.

Bahasa resmi yang dipakai Ibrani modern (עברית = Ivriet) dan Arab. Israel memiliki dua bandara internasional yaitu Ben Gurion di Tel Aviv dan Bandara Ovda di Eilat, selatan Israel.

Lagu kebangsaan Israel : HATIKWA (התקווה) yang berarti “Harapan”.

כל עוד בלבב פנימה         Kol `od balevav P’nimah =  Jauh di lubuk hati,

נפש יהודי הומיה             Nefesh Yehudi homiyah =  jiwa seorang Yahudi hidup,

ולפאתי מזרח קדימה        Ulfa’atey mizrach kadimah =  maju mengarah ke timur,

עין לציון צופיה               Ayin l’tzion tzofiyah =  dengan mata tetap menatap ke Zion,

 עוד לא אבדה תקותנו     Od lo avdah tikvatenu =  Tetapi harapan kami tidak hilang,

התקוה בת שנות אלפים  Hatikvah bat shnot alpayim =  Harapan hidup selama dua ribu tahun,

להיות עםחופשיבארצנו  .Li’hyot am chofshi b’artzenu =  Menjadi rakyat bebas di tanah sendiri,

ארץ ציון וירושלים.         Eretz Tzion v’Yerushalayim =  Di Tanah Zion dan Yerusalem.

Kepala negara: Shimon Peres (שמעון פרס), nama kelahirannya Szymon Perski, lahir  2 agustus 1923 di Wiszniew, dahulu Polandia, sekarang bernama Visjneva, Belarus. Dia anggauta partai Kadima ( קדימה  yang berarti menghadap kedepan), satu politik liberal demokrat menengah Israel yang didirikan Ariël Sharon. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ( ‏בנימין נתניהו), lahir di Tel Aviv, 21 Oktober 1949, anggauta partai Likud.  Ibu kota negara ini adalah Yerusalem.

Ketika perang antara negara-negara Arab – Israel pecah pada tahun 1948, Yerusalem jatuh ke tangan Jordania, dan sesudah Perang Enam hari tahun 1967, Israel berhasil mengambil alih kembali dan dipertahankan sampai sekarang. Sejak itu Yerusalem dinilai sebagai satu kota suci negara Yahudi yang tidak terpisah dari Yerusalem barat.

Banyak negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel masih menempatkan perwakilan/kedutaan besar mereka di Tel Aviv yang dinilai sebagai ibu kota yang netral dari negara Israel.  Selain itu juga untuk tidak menyinggung negara-negara Arab lainnya yang menuntut Yerusalem sebagai ibu kota wilayah Palestina, dimana ada Masjid Al-Aqsha. Masjid ini yang berada di samping Kubah Batu atau Kubah Ash-Shakhrah (bahasa Arab: مسجد قبة الصخرة   (yang terletak di tengah-tengah di dalam tembok kompleks Al-Haram Asy-Syarif atau “tanah suci yang mulia”.

Kubah Ash-Sakhrah  atau  The Foundation Stone (Ibrani: אבן השתייה) atau Qubbat As-Sakhrah (مسجد قبة الصخرة, ), yang bulat dan atasnya berwarna kuning karena dilapisi emas ini selesai dibangun oleh kalief Abd al-Malik dari Omajjaden, Damascus 688 – 692, dan merupakan bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Kubah dengan gua di bawahnya sebenarnya satu bangunan yang di dalamnya ada satu batu besar dan penting sekali untuk agama-agama Yahudi dan Islam. Menurut kepercayaan di tempat ini Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi’raj.

Di dalam kitab Hadits (dinilai sebagai sumber hukum dalam agama Islam yang menduduki tempat kedua pada tingkatan sumber hukum di bawah kitab Al Qurán) ada tertulis bahwa Muhammad mengajarkan umat Islam berkiblat ke arah Masjid Al-Aqsa (Baitul Maqdis) selama 17 bulan setelah hijrah ke Medinah. Hadits ( الحديث ), tidak lain adalah perkataan dan perbuatan dari Nabi Muhammad SAW.

Tempat ini oleh umat Yahudi dan Kristen dikenal dengan sebutan Bait Suci (bahasa Ibrani:  כיפת הסלע  Har haBáyit atau Temple Mount), suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua juga tempat dimana Abraham menyiapkan Ishak, putranya untuk dikurbankan Gen.22: 2, 10-12, 16-18.

Sekitar 76% dari penduduk Israel adalah terdiri dari Yahudi, 18% Arab Palestina dan 6% kelompok lain.  Israel adalah satu negara republik demokrasi dengan sistem parlementer demokrasi ala barat dengan parlement universal yang dipilih. Presiden hanya mempunyai status simbolis seremonial. Kekuasaan pada hakekatnya berada di tangan Perdana Menteri yang mengepalai semua kementerian, dipilih dari seorang anggauta parlemen yang didukung mayoritas di parlemen. Biasanya yang menjadi perdana menteri adalah ketua Partai terbesar. Knesset adalah Dewan Perwakilan Rakyat yang berfungsi sebagai badan legislative dan mempunyai anggauta 120 orang.

Dibandingkan dengan negara-negara di sekelilingnya yang semua terdiri dari negara-negara otoriter Arab, sistim pemerintahan Israel adalah demokratis, dimana perwakilan rakyat dipilih lewat pemilihan umum.

Sekitar 5% penduduk Israel adalah Kristen, 10% dari penduduk Arab Palestina beragama Kristen. Agama Kristen sangat besar dan kuat sekali pengaruhnya karena mendapat dukungan dari komunitas Kristen di seluruh dunia. Untuk mereka Israel adalah Holy Land. 65% penduduk Yahudi lahir di Israel. 35% religius Yahudi, termasuk ultra orthodoks, 45% sekulir, 15% religious traditional (Kristen, Muslim, Bahia, satu aliran monotheis kuno dari Persia atau Iran).

Hubungan antara agama Kristen dan Yahudi, sangat baik, karena ajaran kedua agama ini ada sangkut pautnya. Yesus sendiri adalah seorang Yahudi.

Berbeda dengan negara-negara seperti Irak, Suriah, Iran, Sudan, Indonesia, hubungan antara orang-orang Kristen dan Muslim di Israel termasuk Tepi Barat, sangat baik dan tidak pernah ada pertikaian, atau saling bunuh membunuh, bakar membakar gereja dsb. Bahkan kerja sama antara kedua kelompok ini sangat erat sekali. Ditinjau dari segi sosiologis, kedua kelompok ini adalah minoritas yang merasa saling membutuhkan dan harus bekerja sama. 10% dari penduduk Arab Palestina beragama Kristen. Hampir semua juru kunci dan penjaga bangunan gereja-gereja terkenal di Yerusalem, Betlehem, seperti Native Church atau gereja Kelahiran Yesus (Nabi Isa untuk orang Islam) adalah orang-orang Muslim,

Banyak sekali sekolah-sekolah, rumah sakit, rumah yatim piatu, rumah penampungan orang-orang cacat berada di bawah asuhan yayasan sosial Kristen, hampir semua Katolik Roma, Ortodoks, Timur, Armenia, dan terbuka untuk penduduk Palestina tanpa dibedakan agama mereka.

Di kesempatan lain, khusus tentang perjalanan saya ke Israel, saya berharap dapat membahas latar belakang hal ini lebih lanjut.

Israel adalah satu negara republik demokrasi dengan sistem parlementer demokrasi dimana anggautanya universal dipilih. Presiden hanya mempunyai status simbolis seremonial.

Knesset (כנסת, yang berarti rapat atau pertemuan) adalah parlemen Israel. Pemilihan anggauta parlemen dijadwalkan secara hukum setiap empat tahun sekali, tetapi koalisi pemerintahan seringkali tidak stabil dan sering terkena “mosi tidak percaya” dari parlemen, sehingga seringkali pemerintahan harus dibubarkan lebih dahulu.

Proses perdamaian dengan Palestina, pelbagai skandal politik seringkali merupakan penyebab retaknya koalisi.

Di dalam Knesset  juga orang-orang Arab yang berwarga negara Israel, diberi kursi, bahkan salah satu partai politik Arab terbesar El Amal Lat’gir  atau “Hope for Change” dibawah pimpinan Aatef Karinaoui yang mengatakan bahwa lambang Israel bintang David dan Menora, bukan merupakan halangan untuk penduduk Arab anggauta partai ini yang juga tidak menolak untuk bekerja sama dengan Israel.

Lambang nasional negara Yahudi Israel hampir 3000 tahun adalah Menora, kandil lilin yang terdiri dari tujuh biji ranting zaitun dikedua sisinya dan tulisan Israel di tengahnya ישראל

Bangsa Yahudi yang tinggal di Israel dapat digolongkan terdiri dari :

Askenazi (יהודי אשכנז = Yehudei Askenaz mayoritas Yahudi yang berasal dari AS, negara-negara eropa timur, Rusia, Hongaria, Polandia, Ukraina, dll.

Sefardi  (יהדות ספרד = Yahadut Sfarad liberal, keturunan yahudi Spanyol, Portugis, Itali, Yunani, Bulgaria).

Mizardi mayoritas penduduk Israel  (Mizrah= Timur atau oriental Jews יהדות מזרח = Yahadut Mizrah kebanyakan keturunan imigran Yahudi dari Marokko, Iran, Irak, Jordania, Yaman, Suriah, Tunisia, Libya, dan negara-negara Arab lainnya.

Dari nama-nama yang dipakai, biasanya dapat diketahui asal mula seorang Yahudi. Nama-nama seperti Cohen, Polak, Levi, Meier, Perez adalah nama-nama yang tipis dipakai oleh orang-orang Yahudi dari Israel kelahiran timur tengah sendiri, sedangkan yang dari Jerman, Hungaria, Austria atau Polandia dan Eropa timur lain banyak memakai nama-nama seperti Stone, Goldschmeding, Liebbermann, Rosenthal, Seagal, Weissmann, Grossmann, Pollack, Rosenbaum, Oppenheimer. orang-orang Yahudi kelahiran  Rusia banyak memakai Moskowitz, Leibovitz, Abramowitz.

Sekitar pertengahan tahun 90an banyak Yahudi “hitam” yang  berasal dari Ethiopia yang masuk ke negara ini. Mereka dinamakan Beta Israël atau Falasya.

Apakah Yahudi di dalam prakteknya? Yahudi, yang menurut kitab Taurat berasal dari keturunan Eber (Ibrani didalam kitab Kejadian 10:21) atau Yakub, putra dari Ishak, anak dari Abraham (Ibrahim) dan Sarai (Sarah), suku Yehuda. Abraham sendiri mempunyai dua putra, yang lain adalah Isma’il ( إسماعيل ) dari Hagar yang dinilai sebagai leluhur bangsa Arab yang dinamakan Arab Adnaniyah. Nabi Muhammad termasuk bangsa ini.

Untuk menghindari adanya diskusi antar agama atau ideology pro dan kontra, terlepas dari pertanyaan benar tidaknya, tulisan ini hanya saya batasi ke garis besar saja yang berdasarkan literatur bacaan yang telah saya ambil dari pelbagai sumber resmi yang netral. Setiap orang berhak mempunyai pandangan sendiri-sendiri sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing.

Siapakah orang yang berhak disebut seorang Yahudi?

Seorang Yahudi atau Yahadut (יהדות ) adalah seorang yang memeluk agama Yahudi dan sekaligus dinamakan bangsa Yahudi, baik yang tinggal di Israel sendiri maupun luar negeri.  Ini adalah satu hal yang unik sekali, sebab kita dapat memeluk satu agama tertentu misalnya, Islam atau Kristen, tetapi kita tidak dapat menamakan bangsa Islam atau bangsa Kristen.

Sumber dari bangsa Yahudi yang utama adalah dari pihak wanita,  dari ibu.

Halacha (הלכה)  atau Halakha, atau hukum-hukum agama Yahudi, berdasarkan kitab Taurat yang disahkan dalam literature Rabinat memberikan definisi orang Yahudi sbb:

  • Seorang anak yang lahir dari ibu Yahudi dan ayah bukan yahudi SELALU dan otomatis Yahudi.
  • Seorang anak yang lahir dari keluarga dimana kedua orang tuanya ayah dan ibunya Yahudi disebut Yahudi.
  • Seorang anak yang lahir dari ayah Yahudi dan ibu dari bangsa lain, adalah Yahudi campuran ini termasuk kategori Yahudi liberal.
  • Seorang yang memeluk agama Yahudi, tanpa dinilai suku, ras asal kelahirannya menurut hukum adalah seorang dan bangsa Yahudi.

Definisi ini diwajibkan oleh Talmud, satu sumber “hukum – hukum tidak tertulis” Sepuluh Perintah Allah yang diberikan kepada nabi Musa di gunung Sinai kira-kira 3.500 tahun lalu, dimana yang mengandung asal hukum-hukum Yahudi dan dijelaskan didalam Chamisja Choemsjee Torah  ( bahasa Ibrani: חמשה חומשי תורה, lima buku dari Taurat atau perjanjian lama).

Dalam bahasa latin di kenal sebagai Pentateuch (Penta = lima):

Bereesjiet       (Genesis   = Kejadian  = בראשית)

Sjemot            (Exodus    = Keluaran =  שמות‎)

Wajikra          (Leviticus = Imamat    =  ויקרא )

Bemidbar       (Numeri   = Bilangan) =  בְּמִדְבַּר)

Dewariem      (Deuteronomium = Ulangan =  דברים)

Bulan Oktober yang lalu ada kehebohan karena seorang wartawan Arab Saudi yang bernama Abdulateef Al-Mulhim telah menulis di satu harian dari Arab News 6 Oktober 2012 di bawah  artikel “Arab spring and the Israeli enemy” :  “Tidak ada satu negara Arab pun yang bersedia melihat kenyataan dan mengakui bahwa bukan Israel adalah musuh dunia Arab atau bangsa Arab, melainkan adalah para koruptor dan dictator di negara-negara Arab itu sendiri ”  “Mengapa negara-negara Arab membuang-buang uang untuk berperang hanya karena tidak mau bertetangga dengan Israel, sedangkan beaya yang begitu besar sekali sebaiknya dapat dipakai untuk membeayai ongkos pendidikan, infrastuktur, dan jaminan social serta kesehatan?”.

Saya memutuskan untuk menulis artikel ini sesudah saya melihat foto-foto anak-anak yang kelaparan di Somalia, Yaman, rumah-rumah yang hancur terbakar di Aleppo Suriah, bom-bom auto yang diledakkan di Irak, bangunan-bangunan perumahan rakyat yang hancur di Libia, gurun Sinai yang tidak diolah seperti di Israel”. Belum lagi membicarakan para sheik yang berfoya-foya ke luar negeri tanpa mempedulikan kesejahteraan rakyat di negara mereka sendiri.

“Musuh utama dari dunia Arab adalah korupsi (yang tidak nampak), tidak adanya jaminan sosial dalam bidang kesehatan,  tidak adanya kebebasan, tidak adanya penghargaan terhadap kehidupan manusia (a.l. penerapan hukuman mati). Banyak diktator yang memakai konflik Arab–Israel untuk mengalih kan kekacauan di dalam negeri sendiri dan menghasut rakyat mereka satu terhadap yang lain.

Kehancuran dan penganiayaan terhadap rakyat sendiri lebih kejam dan parah daripada kekejaman yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap rakyat Palestina. Semua kekejaman ini lebih parah dari perang Arab Israel di masa lampau. Korupsi yang dilakukan oleh diktator Tunisia satu negara kecil, sudah lebih dari $ 13 milyar “.  (herannya adalah wartawan ini tidak ditangkap dan dihukum, karena kritik di Arab Saudi adalah satu hal yang tabu!). Satu perkembangan yang unik di Arab Saudi bahwa wartawan ini tidak ditangkap dan diadili, karena berita-berita demikian ini tidak di toleransi. Kritik adalah tabu.

Dunia luar tidak mengetahui bahwa secara tidak langsung dan resmi ada hubungan ekonomi antara Arab Saudi dengan Israel. Hubungan ini lebih baik dari hubungan antara Arab Saudi dengan Iran, karena kedua negara ini bermusuhan dan menganut prinsip aliran Islam yang berbeda, yaitu Soeni dan Syi’ah. Ideologis kedua aliran ini sangat berbeda karena Syi’ah menolak kepemimpinan dari tiga Khaliffah Sunni pertama, sedangkan Sunni menolak Imam Al Mahdi dari Imam Syi’ah. Itulah sebabnya kaum muslim Iran dan mayoritas penduduk Iran penganut Syi’ah hampir tidak pernah naik haji ke Mekka, karena mereka tidak mengakui Mekka sebagai tempat suci, melainkan Qom di Iran. Muslim Syi’ah berpendapat bahwa Ali bin Abi Thalib sepupu Muhammad, kepala keluarga Ahlul Bait adalah penerus kekhalifahan yang setelah menikah dengan Fatimah az -Zahra dan menjadi menantu Muhammad.

Taraf hidup di Israel tergolong tinggi, karena perekonomian nya yang sangat stabil, sekalipun negara ini tidak mempunyai bahan baku dan tambang minyak. Sebetulnya susah sekali untuk memberikan gambaran secara keseluruhan tentang negara ini sendiri karena begitu sangat kompleksnya, tidak saja politik, tetapi juga dalam bidang sosiologis, anthropologis dan keagamaan. Dengan pengetahuan saya yang sangat terbatas, saya akan mencoba menguraikan sedikit tentang negara ini.

 

ANGKATAN BERSENJATA

Nama resmi tentara pembela Israel adalah IDF (Israel Defence Forces : צְבָא הַהֲגָנָה לְיִשְׂרָאֵל = Tseva HaHagana Le Yisraël), didirikan sejak 26 mei 1948. Sebelumnya adalah satu organisasi para militer Hagana yang bertujuan untuk melindungi orang-orang Yahudi yang di tanah Palestina dan pendatang Yahudi dari Eropa sesudah PD II dari serangan-serangan penduduk Arab di Palestina.

Kementerian Pertahanan dan Militer adalah yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk pertahanan dan kedaulatan teritorial Israel. Angkatan bersenjata Israel terdiri dari angkatan darat, laut dan udara. Let. Jendral Beni Gantz  saat ini adalah komandan IDF.

Pangkat Jendral di Israel juga tidak banyak, karena ini adalah satu pangkat penghaargaan yang tinggi sekali dan diberikan kepada anggauta militer yang benar-benar telah berjasa besar.  Di Indonesia mengenal ratusan jendral.

Disamping itu Israel mengenal korps para-militer khusus penjaga perbatasan dan dikenal sebagai  Misjmar HaGvoel, The Israel Border Police (Ibrani: מִשְׁמַר הַגְּבוּלMishmar HaGvul)  atau  Israel National Police tetapi di bawah angkatan bersenjata.

Anggauta polisi elite kontra terorisme ini dinamakan Magavnikim (מג”בניקים).  Di Nederland juga korps polisi elit seperti ini yang dikenal sebagai Koninklijke Marechaussee, biasanya terlihat di lapangan terbang dengan seragam biru tua.

Magavnikim ini dilengkapi dengan senjata mesin otomatis termodern M4A1, UZI (yang dipakai oleh angkatan bersenjata 90 negara di dunia ini), dan dikerahkan pada saat ada kerusuhan di Israel dan territorial Palestina. Mereka dikenal sangat keras dalam mengambil tindakan, dan bilamana perlu diperkenankan menembak mati pengacau tanpa kompromi. Wibawa mereka sangat besar di samping disiplin yang tinggi sekali. Mereka diberi mandat di atas korps polisi Palestina di dalam mengatasi kerusuhan-kerusuhan di Tepi Barat (Westbank).

Dinas keamanan Shin Bet (Sjeroet Bitachon Klali) – Israel Securities Agency adalah korps polisi khusus yang menjaga keamanan dari kedutaan. Selain itu anggauta dinas yang berada di bawah pengawasan langsung Perdana Menteri, ditempatkan di kedutaan Israel di luar negeri.

De Mossad (המוסד למודיעין ולתפקידים מיוחדים – Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim) adalah dinas intelijen Israel yang sangat terkenal. Banyak anggauta CIA  dan M16 (Inggris) yang dikirim ke sini untuk dididik oleh Mossad. Dinas ini mempunyai reputasi sangat efisien dan praktis. Disiplin dan rasa nasionalisme sangat penting dan ditekankan sekali.

Sudah ratusan teroris yang dihancurkan. Beberapa di antaranya yang menggemparkan adalah Operasi Entebbe, Uganda 1976 dimana anggauta pasukan elite ini berhasil membebaskan pesawat El-Al yang dibajak di sana. Pembajak pesawat ini diberi bantuan dan fasilitas oleh Amin Dada Oumee, diktator Uganda yang juga dikenal seorang kanibal, sehingga akirnya dia sendiri kehilangan muka dan digeser.

Pada tahun 1960 ketika Adolf Eichman, salah satu dari anak buah Hitler yang menduduki hirarki sangat tinggi, yang telah bertahun-tahun dicari dan diketemukan tinggal di Buenos Aires, ibukota Argentina diculik hidup-hidup dan diselundupkan dalam peti barang dan diterbangkan ke Isarel, tanpa ada orang yang tahu kecuali anggauta Mossad yang menjalankan operasi itu sendiri dan pemimpinnya. Baru sesudah tiba di Israel berita ini disiarkan sehingga memalukan pemerintah Argentina.

Setelah Eichman diadili dijatuhi hukuman mati. Naik bandingnya ditolak. Pada tanggal 31 Mei 1962 dia digantung dan mayatnya dibakar dalam semacam oven seperti yang dipakai Nazi untuk membakar bangsa Yahudi dimasa PD II, di Auschwitz, Sobibor, Treblinka, dan abunya ditaburkan di tengah laut di luar teritorial Israel, tanpa disebutkan tempatnya, untuk mencegah agar tidak menjadi tempat ziarah para simpatisan Neo Nazi.

Dr. Mahmoud Hamshari, anggauta September Hitam (Black September dari PLO), koordinator utama dari pembantaian olahragawan Israel yang ikut pertandingan Olimpiade September 1972 di Munchen, dicari dan akir tahun 1972 diketemukan, lalu diledakkan dengan laser remote control di apartment nya di Paris saat dia mengangkat tilponnya. Tidak lama kemudian orang wakilnya Dr. Basil Al-Kubaissi, juga dibunuh di Paris tahun 1973.

Dalam rangka operasi Babylon, kepala program nuklir Iraq, Yehia El-Mashad dibunuh pada tahun 1980 dan sebelum sempat diselidiki, pusat tenaga atom Osriak, Irak yang diperkirakan  memproduksi bom atom, diledakkan pada tahun 1981, sehingga membuat presiden Irak waktu itu, Saddam Hussein sangat marah dan bersumpah membalas dendam, tetapi tidak pernah dilaksanakan.

Mahmoud al-Majzoub alias Abu Hamza, pemimpin Palestian Islamic Jihad dan adiknya Nidal, diledakkan di Sidon Libanon pada tahun 2006, saat mengendarai mobilnya.

Mahmoud Abdel Rauf al-Mabhouh, seorang komandan senior militer Hamas, dan pendiri Izz ad-Din al-Qassam Brigades dibunuh di satu hotel lima bintang, Rotana Hotel, Dubai di tahun 2010, sekalipun dia memakai lima pelbagai paspor palsu. Diperkirakan berkat bantuan Mosab Hassan Yousef, putra dari Sheikh Hassan Yousef, pendiri Hamas sendiri yang kemudian baru diketahui justru adalah salah seorang spion Mossad.

Dua minggu yang lalu komandan pasukan Hamas yang memerintahkan penembakan roket ke Israel selatan dan Tel Aviv, Ahmed al-Jabari diledakkan dari udara saat dia berada di dalam mobilnya di Gaza. Untuk melihatnya:

Setiap pelemparan bom ke arah Israel biasanya ditindak dengan keras oleh pasukan Israel.

Negara ini mempunyai penduduk sekitar 7,5 juta, tetapi mempunyai tentara sekitar 380.000 dan 130.000 reservis wajib militer yang dilatih sebagai tentara sepenuhnya, dan menduduki tempat ke 10 “World’s 10 most powerful military countries”.

Selain itu Israel mampu menangkis serangan roket yang diarahkan ke negara ini dengan “roket anti raket” yang dinamakan Iron Dome, yang diproduksi oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd. (רפאלמערכות לחימה מתקדמות בעמ, ), atau lebih dikenal dengan nama Rafael.

Seperti juga Hizbulah, Hamas sendiri didukung oleh Suriah dan Iran, negara  yang menganut aliran Islam Syiah,  musuh bebuyutan Israel dan Arab Saudi.

Di Israel sendiri hukuman mati lama sudah dihapus dan diganti hukuman seumur hidup, sedang kan negara-negara Arab di sekelilingnya masih menerapkan hukuman mati. Arab Saudi adalah negara nomor 3 di dunia dimana hukuman mati banyak dilaksanakan sesudah Iran, China.

Israel mengenal wajib militer, untuk semua warga negara Israel, baik untuk pria maupun wanita mulai usia 18 tahun – 45 tahun, termasuk orang-orang suku Circassir, Druze, Samaria. Kecualian adalah mereka yang cacad atau tergolong kelompok Ultra ortodoks atau Yudaisme Haredi atau Chareidi Judaism ( Ibrani: יהדות חרדית – jahadoet charediet).

Peraturan ini sangat kontroversial sekali karena kehidupan mereka hanya mempelajari kitab Thora, tidak usah bekerja, bebas pajak, bebas wajib militer dan kehidupan mereka ditanggung oleh negara sepenuhnya. Selain itu mereka mempunyai banyak anak, sehingga memberatkan tanggungan negara yang harus dibeayai dari pemasukan pajak yang dibayar oleh penduduk Yahudi lainnya. Banyak penduduk orthodoks atau liberal Yahudi yang menilai hal ini adalah satu diskriminasi, sehingga kaum Haredis tidak disukai.

Pemerintah Israel telah mengeluarkan satu hukum bahwa kelompok ini dimasa depan tidak lagi diberi perlakuan istimewa, dan harus ber dinas militer dan mempunyai kewajiban seperti kelompok Yahudi lainnya. Sebagian besar dari militer wanita juga diberi didikan Taekwondo, Yudo, Karate, Jiujitsu untuk membela diri.

Wajib dinas militer untuk wanita dua tahun, untuk wanita anggauta militer tempur tiga tahun, sedangkan untuk pria semuanya tiga tahun. Perwira berdinas empat tahun. Setiap tahunnya ada ulangan dinas beberapa bulan sampai mencapai usia 40 tahun.

Druze, yang menilai diri mereka sebagai suku Arab yang menganut satu aliran Islam Uniat atau pembaruan (oleh Islam sendiri aliran ini tidak diakui karena dinilai sebagai satu sekte), suku Arab Badui, satu suku Arab asli yang sudah beberapa generasi tinggal di Israel sebagai penggembala domba-domba, dan warga negara Israel yang beragama Kristen diperkenankan secara sukarela menjadi tentara. Kementerian pertahanan yang akirnya menentukan siapa yang dapat di perkenankan setelah diadakan seleksi ketat.

Saat ini Israel adalah satu-satunya begara di timur tengah yang mempunyai senjata anti roket,  perisai untuk menangkis serangan-serangan roket jarak menengah dan jauh, serta mampu meluncurkan satelit mata-mata sendiri seperti AS, Rusia, China, India, Perancis, Jepang, Inggris. Diperkirakan juga Israel sudah mampu memproduksi roket jarak jauh yang dapat mencapai Iran (dinilai sebagai pengancam potensial) yang dikendalikan oleh tenaga laser. Selain itu dipastikan negara ke enam di dunia yang mempunyai bom atom, meski hal ini secara resmi disangkal.

 

EKONOMIS – SOSIOLOGIS – ANTHROPOLOGIS

Berbeda dengan negara-negara Arab yang kaya karena dari hasil tambang minyak, sehingga rakyat mereka “dimanja alam ” dan tanpa bekerja keras mengatasi persoalan ekonomis sehingga lebih terbelakang dalam dunia pengetahuan ilmiah, Israel jauh lebih unggul dan tergolong salah satu negara yang menduduki taraf yang tinggi sekali sebanding dengan Amerika Serikat, maupun Eropa di bidang tehnologi tinggi. Negara mini ini, tidak saja dibenci oleh negara-negara tetangganya karena dinilai sebagai satu potensi yang membahayakan ideology keagamaan, tetapi juga harus selalu berusaha untuk dapat “survival”.

Lebih dari enam juta orang Yahudi yang menjadi kurban kebencian Perang Dunia ke II tidak dapat dilupakan begitu saja sehingga rasa nasionalisme yang begitu mendalam, bersama dengan  keuletan, ketekunan, kedisiplinan membuat bangsa ini disegani dan dikagumi oleh kawan dan lawan sepenuhnya. Selain itu mereka mempunyai banyak anak, sehingga memberatkan tanggungan negara yang harus dibeayai dari pemasukan pajak yang dibayar oleh penduduk Yahudi lainnya.

Kaum buruh pekerja Israel dilindungi hukum, tanpa dibedakan agama dan ras, termasuk buruh dari Palestina yang bekerja di Israel. Jam kerja maksimum mingguan adalah 48 jam. Gaji minimum telah ditentukan oleh pemerintah berdasarkan kesepakatan antara serikat buruh pekerja dan organisasi/serikat pemilik perusahaan.

Israel mengenal kebebasan pers termasuk hak mengkritik pemerintah, dan penerapan hukum bukan berdasarkan agama, tetapi menurut hukum internasional. Hukum diterapkan dengan penuh konsekwen. Mantan presiden Israel Musā Qassāb alias Moshe Katsav, seorang Yahudi kelahiran Yazd, Iran juga dihukum 7 tahun akibat pelecehan seksual. Korupsi, kutu busuk masyarakat dimanapun pasti ada termasuk di negara ini, hanya saja  kejadian yang sporadis, tetapi  juga benar-benar ditangani dan diberantas dengan keras, karena ini adalah faktor yang dinilai membuat destabilisasi negara sehingga para penanam modal luar negeri takut untuk menanamkan modal mereka di Israel.

Gaji bulanan dari pegawai di Israel sangat extrem perbedaannya. Menurut statistik dari CIDI (Central Information Documentation Israel), gaji rata-rata pegawai NIS 4.250,- (Rp. 10.300.000) bruto belum dipotong pajak dan premi jaminan sosial, lebih kurang 8 kali gaji buruh di Indonesia, tetapi hanya  60% dari gaji minimum bruto buruh bulanan di Nederland yang sekitar € 1.425,- (Rp. 17.700.000,- data per 1 juli 2012) bruto berdasarkan 40 jam kerja/minggu.

Gaji  mimimum bulanan buruh tenaga kerja di Indonesia menurut Upah Minimum Provinsi (UMP) bulanan (jika peraturan betul-betul diterapkan), untuk tahun 2012 yang tertinggi adalah di DKI  Jakarta dengan rata-rata sebulan sekitar Rp. 2.200.000,- sedangkan di daerah lain di bawahnya sebulannya berdasarkan 48 jam kerja/ minggu. Inflasi di Israel setahunnya sekitar 2,1%, di Nederland 2,9%, di Indonesia 4,8% (statistik CPI – Consumer Price Index 2010).

Di bidang pertanian Israël adalah termasuk negara yang tertinggi dalam penerapan high-tech pertanian antara petani-petani dan ahli-ahli penelitian. Hampir semua tanah pertanian dahulunya terdiri dari tanah kering dan gurun padang pasir, terutama di sekitar Negev. Lewat penelitian dan penerapan tehnik irigasi, dan mesin-mesin tertentu, memungkinkan tanah di padang gurun yang kering kerontang diolah sedemikian rupa dan diperkembangan sebagai tanah pertanian intensip sehingga memungkinkan ada hasilnya. Selain untuk kebutuhan sendiri, juga produk hasil pertanian diexport. 70% hasil produk pertanian diexpor ke E.U. dan AS, sekitar 15%  di export ke negara-negara Arab tetangganya seperti Jordania, Libanon, Mesir yang dulu musuh bebuyutan!  Banyak buruh-buruh pertanian Palestina dari Westbank (Tepi barat), seperti Yerusalem, Betlehem, Ramallah, Hebron yang mata pencaharian mereka sepenuhnya tergantung dari pertanian di Israel. Sistim yang sangat unik sekali adalah penerapan irigasi dengan air yang terbatas sekali untuk tanah pertanian yang diatur sedemikian rupa, dimana air disimpan di bawah kubangan raksasa di bawah tanah dan setiap waktu tertentu dipompa untuk irigasi. Sistim demikian ini juga sudah dikenal sejak jaman dahulu kala sejak Kaisar Herodes.

Bekas peninggalan tehnik tinggi irigasi ini masih dapat terlihat di Massada, satu  benteng yang luas di tepi barat Laut Mati.  Iklim yang sangat sesuai memungkinkan hasil panen sepanjang tahun.

Inilah yang menyebabkan Israel jauh lebih maju dan unggul dalam bidang perekonomian dibandingkan dengan negara-negara Arab tetangganya seperti Suriah, Jordania, Mesir, Libanon. Selain itu memang bangsa Yahudi pada umumnya dikenal sangat disiplin, tekun dan ulet.

Kiwi, semangka (pelbagai melon), tomat, ketimun, lombok, advocado, kurma, buah delima, mangga, jeruk, ananas adalah produk pertanian yang diexport dan dikenal dengan merek Carmel. Israel mengimport gula, kopi, beras, gandum, teh.

Di bidang kehewanan, sapi-sapi perasan Israël adalah juara dunia dalam produksi susu, dengan produksi rata-rata sekitar 10.000 liter susu setiap sapi, tiap tahunnya. Semua ini dimungkinkan dari riset biotehnik industri perhewanan  dimana sapi-sapi ini secara genetis diternakan besar-besaran.

Industri sektor sangat lebar dan dinamis sekali, meskipun negara ini tidak mempunyai bahan baku, terutama minyak, tetapi hal ini dikompensasi dengan tingginya kreativitas, inovasi dan tingginya kwalitas dalam bidang pengetahuan tehnologi, karena banyak sekali orang-orang yang berpendidikan tinggi. 4% dari anggaran belanja negara Israel GDP dicadangkan untuk penelitian tehnologi. Dalam bidang medis-elektronika, agrotechnologie, kimia, komputer, pangan, dan solar energi, high-tech idustri. Tahun 1965 andil negara ini dalam bidang ini didunia baru sekitar 37%, tahun 2007 sudah mencapai 70% pelayanan high tech, dimana 85% di export, a.l. ke China, AS, Canada, Jepang. Dalam bidang industry intan/berlian adalah terbesar di dunia.

Banyak para ahli-ahli dan cendekiawan di dunia pengetahuan, dalam bidang yang saya sebutkan diatas adalah orang-orang Yahudi. Saya sebutkan beberapa nama-nama seperti, Waksman, S.A. yang menemukan streptomycin, antibiotika untuk tuberculose (tbc), K. Landsteiner, penemu  grup darah manusia. M.S. Brown dan J.L.Goldstein yang menemukan regulasi dari cholesterol metabolisme. Werner Karl Heisenberg, seorang Yahudi Jerman penemu teori kwantum mekanika.  Milton Friedman, ekonom penemu teori moneterisme. Daniel Shechtman (Israël) yang menemukan teori Struktur quasi-kristallen dalam bidang atom. Semuanya adalah pemenang hadiah Nobel.  Albert Einstein, Henry Kissinger, Alan Greenspan, Ben Bernanke (chairman FED.US) , Kirk Douglas, Tony Curtis, Barbara Streissand, Elisabeth Taylor, Steven Seagal, Neil Diamond, Bob Dylan, Harrison Ford, Sammy Davis Jr. juga orang-orang Yahudi.

Faktor lain yang sangat penting adalah keunggulan angkatan bersenjata Israel dan kesadaran penduduk yang membuat Israel termasuk stabil, jika dibandingkan negara-negara Arab sekitarnya. Sekalipun Arab Saudi, Oman yang secara resmi tidak mengakui Israel ini sebagai negara Yahudi berdaulat, tetapi di belakang layar ada perdagangan gelap. “Money is power” “ When money speaks the world is silent”……..

Dalam bidang perdagangan luar negeri, 49% impor berasal dari Eropa dan 36% dari expor ke Eropa, selebihnya ke AS, Canada, Australia, Jepang, China, Jordania, Mesir, Turki.

Antara Israel dan E.U, dan AS, ada perjanjian perdagangan resmi, di samping dalam bidang turisme. Warga negara Indonesia juga dapat berkunjung ke Israel dengan visa tersendiri. Setiap tahun sekitar 2 juta turis yang datang ke Israel. 60 % berasal Eropa, 33 % dari Amerika utara dan latin, 7% dari Asia.

Ketika Israel didirikan pada tahun 1948, negara ini sudah mempunyai medis infrastuktur yang berjalan. Hanya saja mereka tidak mempunyai kapasitas untuk menampung dan menjalankan semua kebutuhan ini akibat banyaknya pelarian Yahudi dari Eropa dan negara-negara Arab yang ingin menetap di Israel yang semua harus ditampung. Prinsip Israel adalah siapapun yang memeluk agama Yahudi adalah juga bangsa Yahudi dan otomatis berhak tinggal di Israel. Itulah sebabnya di Isreal banyak penduduk beraneka warna, termasuk orang-orang Yahudi yang berasal dari Jepang, Korea, dan Kaifeng, bangsa Yahudi China.

Jaminan sosial kesehatan di Israel juga sangat bagus dan tinggi mutunya, hampir cuma-cuma. Fasilitas ini  juga berlaku untuk penduduk Arab yang lahir atau tinggal di Israel. Semua rumah sakit dilengkapi dengan alat-alat ultra modern yang disumbangkan dari Eropa, AS, terutama kepada yayasan karitas Kristen di daerah yang dibawah pengawasan otoritas Palestina. Sekitar 10 % penduduk Palestina adalah beragama Kristen, sebagian besar Ortodoks Yunani dan Timur.  Kementerian Kesehatan rakyat yang mengawasi semua standar penerapan medis diseluruh Israel, termasuk obat2, makanan, renovasi atau pembangunan rumah sakit, penelitian kesehatan rakyat secara teratur, misalnya setahun sekali semua penduduk diperiksa kesehatan mereka.

Menurut  ranking hasil penelitian “ the happiest countries in the world”, dari First World Happiness Report Launched of the United Nations, Israel menduduki tempat ke 6 didunia dimana rakyatnya yang paling bahagia, meskipun negaranya selalu terancam bahaya dari luar. Penelitian ini berdasarkan di segala aspek kehidupan, jaminan sosial, kesehatan, pendidikan.

Bersama ini saya cantumkan daftar dari organisasi dari badan internasional PBB.

1.  Denmark

2.  Norwegia

3.  Nederland

4.  Swiss

5.  Austria

6.   Israel

7.   Finlandia

8.   Australia

9.   Canada

10.  Swedia

Israël dengan penduduk sekitar 7 juta orang, mempunyai lebih kurang 34.000 dokter, termasuk dokter-dokter spesialis, 10.000 dokter gigi dan 6500 apoteker. Sekitar 70% dari 55.000 perawat tercatat resmi, selebihnya masih dalam pendidikan di bawah pengawasan. Tiga faktor dasar penting di Israel adalah Kesehatan rakyat – Jaminan Sosial -Pendidikan dan riset/penelitian yang diberi prioritas tinggi sekali oleh pemerintah. Dalam bidang pendidikan, semua alat-alat komunikasi dipakai sebanyak mungkin. Schooltelevision adalah salah satu alat media dari Kementerian Pendidikan untuk menyiarkan programa pendidikan.

Sepuluh jam sehari, televisi dipakai untuk tujuan pendidikan. Selain itu TV sekolah ini juga bekerja sama dengan universitas secara professional untuk segala usia, mulai dari anak-anak sampai ke senior yang masih ingin belajar. Hampir sebagian besar dari programa TV harian mengarah ke bidang pendidikan, baru kemudian warta berita dan hiburan seperti musik, film, kebudayaan dll.

Beberapa Universitas yang terkenal adalah : Tel Aviv University (Tel Aviv), University of  Haifa (Haifa), Bar-Ilan University (Ramat-Gan), Ben Goerion University (Beer-Sheva), Technion – IIT (Haifa), Hebreeuw University (Jerusalem), Weizmann Institute (Rechovot).

Dalam bidang tehnology, Israel adalah nomor satu dalam bidang produksi drones, pesawat mata-mata yang tidak berawak kapal. Pesawat ini banyak dipakai oleh angkatan bersenjata AS.

Juga simulator pesawat terbang dan industri tehnologi aeronautik, sistim komputer untuk angkatan bersenjata, dan persenjataan modern, peranan negara ini penting, karena di expor ke lebih dari  90  negara didunia. UZI adalah senjata mesin buatan Israel yang banyak terkenal, karena tidak pernah macet, sekalipun basah kemasukan air.

 

ENERGY RESEARCH & DEVELOPMENT

Karena Israel sangat miskin akan bahan baku, terutama minyak, maka terpaksa harus mencari alternatip untuk kebutuhan harian. Dalam bidang konservasi air dan penggunaan energi panas bumi serta solar energi, Israel menduduki tingkat pertama di dunia. Hal ini memungkinkan karena setiap hari matahari setidaknya bersinar selama 6 – 8 jam. Keuntungan lain dari bahan-bahan alam ini adalah bersih dan murah, sehingga juga tidak menyebabkan polusi, karena polusi adalah factor yang membahayakan industri pertanian dan perkebunan yang sebagian besar diexport, jadi harus betul-betul bersih hasilnya. Di samping teknologi-teknologi piranti lunak, komunikasi, dan sains di Silicon Wadi yang diperkembangkan pemerintah dengan prioritas yang tinggi.  Lebih dari 90% rumah penduduk Israel menggunakan tenaga matahari untuk pengadaan air panas dan merupakan penggunaan per kapita yang tertinggi di dunia.

Parabola matahari terbesar di dunia ada di Pusat Energi Solar Nasional Ben-Gurion di gurun Negev.  Perpustakaan Universitas Nasional Yahudi mempunyai koleksi simpanan buku-buku bertopik Yahudi terbesar di dunia yang disimpan di Universitas Ibrani Yerusalem yang menduduki ranking 100 besar universitas yang ternama didunia Israel menduduki tempat ketiga di dunia dalam hal jumlah sarjana akademik per kapita (20% populasi). Israel adalah negara pertama di bidang jumlah artikel ilmiah riset sel punca per kapita sejak tahun 2000.

Sistim pengadilan Israel terbagi atas tiga tingkatan. Di tingkat terendah adalah pengadilan kehakiman yang terletak di kebanyakan kota-kota Israel, kemudian disusul pengadilan distrik, terbagi 6 distrik: Utara, Haifa, Tengah, Tel Aviv, Yerusalem, Selatan yang berfungsi sebagai satu pengadilan untuk naik banding.

Tingkat tetinggi adalah Mahkamah Agung yang berpusat di Yerusalem, sebagai pengadilan tingkat banding teratas maupun pengadilan tingkat pertama dan terakhir (Cassatie = Kasasi).

Sebagai badan pengadilan tertinggi,  Mahkamah Agung Israel berhak mengijinkan semua penduduk tanpa membedakan warga negara nya untuk mengajukan hak petisi terhadap keputusan pemerintah Israel, meski Israel sendiri bukanlah anggota Mahkamah Internasional. (International Court of Justice yang berpusat di Den Haag, negeri Belanda.

Sistem hukum Israel berdasar “Stare Decisis”, bahasa Latin yang berarti “A legal principle by which judges are obliged to respect the precedent established by prior decisions” atau “Apa yang telah diputuskan hakim di masa lampau tetap berlaku di masa depan”. Saya yakin para sarjana hukum di antara pembaca pasti mengenal istilah ini.

Ini adalah sistim hukum kombinasi antara hukum umum Inggris, hukum sipil, dan hukum Yahudi (Halakha) dengan menggunakan prinsip adversarial. Kedua pihak baik penuntut dan terdakwa (atau yang dituntut), harus membawa bukti-bukti di hadapan pengadilan. Hukuman diputuskan oleh hakim tidak berpihak dan bukan oleh sekelompok yuri seperti di AS.

Hukum negara tetap berada diatas hukum agama, hanya dalam hal-hal yang berhubungan dengan perkawinan dan perceraian berada di bawah yuridiksi pengadilan agama menurut agama masing-masing: Yahudi, Muslim (syariah), Druze, dan Kristen, selama keputusan tidak betentangan dengan hukum negara, seperti hukumam mati berdasarkan Fatwa Syariah, karena Israel telah menghapus hukuman mati.

Anggauta hakim pengadilan dipilih oleh para anggota Knesset (parlemen), hakim-hakim Mahkamah Agung.

Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah mendapatkan status “Bebas” dari organisasi International Freedom House berdasarkan hak politik kebebasan sipil azasi manusia, sesuai dengan Hukum Dasar Israel dalam melindungi HAM kebebasan di Israel. Hanya daerah Palestina yang mempunyai status “Tidak Bebas”.

Organisasi-organisasi seperti Amnesty International dan Human Rights Watch juga mengecam catatan HAM Israel dalam konflik Arab-Israel. B’Tselem (בצלם), satu organisasi HAM Israel sering mengkritik pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pemerintah Israel, di dalam konflik Israel – Palestina.

Akibat dari kemenangan dalam “Perang Enam Hari” tahun 1967, Israel mendapatkan kontrol atas Tepi Barat, Yerusalem Timur, Jalur Gaza, dan Dataran Tinggi Golan, semenanjung Sinai, tetapi dengan adanya perjanjian damai Israel-Mesir tahun 1979 Sinai dikembalikan pada Mesir sebagai satu simbol “penghargaan”. Dewan Keamanan PBB menyatakan bahwa inkorporasi Dataran Tinggi Golan dan Yerusalem Timur sebagai tidak sah dan melanggar hukum internasional. PBB terus memandang wilayah-wilayah ini sebagai daerah pendudukan.

Setelah dataran Tinggi Golan dan Yerusalem Timur, di aneksasi maka banyak pemukim Israel yang mendirikan pemukiman di kedua wilayah ini. Hukum sipil Israel berlaku di kedua wilayah ini sebagai bagian wilayah Israel. Penduduk kedua daerah tersebut ditawarkan untuk diberi status sebagai “penduduk permanen” dan “warga negara” Israel.

Hanya Tepi Barat Palestina berada dalam pendudukan militer. Bersama dengan Jalur Gaza kedua wilayah ini dipandang oleh bangsa Palestina dan komunitas internasional sebagai masa depan Negara Palestina. Sekalipun Israel masih mengontrol lalu lintas udara dan laut di Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir, tetapi telah memindahkan semua penduduk dan tentaranya dari sini karena diserahkan kepada organisasi Al Fatah yang dinilai mengambil jalan tengah. Akirnya antara Hamas dan Fatah timbul perselisihan, dan dimenangkan Hamas, sehingga Jalur Gaza saat ini dikontrol mereka. Meskipun begitu Israel dalam bidang militer masih mendominasi sepenuhnya. Untuk menjamin keamanan maka dibangun dinding yang tinggi yang mengelilingi seluruh Gaza sehingga wilayah ini terisolir sepenuhnya dan hanya dapat dicapai dari Mesir dan lewat checkpoint militer Israel. Hal ini membawa protes di dunia dan di Israel sendiri.

Dewan Keamanan yang mengambil keputusan resolusi 242 telah menyerukan Israel untuk mengundurkan diri dari Tepi Barat sebagai syarat untuk normalisasi hubungan dengan negara-negara Arab. Israel menolak hal ini dengan alasan historis Yahudi di masa lampau dimana Yerusalem (ירושלים Yerushalayim,  أورسالم القدس Ūrsālim-Al-Quds) adalah bagian dari Kerajaan Israel di masa raja Daud. Tiga huruf yang ada Yerusalem adalah ‘S-L-M’ yang dalam bahasa Arab maupun Ibrani berarti  Damai = Shalom = Salam.

Sampai sekarang Indonesia belum mengakui kedaulatan Israel. Mantan presiden RI, Gus Dur alias Abdurrahman Wahid pernah berniat mengakui kedaulatan Israel dan membuka hubungan diplomatik, tetapi karena kecaman dan penentangan dari kelompok Muslim fanatik Indonesia, hal ini tidak dilaksanakan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri belum mau membuka  hubungan dengan Israel selama masalah Palestina yang begitu peka, belum dipecahkan dan pendudukan Israel atas Palestina diakhiri. Meski antara Indonesia dan Israel secara resmi tidak ada hubungan diplomatik, tetapi di balik layar ada perdagangan (gelap) antara kedua negeri ini melewati Singapura yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel, dan juga di bidang militer (secara tidak langsung) ada kerja sama antara Israel dan Indonesia. Yang jelas kedua pihak yang bersangkutan pasti menyangkal karena ini adalah hal yang peka sekali, baik dalam bidang politik maupun agama. Turis-turis dari Indonesia dapat berkunjung ke Israel melewati prosedur visa tersendiri. Di dalam paspor Indonesia sudah tidak lagi tercantum pembatasan:  “Berlaku untuk seluruh dunia kecuali Israel”……

Kiranya cukup panjang uraian saya kali ini. Di lain kesempatan akan saya susulkan laporan perjalanan ke Israel dalam rangka study trip saya.

 

205 Comments to "Israel"

  1. patrick  23 August, 2013 at 19:35

    saya salut atas laporan perjalanan anda ke israel kapan ada lagi laporan yang terbaru tentang israel? sy sgt
    menyukai hal2 yang berbau yahudi,sianak emasnya Tuhan.

  2. mpekDuL  5 December, 2012 at 02:28

    Lani Says: December 1st, 2012 at 14:08
    MPEK DUL : biar terbang lewat eropa, tp kan ndak landing, gmn caranya mo nraktir kroket……….mpek, iki ngawuuuuuuuur tenan………..

    Nah lu, Dewi celebrity Brasil disambut meriah di Jkt, ada perjamuan bersama banyak pentolan2 conglomerat Baltyra Corporation Ltd.
    Entah ada kroketnya apa tidak, mpek belon dapet laporan dari intel mpek di Jkt.
    Apa lu nggak pengin dolan Indon?

  3. mpekDuL  5 December, 2012 at 02:24

    Dj. 813 Says: December 4th, 2012 at 01:14
    MPek….
    Maaaaaaaaf ya… Dj.mau tertawa dulu: HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA……. !!!!
    Setiap kali baca apa yang mPek tulis kok selalu ingin tertawa. Dj. bayangkan mimik mPek saat nulis, pasti itu dahi berkerut, tapi
    mulut melengkung keatas, sambil senyum… benar…??? Nah ini yang menular sampai Mainz, alau nulis tanpüa ul…ul.. ul…

    Dj kan nggak panas toh, masa nggak ada apa2 ketawa sendiri? Coba kalau ketawa, di ukur temperaturnya, kalau mencapai 40 derajad C namanya agak kritis. Jangan dibiarkan ber-larut2, harus ditindak tegas.
    Wadooh, mpek jadi ikoot merasa salah. Maunya menyenangkan arek2.
    Rumah di Candi Lama masih ada? Kalau mpek ke Smg, nti sewa rumahnya 2 minggu, daripada tinggal di losmen atau hotel.
    Kasih korting ya mas?
    Wah dulu mau masook Loyola, tidak lulus tes, maklum IQ terlalu rendah tidak memenuhi syarat, itu sekolahan elite, isinya orang pinter2 digembleng ama pater van Deinse dan pater Krekelberg. Direkturnya takoot kalau saya cuma membawa pengaruh jelek karena tampangnya orang mbang mbung. Sampai sekarang ya tetep nggak ada kemajuan IQ nya, jadi akirnya kerja sebagai buruh kecil wae. Pokoknya bisa makan, ada atap untuk berteduh, tempat untuk membaringkan diri tidak kedinginan dan kehujanan. Itu juga satu anugerah. Kalau melihat keatas, memang nggak Nampak batasnya, kalau menundukkana kepala meihat kebawah bariu lihat batasnya.

  4. Dj. 813  4 December, 2012 at 01:14

    mpekDuL Says:
    December 3rd, 2012 at 21:26

    Dj. 813 Says: December 3rd, 2012 at 20:17
    Mbak Elnino…Orang Israel ulet seperti orang China, tidak pantang menyerah.
    Banyak akalnya…Ditempat yang gersangpun, orang bisa mendapatkan rejeki, kalau tau caranya. Dan sekarang, pertanyaannya, siapa yang ediot…???

    Mas Dj, lama kalo saya nilai, Dj juga nggak kalah akalnya. Kalau Dj dalang begini dan tiap orang yang lewat suruh masuki € 2,- sehari dapet berapa coba? Padahal cuma jual ceritra?
    Ulet kan, seperti benang cap unta waktu kecil saya masih ingat kalau mau layangan harus beli benang cap unta, ulet. putusnya kalo digunting…..
    ————————————————————————–

    MPek….
    Maaaaaaaaf ya…
    Dj.mau tertawa dulu:
    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA……. !!!!
    Setiap kali baca apa yang mPek tulis kok selalu ingin tertawa.
    Dj. bayangkan mimik mPek saat nulis, pasti itu dahi berkerut, tapi mulut melengkung keatas,
    sambil senyum… benar…???
    Nah ini yang menular sampai Mainz, alau nulis tanpüa ul…ul.. ul…

    Dj. jadi dalang ya mPek….???
    Mungkin biisa kaya raya ya mPek…???
    Atau bisa kaya jalan raya….???
    Setiap hari dilindes bhan mobil….
    Udah item, lalu di lindas setiap hari, semakin ancur….!!!

    Benar cap onta mPek…???
    Wadoooh, Dj. sudah tidak ingat lagi, tapi ontanya sih masih ingat mPek.
    Ada di rumahnya dimas Josh Chen…
    Hahahahahahaha….!!!

    Rumah Dj. di Semarang, di Candi lama ( atas setelah tanjakan tanah putih ).
    Tapi kaka Dj. punya rumah di Jln. Brumbungan, persis diidepan lapangan sepak bola
    sekolah Loyola.
    Dj. yakin itu sekolah mPek kan…???

    Salam Sejahtera dari Mainz mPek.

  5. mpekDuL  3 December, 2012 at 21:28

    Lani Says: December 1st, 2012 at 14:08
    MPEK DUL : biar terbang lewat eropa, tp kan ndak landing, gmn caranya mo nraktir kroket……….mpek, iki ngawuuuuuuuur tenan………..

    Ya, ya, bilang aja ngawur, boleh ngiri, kemarin Dewi saya traktir kroket, dan sorenya terbang ke Jakarta.
    Dewi, kalu kamu udah bangun dan hilan jetlag nya, ayo si tante Lani dikomentari, enak nggak kroketnya, daripada ngeyel terus?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.