Ayam Panggang ala Mawar

Mawar

 

Bahan :

1 ayam utuh (potong sesuai selera)

*saya pakai 1 pak paha bawah dan 1 pak paha atas (masing-masing 6 potong)

5 siung bawang putih, parut atau cincang halus

1 bawang Bombay ukuran sedang, parut atau cincang halus

2 sendok makan parsley cincang

2 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire sauce)

2 sendok makan saus tomat

2 sendok makan kecap manis

½ cup air

Garam dan lada secukupnya

Caranya :

– Bumbui ayam dengan semua bahan lainnya dalam piring pyrex besar dan diamkan selama 1 jam di dalam kulkas (tutup dengan plastik).

– Panggang ayam dalam oven dengan panas 375’F/180;C (tutup dengan aluminium foil) selama 45 menit.

– Keluarkan ayam dari oven, buka foil dan panggang kembali dalam oven selama 20-30 menit, sampai ayam lembut dan berwarna kecoklatan (tapi tidak kering ya).

– Keluarkan ayam dari oven, tuang cairan yang tersisa di piring pyrex ke dalam panci kecil, masuk satu sendok tepung terigu, panaskan di atas api kecil sambil diaduk terus sampai mengental dan mendidih, kalau kurang tepung tambahkan sedikit lagi.

– Siramkan sauce yang sudah mengental ke atas ayam yang sudah dipanggang.

– Sajikan segera.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel saya ini, silahkan dicoba dan semoga suka.

Salam

 

67 Comments to "Ayam Panggang ala Mawar"

  1. Lani  1 December, 2012 at 04:23

    MAWAR : jd mudik sama suami, mo brp lama rencananya? aku belum tahu tepatnya bulan apa, tergantung wisuda keponakanku………yg jelas mo sebulan di indo, kamu mo keliling kemana sj? mungkin bs japri, jelasssssss hrs ketemu duonkkkkkkk……aku ngirim surprised klu udah nyampe dikasih tau ya………

  2. Mawar09  30 November, 2012 at 23:45

    56 Lani : oh…. kamu mau mudik 2014? wah…. bisa ketemuan dong kita! aku mudik bulan May-June bersama suami. Ngga mau bentrokan dengan liburan sekolah, soalnya dimana-mana padat nantinya. Kan kami akan pergi2 juga ketempat lain.

    Soal musim dingin dan tinggal dirumah sih, aku ngga bakalan makan terus kok walau dingin, malah kebanyakan makan soup aja! Kadang suamiku juga suka ngajak pergi hiking di park walau lagi turun salju, kadang suka sebel juga. Mau ngga ikut, kasihan dianya pergi sendiri.

  3. Mawar09  30 November, 2012 at 23:40

    55 Hennie: ok kalau gitu, di tunggu ya artikel makanannya. Kebalikan dengan saya, foto2 makanan banyak, tapi harus tulis detail resepnya, ini yg suka bikin malas. Kan harus ingat takarannya segala.

    Memang betul suhu yang hangat emang enak, tapi bukan panas !! Waktu mudik lalu panasnya bukan main, selesai mandi seger rasa, eh…… begitu keluar dari kamar mandi keringat mengucur lagi. Sampai di ledeki saudaraku, katanya biar di dalam kamar mandi aja terus. Kalau dingin saja juga ngga masalah, asal ngga terlalu dingin dan ngga ada salju yg licin. Repot dan capek bersihin salju terus!

  4. Lani  30 November, 2012 at 22:59

    55 HENNIE : begitulah adanya klu anget ngirit ndak usah beli baju yg tebal2……..ndak berat hrs memakai semuanya ktk keluar rumah

  5. Lani  30 November, 2012 at 22:58

    51 MAWAR : tahun 2014 mudik?????? weleh nek ngono kudu ketemuan……….karo penunggu Kona…….ndak cm ngakak2 di telp dan disini kkkkk……….

    mmg ada betolnya klu dingin tinggal krukupan sing kandel biar kg kedinginan, tp dampaknya klu badan ndak gerak……trs mulut memamah biak……nah, keluar dr musim dingin jadi gembullllll……….mbul……..hehehe bs bilang begini krn pernah ngalami ktk msh di CA

  6. Hennie Triana  30 November, 2012 at 20:17

    LANI, terima kasih Iya nih dingin, walaupun belum dingin sekali.
    Sebetulnya ku juga lebih memilih suhu yang hangat, kalau mau ke mana-mana nggak pusing mikir mantel dan jaket

    MAWAR, sudah menyiapkan resep sebetulnya, tapi foto makanannya lupa melulu. Harus masak lagi dan motret hasilnya. Nanti ya kalau sudah lengkap aku bagi lewat Baltyra.

  7. Mawar09  30 November, 2012 at 10:24

    Sierli : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Silahkan dicoba resepku ini, semoga suka.

  8. Mawar09  30 November, 2012 at 10:23

    ISK : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Idih… waktu kita ketemu kan ngga ada rencana bawa masakan. Nanti deh kalau mudik lagi (thn 2014) saya bawa ayam panggang ini ya! Saya sudah menerawang kamu ngga akan mati cepat, umurmu panjang!! ha…ha….

    Bangga kan punya anak yg namanya Mawar sudah bisa nulis artikel. Siapa dulu dong bapaknya!!

    Salam sayang buat kembaranku dan Melati, serta Ibunya yg manis ya!

  9. Mawar09  30 November, 2012 at 10:17

    SU : salam dari jauh buatmu juga. Ayo kirim lagi dong artikel masakannya!

  10. Mawar09  30 November, 2012 at 10:16

    Lani : untuk sekarang ini kami iri dengan cuaca ditempatmu, tapi kadang dingin juga seru loh, kan tinggal pakai baju yg tebal saja atau ngga usah keluar rumah bila tidak perlu.

    Wah… komentar Lani dan Pak Dj bisa memancing Anoew mencungul lagi nih, soal nya itu keahlian dia!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.