Segway

Anwari Doel Arnowo

 

The Segway PT adalah sebuah kendaraan beroda dua digerakkan oleh tenaga listrik yang diciptakan sebagai hasil pemikiran dan penemuan oleh Dean Kamen. Ciptaannya ini diproduksi oleh Segway Incorporated dari New Hampshire, Amerika Serikat. Diproduksi dengan nama Segway karena diambil dari asal kata Segue yang berarti perpindahan yang lancar. Adapun huruf PT adalah singkatan dari Personal Transporter yang bisa diartikan dengan alat transport pribadi.

Saya sudah sejak awal tahun 2002an melihat pertama kalinya dari tampilan di salah satu majalah Popular Science atau Popular Mechanics.

Saya sudah mencobanya (lihat photo) dan merasakan desiran kecepatan maksimumnya yang sekitar sedikit kurang dari 20 kilometer per jam, setara dengan empat kali kecepatan jalan kaki normal saya yang tercepat. Lumayan menolong juga meskipun itu relatip.

Apa manfaatnya? Anda tentu bisa merasakan perlunya apabila anda ingin  parkir agak lebih jauh dari tempat tujuan alamat yang dikehendaki. Turun dari mobil bisa dengan mudah ke arah tujuan, tanpa segan. Dari tempat parkir mobil yang jauh menjadi lebih cepat mencapai tempat tujuan dan juga kembali menuju mobil. Cara mengemudinya juga mudah karena dengan menngarahkan  kemiringan tubuh ke depan atau ke belakang serta memiringkan  ke kiri atau ke kanan, maka Segway ini akan bisa mengikuti kemauan anda bergerak ke arah yang dikehendaki. Batang setir itu juga menentukan pembelokan arah. Hanya satu menit rasa was was ketika pertama kali meletakkan kedua kaki untuk berdiri di atas dua rodanya.

Saya tidak tau apakah ada larangan memakainya di antara para pejalan kaki umum. Bagaimanapun memilikinya sebagai salah satu bagian dari sebuah otomobil adalah sebuah pilihan yang bisa amat menarik.

Harganya di Amerika masih sekitar plus enam puluh juta rupiah. Tetapi buatan China mungkin sekali bisa lebih murah.

 

Anwari Doel Arnowo

2012/11/29

 

12 Comments to "Segway"

  1. phie  4 December, 2012 at 12:16

    klo di puerto rico (daerah san juan city) ada petugas security kliweran pake ini

  2. Linda Cheang  3 December, 2012 at 22:15

    Emak SU : nggak aku pikirin, hehehe… urusan orang nggak usah disebut, ah…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *