Kehrwoche

Hennie Triana Oberst

 

Ketika memasuki pintu utama bangunan apartemen di tempat ibu mertuaku selama ini tinggal aku lihat wanita separuh baya yang sedang mengepel tangga menuju ke lantai bawah, ia mengangguk sambil tersenyum padaku.  Wanita ini sedang menjalankan tugas gilirannya (yang dikenal dengan istilah Kehrwoche). Untungnya hari ini jalanan kering sehingga tak terlalu mengotori lantai yang telah dibersihkannya dengan jejak sepatuku. Pada musim dingin dan bersalju seperti ini biasanya lantai kelihatan lebih kotor karena sisa salju yang menempel di sepatu.

Kehrwoche, yang berasal dari kata „kehren = menyapu/membersihkan“ dan kata „Woche=minggu“ adalah tugas bergilir membersihkan bagian luar tempat tinggal yang wajib dilakukan bagi penghuni apartemen/flat (Wohnung) dalam satu gedung di mana mereka berdiam. Tugas yang kesepakatannya tertulis antara pemilik dan penyewa apartemen ini biasanya meliputi kebersihan tangga dan lantai di lorong apartemen dari lantai bawah sampai atas gedung. Pembagian tugas bergilir tersebut berbeda-beda bagi tiap gedung. Ada juga kesepakatan antar warga yang mempercayakan tugas ini pada pengelola kebersihan profesional dan menanggung bersama biayanya.

Pekerjaan bertambah pada musim dingin dengan membersihkan salju di jalan masuk menuju gedung dan trotoar di depan apartemen. Tidak hanya para penghuni apartemen, bagi keluarga yang menempati rumah tinggal juga tugas membersihkan salju wajib dilakukan. Karena semua warga bertanggung jawab atas keselamatan tamu ataupun petugas kurir yang datang dan melintasi halaman rumah kita.

darren-kehrwoche

(Bagi yang mendapat giliran biasanya plang kecil seperti contoh gambar di atas tergantung di dinding dekat pintu apartemen)

Tradisi Kehrwoche di Jerman ini seperti yang aku tahu hanya berlaku di daerah Swabia (Schwabenland) yang termasuk state/Bundesland Baden-Württemberg di mana aku tinggal, sedangkan di state lainnya aturan ini tidak berlaku (jika salah mohon dikoreksi).  Tugas bergilir yang maksudnya baik ini meski kadang tidak menyenangkan tapi wajib dilakukan. Jadi bisa dibayangkan tak nyamannya jika ada sebahagian penghuni gedung yang tidak menjalankan tugas yang telah disepakati bersama ini.

Karena aku tinggalnya di pinggiran kota alias “Tübingen coret” maka banyak dijumpai orang-orang di sekitar lingkunganku yang juga rajin membersihkan trotoar dan sekeliling rumahnya dari daun-daun yang gugur ataupun sampah yang tak sengaja terbuang lainnya.

Dulunya kebiasaan seperti ini juga populer di lingkungan rumahku ketika tinggal di Medan, tradisi gotong royong yang disepakati masyarakat sekitar, tanpa ada peraturan tertulis tapi dengan senang hati dilakukan. Membersihkan gang, parit dan pinggiran jalan dari sampah. Sayangnya kebiasaan ini sudah tak ada lagi aku temukan di sana, masing-masing telah sibuk dan tak memiliki waktu lagi untuk kebersamaan tersebut. Sehingga lingkungan di sekitar sana terlihat lebih kotor dan tak terawat. Padahal katanya “Bersih pangkal Sehat”.

 

Salam bersih-bersih.

19-01-2013, Tü-De

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

34 Comments to "Kehrwoche"

  1. Hennie Triana Oberst  26 January, 2013 at 02:57

    Mawar kabarku baik, terima kasih. Dirimu jugakan?
    Salju sudah mulai menghilang, tapi halaman rumahku masih putih, cuma saljunya tipis. Kolam di depan rumah airnya juga masih beku, ikan-ikannya masih sembunyi di bawah.
    Hari ini dinginnnn banget, nggak nyaman banget jalan-jalan di luar. Mudah-mudahan cepet menghangat hehehe….
    Salam hangat.

  2. Hennie Triana Oberst  26 January, 2013 at 02:39

    Anoew coba diulang dan dikenang-kenang masa sekolah ya..

    Lani hahaha…aku duduk manis nungguin cerita Anoew.

  3. Mawar09  26 January, 2013 at 00:43

    Hennie : pa kabar? kalau tinggal di pinggiran kota memang harus bersihin halaman dari daun dan salju. Dikotapun penghuni harus membersihkan salju di sidewalk depan rumah mereka, kalau tidak dibersihkan akan di denda……..yg paling apes kalau sampai ada yg jatuh/terpleset disitu, bisa di perkarakan. Banyak salju kah ditempatmu, tempat kami hari ini turun salju banyak, tapi suhu sedikit lebih tinggal dibandingkan hari-hari yg lalu, bayangkan saja setiap malam cuma 2 – 3F dan wind chill nya bisa sampai -10F kadang bisa sampai -15F jadi malas keluar rumah bila ngga perlu banget. Kabarnya hari Senin nanti suhu akan naik, tapi bersalju. Salam!

  4. Lani  25 January, 2013 at 23:02

    HENNIE : marilah kita tunggu crita kang Anuuuuuuuu…………makan paha hahaha

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *