Refreshing Setelah Duduk Berjam-jam

Djodi Sambodo

 

Tahukah anda akibat duduk 10 jam setiap hari? Google mengatakan,”Those who sat for more than 10 hours a day had a 48 per cent increased risk of death compared to more active people who sat for less than four hours a day.”

“Your lowest risk of death is if you are physically active and don’t sit,” Professor Bauman said.
Jadi anda yang berprofesi sebagai orang kantoran yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer adalah orang yang rawan mengidap berbagai penyakit seperti jantung, ginjal, diabetes dan bahkan meningkatkan resiko kematian yang lebih tinggi. Ekstrimnya lagi menurut studi terbaru, duduk lebih dari 3 jam sehari dapat mengurangi 2 tahun kesempatan hidup seseorang.

Oleh karena kesehatan itu adalah aset hidup yang penting dimiliki oleh seseorang maka kesadaran akan bahaya duduk yang terlalu lama ini perlu disadari dan dicermati dengan mengurangi resiko buruk yang ditimbulkannya. Caranya bisa saja bermacam-macam antara lain dengan melakukan aktivitas selingan seperti berdiri dan berjalan ke meja rekan kerja untuk berdiskusi pekerjaan dari pada melalui e-mail. Mengambil air minum dengan memutari kubikal kerja yang lebih jauh sebelum mencapai dispenser. Menuruni anak tangga sebagai pengganti lift saat istirahat makan. Atau dengan menghitung kalori yang harus dikeluarkan tubuh setiap harinya guna menghindari kelebihan kalori yang berpotensi meningkatkan kelebihan gula atau kolestrol dalam darah. Aktivitas ini adalah hal yang mungkin bisa dilakukan oleh perorangan, tetapi tidaklah mudah dilakukan oleh semua karyawan yang mana akan lebih baik lagi bila didukung oleh perusahaannya sendiri.

Bagi perusahaan yang berorientasi maju dengan visinya jauh ke depan, umumnya menyadari bahwa karyawan adalah modal vital perusahaannya selain memberikan remunerasi yang layak, memperhatikan kesehatan karyawannya adalah hal yang mutlak. Kesehatan tidak melulu dengan memberikan fasilitas pengecekan kesehatan, pengobatan dan perawatan di kala sakit saja, tetapi menjaganya agar selalu fresh, fit, bugar dan sehat juga adalah penting. Mengadakan aerobic bersama setiap bulan, refreshing pikiran dengan technical forum, team building dan bowling bersama setiap beberapa bulan merupakan upaya menajemen yang tepat untuk karyawannya dalam menjaga kesehatan.

Sebagai contoh Departemen Facility Integrity PHEONWJ mengadakan acara bowling bersama pada 8 November 2012 lalu yang berlangsung cukup meriah. Karyawan yang memang bukan atlit pebowling yang handal tetapi bersuka cita melemparkan bola ke jalur gelindingnya untuk menjatuhkan susunan kayu setepat mungkin yang mampu dilakukan. Jatuh atau tidak susunan kayu tersebut, tinggi atau rendahnya nilai yang di dapat tidaklah penting bagi mereka. Sebab beberapa jenis hadiah telah disediakan. Mulai hadiah bagi yang memperoleh nilai yang tertinggi baik juga hadiah yang terendah  pria atau wanita. Tim yang terbaik dan terburuk dalam perolehan nilainya juga mendapatkan hadiah. Walaupun olah raga bowling ini dilakukan beberapa bulan sekali ini, minimal sudah melepaskan ketegangan dari rutinitas pekerjaan dan bahaya laten duduk berjam-jam di depan komputer telah dieliminir. Refreshing seperti ini bisa saja dilakukan oleh perusahaan lain yang bentuknya tidaklah selalu bowling, bisa saja yang lain yang setidaknya lebih banyak aktivitas berdirinya dari pada duduk.(*)

 

Note Redaksi:

Djodi Sambodo, selamat datang dan selamat bergabung di Baltyra! Make yourself at home dan ditunggu artikel-artikel lainnya ya. Terima kasih kepada Mega Vristian yang memperkenalkan Baltyra kepada teman-teman…

 

20 Comments to "Refreshing Setelah Duduk Berjam-jam"

  1. Djodi Sambodo  30 November, 2012 at 17:51

    Terima kasih komennya Hana. Salam.

  2. Hanna  30 November, 2012 at 15:07

    Menarik untuk dipratekkan. Terima kasih artikelnya pak Djodi, salam kenal

  3. Mega Vristian  30 November, 2012 at 15:04

    Mbak Lani, kalau bisa teman-teman sekantor diajak senam dulu ya hehehe….

  4. Lani  30 November, 2012 at 01:12

    AH : salam ndlosor??????? apakah ndlosor jg termasuk salah satu jenis senam ya????? hehehe……..trs gimana dgn yg lainnya spt kejengkang, kejedut, kejengking…….?????

    DJODI : senam apa cm sekali seminggu?????? jelasssssss kurang banget kuwi……..plg tdk 3-4 kali/minggu, tp klu spt pernyataanmu, tiap hr naik turun dr lantai 1-10 itu sdh bagus banget……….saranku, jgn mandi, pakai jogging suit, sangu baju kantor………sampai kantor, mandi dikantor, dandan dikantor, pasti segerrrrrrrr……….dan energi langsung josssssssss………

  5. Djodi Sambodo  28 November, 2012 at 19:56

    Terima kasih telah diingatkan. Karena gak sempat senam, ya naik dan turun tangga saja dari lantai 10…hehehe. Lumayan bikin betis makin tebel…

  6. Mega Vristian  28 November, 2012 at 10:20

    Sudah berapa jam, hari ini pembaca Baltyra duduk di tempat kerja?. Mari sesaat bangkit bersenam ria ( tentu dengan rasa was-was diomelin Bos hehehe).

  7. Djodi Sambodo  27 November, 2012 at 22:59

    Thanks Handoko.. I will do refreshing as much as I can with baltyra.

  8. Handoko Widagdo  26 November, 2012 at 22:43

    Djodi Sambodo, ayo refreshing di Baltyra.

  9. Djodi Sambodo  26 November, 2012 at 21:46

    Salam kenal juga Komelya. Terima kasih….

  10. Kornelya  26 November, 2012 at 21:39

    Salam kenal dan selamat bergabung pa Djodi. Terima kasih untuk artikelnya yg informatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.