Ulangtahun Djoko Paisan ke 60

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER YANG BERBAHAGIA . . . . ! ! !

Pamer lagi, pamer lagi…Sebenarnya sudah tidak mau pamer, tapi kemarin ngobrol dengan yu Lani, tentang UlTah Dj. yang ke 60. Maka Dj. pikir, lebih baik Dj. saja yang bikin oret-oretan, daripada nanti ada yang nanya…. Nah ya, tanggal. 28 September lalu genap umur Dj. 60. tahun, walau kelihatan seperti 70 ya…. hahahahaha…!!!

Orang Jerman, biasanya (tidak selalu dan tidak semua), merayakan UlTah yang ke 30, 40, 50, 60 dst… Mereka bilang UlTah dengan angka bulat atau Jubiläum (Jobel). Umur 18 juga sering dirayakan, karena menginjak usia dewasa (melepas mas kanak-kanak)

Okay….

Untuk UlTah Dj. yang ke 60. sebenarnya adalah acara kejutan yang Susi dan anak-anak bikin untuk Dj. Pesta kecil, yang mana Daniel yang sibuk dengan bikin program, dari bikin undangan, bikin acara, presentasi dengan Beamer bercerita dengan photo-photo Dj., masih juga main gitar sambil nyanyi, sampai acara selesai dan ikut beres-beres ruangan.

Baik kueh-kueh yang dibikin oleh Susi, Jana dan Dewi, tapi ada juga yang kami beli. Ada juga teman yang bawa klepon, wingko, lapis Surabaya, juga tiramisu dan yang lain lagi…

Jana dan Dewi yang mendekor meja kursi di dalam ruang duduk, juga ruang untuk ambil makanan,

Camilan, sambil menungggu makan malam….

Teman-teman yang Dj. kenal di Rehabilitation di Bad Säckingen, ada yang datang dari tempat yang jauh. Ada yang mengendarai mobil sejauh 400 Km, ada yang 170 Km., ada yang 100 Km., sekali jalan. Mereka dengan rela datang dan bahkan rela tidur di hotel, hanya untuk bisa bertemu dengan Dj. di hari UlTah Dj.

Yang aneh, mereka bawa hadiah Bonsai dan macam-macam artikel merk Lacoste. Rupanya mereka sangat perhatian sekali, selama hampir 4 minggu di Rehab, Dj. selalu pakai Lacoste dan cerita kalau Dj. banyak merawat bonsai.

Saluuute…!!! Untuk UlTah Dj. yang kke 60. dan untuk pertemuan kembali. Kalau anda lihat di oret-oretan Dj. di Rehab, maka anda juga akan mengenali wajah-wajah mereka lagi. Rehab 1-4 dan ini Link Rehab 3 http://baltyra.com/2012/05/15/reha-3/

Susi mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada para teman yang hadir. Istri satu ini memang sangat istimewa.

Ini kueh-kueh yang sudah siap, silahkan memulai….

Sobat di GMDj. yang bermain gitar bersama putranya yang mana penggemar lagu-lagu Beatles.

Teman dari Senegal.

Dj. di antara sebagian para teman.

Daniel bikin orang semua tertawa, dia main gitar dan menyanyi lagu “ Bengawan Solo “ Dia ingin kasih kejutan untuk Dj.

Tetangga asal Ghana, yang sangat ramah, juga bawa makanan Typical Ghana.

Ini dua suami dari istri orang Indonesia yang terkenal sangat ramah di lingkungan kami.

Seorang teman Pendeta Jerman yang sudah sangat lama kami kenal dan yang selalu memberi perhatian untuk kami sekeluarga. Bahkan saat Daniel masih di dalam perut, dia sudah minta, agar nanti kalau lahir, dia yang akan Baptis. Dan tidak boleh ada pendeta lain yang Baptis, begitu sayangnya dia terhadap kami sekeluarga.

Makanan ringan, yang mana orang Jerman lebih senang dan memilih makanan ini, untuk malam hari.

Party Tomate dengan buah zaitun (Olive) dan buah anggur, dengan keju ditusuk seperti sate kecil. Bikinan Jana dan Dewi.

Ikan salmon asap yang mateng dan yang mentah, untuk dimakan dengan roti.

Bakso tahu sebagai sop pembukaan, bikinan Susi.

Jelas ada bakmi goreng, yang “katanya” lambang umur panjang. Bikinan Dewi.

Cap Chay, ala Susi.

Sambal goreng telur kecap ala Dewi.

Sambal Goreng udang dan rebung ala Jana.

Sayuran dengan sambal urap.

Sambal goreng krecek, pesan dari keluarga yang pandai masak.

Daging babi bakar, ala Daniel. Maaf ini hanya sisa, karenna banyak yang serbu…. hahahaha…!!

Seorang saudari dari GMDj. (Jerman), yang menyumbangkan beberapa lagu dari Whitney Houston, dengan suara emas nya dengan iringan Orgen. Yang nyanyi asli Jogya dan yang main orgen, asli Ambon, ada yang kenal…???

Seorang saudari (juga asal Jogya) dari Almere (belanda) ± 500 Km. (sekali jalan) dari Mainz. Datang ke Mainz, untuk menghibur kami (memeriahkan suasana pesta) dengan tarian Jawa.

Dj. sering bayangkan mbak DA, mungkin sama dengan saudara Dj. ini. Maksud Dj. sama kecilnya…. dan sama-sama dari Jogyanya.

Sepuluh tahun yang lalu, dia juga datang menghibur kami, di UlTah pernikahan kami yang ke 25.

Di bawah ini, teman-teman yang Dj. kenal di Rehab dan ini photo diambil tanpa pasangan mereka. Sayang yang satu sudah pulang duluan.

Teman-teman dari GMDj. (Jerman), di sini juga yang dua sudah pulang duluan.

Kami makan-minum dan ngobrol sampai hampir menjelang pagi. Jam 10:00 teman-teman yang dari Rehab, yang datang dan menginap di hotel, minta diantar keliling lihat Mainz….Jadi hanya tidur beberapa jam saja dan mulai keliling kota Mainz.

Suasana kembali mirip seperti saat di Rehab, selalu bersama-sama, baik jalan noton, makan diluar atau ke Cafe, atau hanya sekedar jalan-jalan dipinggir sungai Rhein. Mereka juga sangat senang, bisa bertemu kembali, bahkan tanpa therapy… hahahahahaha….!!!

Prooooosssst….!!!

Mirip dengan saat di Rehab, baik di Bad Säckingen juga kali ini kami berada di pinggir sungai Rhein

Dj. hanya minta mereka angkat kaki, mereka sudah nurut, angkat tangan, juga nurut…Malah ada yang nyeplos, seperti di Bad Säckingen hahahahaha….!!! Siapa bilang orang Jerman (barat) egois…???

Setelah jalan-jalan, minum Bier, makan di resto Yunani dan jalan lagi, maka sore hari, kami mampir ke Ice Cafe. Dan di sini kami janjian bertemu dengan Susi yang juga mengantar saudara dari belanda yang datang untuk menghibur kami dengan tarian Jawa.

Ini putranya yang juga kelihatan sangat cape, karena membantu maminya stir mobil dari Almere ke Mainz, mungkin sekitar 500Km sekali jalan, hanya untuk menghibur kami.

Dj. rasa banyak sudah yang Dj. pamerkan, kesibukan saat UlTah dan sehari setelah UlTah…Semoga tidak ada yang penasaran lagi, berapa umur Dj. ya…. hahahahahaha…!!! Terimakasih yu Lani, yang telah mendorong agar Dj. cerita di Baltyra.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj. Jelas kepada anda semua yang selalu setia menentikan hari Selasa dan yang selalu meninggalkan komentar-komentar yang sangat menyenangkan hati Dj. Yang mana Dj. malah sering cengar-cengir sendirian saat membaca dan sayang kumis sudah dibabat, jadi tidak bisa turut goyang-goyang…. hahahahahahaha….!!!

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena Dj. yakin, pasti ada kata-kta yang tidak berkenan di hati anda. Semoga KASIH dan BERKAT TUHAN, selalu menyertai kita semuanya.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

129 Comments to "Ulangtahun Djoko Paisan ke 60"

  1. Lani  6 December, 2012 at 00:27

    MAS DJ : 118 baca jawaban mas sampai njeglekkkkkkk…..ngakak2 dewe, krn aku salah paham, aku kira mas ngomongin bikin kue, kmd beli cream, aku maksud susu atau cream buat kue hahaha……
    Ndak taunya mas ngomongin ke apotik beli cream buat kulit agar jgn kering krn musim dingin. Mbakyu Susi ada alergi kulit? Mmg hrs hati2 ndak semua produk bs pakai, dimusim dingin mmg hrs pakai cream selain jgn kering, jg ndak gatel, krn klu kering kulit bersisik spt ulo wae mas hehehe
    Klu boleh kasih saran, utk mbak Susi, tiap beli cream, ato kosmetik pakai yg non fragrance/wewangian.
    Bener mas, kalkun nya dipanggang utk perayaan thanks giving, stuffing nya ada yg dimasukin kedalm perut kalkun, tp ada jg yg dipisah.
    Utk dressingnya boleh suka2 mo rasa apa, klu di Hawaii pakai nanas dressingnya jg ora eneg!
    Nah, skrng mas yg salah paham, itu 28 ekor kalkun yg dikumpulkan di gereja. Klu yg ngasih makan 1000 org itu grup lain, yg diselenggarakan oleh salah satu restoran top di Kona, kenapa top? Krn harga makanannya larang2……….tp yo mmg enak tenan sih. Pernah kesana bersama teman ber 5 habis $ 150+tip+tax………
    Setelah makan, njur geloooooooo rasane hahaha……..
    Jelas tdk hanya kalkun tp banyak macam makanan lainnya termasuk dessert. Pokok-e klu masak kalkun hrs ada yg ngrewangi mangan klu cm berdua, apalagi sendirian, ndak usah masak sendiri, krn bs mblenger sisa kalkun sampai tahun berikutnya wakakakaka………..

  2. Dj. 813  4 December, 2012 at 18:09

    Nnneverg…
    terimakasih sudah mampir uga disini…
    Semoga sehat selalu ya….
    Salam manis untuk keluarga dirumah.

  3. nevergiveupyo  4 December, 2012 at 09:45

    Dj. 813 Says:
    November 30th, 2012 at 15:40
    ————————————————————-
    Hallo Neverg….
    Apa kabar Ambong Manisse….!!!
    Selamat Pagi dari Mainz dan terimakasih sudah mampir…
    Terutama untuk doa-doa nya dan pujiiannya….
    Hahahahahaha….!!!
    Dj. selalu mengucap syukur untuk setaiap hari yang TUHAN beri.
    Dokter Jantung ( Cardiology ) yang memeriksa jantung Dj. dengan Katheter dan yang memasang ring ( stent ) dipembuluh jantung Dj., dia berkata, kalau melihat dari luar, maka kamu kelihatan sangat sehat.
    Karena dia teman fitness Dj. setiap minggu 3X sama-sama olah raga.
    Tapi dia juga bilang, untuk seumur kamu, masih bisa dibilang sangat okay. hahahahaha….!!!

    Nah, bagaimana dengan kalian, apa momongan sudah diperjalanan…???
    Semoga semua sehat ya dan salam manis dari kami untuk kalian sekeluarga.

    ——————————————–
    Puji Tuhan Onkel. senang sekali mendengarnya. memang penampakan luar jauh dr kesan orang yg mengalami sedikit masalah dgn kesehatan kok Onkel..
    semoga terus aktif dan sehat ya… tidak memforsir olahraganya.. tapi ya mencoba bersabar dan selalu dalam percaya. krn ini tokh hanya masalah waktu saja… yg penting tumbuh sehat, kuat dan sempurna hingga lahirnya nanti..

    terimakasih atensinya, dan salam hangat dari kami (ambon manise sedang memasuki periode panas… gerah..hehehe)

    kami masih menanti… rasanya lama nih (maklum euforia pertama) kok ga besar-besar…

  4. Dj. 813  3 December, 2012 at 15:15

    Ibu Matahari….
    Selamat Pagi dari Mainz….

    Lho kok lucu se….???
    Ini sedang nunggu makanan dari ibu Matahari, untuk sarapan….
    Hahahahahahahaha….!!!

    Senangnya hati, bila dipapgi hari sudah ada yang mengajak senyum.
    Daripada manyun….!!!

    Tapi mau kedokter, lapar, juga tidak lucu juga ya….??? ( sambil senyum-senyum sendiri )
    Salam manis dari Mainz.

  5. matahari  3 December, 2012 at 05:58

    Pak Djoko…..he he….lucu juga

  6. Dj. 813  3 December, 2012 at 04:30

    Ibu Matahari…
    Terimakasih sama-sama…
    Jangan lupa makanan yang untuk dikirim ke Mainz dan Jogya ya….
    Hahahahahahahahahaha…..!!!

  7. matahari  3 December, 2012 at 04:23

    Pak Djoko dan pak Ki Ageng di Jogja yang sudah dibanguni pagi pagi buta…terima kasih banyak infonya…berarti saya bawa makanan besok…. sekali lagi terimakasih…..

  8. Dj. 813  3 December, 2012 at 03:48

    Ibu Matahari….

    Terimakasih untuk kepercayaannya.
    Walau ( jujur ) Dj. tidak tau…

    Dj. hanya suka makan saja, jadi lebih baik bawa makanan saja.
    Tapi kalau makanannya tidak diterima, ya kirim saja ke Mainz…. hahahahaha…!!!
    Kalau orang Jawa, Dj. rasa selalu senang dibawai makanan.
    Kalau Dj. senang kalau ada yang bawa uang….

    Okay…okay…
    Sekarang serius…
    Barusan ( Jam 21:00 waktu Mainz, atau jam 3:00 pagi WIB ) Dj. bangunkan Ki Ageng di Jogja dan bertanya kepada beliau.
    Dan beiau mengatakan, jangan bawa uang, tapi makanan…

    Nah, semoga sekarang ibu Matahari sudah punya jawaban dan molai masak ya.
    Dan sebagian bleh dikirim ke Mainz…. hahahahaha….!!!

    Salam manis dari Mainz.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *