komposisi

Ana Mustamin

 

: ludwig van beethoven

 

Komposisi (1)

seperti simfoni nomor sembilan, komposisi itu tak selesai-selesai kau tulis. bahkan untuk sebuah prelude. siapa menyelinap ke balik dinding konservatorium, hingga mencuri salah satu nada yang kau mainkan? sedang dia memilih termangu di heurigen, membayangkan kepalanya yang penuh tetabuhan, terperas bersama anggur ke dalam gelas.

di sini awan berwarna gading. angin telah lama lolos dari perangkap desau. tembok-tembok yang menggurat kelam, gagal mengingatkanmu pada nada D minor atau mayor. pohon-pohon chestnut berbaris rapi, memamerkan bunganya yang putih. tersenyum pada sepasang tungkai yang sepakat sembunyikan kaki di bawah bangku taman. mungkinkah ia datang dari barat, bersama kereta yang tiba sore ini? sedang dia tak peduli, apakah ia membawa rindu atau dendam.

ini cawan anggur ketujuh. dan engkau masih saja berdebat tentang harmoni dan tempo:  allegro, allegretto vivace, adagio, presto. tapi adakah bedanya, ketika untuk sebuah requiem pun, dia menjelma tuli?

Jkt, 26052012

 

komposisi

 

Komposisi (2)

bulan setengah bayang. dan sebuah sonata. apa yang membuat kita terjaga dari lelap yang tak pernah tidur? di sini aku meronce jaring untuk memerangkap bulan. sementara engkau menyusun komposisi yang tak mungkin kau mainkan.

malam alangkah panjang. di kanal-kanal kesunyian, mengalir ratap. dan aku menjadi angin, yang memagut layar yang berlintasan. mungkin bulan akan hinggap di setiap kapal, mengabarkan pedih. lalu berenang di permukaan air tanpa kecipak. tapi sonata itu akan terus berdenting. dengan nada dan ritme yang tak pernah bisa kau temukan dalam sebuah gubahan.

bulan dan sonata. selembar jubah dan tukang tenung. tapi engkau ngotot menyebutnya serenata. dan aku menandainya sebagai kenangan perak yang terkurung dalam toples. berabad-abad seperti itu. sampai usia mewariskan lunar pada anak-cucu kita.

Jkt, 30052012

 

4 Comments to "komposisi"

  1. EA.Inakawa  19 February, 2013 at 07:49

    kang Anoew : ….ini puisi dalam cerpen disebut ” KOMPOSISI ” , gitu lho kang, ora bingung yo…..peace

  2. Anoew  19 February, 2013 at 00:14

    bingung juga, tapi coba memahami meski, masih bingung

  3. fikrul  17 February, 2013 at 19:55

    Hmm….agak bingung… >.<

  4. James  17 February, 2013 at 09:45

    SATOE Komposisi

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.