Pisang Coklat

Meitasari S

 

Halo semua Baltyrans!

 

Kali ini aku mau memberi resep ku yang kedua setelah SWIKEE AYAM yang menimbulkan protes banyak orang hahahahaha!!!!!

SWIKEE AYAM juga jadi salah satu suguhan para Kenthir di Padepokan SUPLAK kemarin tanggal 13.01.13. Tetapi, ternyata swikee masakanku kalah pamor dengan masakan suamiku : Sup Kimlo dan udang goreng. Tapi aku punya resep yang lain : PISCOK alias pisang coklat.

Kalau masakanku yang ini, ternyata cukup digemari. Walaupun butuh ketelatenan dan waktu serta gembrobyos membuatnya, PISCOK juga harus dimasak dengan penuh perjuangan.  Siap-siap tangannya kepanasan. Tetapi aku selalu membuatnya dengan suka cita. Aku puas sekali kalau membuat PISCOK ini, membayangkan mereka menikmati mesis yang meleleh…… hmmmm yummy! Bambang Priantono, habis banyak. Apalagi anaknya BUDUS. Mastok dan Iyem pun juga cemal cemil terus tuh. Nyi EQ juga sempat memuji, enak lho kayak bikinan toko roti. Yang lainnya gak ketahuan, kalau ada yang masukin tas….wkwkwk. Hahahaha…. Puji aja sendiri. Lha wis aku masak gak pernah ada yang muji je.

Oh ya PISCOK ini juga menjadi oleh2 favorit anak perempuanku dulu kalau dia balik asrama. Juga kalau dia pulang ke kos-kosan. Hahahaha…… baiklah ini dia resepnya :

Note : 1 Resep bisa jadi sekitar 40 buah piscok.

pisangcoklat (1)

pisangcoklat (2)

pisangcoklat (3)

Bahan :

–          Tepung terigu 250 gr

–          Telur ayam 4 butir

–          Tepung beras 3 sendok makan

–          Gula menurut selera. Biasanya kalau aku 200 gr

–          Pisang raja yang sudah dalu atau sangat matang tapi belum busuk. Biasanya untuk mendapatkan rasa yang maknyos aku beli 3 hari sebelumnya dan cari yang sangat tua.

–          Mesis 250 gr

–          Susu cair atau yg dicairkan 1 gelas (airnya hangat ya)

–          Mertega 1 atau 2 sendok di cairkan

–          Pewarna makanan cair yang dark chocolate

 

Cara masak:

–          Kukus pisang terlebih dahulu

pisangcoklat (4)

–          Cairkan mentega dan diamkan hingga dingin

–          Siapkan telur dan gula. Mixerlah sampai berwarna putih kecoklatan dan mengembang

–          Jika dirasa cukup masukkan terigu yang sudah dicampur dengan tepung beras, sesendok demi sesendok

–          Masukkan susu cair sedikit demi sedikit

–          Masukkan mertega cair

–          Masukkan pewarna coklat sesuai selera

pisangcoklat (5)

Adonan kulit PISCOK siap.

Sementara itu pisang tetap dikukus dengan api kecil agar terjaga panasnya. Ini dimaksudkan agar saat digulung bersama mesis dengan kulit PISCOK, mesisnya akan meleleh hmmmmmmmmmmmmmmm…

–          Setelah adonan siap, siapkan penggorengan kecil seukuran dadar gulung. Olesi dengan mertega. Agar tidak lengket

–          Jika sudah masak angkat dadaran PISCOK ini dan gulung pisang ditengah dan taburi mesis. Bagi yang suka keju, silahkan ditambahkan. Ini akan menambah sensasi piscok.

–          PISCOK siap disajikan.

pisangcoklat (6) pisangcoklat (7)

pisangcoklat (8)

(Kalau foto ini sih di unduh dari Mbah Google, supaya yang membaca mengira Meita kok pinter dan rajin sekali ya menggulungnya..xixixixi…)

Oh ya, PISCOK harus digulung langsung saat panas-panas kalau mau mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi jika sibuk, ya tak apalah….. Memang cukup ribet, tapi hasilnya…..LEKERRRRRRRRRRR !!!!!

pisangcoklat (9)

Selamat mencoba !!!!

 

About Meitasari S

Seorang istri dan ibu pekerja yang karena pilihan kehidupan, menahkodai keluarganya paralel dengan suaminya yang satu di Jakarta dan satu lagi di Semarang. Jiwa sosialnya yang tinggi, membuatnya terlibat juga dalam kepengurusan salah satu sekolah asrama di Jawa Tengah dan juga dalam lembaga sosial Anak-anak Terang yang mendanai anak-anak kurang mampu untuk menempuh pendidikan yang lebih baik.

My Facebook Arsip Artikel

62 Comments to "Pisang Coklat"

  1. chalim farihah  14 September, 2013 at 19:58

    wahh resep baru, selama ini setahuku piscok itu di goreng layaknya resoles.. ternyata ada yang unik di sini.. hmmm pasti lbih enak.. cobain dulu ahhhh

  2. Nur Mberok  3 July, 2013 at 15:57

    Hai Phie wah artikel lama masih dilihat juga…. hahahha…

    Bener enak banget aku juga ketagihan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.