Apakah Arti Natal Bagi Kita?

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari selasa…

Hari Selasa ini jatuh tepat di Tanggal. 25 – 12 – 2012 di hari Natal. Olehnya, perkenankan Dj. berserta keluarga untuk menyampaikan bagi anda semua yang merayakan Natal …

SELAMAT HARI RAYA NATAL 25 – 12 – 2012 . . . ! !

Semoga Damai Natal yang dikaruniakan Allah Bapa, menjadi nyata di dalam kehidupan kita setiap hari.

artinatal2012-01

Empat Minggu sebelum Hari Raya Kelalhiran TUHAN YESUS KRISTUS, masa tersebaut kami sebaut masa penantian (Advent). Biasa dilambangkan dengan menyalakan lilin setiap minggu, satu demi satu, hingga menyala 4 lilin.

artinatal2012-02

Jujur, oret-oretan ini Dj. bikin, karena sedikit tergelitik dengan Artikel yang mas Handoko tulis dengan thema...“Rapat Sorga di Malam Natal“ Satu Artikel yang sangat bagus dan menarik, dimana melihat kenyataan, bahwa sangat banyak manusia yang mengaku Kristen, malah menunjukkan sikap yang kurang Kristiani.

Menyambut Hari Raya natal dengan kesibukan mencari hadiah dengan berlebihan, sehingga makna Natal itu sendiri, menjadi kabur….Mas Handoko menulis, bagaimana di Mal besar, sangat banyak manusia berjubel dan sudah merupakan pesta yang sangat komersial. Apa yang salah dengan pesta Natal…??? Sebenarnya tidak ada yang salah.

Sedangkan di Mainz, banyak orang dari luar kota dan bahkan orang Mainz sendiri datang ke Palungan yang ada di Pasar Natal. Kadang sangat sulit dan harus sabar untuk antri….Untuk melihat bayi Yesus…

artinatal2012-03

Bukan umtuk menyembah patungnya, tapi dengan melihat bayi Yesus di Palungan, maka kita bisa membayangkan bagaimana Yesus lahir di dalam dunia ini.

artinatal2012-04

ALLAH telah memberikan anaknya yang tunggal, kepada dunia ini agar setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Dengan demikian, kita telah diajari untuk bisa saling mengasihi, karena ALLAH adalah KASIH dan Dia juga yang telah memulainya. Sehingga untuk menunjukan kasih kita, maka kita berusaha untuk menyenangkan Allah, keluarga, saudara, handai tolan dan teman, dengan memberi hadiah. Itu adalah respon kita terhadap Allah yang Maha Pengasih dan bukan karena rasa takut.

Pesta Kasih ini, sebenarnya sangat indah, andai kita benar-benar bisa menyadari, mengapa TUHAN mau datang ke kandang yang kotor dan hina.Dia yang maha suci, telah mengambil tempat bagi kita yang kotor, agar kita yang kotor dan penuh dosa, menjadi bersih dan tak bercacat. Kita yang seharusnya dihukum karena dosa kita, maka Yesus telah mengambil posisi kita.

Walau benar, memang banyak manusia yang super sibuk di saat hari besar ini, tapi tidak sedikit pula yang masih bisa merayakan dengan penuh hikmat. Kedatangan sang Penebus, seharusnya bisa mengubah kehidupan kita yang lama, menjadi hidup yang baru. Kita yang tadinya suka marah (pemarah), menjadi peramah dan bisa mengasihi dan mau memaafkan sesama. Yang tadinya suka gosip orang lain, jadi suka memuji kebaikan orang.

Yang suka dengan kata-kata kotor, sekarang bisa memuji dan memuliakan TUHAN. Sehingga dunia ini akan menjadi semakin indah, karena Kasih itu hidup di antara kita.

Dj. teringat saat anak-anak kami masih kecil. Karena di saat malam Kudus, yaitu tanggal. 24 malam, dimana kami sekeluarga kumpul untuk mengenang kembali kelahiran sang penebus. Kami bernyanyi bersama, berdoa bersama dan mendengarkan kisah kelahiran TUHAN YESUS YANG ADALAH KRISTUS. Setelah renungan Natal selesai, maka di teruskan dengan pembagian hadiah.

Nah di sini (seperti yang diceritakan mas Juwandi dalam cerita burung gereja di kubah mesjid), maka anak-anak juga berbuat yang demikian. Sebelum mereka mendapat hadiah, mereka sudah mengahafal 1 lagu atau satu syair. Terlihat di wajah mereka yang sebelumnya sedikit tegang, karena menantikan apa yang akan mereka terima. Kemudian wajah-wajah mereka berubah menjadi sangat riang.

Kegembiraan ini, tidak semata karena mereka menerima hadiah saja, tapi lebih dari itu, hadiah yang mereka berikan juga diterima oleh saudaranya. Kegembiraan memberi. Bagaimana mereka bisa membari hadiah…??? Sedang mereka tidak memiliki uang untuk membeli sesuatu…???  Di sini kami ajarkan kepada mereka, bahwa hadiah tidak selalu harus dibeli dengan uang. Tapi mereka juga bisa bikin dengan kemampuan mereka, mereka bisa menggambar, mereka bisa membuat mainan dari kertas.

Di sinilah, kadang kami merasa haru, saat mereka mulai sibuk membuat sesuatu, untuk kami, atau juga untuk kakak atau adiknya. Kadang terdengar pembicaraan mereka, saat mereka sudah sedikit besar dan ingin membeli sesuatu untuk kami. Mereka mengumpulkan uang bersama dan kadang kedengaran diskusi yang serius, ini semua karena apa yang mereka miliki tidak banyak.

Kamipun terharu, saat mereka menyerahkan hasil usaha mereka saat pemberian hadiah. Contohnya satu bingkai photo hasil karya sendiri dan mereka bikin sangat indah, walau sangat sederhana. Dan sekarang giliran David (cucu Dj.) yang suka menggambar. Dia selalu membuat gambar yang aneh-aneh dan dia juga senang menghadiahkan.

Kadang dia berusaha menjelaskan gambar apa yang dia bikin dan kadang dia kasih tunjuk, ini opa, ini oma… hahahahaha…!!!  Sekarang, mereka sudah menjadi besar dan sampai sekarangpun, mereka masih selalu urunan untuk membeli hadiah untuk kami. Karena bukan mahalnya hadiah yang mereka berikan untuk kami, tapi sampai sekarang, kami masih senang melihat kebersamaan mereka.

Saat Dj. membikin oret-oretan ini, jarum jam sudah menunjukan pukul 14:10 dan kami baru selesai makan siang bersama dan mereka masih ngobrol apa yang akan mereka bikin besok di tanggal. 24 malam (a Holy Night) di rumah Dewi.

Nah itulah sedikit Natal di keluarga kami di Mainz.

Namun sebelum Natal tiba, walau kami tidak memiliki Mal, tapi Mainz memiliki pasar Natal yang cukup rame dikunjungi manusia.

artinatal2012-05

Dan di sanapun banyak dijual barang-barang yang diperlukan untuk perayaan Natal di rumah, seperti…

artinatal2012-06

artinatal2012-07

artinatal2012-08

artinatal2012-09

artinatal2012-10

artinatal2012-11

artinatal2012-12

Di samping hiasan bola kaca untuk digantung di pohon Natal, juga banyak dijual figur-figur Natal yang diukir dari kayu, sebagai hadiah Natal.

artinatal2012-13

Ooooo…. ya….

Hari Sabtu tanggal. 22 Desember. lalu, kami juga mendapat undangan perayaan Natal di Frankfurt. Setelah kebaktian, maka apa beberapa ibu-ibu yang menyumbangkan lagu-lagu Natal dengan permainan angklung. Dj. hampir terperanjat, saat melihat salah satu pemain angklung yang mana semua dengan berbusana kain. Namun, satu pemain yang parasnya sangat mirip dengan bu Gucan (yang paling kiri) .

artinatal2012-14

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra, yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Jelas, terimakasih Dj. juga untuk anda semua yang selalu menanti hari Selasa. TERIMAKASIH…..!!!

Semoga Berkat Natal akan menaungi kita semuanya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan.

Tak lupa kami juga mengucapkan ….

SELAMAT MEMASUKI TAHUN YANG BARU 2013.

Semoga apa yang kita impikan selama ini, bisa menjadi kenyataan di tahun yang baru nanti.

TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI KITA SEMUANYA . . . ! ! !

 

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

artinatal2012-15

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

67 Comments to "Apakah Arti Natal Bagi Kita?"

  1. Dj. 813  31 December, 2012 at 16:58

    Terimakasih yu….
    Selamat ngorok….

  2. Lani  31 December, 2012 at 11:54

    MAS DJ : aku balas japri

  3. Dj. 813  31 December, 2012 at 03:12

    Yu Lani…
    Selamat Malam dari Mainz….
    Ooooo…. mas Juwandi = mas Iwan…???
    Ada benarnya yu, tapi Dj. lihat dari sudut yang lain.
    Mereka berdua, sama-sama memiliki kesabaran dan toleransi yang sangat besar.
    Karena pengetahuan mereka cukupluas dan tidak picik sepeprti mbahnya mas Juwandi si Mui…
    Hahahahahahahaha….!!!!

    O ya, mengenai japri, sudah Dj. terima dan sebentar lagi Dj. balas.
    Hari ini dan kemari, muter mulu.

    Tadi lihat di internet, harga ticket Frankkfurt – Honolulu.
    Dengan Lufthansa hanya -+ € 1700,-
    Tapi dengan Emirat, gila, sampai hampir njengkang, harganya € 11.000,- / orang
    Sampai Dj. pikir salah ketik, tapi beberapa kali Dj. ulangi, hasilnya sama.

    Kan dari Honolulu, mesti ke Kona lagi.
    Kalau bisa kasi tahu, apakah dari Honolulu ke Kona, ada penerbangan Hawaii Air, atau harus nglangi…???
    Hahahahahahaha….!!!

  4. Lani  31 December, 2012 at 01:27

    MAS DJ : japriku wis tekan????? aku kirim dgn super kilat je………apakah kena storm diperjalanan ya???????

  5. Lani  31 December, 2012 at 01:26

    MAS DJ : kang Juwandi itu sama spt ISK dadi kalong saben bengi

  6. Dj. 813  30 December, 2012 at 05:42

    Hahahahahaha….. !!!
    Mas Juwandi…
    Mumpung masih muda, jaga kesehatan, harus cukup tidur….
    Agar nanti kalau sudah jadi manula, masih tetap sehat.
    Kalau Dj.ngantuk tdiak ngantuk ya pergi tidur.
    Kalau suduah cium bantal, tidak sampai 5 menit sudah ngilang…
    Hahahahahaha….!!!

  7. juwandi ahmad  30 December, 2012 at 05:26

    ha ha ha ha ha….salah gede pak, aku ra nduwe simbah MUI ha ha ha. Sudah biasa tidur selepas subuh. Tapi hari ini, sudah selepas subuh belum gantuk juga ha ha…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *