Kemerdekaan dan Kolonialisme

Fikrul Akbar Alamsyah

 

(tulisan ini dari tahun 2010)

Tahun ini Indonesia memperingati sekali lagi momen kemerdekaan 65 tahun yang lalu, sebuah momen yang penuh peluh dan perjuangan untuk memperolehnya. Tak sedikit para pejuang yang merupakan rakyat kecil menjadi korban, baik harta pikiran dan nyawa. Dari seluruh pejuang  itu terdiri atas banyak komponen rakyat, tak terkecuali seorang penulis seperti Pramoedya A. Toer. Bagi seorang yang mengalami 3 masa penjajahan pastinya memiliki sudut pandang tersendiri mengenai kemerdekaan bangsa ini.

Berikut ini potongan-potongan wawancara antara Pramoedya Ananta Toer dengan Kees Snoek (sastrawan Belanda). Meski hanya sebuah potongan-potongan dari wawancara yang panjang, jawaban-jawaban dari salah seorang penulis besar Indonesia ini dapat dijadikan sudut pandang lain dalam memahami Negeri tercinta Indonesia. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

 

  •  Menurut Pak Pram, apa arti kolonialisme Belanda bagi bangsa Indonesia

Kolonialisme Belanda berjasa besar. Tanpa penjajahan yang dilakukan Belanda, Indonesia tidak akan pernah menjadi seperti sekarang. Bahkan ibukota Negara pun dipilihkan oleh Belanda. Hampir semua infrastrukturnya diciptakan oleh orang-orang Belanda, begitu juga dengan peraturan undang-undangnya. Begitu juga dengan rasa atau penilaian kami mengenai  mana yang baik dan mana yang buruk pun, kami dapatkan dari penjajah. Tidak hanya itu, mengenai variasi makanan pun kami harus berterima kasih kepada mereka. Para penjajah membawa singkong, jenis makanan rakyat yang dibawa dari Afrika ke Indonesia. Jagung yang dibudidayakan di sini juga diimpor, sama halnya seperti buncis. Orang-orang Belanda meningkatkan mutu benih-benih dan biji-biji tanaman tersebut. Mereka kemudian mendirikan perusahaan dan mempersilahkan penduduk untuk mempelajari keterampilan baru. Mereka juga menyediakan tempat untuk menanam dan memelihara tanaman-tanaman baru seperti the dan kopi. Para penjajahlah yang mengenalkan semua ini.

                                                  ***

 

  •  Maksudnya bahwa kedatangan orang Eropa mempunyai pengaruh yang positif untuk Indonesia?

Kedatangan bangsa Eropa adalah kebutuhan sejarah. Air akan selalu mengalir ke bawah. Energinya menjadi lebih besar dan mengalir kemari. Ini tidak bisa dicegah. Orang yang menutup mata terhadap sejarah pastilah mengutuk penjajahan. Namun, aspek ini tidak mereka libatkan dalam pengamatan mereka.

                                                   ***

 

  •  Maksudnya adalah bahwa Indonesia tidak pernah betul-betul merdeka?

Tidak pernah sampai sekarang. Sekarang globalisme berkuasa. Semua dijadikan barang dagangan, bahkan juga politik, partai, dan manusia. Semua dipandang sebagai barang dagangan. Menurut saya, wayang itu antik, sudah ketinggalan zaman. Dalam wayang, rakyat tidak pernah tampil, hanya kasta ksatria saja yang tampil, dan mereka tidak tahu darimana makanan mereka berasal. Ksatria-ksatria itu cuma bisa berperang dan tidak jelas untuk tujuan mulia apa

                                                    ***

 

BoefA.H, Snoek K.,  “Saya ingin Lihat Semua Ini Berakhir, Esei dan Wawancara dengan Pramoedya Ananta Toer“, Komunitas Bambu, Beji Timur Depok (2008)

 

4 Comments to "Kemerdekaan dan Kolonialisme"

  1. Handoko Widagdo  10 December, 2012 at 18:54

    Kesadaran kritis untuk menjadi Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan kedatangan Belanda.

  2. Budiono Santoso (Ki Ageng Similikithi)  10 December, 2012 at 04:51

    Pandangan Pramudya mencerminkn pandangan orang yang Indonesianis walau dia banyak mengkritik situasi politik. Pramudya memang sangat kritis thd Jawa. Belanda telah membantu bersatunya Nusantara menjadi Indonesia.

  3. Dj. 813  10 December, 2012 at 04:25

    Terimakasih sudah diingatkan kembali tentang sejarah bangsa sendiri.

  4. James  9 December, 2012 at 14:48

    SATOE, VOC

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.