Teman Begadang

Nyai EQ di depan TV

 

“Begadang jangan begadang…jika tiada artinya….bla bla bla…”

Itu pesan calon presiden kita yang spektakuler, H. Rhoma Irama…..tapi saya tidak akan membicarakan tentang Raja Dangdut segala jaman tersebut….saya akan menceritakan yang lain, yang lebih menarik dan lebih menyenangkan.

Are you ready, kids ????

I can’t hear youuuuuuuu……

Who lives in the pineapple under the sea ?

Ya, ya, ya….siapa lagi kalau bukan mahluk berbentuk kotak berwarna kuning, dengan celana berbentuk kotak, berwarna coklat berbaju putih (melorot) dengan secuil dasi. Mahluk  yang tinggal di sebuah kota kecil bernama Bikini Bottom di bawah laut, dalam sebuah rumah “mewah” berbentuk nanas.

temanbegadang01

Rumah Patrick, Squidward dan Spongebob, di dasar laut

Spongebob Squarepants namanya. Spongebob adalah idola saya. Teman saya begadang hampir tiap malam, di samping beberapa film kartun dewasa (seperti Family Guy, Cleveland Show, American Dad dan Simpson) dan beberapa film detektif Amerika (seperti CSI all series, Dexter, NCIS, Mentalist, Law and Order CI, Criminal Minds dan Cold Case). Namun diantara semua tontonan itu, Spongebob termasuk yang menjadi favorit saya.

temanbegadang02

Spongebob yang penuh semangat dan segala bentuk ekspresinya

Spongebob adalah sebuah karakter yang luar biasa, menurut saya. Tidak pernah benar-benar sedih, selalu ada untuk menghibur dan memberikan semangat pada siapa pun. Tetapi juga kadang-kadang menjadi sangat mengganggu dengan segala tingkah dan kejahilannya. Terutama bagi salah satu sahabatnya, Squidward.

Spongebob adalah mahluk yang pantang menyerah. Penuh harapan baik dan selalu berpikir positif, apa pun yang terjadi. Mencintai pekerjaannya sebagai tukang masak di restaurant Krusty Krab. Dan menjadikan pekerjaannya sebagai sesuatu yang sangat menyenangkan. Saya sungguh iri pada Spongebob yang tidak pernah mengeluh meskipun kadang dicurangi Mr. Krab dengan tidak diberikan gajinya.

Sahabat-sahabat Spongebob juga mahluk-mahluk yang sangat beragam dengan segala karakternya. Squidward Tentacles, si cumi-cumi berwarna biru keabu-abuan, dengan ke delapan tentakelnya. Adalah kebalikan dari karakter Spongebob. Squidward lebih sering mengeluh, marah-marah dan bersungut-sungut, terutama jika Spongebob berbuat ulah yang menurutnya sangat menganggu. Squidward selalu ingin bersikap anggun dan elegan. Cita-citanya sangat mulia, menjadi pemain clarinet tingkat dunia, namun apa daya, setiap kali berlatih, Spongebob akan selalu mengacaukannya tanpa rasa bersalah. Jika Spongebob sangat mencintai pekerjaannya, maka Squidward sangat tidak menyukai pekerjaannya sebagai kasir di restaurant Krusty Krab. Dia lebih suka menghabiskan waktunya dengan membaca koran di balik meja kasir sambil sesekali ngedumel. Meskipun demikian, Squidward dan Spongebob berkawan sangat baik.

temanbegadang03

Squidward dengan klarinet kesayangannya

Lain Squidward, lain pula Patrick Star. Mahluk berwarna pink ini adalah bintang laut yang menjadi sahabat karib Spongebob. Karakternya adalah lugu, bodoh tapi kadang-kadang punya ide cemerlang. Meskipun terkadang egois, namun Patrick sangat baik hati. Hobi utamanya adalah makan apa saja, bahkan terkesan rakus. Patrick tidak bekerja di Krusty Krab ataupun di mana saja. Tinggalnya di bawah batu besar dengan segala perabotan yang terbuat dari pasir, termasuk tivi dan kulkasnya. Kerjaannya tiap hari hanya bersenang-senang dan makan. Sungguh hidup ideal.

Meskipun Patrick termasuk dalam katagori “mental setback”, namun dia selalu merasa dirinya sangat pintar.

temanbegadang04

Si lugu yang doyan makan, Patrick Star, soulmate-nya Spongebob

Mr. Krab ! Mr. Eugene Krab adalah pemilik restaurant Krusty Krab tempat Spongebob dan Squidward bekerja. Mr. Krab sangat pelit dan mendewakan uang. Baginya uang satu sen pun sangat berharga. Restaurannya menjual menu utama berupa sejenis burger yang terkenal dengan nama Krabby Patty yang sangat lezat hasil olahan Spongebob. Resep rahasianya disimpan dalam botol disuatu tempat yang sangat rahasia. Hanya Mr. Krab dan Spongebob yang tahu. Resep ini sangat diincar oleh pemilik restaurant saingan beratnya, Chum Bucket milik mahluk mini berwarna hijau bernama Plankton.

temanbegadang05

Resto Krusty Krab dan Krabby Patty yang terkenal hasil olahan Spongebob

 

temanbegadang06

Mr. Krab yang sangat kaya tapi selalu merasa uangnya tidak pernah cukup

Mr. Krab memilik seorang anak perempuan yang berbentuk ikan paus besar tapi manis dan cerewet, bernama Pearl Krabs. Ikan paus yang satu ini sangat dimanjakan bapaknya. Entah siapa ibunya. Pearl yang manja adalah salah satu teman pesta Spongebob. Sebagai anak perempuan yang punya ayah miliader, Pearl selalu memakai baju dan perhiasan yang bagus, meskipun Mr. Krab sangat pelit, namun seringkali tidak tahan mendengar rengekan Pearl, anak kesanyangan semata wayangnya. Mr. Krab sangat takut pada ibunya yang galak dan “cool”.

temanbegadang07

Siapakah ibu dari Pearl ? dan Pearl yang hobinya berpesta

Tadi saya menyebut nama Plankton. Nama panjangnya adalah Sheldon Plankton. Mahluk ini, sebagaimana namanya, adalah seekor (?) plankton. Bentuknya sangat kecil seperti kacang hijau dengan satu mata bulat besar memenuhi seluruh tubuhnya. Pemilik restaurant Chum Bucket yang tidak selaris Krusty Krab. Cita-cita utamanya adalah mencuri resep rahasia Krabby Patty. Rencana ini selalu didukung oleh istri setianya yang bernama Karen, yang berupa sebuah komputer/ PC. Sayang sekali usahanya selalu gagal, namun demikian Plankton tidak pernah sekalipun menyerah.

temanbegadang08

Plankton dan istri tercintanya, Karen, yang bersemangat mencuri resep rahasia Krabby Pattty dari Krusty Krab

Selain itu, Spongebob punya peliharaan yang bernama Gary. Seekor keong atau bekicot (snail) dengan rumahnya yang berwarna pink. Gary adalah hewan peliharaan Spongebob yang memiliki karakter seperti seekor kucing. Kadang nakal tapi ngangeni. Jika ngambek, Gary akan melarikan diri atau mogok makan. Gary hampir tidak pernah bicara, dia hanya mengeong seperti kucing. Tapi sekali dia bicara dalam sebuah episode, karakter suaranya seperti seorang pustakawan dengan aksen Inggris yang kental (dalam episode “Sleepy Time” Gary bicara dalam mimpi Sponegebob).

temanbegadang09

Gary, “kucing” yang bekicot, kesayangan Spongebob

Satu mahluk darat yang menjadi sahabat Spongebob adalah Sandy Cheeks. Seekor tupai cewek. Inilah hebatnya Spongebob, bahkan seekor tupai pun menjadi sahabat karibnya. Sandy juga tinggal di bawah laut dengan rumah yang dilindungi oleh kaca besar untuk mencegah air laut masuk. Jika Spongebob berkunjung, ia harus mengenakan helm yang berisi air, mirip dengan pakaian selam yang sebenarnya baju astrounut yang harus dipakai Sandy jika ia keluar rumah. Sandy adalah karakter cewek tomboy, jago berkelahi, sangat tegas dan berani. Seringkali meyelamatkan Spongebob dari marabahaya. Entah bagaimana asala muasalnya Sandy sampai tersesat di dasar laut dan menjadi kerasan. Sandy adalah ilmuwan dari Texas yang pernah berkunjung ke bulan. Sandy adalah gambaran dari cewek masa kini yang meskipun tomboy dan sering berkelahi hanya karena tidak sabaran, tetapi selalu mengenakan bikini ungu dan tak pernah lupa menyelipkan bunga warna pink di telinganya. Di rumahnya terdapat laboraturium tempat ia menciptakan segala macam hal. Namun begitu rumahnya pun terlihat asri dengan taman bunga dan terkesan feminin.

temanbegadang10

Sandy, si tupai yang meskipun tomboy tapi selalu menyematkan bunga di telinganya, bahkan ketika sedang memakai baju selam

Spongebob juga bersekolah, kadang-kadang. Satu-satunya guru di Bikini Bottom adalah Mrs. Puff. Seekor ikan gelembung, yang jika marah akan menggelembungkan tubuhnya. Selain guru sekolah, Mrs. Puff juga guru sekolah menyetir. Guru yang satu ini sangat manis, mudah terharu namun juga cukup galak.

temanbegadang11

Mrs. Puff, guru yang baik hati tapi sangat mudah terkejut

Seperti anak-anak yang lain, Spongebob juga punya tokoh pahlawan super hero yang sangat dipujanya. Pasangan pahlawan bernama Barnacle Boy dan Mermaid Man ini bagaikan Batman dan Robin. Spongebob memujanya. Meskipun sebenarnya mereka tak lebih dari pasangan yang sudah tua dan tidak seperti dulu lagi. Mermaid Man bahkan terlihat seringkali mengenakan sandal rumah seperti para manula. Namun semangat kepahlawanannya tak pernah pudar sedikitpun. Kendaraan mereka berupa invisible mobil, atau mobil yang tidak tampak, sehingga kadangkala Barnacle Boy hangus terkena semburan api jetnya saat sedang mencari kendaraannya untuk membasmi kejahatan.

temanbegadang12

Barnacle Boy dan Mermaid Man, Batman dan Robin versi Bikini Bottom, pahlawan pujaan Sopngebob

Selain karakter-karakter tersebut, masih banyak lagi karakter dan tokoh-tokoh lainnya. Semuanya para penghuni dasar laut.

temanbegadang13

Potret “keluarga” Spongebob

Karakter-karakter dalam film Spongebob sangatlah manusiawi, lumrah dan tidak terlalu mengada-ada. Tokoh utama, meskipun baik hati, freindly, penuh semangat dan ceria, namun juga nakal dan sering menganggu. Spongebob sebagai tokoh utama bukanlah sosok yang sangat ideal seperti tokoh-tokoh protagonis pada film-film/sinetron Indonesia. Spongebob mempunya daya imaginasi yang sangat luas dan kadang-kadang tidak terduga. Seperti pada episode di mana Spongebob dan Patrick masuk ke dalam sebuah kotak kardus. Dalam kotak tersebut, kedua sahabat mempunyai imajinasi dan impian yang sangat bermacam-macam.

Kotak tersebut bisa menjadi pesawat luar angkasa, mall yang besar, padang rumput tempat mereka bisa berburu menangkap ubur-ubur seperti layaknya menangkap kupu-kupu, bahkan juga bisa berubah menjadi sebuah laboratorium kimia yang kemudian diubah oleh Patrick menjadi laboratorium yang menghasilkan berbagai macam makanan hasil eksperimen. Tingkah laku ini pada awalnya sangat mengganggu keasyikan Squidward yang sedang menikmati liburannya dengan segelas juice buah dan berjemur di halaman rumahnya. Namun ketika Squidward berhasil dibujuk masuk ke dalam kotak, dia tidak bisa menemukan apa pun selain kotak kardus. Karena daya imajinasinya tidak berkembang seperti Spongebob dan Patrick.

Itu hanya salah satu contoh yang menggambarkan betapa luasnya daya khayal kanak-kanak. Spongebob adalah tokoh yang tidak punya usia. Dia adalah “seorang” dewasa yang bekerja, namun juga kadang-kadang bertingkah laku seperti kanak-kanak yang jahil dan bergembira dengan aktifitasnya di luar pekerjaan. Spongebob bukan tokoh dewasa, tapi juga bukan tokoh anak-anak.

Spongebob diciptakan oleh seorang animator Amerika bernama Stephen Hillenburg. Nama awalnya adalah Spongeboy. Tapi karena nama ini sudah pernah ada, maka kemudian diganti menjadi Spongebob dengan nama keluarga Squarepants, mengacu pada bentuk pakaiannya. Pemberian nama Sponge untuk membedakan dengan tokoh pada film Cheese Man, karena bentuk dan warnanya yang mirip.

Pilot episode Spongebob pertama kali mengudara di Stasiun Nickelodeon pada tanggal 1 Mei 1999 dengan episode pertama yang berjudul “Help Wanted”, “Reef Blower” dan “Tea at The Treedome”, menyusul di dapatkannya Nickelodeon Kid’s Choice Award. Namun resminya, seri pertama disiarkan pada tanggal 17 Juli 1999 dengan episode kedua yang berjudul “Bubblestand/Ripped Pants”. Sejak dari penyiaran pertama hingga peringatan 10 tahunnya, pada tanggal 17 Juli 2009, Spongebob telah mengudara sebanyak 334 episode, mengalahkan serial Rugrats yang sebelumnya sangat terkenal di Amerika. Spongebob bahkan kemudian juga diputar di teater/bisokop, pertama kali pada tanggal 19 November 2004.

temanbegadang14

Pusat kota Bikini Bottom

Spongebob dan kawan-kawan tinggal di dasar laut yang bernama Bikini Bottom yang berlokasi di Lautan Pasifik. Lokasi aslinya adalah Bikini Atoll. Oleh Stephen Hillenburg, Bikini Atoll diubah menjadi Bikini Bottom dengan setting berdasarkan pada kenyataan kota Seattle. Kendaraan yang digunakan adalah “boatmobiles” sedangkan bis kotanya adalah campuran dari bis dan kapal selam yang berwarna merah.

Bikini Bottom adalah pusat kota yang berada diantara Dead Eye Gulch dan Bikini Gulch. Kota ini memiliki populasi sekitar 2 juta penghuni, namun secara keseluruhan, termasuk lapangan Jelly Fish, jumlah populasinya adalah 4 juta dengan variasi penghuni yang beragam sesuai dengan cerita setiap episode. Kota ini memiliki ekonomi yang sangat stabil. Memiliki pusat pemerintahan, kantor pengadilan, kantor pengacara, kantor polisi, stadion, taman hiburan dan beberapa tempat hiburan lainnya, termasuk bar, cafe, restaurant (Krusty Krabb dan Chum Bucket), rumah sakit, bank dan lain sebagainya. Sangat lengkap.

Telah disebutkan bahwa Spongebob diciptakan oleh seorang animator Amerika bernama Stephen Hillenberg. Dia menemukan tokoh Spongebob Squarepants pada tahun 1984 ketika sedang mengajar dan belajar ilmu biologi kelautan di Orange County Ocean Institute. Dalam waktu tersebut Stephen tertarik pada animasi dan mulai menulis sebuah buku komik yang berjudul “Intertidal Zone” yang menceritakan berbagai macam jenis mahluk laut, termasuk Bob the Sponge yang kemudian mengilhami sejumlah tokoh-tokoh dan karakter di film Spongebob Squarepants. Bob The Sponge adalah tokoh kedua dalam komik Stephen yang muncul sebagai spons laut. Berbeda dengan Spongebob yang merupakan spons dapur dan merupakan tokoh utama.

Stephen Hillenberg mendapat gelar Master of Arts di  California Insitute of the Arts dengan tesisnya tentang eksperimental animasi.

Dalam film kartunnya, yang memberikan suara untuk Spongebob adalah Tom Kenny.

Spongebob mendapat banyak sekali penghargaan selama penyiarannya. Sebanyak 29 kali kemenangan dan 33 kali nominasi berhasil diraih dalam berbagai penghargaan antara tahun 2000 hingga 2012, diantaranya adalah dari Emmy Award, Golden Reel Award, Annie Award, Kid’s Choice Award, bahkan juga dari Philipines dan Indonesia Kid’s Award, serta beberapa penghargaan yang lain.

Film Spongebob tidak saja sebagai film hiburan untuk anak-anak, namun juga merupakan kritik sosial dan sindiran-sindiran terhadap kehidupan manusia pada umumnya. Bahkan juga sindiran terhadap pemerintahan. Banyak ulasan yang menyebutkan bahwa Spongebob adalah gay, karena tidak memiliki pacar. Pearl Krabs dan Sandy Cheeks kadang-kadang dianggap sebagai pacar, terutama Sandy Cheeks, namun ternyata tidak juga. Mereka adalah sahabat-sahabat yang baik dan saling menyayangi satu sama lain. Spongebob dianggap gay karena kedekatannya pada Patrick Star. Hal ini tentu saja dibantah oleh banyak penggemar Spongebob.

Yang jelas bagi saya, film ini banyak memberikan semangat, selain menghibur. Pantang menyerah, selalu gembira, bersyukur atas apapun. Dan berusaha membuat orang lain gembira.

temanbegadang15

Enjoy the life as well……..

 

13 Comments to "Teman Begadang"

  1. Dj. 813  4 January, 2013 at 21:53

    EQ…
    Terimakasih, diingatkan saat kami makan sarapan bersama boss di sawah.
    Dia buka tas isi sangunya untuk sarapan.
    Yang keluar tempat makanan dari kaleng berbentuk Spongebob.
    Kami ada yang senyum dan ada juga yang cekikikan.
    tapi boss kami tenang dan saat ada yang tanya, kok seperti mau ke T.K.
    Dia jawab dengan tenang, ini hadiah dari putrinya dan dia bangga, bahwa putrinya sudah bisa menghadiahi ayahnya.
    Apapun bentuk hadiahnya, tapi yang jelas, bentuk perhatiannya.
    Ooooo… kami berempat jadi melongo….
    Dj. sendiri tidak paham dengan figur-figur ini, hanya kelihatan luxu, lain tidak.

    Salam manis dari Mainz.

  2. Kornelya  4 January, 2013 at 21:46

    Nyai, anakku kalau kerja PR atau praktek musik dirumah harus diingatkan berkali-kali, tetapi jadwal hari dan jam Sponge Bob Square pants ditayangkan diingatnya. Karena kebijakanku 1 rumah 1 TV, mau tak mau aku dan suamiku ikut menikmati si Cindy nan genit dan Patrick yg selalu lapar. Salam Crab.

  3. juwandi ahmad  4 January, 2013 at 21:45

    he he he,,,unik. sampai segitunya, analisnya. Unik..unikk….sayange, aku gak ngerti babar blas tentang Spongebob

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.