Ayam Panggang ala Mawar

Mawar

 

Bahan :

1 ayam utuh (potong sesuai selera)

*saya pakai 1 pak paha bawah dan 1 pak paha atas (masing-masing 6 potong)

5 siung bawang putih, parut atau cincang halus

1 bawang Bombay ukuran sedang, parut atau cincang halus

2 sendok makan parsley cincang

2 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire sauce)

2 sendok makan saus tomat

2 sendok makan kecap manis

½ cup air

Garam dan lada secukupnya

Caranya :

– Bumbui ayam dengan semua bahan lainnya dalam piring pyrex besar dan diamkan selama 1 jam di dalam kulkas (tutup dengan plastik).

– Panggang ayam dalam oven dengan panas 375’F/180;C (tutup dengan aluminium foil) selama 45 menit.

– Keluarkan ayam dari oven, buka foil dan panggang kembali dalam oven selama 20-30 menit, sampai ayam lembut dan berwarna kecoklatan (tapi tidak kering ya).

– Keluarkan ayam dari oven, tuang cairan yang tersisa di piring pyrex ke dalam panci kecil, masuk satu sendok tepung terigu, panaskan di atas api kecil sambil diaduk terus sampai mengental dan mendidih, kalau kurang tepung tambahkan sedikit lagi.

– Siramkan sauce yang sudah mengental ke atas ayam yang sudah dipanggang.

– Sajikan segera.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel saya ini, silahkan dicoba dan semoga suka.

Salam

 

67 Comments to "Ayam Panggang ala Mawar"

  1. Mawar09  1 December, 2012 at 22:07

    Elnino : apakabar? terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Jangan takut, aku sengaja sisakan satu piring untukmu my dear friend!! he…he….. Salam manis.

  2. elnino  1 December, 2012 at 12:14

    yaaah, pasti dah abis deh ayamnyaaaa……

  3. Mawar09  1 December, 2012 at 11:21

    Pak Han : syukurlah kalau Solo aman tentram, itu yg diharapkan…….. tapi bukan karena tidak ada lagi toko panggang. Maksudnya kan toko yg di panggangkan (dgn kata lain kebakaran!!). Semoga nanti kalau saya mudik lagi kita bisa kopdar ya!

  4. Mawar09  1 December, 2012 at 11:19

    Pak Dj : kalau untuk mereka yg vegetarian ya harus diganti dengan kentang, sweet potato atau daging gluten.

    Saya juga kadang panggang pasta dengan keju, yg makan suami karena saya ngga gitu suka pasta. Pernah juga loh pasta saya rebus lalu dimasak kayak bikin mie goreng, enak juga.

  5. Mawar09  1 December, 2012 at 11:16

    60 Lani : kami mudik juga sekitar sebulanan deh, mungkin lebih……. tergantung jadwal suamiku. Aku sih pengennya lebih lama kalau memungkinkan. Belum tahu mau kemana, karena kan masih lama.
    Ok… besok aku japri ya. Aduh….. kirim apa sih sampai surprised, pasti dong kalau terima aku akan kasih kabar. Salam!

  6. Handoko Widagdo  1 December, 2012 at 06:53

    Solo jelas aman tenteram, karena tidak ada lagi toko panggang.

  7. Dj. 813  1 December, 2012 at 05:27

    Mbak Mawar….
    Kalau untuk mereka yang vegetaria, mungkin bisa daging ayamnya diganti dengan kentang.

    Untuk kami makan siang tadi, si Ragil juga bikin yang hampir sama, tapi dengan daging cincang dan Fussili ( Pasta ) dan keju diatassnya, kemudian di ofen ( Auflauf )
    Jadi dimakan saat masih panas, enak sekali… ( kalai yang doyan )

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.