Tomato Tart

Mawar

 

Hallo teman-teman di Baltyra, apakabar?  Kali ini kita jumpa lagi dalam artikel masakan yang tercipta beberapa waktu yang lalu karena banyak buah tomat hasil kebunku sendiri.  Bosan cuma membuat pasta sauce yang dibotolkan, maka saya mencoba cari ide untuk bisa menikmati tomat dengan cara lain.  Hasilnya ya Tart ini.  Rasanya sangat enak,  ini menurut pendapat suami dan teman-temanku di sini.
Tomato Tart

Bahan Untuk Kulit Tart :

1 ¼ cups tepung terigu

8 sendok makan mentega

2 sendok makan sour cream

1 sendok makan cream cheese

IMG_1276

Cara membuatnya :

1). Campur semua bahan di mangkok besar, aduk dengan tangan sampai tercampur dan tidak lengket (jangan diulen).  Bulatkan dan gilas tipis dan letakkan di Tart Pan sehingga menutupi seluruh dasar dan sisi loyang.  Tusuk-tusuk perlahan dengan garpu.

2).  Panggang dalam oven dengan panas 375°F/ 190°C selama kurang lebih 10 menit. Keluarkan dari oven dan taburi dengan 2 sendok makan parmesan cheese, sisihkan.

IMG_1278

TURUNKAN PANAS OVEN MENJADI 325°F/ 160°C

Bahan untuk Isi Tart :

2 buah tomat warna merah ukuran besar, iris membulat setebal 1/3 – ½ cm

2 buah tomat warna kuning/orange ukuran kecil, iris

5 buah tomat cherry (cherry tomato), iris

1 cup ricotta cheese

*saya ganti dengan ½ cup cream cheese +  ½ cup keju parut (bisa cheddar, fontina atau lainnya).                                                                              

2 putih telur, kocok dengan garpu sampai berbusa

2 sdm olive oil

1 sdt thyme (kering)

½ sdt oregano (kering)

1 sdm parsley segar (cincang)

1 sdm basil segar (cincang)

2/3 sdt garam dan 2/3 sdt lada

IMG_1281

IMG_1282

IMG_1285

IMG_1286

Caranya:

1). Campur cream cheese, keju parut, putih telur, ½ sdt garam & lada, separuh bagian thyme dan oregano dan separuh bagian parsley dan basil. Aduk sampai tercampur rata.

2). Tuangkan campuran keju ke atas kulit Tart, ratakan.

3). Atur irisan tomat, mulai dengan warna merah di lingkaran terluar, dengan sedikit saling tindih (lihat gambar), disusul tomat warna kuning, terakhir cherry tomato di tengah.

4). Campur olive oil, 1/3 sdt garam+lada, sisa oregano dan thyme, lalu oleskan campuran ini ke atas susunan irisan tomat. Lalu taburkan sisa parsley + basil di atasnya.

5). Panggang dalam oven selama 30 menit, sampai tomat layu dan campuran keju lumer dan bergelembung  (bubbly), serta kulit tart berwarna kecoklatan.

6). Keluarkan dari oven, biarkan dingin, potong dan hidangkan.  Simpan sisa tart di kulkas dan hangatkan dioven bila diperlukan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikelku ini, silahkan dicoba dan semoga suka.

IMG_1290

IMG_1287

Salam

 

29 Comments to "Tomato Tart"

  1. juwandi ahmad  19 December, 2012 at 23:26

    wea aku tak trimo matenge wae

  2. Mawar09  19 December, 2012 at 23:19

    Anoew : ha…ha….. imaginasimu memang hebat, ini harus ku akui !! memang kalau dipandang yg lama, kelihatan menyembul sedikit ya !!

  3. anoew  19 December, 2012 at 23:03

    yang kedua dari atas, Mawaaaar… itu methuthuk nyempluk ginuk-ginuk beneran dilihatnya.. Mangstab!

  4. Mawar09  19 December, 2012 at 22:50

    Mega : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Silahkan dicoba resepku ini. Salam kenal juga !!

  5. Mawar09  19 December, 2012 at 22:49

    Pak Han : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Sepertinya memang cocok untuk hidangan di malam Natal dinikmati bersama keluarga. Minta istri tercinta buatkan. Kalau susah dapatkan cream cheese, bisa di ganti dengan plain yoghurt, cuma harus ditiris dulu semalaman di dalam kulkas untuk menghilangkan cairan yg terkandung di dalam yoghurt. Caranya : gunakan kain kasa 3 lapis dan letakkan diatas saringan dlm mangkok. Salam!

  6. Mawar09  19 December, 2012 at 22:41

    Pak Dj : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Rasa tart ini memang enak, tapi saya ngiler lihat cake yang dibikin Susi waktu pesta ulang tahun Pak Dj. Boleh minta resepnya ngga???

  7. Mawar09  19 December, 2012 at 22:38

    Lani : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Pertama kali bikin dan dibawa ke pesta di kebun sayur kami, semua orang pada bilang “so beautiful”, setelah dicicipi kata mereka sangat enak, baik crust maupun isinya, suamiku yg ikut waktu itu juga bilang enak sekali. Ya sudah aku ingat2 saja semua bahan dan takarannya, begitu sampai dirumah aku langsung catat supaya ngga lupa.

  8. Mawar09  19 December, 2012 at 22:33

    Anoew : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Mungkin maksud kamu foto pertama dari atas kali, yg nyembul methuthuk. Kamu paling kreatif berimaginasi deh untuk segala hal bisa di arahkan kesitu!! Silahkan di bungkus, stock masih banyak. Salam!

  9. Mawar09  19 December, 2012 at 22:29

    Linda : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Bisa juga di samakan dengan makan pizza, cuma crustnya tidak sama karena kalau pizza kan lebih mirip roti. Ini lebih mirip pie. Salam!

  10. Mawar09  19 December, 2012 at 22:27

    JC : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Resep tart ini memang enak kok, coba dong bikin untuk dinikmati bersama anak-anak dan istri tercinta. Pakai oven portable (yg kecil) juga bisa kok! Satu loyang khusus buatmu deh ! Kapan-kapan mau aku japri karena ada yg mau ditanyakan. Salam buat keluarga dirumah ya!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.