Malam Natal Bersama Keluarga Paisan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

natalpaisan01

Semoga anda semua ada sehat, setelah semalam bagadang menanti tahun yang baru. Walau tahun sudah berganti, namun Dj. ingin sedikit cerita saat malam Natal dalam keluarga kami di Mainz. Malam tanggal. 24 (Malam Kudus bagi kami umat Kristen) , biasanya anak-anak datang ke rumah kami untuk merayakannya bersama.

Namun tanggal. 24 Dezember malam yang lalu, putri kami (Dewi) meminta agar dirayakan di rumahnya. Kamipun setuju, karena alasannya bisa kami terima.

natalpaisan02

Maka, setelah sepakat, jam barapa kami akan kumpul dan makanan apa yang akan kami makan malam itu, maka kami bawa dalam doa. Maklum, walau keinginan anak-anak begitu besar, namanya juga anak-anak, jadi kami belum bisa tinggal diam dan masih sedikit memberi pengarahan. Maksudnya agar perayaan tidak berlebihan dan bisa dilaksanakan dengan penuh hikmat.

Nah ya, Apartment yang kecil, hanya sekitar 50 Meter persegi dan ruang tamu yang kecil pula, maka cukup dengan pohon Natal yang kecil di salah satu sudut ruangan.

natalpaisan03

Inilah keluarga kami, Dj. yakin banyak dari anda-anda yang sudah kenal.

natalpaisan04

natalpaisan05

David sudah mulai sedikit gelisah saat menunggu, tapi dia masih harus belajar bersabar.

natalpaisan06

Setelah kami awali dengan puji-pujian dan doa, maka Dewi membacakan renungan kisah kelahiran TUHAN YESUS yang diambil dari Injil Lukas pasalnya yang ke 2.

natalpaisan07

Davidpun dengan semangat membawakan sajak Natal yang dia pelajari di sekolah.

natalpaisan08

Selesai membawakan sajak, maka David dengan gembira lari ke oma dan opanya. Satu kegembiraan tersendiri bagi kami, masih boleh melihat cucu kami yang lucu.

natalpaisan09

Setelah renungan Natal selesai…Kemudian David mendapat tugas, untuk membagikan hadiah yang ada di bawah pohon Natal. Dia mulai membaca nama-nama yang tercantum di setiap kado dan memberikannya sesuai dengan nama yang tercantum. Hal ini juga kami ajarkan kepada anak-anak kami, saat mereka masih kecil, agar merasakan kegembiraan saat membari dan bukan hanya saja saat menerima.

Dia mulai membaca nama-nama yang tercantum di hadiah.

natalpaisan10

Dia memberikan hadiah yang pertama untuk mamanya, juga dengan ciuman di pipi.

natalpaisan11

Kemudian untuk papanya dan omnya.

natalpaisan12

Om dan papanya harus baca, apa yang David tulis di karton yang dia bikin sendiri.

natalpaisan13

Kemudian hadiah untuk tentenya.

natalpaisan14

Tak lupa, masih ada lagi untuk omanya.

natalpaisan15

Hadiah untuk opanya, dia bikin sendiri dari kertas, yang mana sangat mengejutkan kami semuanya. Dia menggunting kkertas, membentuknya menjadi rumah yang sangat indah. Dia berkata, ini rumah yang akan dia bikin, nanti kalau sudah besar, untuk opa, oma dan kita semua. Dan dia tulis nama-nama kami. Saat Dj. tanya, kok rumahnya atapnya berlobang, kalau hujan kan basah semua.

Dia tertawa dan berkata, itu kan kaca, agar terang matahari masuk ke ruangan. Waaaaaw…. Dj. sampai heran, anak umur 7 tahun sudah mikir sejauh ini.

natalpaisan16

David sangat senang, karena boleh membagikan hadiah-hadiah yang ada di bawah pohon Natal. Dan dia berkata dengan senyum yang lebar, sangat menyenangkan boleh membagikan hadiah. Olehnya Dj. katakan kepadanya, kegembiraan, tidak hanya saat kamu menerima, tapi lebih dari itu, kamu akan sangat gembira, bila kamu bisa memberi. Dia mengangguk dan bilang, benar opa…

natalpaisan17

Saat makan malampun tiba dan kami duduk bersama di ruang makan dengan penuh ucapan syukur, kerna Berkat TUHAN yang berlimpah atas keluarga kami.

natalpaisan18

Klöße, adalah makanan orang Jerman yang dibikin dari kentang yang diparut halus dan dibentuk semacam bola tennis dan direbus.

natalpaisan19

Kartoffelsalat, adalah salat dari kentang, telur rebus dan timun asem dan Joghurt.

natalpaisan20

Feldsalat, tumbuhan ini sangat kecil dan enak di gado atau dibikin salat.

natalpaisan21

Rotkohl, adalah kohl merah dang sudah diasamkan dan dimakan setelah dipanaskan, rasanya asam manis.

natalpaisan22

Saus untuk daging, asli ala mbok Susi, dengan jamur dan sedikit campuran wein merah.

natalpaisan23

Lende, kalau tidak salah dalam bahasa Indonesia daging lur (Loin)

natalpaisan24

Nah, ini porsi Dj. yang pertama, kalau ada yang mau, silahkan ambil…

natalpaisan25

natalpaisan26

Okay…

Itu tadi sekilas malam Natal bersama kami di Mainz, yang sederhana …Saat malam Natal, di Jerman, mungkin tidak semeriah di kota-kota besar di Indonesia, dimana banyak Mal yang buka. Di Mainz, atau Jerman pada umumnya, semua keluarga berkumpul dirumah orang tua. Dengan demikian, jalananpun sangat sepi dan toko-toko pun semua tutup.

Pada tanggal. 27 dan 28 toko dan perkantoran sudah mulai buka lagi. Nah di sini, kota mulai penuh manusia, karena banyak yang menukarkan hadiah atau bahkan mengembalikan. Karena di saat Malam pertukaran hadiah, maka banyak yang mendapat vocher, jadi bisa ditukar (untuk membeli) barang.

Atau banyak juga yang mendapat hadiah, hanya kebesaran (kekecilan) dan masih bisa ditukar. Dan setelah pesta Natal, banyak “sale”, dimana barang-barang di tidak terjual sebelum Natal, maka mereka banting harga. Terutama barang-barang seperti hiasan Natal.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra, semoga tahun 2013, Baltyra semakin banyak penulis dan pembacanya dan semakin meriah. Tak lupa terimakasih kepada anda semua yang selama ini, selalu menantikan hari Selasa dan maninggalkan komentar yang menyenangkan.

Semoga anda semua selalu di bawah naungan Kasih dan Berkat TUHAN. Mohon maaf bila ada kata-kata Dj. sepanjang tahun lalu (2012) , yang tidak berkenan dihati anda semua.

 

Salam manis dari kami di Mainz.

Dj. 813 dan keluarga.

natalpaisan27

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

86 Comments to "Malam Natal Bersama Keluarga Paisan"

  1. Dj. 813  3 January, 2013 at 18:01

    awesome Says:
    January 3rd, 2013 at 16:09

    oh no!! sebulan sekali ya kurang banget lah oom Dj …..
    tapi kalau cucu kedua sudah lahir mungkin sibuk juga ya …..
    David sudah nggak sabar lagi nunggu adik-nya lahir donk ya
    kalau David pengen adek perempuan atau laki2?

    ———————————————————————–

    Hallo Awesome….

    Lho kok oh no…???
    Harusnya bilang oh yes…!!! oh yes…!!! yes..!! yes..!!
    Nah ya,lihat saja, bagaimana nanti ya….
    Jujur Dj. malah takut pada bosan dan hanya mengganggu mereka yang bosan.
    Itu kan tidak baik.

    David, juga orang tuanya ingin anak perempuan, juga omanya.
    Tapi kami semua belum ada yang tau, karena memang tidak ada yang mau tau sekarang.
    Yang penting, Jana dan si jabang bayi, sehat.

    Salam manis dari Mainz.

  2. Dj. 813  3 January, 2013 at 17:55

    [email protected] Says:
    January 3rd, 2013 at 14:26

    om DJ….
    definisikan kata “rajin”

    HAHAHAHAHAHA….
    ——————————————————-

    Definisi ” Rajun ” ???
    1 . Ya rajin berdoaa, agar satu saat dikabulkan.
    2 . Rajin menabung, kan punya celengan, harus sering di isi,
    agar satu saat kelihatan hasilnya.
    Lha kalau celengan tidak pernah di isi, ya kapan penuhnya…???
    Hahahahahahaha….!!!

    Okay…???

  3. awesome  3 January, 2013 at 16:09

    oh no!! sebulan sekali ya kurang banget lah oom Dj …..
    tapi kalau cucu kedua sudah lahir mungkin sibuk juga ya …..
    David sudah nggak sabar lagi nunggu adik-nya lahir donk ya
    kalau David pengen adek perempuan atau laki2?

  4. [email protected]  3 January, 2013 at 14:26

    om DJ….
    definisikan kata “rajin”

    HAHAHAHAHAHA….

  5. Dj. 813  3 January, 2013 at 14:17

    Awesome….
    Terimakasih, kalau memang senang dan mau bikin itu rezept…
    Benar sekali, kami semua sudah menunggu kedatangan si kecil.
    bahkan kami harap perempuan.
    Tapi kata nenek dulu…
    Kkalau diharap perempuan, yang datang malah laki… hahahahaha…!!!
    Nah ya, yang penting lahir sehat, ibu dan anak.

    O…Dj. malah ingin mengurangi frekwensi bikin oret-oretan….
    Karena Dj. pikir, setiap hari Selasa itu terlalu banyak, jangan sampai
    banyak yang bosan pula.
    Tapi kalau setiap bulan sekali, bisa bikin kangen…. ( Dj. yang sok tau )

    Okay, salam manis dari Mainz.
    TUHAN MEMBERKATI . . . ! ! !

  6. Dj. 813  3 January, 2013 at 14:12

    Mbak Kornelya….
    Selamat Pagi dari Mainz….
    Hahahahahahaha….!!!
    Dj. maklum,karena kalau Dj. pakai i-Pat juga sama, sering salah pencet.
    Tapi itu kalau diluar rumah saja, Dj. ppakai i-Pat, kalau dirumah ya pakai LapTop lebih aman.
    Kami ( Dj. dan Susi ) akhir-akhir ini dapat mainan baru di i-pat ( Bowling )

    Cukup sulit dan record Dj. semalam 196, sedang Susi 191.
    Kami berlomba setiap malam….
    Ini permainan di Computer yang pertama kali Dj. main, jadi seperti anak-anak lagi.
    hahahahahahaa….!!!

    Salammanis dari Mainz, untuk mbak Kornelya sekeluarga diruman.
    Dan semoga semua rontangan, dapat diatasi dengan kemurahan TUHAN.

  7. awesome  3 January, 2013 at 11:30

    nyamnyamnyamnyamnyam ….. udah ga sabar lagi pengen cepet2 cobain resepnya

    oom Dj sebentar lagi tambah cucu?
    bulan Maret harus sering2 baca baltyra nich, khusus hari selasa

    semoga semua sehat2 selalu ya oom

  8. Kornelya  3 January, 2013 at 10:16

    Pa DJ, ma’af tadi ketik komennya pake iPad Jalom, jempolku kegedean sekali tunjuk dua huruf terpencet, hehehe. Maksudnya rumah hadiah dari David. Banyak peristiwa tak dikehendaki terjadi disekitar kami menjelang akhir tahun, kami sampai pada tahap ‘”ndlongop” tanpa kata dan kabar. Sekarang semuanya mulai pulih kembali, baik secara fisik maupun emosi. Salam.

  9. Dj. 813  2 January, 2013 at 22:24

    Pambres….
    Yup… benar sekali,semua ada ditangan Nya.
    Jangan maksa, nanti malah kewalahan.
    Asal rajin, pasti TUHAN kasi.
    Sabar saja.

  10. [email protected]  2 January, 2013 at 22:12

    om DJ… jawabannya…. Kapan… Kapan…
    kalo dikasih Tuhan ya terima… kalo nggak dikasih ya nggak apa apa…
    tidak menuntut… dan tidak menolak…

    hehehehe….

    Salam dari Singapura…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.