Night Owl atau Early Bird

Dian Nugraheni

 

Punya masalah dengan jadwal tidur? Maksudnya, secara wajar, orang akan tidur di malam hari, dan bangun pada pagi hari, dengan jumlah jam tidur yang disarankan, kira-kira 8 jam bagi orang dewasa dan 10 jam untuk anak-anak. Dan tentu saja, jam berangkat tidur pun dimulai kira-kira jam sepuluh malam, dan bangun kira-kira jam lima atau enam pagi.

Apabila anda mempunyai ukuran waktu dan jam tidur seperti itu, maka anda termasuk kelompok orang-orang yang mempunyai pola tidur yang normal.

Tapi ada beberapa kasus, di mana akhirnya jadwal tidur seseorang jadi jungkir jempalik, porak poranda, dan secara umum bisa dibilang, tidak normal.

Sebenarnya sih, normal dan tidaknya jadwal tidur seseorang, sangat individual. Artinya, ada orang-orang tertentu, yang mempunyai pola jam tidur nggak genah, dan itu mengakibatkan jam tidurnya tidak cukup, tapi hidup sehari-harinya, ya tetep nggenah aja. Misalnya, dia tetap bisa beraktifitas dari pagi hari, seperti bekerja, dan sekolah.

Tapi, bagi sebagian orang yang lain, mungkin hal itu, sebenarnya tidak dia harapkan, dan bisa jadi akan menimbulkan efek negatif seperti mengantuk di pagi hari dan tidak bisa melakukan aktivitasnya secara maksimal.

Kalau masalah kebiasaan tidur yang tidak “normal’ itu terus berlanjut, maka, akibatnya bukan cuma ngantuk di pagi hari, tapi bisa menjadi loyo, tampang kusut masai akibat kurang tidur, stress, dan seterusnya..hmmm…

Kenapa sih orang-orang bisa mengidap problem dalam mengatur jam tidurnya..?

Beberapa hal bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Jet Lag, dalam kasus ini, seseorang yang terbang melintas ke wilayah yang sangat jauh, sehingga menemukan perbedaan waktu, dari tempat dia berangkat, dengan tempat di tujuan. Apalagi kalau beda waktunya cukup tinggi, katakanlah 6 jam atau lebih…maka, sudah deh…pastilah untuk beberapa hari orang tersebut akan mengalami jam tidur yang tidak “pas”, ini karena jam biologis, jam tubuhnya, harus mengalami adjustment alias penyesuaian diri dengan waktu di tempat baru.

Atau, bila seseorang sedang melakukan terapi karena sakit. Konsumsi obat-obatan tertentu, maka hal tersebut akan membuat orang mengantuk, pada jam berapa pun orang itu minum obat. (Jangan tanyakan pada daku obat-obatan jenis apa aja yang bikin ngantuk..daku bukan paramedis..he..he…).

Atau, orang yang bekerja pada shift malam, mau nggak mau, semalaman dia akan terjaga karena pekerjaannya itu, dan gantinya, dia akan tidur panjang di siang hari.

Atau, bila anda tinggal di lingkungan yang hingar bingar, meski di malam hari, dan hal tersebut mengganggu anda, mengakibatkan anda susah tidur di malam hari…

Juga apabila anda mempunyai kebiasaan nonton TV atau bermain-main dengan komputer anda di malam hari, saking asyiknya, nggak sadar ternyata sudah dini hari, dan rasanya nggak ngantuk tuh..he…he…

Pictures-Causes-of-Sleep-Problems

NIGHT OWL
Ada istilah lucu untuk problem tidur seperti disebutkan di atas, yaitu, NIGHT OWL, bila anda susah ngantuk, dan setelah dini hari, baru bisa merem.., padahal jam 6 pagi sudah harus bangun lagi, memulai aktivitas, bekerja, sekolah, dan lain-lain. Dalam kasus ini, mungkin orang hanya akan tidur sekitar 3 jam dalam sehari semalam.

Adakah cara yang bisa ditempuh agar pola tidur para Night Owl kembali normal..? Sepanjang yang aku baca, ada beberapa jalan yang bisa ditempuh, yang pertama adalah, mendisiplinkan diri, artinya, ngantuk gak ngantuk anda harus tidur pada jadwal jam normal, yaitu sekita jam 10 atau 11 malam, dan bangun pada pagi harinya, setelah jam tidur selama kurang lebih 8 jam atau 10 jam terpenuhi…

Tapi, anak kecil pun juga tau, kalo nggak ngantuk, tapi dipaksain ngantuk, adanya malah uring-uringan, malah selanjutnya bisa jadi stress.

Kalau itu tidak berhasil, cobalah dengan terapi cahaya, yaitu, membiarkan anda berada dalam ruangan yang terang benderang begitu anda bangun tidur., sepanjang 30 atau 45 menit. Dan bila itu masih tidak berhasil, konsultasikan pada dokter tentang kemungkinan mendapatkan terapi hormon melatonin.

Kenapa sih mesti diberi terapi hormon melatonin..? Hormon melatolin ini, dalam jumlah besar, diproduksi ketika hari mulai gelap, dengan terjadinya produksi hormon ini, maka seseorang akan tergiring untuk merasa mengantuk, dan tertidur. Kemungkinan besar, orang-orang NIGHT OWL hanya sedikit produksi hormon melatonin dalam tubuhnya, sehingga harus dibantu dengan terapi hormon tersebut.

EARLY BIRD
Yaitu kelompok orang yang memulai tidur malamnya pada sore hari, terbangun pada dini hari, nggak bisa tidur lagi sampai pagi. Padahal, sama juga, mereka harus melakukan kegiatan rutinnya sehari-hari…Orang-orang seperti ini, biasanya akan merasa ngantuk pada pagi harinya, dan berusaha mencoba meneruskan tidurnya ketika matahari sudah benderang.

Cara mengatasinya pun hampir sama dengan NIGHT OWL, yaitu mulai mendisiplinkan diri menentukan jam mulai tidur dan jam bangun pagi. Hal tersebut juga bisa dibantu dengan menerapkan terapi cahaya, yaitu, membiarkan anda terpapar dalam cahaya terang selama 30 menit sampai 45 menit, pada sore menjelang malam hari. Diharapkan, bila anda berada dalam cahaya terang, maka anda tidak akan cepat-cepat mengantuk.

Ho..ho..ho…NIGHT OWL atau EARLY BIRD kita ini..? Atau bukan dua-duanya..silakan bikin istilah sendiri…LAZY CAT, mungkin..? Lazy Cat bisa angler (nyenyak tidur) jam berapa pun meski sudah tidur 8 atau 10 jam dalam sehari semalam…

Halahhh.., kalau itu sih benar-benar malazzzzzz …

Salam zzzzzzz …

sleep-position

Carlin Spring,
Arlington, Virginia

Dian Nugraheni,
Di sini jam 3.55 sore, hari Rabu, tanggal 3 Maret 2010
Masih dingin aja.., menunggu Spring sergera datang..

 

26 Comments to "Night Owl atau Early Bird"

  1. diannugraheni  5 January, 2013 at 09:51

    Mbak Lani…sapah takuuuutttt…ayoooohhh, masyuk2 kmana2 juga bwoleeeehhhh…ha2..

  2. Lani  5 January, 2013 at 07:36

    DIAN : maturnuwun udah dikasih lampu ijo………makin bubrah makin asyikkkkkkkkkkk………….pakai masyuuuuuuuukkkkkkk gak? biasane ini kesenengan kang Anuuuuuu

  3. diannugraheni  5 January, 2013 at 03:54

    Mbak Kornelya Agus, makasih banyak masukannya Mbak..ehh, iyaa, juga sering liat di gedung parkir, ada tulisan, Early Bird..tarif parkir..segini..gitu deh..
    He2..selamat ber-early bird yaa…juga selamat berdingin2 empuk..ha2…

  4. diannugraheni  5 January, 2013 at 03:53

    Mbak Lani, komene makin bubrah makin asyik…ha2..maree…

  5. diannugraheni  5 January, 2013 at 03:52

    Sumonggo, ha2…, yaa, bener, ada angry Bird juga, makane ojo kakehan ngamuk, mengko ndak nglentruk…he2..

  6. diannugraheni  5 January, 2013 at 03:51

    Dewi Aichi …dipilih…dipilih…ha2…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *