Schlitten Fahrt

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER YANG BERBAHAGIA . . . . .

Kembali Dj. ingin sedikit cerita di hari Minggu yang lalu, dimana memang kami sudah janjian akan kumpul makan siang di rumah. Karena si mbarep (Dewo), untuk UlTahnya dia pesan mamanya untuk masak soto ayam dan Rendang kesukaannya. Ternyata hari Minggu itu, mereka datang 2 jam lebih pagi dan si David langsung teriak…”Opa kita main Schlitten (alat peluncur) di salju.”

Olehnya Dj. iyakan dan kami berangkat ke taman yang jaraknya hanya sekitar 200 meter dari rumah kami. David penuh semangat, tapi baru beberapa meter, dia sudah minta agar schlitten nya ditarik dan dia naik di atasnya. Yaaaa, memang sudah beberapa hari ini turun salju sangat lebat, jadi satu kesempatan yang baik untuk main schlitten.

Dewo, David, Jana dan Daniel.

SchlittenFahrt01

SchlittenFahrt02

SchlittenFahrt03

SchlittenFahrt04

Sesampainya di taman, maka sudah kelihatan beberapa anak-anak yang sudah pada meluncur dari atas.

SchlittenFahrt05

David agak ragu dan belum berani sendiri meluncur, jadi minta ditemani oleh mamanya.

SchlittenFahrt06

Tapi setelah melihat, bahwa anak-anak yang lain pada main sendiri, maka diapun mau mencoba. Dj. hanya kasi tau dia, bagaimana cara ngerem, belok kiri atau kanan, agar tidak nylonong masuk ke semak-semak, malah bisa luka. Ternyata dia cepat paham dan bisa.

SchlittenFahrt07

SchlittenFahrt08

Kadang schlittennya terbalik dan dia jatuh, karena satu kakinya kelamaan ke bawah, jadi belok dengan cepat dan jelas dia terpelanting. Syukur di salju, jadi tidak sakit dan dia bangun lagi dan mencoba lagi. Entah berapa puluh kali, naik tarik schlitternya dan dari atas meluncur ke bawah lagi.

SchlittenFahrt09

SchlittenFahrt10

David mengendarai schlittennya, untuk mengimbangi badannya, agar tidak jatuh. Seperti gaya Rodeo, tangannya diangkat satu dan tangan yang lain pegang tali… Dj. senang melihat, dia paham untuk mengimbangi gerakan, agar tidak jatuh lagi.

SchlittenFahrt11

Dj. jadi teringat, saat anak-anak kami juga sebesar David, opanya juga rajin mengajak Dewo dan Dewi untuk bermain luncuran di kampoeng halaman yang lebih banyak saljunya. Sekarang saatnya Dj. (sudah jadi opa) ya… mengajak cucu dan ternyata dia senang, saat Dj. berkata….”Okay, opa ikut meluncur dan kamu duduk di atas punggung opa.”

Dia mulai ragu, karena memang belum pernah, tapi dia nurut dan kami meluncur bersama Dj. ke bawah. Bahkan anak-anak lain yang melihat, ikutan meluncur gaya Dj. yang tiduran….Nah ya, untuk cucu sendiri, apapun akan Dj. bikin agar dia senang dan berani dan mudah-mudahan bisa dia ingat kalau dia besar nanti, pertama kali dia meluncur dengan opanya, hahahahahaha….!!!

SchlittenFahrt12

SchlittenFahrt13

SchlittenFahrt14

SchlittenFahrt15

SchlittenFahrt16

Lama-lama David merasa sudah yakin bisa dan olehnya dia mulai relax….

SchlittenFahrt17

SchlittenFahrt18

Di atas satu Schlitten bersama papa dan mamanya.

SchlittenFahrt19

SchlittenFahrt20

Saat salju turun lagi, walau tidak tebal, maka Dj. pulang, Daniel masih bersama mereka.

SchlittenFahrt21

Untuk Dj. 1 jam di luar sudah lebih dari cukup, karena sudah kedinginan dan pulang duluan, sedangkan David, orang tuanya dan Daniel masih tinggal dan bermain salju di taman. Saat dalam perjalanan pulang, ditengah lapangan salju, Dj. lihat ada anak kecil sendirian dan panggil-panggil mamanya. Dj. lihat kekiri dan kekanan, kok tidak ada orang…

Dj. gandeng ini anak dan Dj. sedikit teriak, hallo….!!! Apa ada yang lupa akan anaknya …??? Taunya dari balik semak-semak ada ibu-ibu muda senang bikin Schneemann (snowman) Dj. gandeng itu anak dan dia nurut sambil lihat keatas, ke arah Dj. sambil berkata…. mama…mama…E… saat Dj. serahkan ke ibunya, ibunya malah marahi dia… sudah dibilang, jangan jalan jauh-jauh….!!! Dan asyik melanjutkan bikin schneemann. Dj. hanya bisa geleng kepala saja….

SchlittenFahrt22

Sesampai di jalan raya, sedikit lega, karena melihat mobil kecil pembersih saju di jalan, mulai beraksi. Karena tanpa ini mobil, maka jalanan akan sangat licin dan pengalaman dua hari sebelumnya, salju berubah menjadi es. Karena jalan sedikit saja menurun, mobil tidak dapat di rem, untung bisa berhenti persis di depan tembok rumah orang. Dj. pikir pasti nabrak itu rumah, walau sudah pakai ban winter. Anda bisa lihat sendiri, salju yang sudah terinjak mobil, mengeras jadi es, untuk kendaraan, sangat berbahaya, karena licin.

SchlittenFahrt23

Di depan mobil ada skoop untuk ngerok salju, walau tipis. Sedang di belakang, ada alat untuk menaburkan garam. Agar es di jalanan bisa mencair.

SchlittenFahrt24

Bus dan taxi juga sudah mulai mau jalan, lewat depan rumah.

SchlittenFahrt25

SchlittenFahrt26

Puji TUHAN….!!!

Akhirnnya Dj. sampai rumah dan di dalam rumah suhu +18°C, jauh lebih hangat daripada di luar. Dan yang jelas sudah bau harum masakan makanan yang dibikin Susi. Dan sekitar 1 jam kemudian, mereka juga sampai di rumah dan berkata, sudah cium bau soto yang sangat harum… hahahahahaha….!!! Jujur, di udara yang dingin seperti saat ini, makan soto yang panas, sangat membantu menghangatkan tubuh.

Susi dan Dewi sudah menyiapkan makan siang untuk kami semua, soto ayam dan rendang ala mbok Susi.

SchlittenFahrt27

SchlittenFahrt28

Ini porsi Dj. tapi kalau ada yang mau, silahkan ambil, masih buanyak kok. Susi tidak pernah masak sedikit, selalu lebih dari cukup.

SchlittenFahrt29

Okay…

Silahkan turut menikmati soto ayam dan rendang bersama kami. Mohon maaf, kalau selalu pamer keluarga dan makanan…. Karena hanya inilah kekayaan kami, lain tidak punya.

Kiranya Kasih dan Berkat TUHAN YESUS KRISTUS, selalu menaungi kita semuanya. Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj. setiap hari Selasa.

Jelas, tak lupa terimakasih kepada anda semuanya yang juga setia menantikan hari Selasa dan selalu meningggalkan komentar-komentar yang sangat menyenangkan.

Salam manis untuk anda semuanya, dari kami di Mainz yang dingin dan pipi terasa beku.

Dj. 813

SchlittenFahrt30

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

80 Comments to "Schlitten Fahrt"

  1. Ikha Ismawatie  12 March, 2013 at 18:31

    Menyenangkan sekali… Masakannya juga bikin ngiler… Keluarga yg bahagia…

  2. Dj. 813  21 December, 2012 at 02:12

    Yu Lani…
    Tidak punya TV…???
    Dj. ada banyak, kalau dekat, langsung Dj. antar 1… Hahahahaha…!!!
    Lha di Jerman, mau buuang TV saja malah harus bayar, olehnya Dj. taruk di gudang.

    Ya begitulah yang namanya manula yu…
    Kadang lebih rewel dari anak kecil.
    Tapi mungkin mereka tau, tidak ada lebih baik daripada yu Lani.
    Jadi mereka sudah bosan dan minta pulang.
    Hahahahahahahaha….!!!

  3. Lani  21 December, 2012 at 01:12

    MAS DJ : aku ora duwe TV, jd aku nonton sambil kerja ngancani manula……..krn manula minta segera tidur, ya kepaksa aku njur balik mas……….pdhal cm 15 menit lagi miss universe wis rampung………jd ndak tau sapa yg menang, plg nanti bada di koran………

    jian, klu kang Anuuuuuuu sempat melihat acara ini, apalagi datang sendiri ke LAS VEGAS……..tau sendiri akibatnya mas……….ora iso turu sedino sewengi melihat semua yg kemplink…………kinyis2

  4. Dj. 813  21 December, 2012 at 00:12

    Ibu Matahari….
    Terimakasih untuk perhatiaannya…
    Sembuh 100% sih belum, hanya sementara tidak terasa sakit.
    Akan sembuh kalau di operasi, tapi melalui operasi, kemungkinan lebih parah juga.
    Olehnya Dj. sangat bersyukur, saat ini tidak ada rasa sakit sama sekali.
    Mungkin juga karena Dj. sedikit rajin senam yang diajarkan oleh psyotherapy selama
    di Rehabilitasi tahun ini.
    Mudah-mudaha tidak cepat kumat lagi.
    Saat ini Dj. sedang konsentrasi untuk agar jantung Dj. tetap stabil, juga tumit yang masih sedikit
    terasa sakit.

    Salam manis dari Mainz.

  5. matahari  20 December, 2012 at 23:59

    Pak Djoko punggung yang tempoh hari sakit ..sampai masuk klinik rehab….sudah sembuh ya ? Di foto atas saya lihat sudah bisa meluncur dengan cucu di punggung….berat cucu mungkin 35 – 40 kg ?

  6. Dj. 813  20 December, 2012 at 15:08

    Selamat Pagi dari Mainz yu….
    Miss Kona nggak sabar langsung pulang ya yu….
    Lha nunggu hadiahnya lama banget kan…???
    Hahahahahahahaaha….!!!

  7. Lani  20 December, 2012 at 14:39

    MAS DJ : kebalikan………baru aja balik soko nggaru, td sempat liat pemilihan miss universe di TV………..ada peserta dr Jerman, Indonesia…….klu ndak salah peserta datang dr 85 negara………tp aku pulang sebelum diketahui siapa pemenang miss universe 2012

  8. Dj. 813  20 December, 2012 at 05:23

    Hallo yu….
    Hahahahahaha….
    Mungkin dialam sadar, sudah janjian ya yu….
    Karena Dj. pikir sudah cukup lama tidak bikin oseng-oseng tempe.
    Hari ini Dj. juga sudah fitness lagi, walau terasa berat, karena 2 bulan lebih tidak bikin.
    Tapi Dj. pikir, lebih baik pelan-pelan molai lagi, daripada tidak sama sekali.
    Wis tak turu ndisik yo yu, wis mbengi ki ning Mainz… hahahahahaha….!!!
    Salam manis dari Mainz.

  9. Dj. 813  20 December, 2012 at 05:19

    HennieTriana Oberst Says:
    December 20th, 2012 at 03:41

    Anak-anak senang sekali ya Schlitten fahren. Chiara juga tuh. Untungnya cuma beberapa meter dari rumah,tapi lumayan juga dinginnya,2 jam nungguin anak main di salju hehehe…
    Sayangnya saljunya sudah cair.
    Frohe Weihnachten!!!
    Salam damai dari Tübingen.
    —————————————————————-

    Hallo Hennie…..
    Guten Abend aus Mainz…..
    Benar Hennie…
    Kalau mereka suah main,maka tidak mau berhenti lagi.
    Olehnya Dj. hanya 1 jam saja, suduah lebih dari cukup, karena
    memang sangat dingin…
    Salam manis juga dari Mainz ya….

  10. Lani  20 December, 2012 at 04:19

    MAS DJ : lo kok podo koyok kangsenan wae…………aku jg bikin oseng2 tempe pedesssssss…….nyam2…….wadoh adem2 msh bs kesumuk-en to mas didlm bus yg ber heater………

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.