Cerita dari Mainz Lagi – Karnaval

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa ini…Mudah-mudahan anda semua sehat dan belum bosan dengan oret-etan Dj., tapi kalau sudah bosan yang silahkan dilewati saja. Tidak sulit kok, tanya saja sama yang sudah melewati…. hahahahahahaha….!!! (Jokes).

Nah seperti tahun lalu, 2 tahun yang lalu, atau bahkan 3 tahun lalu… maka kali ini Dj. ingin pamer photo-photo Karnaval di Mainz yang Dj. ambil di hari Senin lalu, saat Karnaval di Mainz atau dengan nama “Rosenmontagszug”. Dimana setiap tahun, selalu ada Karnaval yang cukup besar di Jerman yang diwakili oleh 3 kota, yaitu Köln, Mainz dan Düsseldorf.

Hebatnya, walau Mainz kota kecil saja, tapi untuk merayakan karnaval ini, menjadi favorit di Jerman, bersama dua kota Köln dan Düsseldorf. Bagaimana dengan kota-kota yang besar seperti Berlin, Hamburg, München dan yang lainnya…??? Jelas, mereka juga merayakan pesta karnaval ini, hanya tidak sebesar di Köln, Dusseldorf atau di Mainz.

Mengapa Mainz bisa termasuk dari 3 kota ini…??? Nah “mungkin” karena masyarakat (penduduk) di Mainz, adalah orang-orang yang hidupnya penuh dengan humor dan selalu relax dan selalu bergembira….Olehnya ada satu slogan di Mainz yang selalu dikumandangkan… MAINZ BLEIBT MAINZ WIE ES SING UND LACHT . . . ! ! ! (Mainz tetap Mainz, bagaimana mereka bernyanyi dan tertawa atau bersorak)

Hari karnaval di Mainz juga dinamakan “ROSENMONTAG“ Karnaval selama tiga hari besar, bahkan 4 malam dimana mereka merayakan dengan suka cita, bagaikan orang yang berlebihan, atau mungkin untuk orang lain bisa dibilang bodoh atau gila.

Karena saat saat itu, mereka hanya bersukaria saja dan tidak memikirkan yang macam-macam. Saat-saat pesta ini, tidak hanya dirayakan di jalanan, tapi sebelum dan sesudahnya, mareka juga rayakan di gedung dan juga tenda-tenda besar…. Jadi dalam beberapa hari itu, mereka hanya berpesta ria…

Jelas, hampir semua jalan di Mainz ditutup, hanya untuk jalan Karnaval. Bahkan Club sepak bolanya, Mainz 05 saat terpuruk pun, selalu bergembira dan mereka masih bisa berkata, kami orang Mainz yang tetap suka menyanyi dan tertawa…Karena mereka selalu berkata, Wir sind Narren Club (Kata Narren, mungkin bisa diartikan sebagai Badut).

Nah itulah Mainz dan penduduk di kota Mainz yang suka jadi badut / humor. Di saat itu, orang yang tidak dikenalpun, bisa seperti saudara, saling bertegor sapa dengan kata sapaan…HEELAUUUU…… !!! HEELLAAAAU…..!!! HEELLAAAAU….!!!!

carnaval01

Nah ya, seperti dimana-mana, Carnaval tidak banyak bedanya, selalu memamerkan yang indah-indah…Terutama kalau anda melihat Carnaval di Brazilia, sudah sangat terkenal dengan tarian Sambanya dan karnavall yang sangat mewah. Tapi mungin ada sedikit bedanya dengan Carnaval di Mainz, atau Jerman pada umumnya.

Carnaval di Mainz atau Jerman, bisa Dj. bagi dua, satu mereka yang jalan kaki atau dengan kendaraan yang lewat di tengah jalan dan mereka yang menonton di pinggir jalan. (benar…???). Apa anehnya dengan penonton yang ada di pinggir jalan…??? Nah ini dia, kalau di Jerman atau di Mainz, penontonpun turut merayakannya dan bahkan mereka berpakaian dengan pakaian yang aneh-aneh…. Yang jelas, mereka semua turut bergembira dan berteriak HEEELLLLAAAAAUUUU….!!! 3X

Nah ini photo-photo yang Dj. ambil, mereka yang hanya sebagai penonton saja dan juga ingin ditonton, oleh sesamanya. Kali ini bukan mereka yang lewat dijalan dengan jalan kaki atau kendaraan….Anak-anak kecil yang juga tidak mau ketinggalan…

carnaval02

carnaval03

carnaval04

Seorang anak yang Dj. perhatikan, begitu sayangnya terhadap adiknya, dia membantu adiknya yang baru bangun dari tidur, denga penuh kasih sayang.

carnaval05

Dan ini anak-anak mudanya, walau temperatur saat itu anrata -3°C ampai +3°C , tapi tetap semangat. Di badannya ditulis… “ Hier könnte Ihre Werbung Stehen “ (di sini, reklame anda bisa dipasang) hahahaha….!!!

carnaval06

Yang di bawah ini, lebih memilih dengan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh.

carnaval07

carnaval08

carnaval09

carnaval10

carnaval11

carnaval12

carnaval13

carnaval14

carnaval15

Yang di bawah ini, mereka yang sudah sedikit senior. Photo-photo Dj. ambil sebelum Karnaval lewat.

carnaval16

carnaval17

carnaval18

carnaval19

carnaval20

carnaval21

carnaval22

carnaval23

Di saat Karnaval (Rosenmontag) maka semua orang ingin menjadi lain dari setiap harinya…“Mungkin”, yang dokter ingin jadi tukang sampah dan berpakaian seperti tukang sampah. Yang pilot ingin jadi badut, mereka akan berpakaian seperti badut. Jadi setiap orang bisa berpakaian apa saja yang mereka kehendaki, siapa tau saat kanak-kanak ingin jadi pemadam kebakaran, tapi ternyata tua jadi insinyur, jadi di hari itu semua orang bisa memuaskan hatinya…

Okay….

Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra dan anda semua yang selalu setia menayangkan dan menantikan oret-oretan Dj.

Semoga berkat an Kkasih TUHAN menyertai kita semuanya.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

carnaval24

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

102 Comments to "Cerita dari Mainz Lagi – Karnaval"

  1. Dj. 813  26 February, 2013 at 04:13

    Wong Semarang dan anda semua yang meninggalkan jempolnya…
    TERIMAKASIH . . . ! ! !

  2. Dj. 813  26 February, 2013 at 03:56

    Ibu Matahari….
    Selamat Malam dari Mainz….
    Mungkin yang ibu Matahari maksudkan adalah BRETZEL . . .
    Juga tidak suka, tapi bisa sih kalau harus…
    Maksudnya Dj. kadang belikan cucu itu Bretzel yang pakai garam.
    Kadang Dj.nyoba dikit.
    Susi sangat senang dengan Zuckerbretzel ( Bretzel yang dibubuhi gula.
    Nah kalau yang ini, Dj. sama sekali tidak makan.
    Karena Dj. tidak bisa pegang gula.
    Mungkin kedengarannya aneh, tapi memang begitu.
    Kalau ditawari makan coklatpun, pasti Dj. pegang dengan Tissue.
    Pernah bersama teman ngarit, diminta coba Berliner ( itu kueh yang berlumuran gula pasir ).
    Dj. pegang dengan tissue, mereka pada tertawa….
    Seperti juga kalau akan dipijet, biasanya masseur ( tukang pijet ) nya sering menggunakan minyak
    atau creame. Kalau terpaksa, ya okay, tapi setelah itu harus mandi.
    Mungkin Dj. orang yang aneh, tapi yaaaa… begitulah…

  3. matahari  26 February, 2013 at 03:38

    Pak Djoko…kalau tidak suka minum kopi…tapi suka makan Pretzel tidak?

  4. Dj. 813  26 February, 2013 at 01:59

    Hallo yu…
    Benar memang, harum sekali kalai mengirup aroma kopi,
    tapi ya hanya sekedar menghirup aromanya saja.
    Dulu saat di SMA, Dj. masih minum kopi, tapi itupun kalau kental, juga tidak Dj. minum.
    Kaka sepupu Dj., kalau Dj. main dirumahnya,selalu mengingatkan pembantunya.
    Kopi untuk pak Djoko. encer…. hahahahahahaha….!!!
    Asal sudah rasa kopi saja sudah cukup, tapi entah kok satu saat, karena lama tidak minum
    jadi tidak ada keinginan untuk minum kopi lagi.
    Seperti minggu lalu, saat beli durian, sudah maha dibeli, hanya makan 2 biji, lainnya malah dibuang.
    Karena sudah eneg,daripada muntah…. hahahahahahaha…!!!
    Dj. sudah bilang Susi, jangann beli lagi.
    Karena dia kalau belanja sendiri di Asia toko, suka cari yang aneh dan beli untuk Dj.

    Kami juga pernah diajak tetangga untuk wine testing, tapi kami berdua kemudian bilang.
    Tidak lagi, sekali saja, lebih dari cukup.
    Wine merah,masih suka Susi campur untukbikin saus untuk steak,lain tidak.
    Juga bier, sudah lama sekali tidak minum.
    Kalau ingin minum, ya susu coklat, sedikit dicampur sedikit Baileys.

    Wis pokok e,minum air saja…. hahahahahaha…!!!

  5. Lani  26 February, 2013 at 01:29

    MAS DJ : walah klu mas DJ ndak minum kopi tp kepincut mencium baunya………nah, klu aku ndak bs minum aneka minuman beralkohol tp seneng mencium baunya……….jd ingat ktk sering blusukan ke wine tasting, tiap saat suami mencicipi wines aku sll mencium baunya dl……….aneh tp nyata yo mas…………japri udah aku baca udah aku balas mas………..

  6. Dj. 813  26 February, 2013 at 00:59

    Yu Lani…
    Matur Nuwun yu…
    Sudah masuk dan suduah Dj. baca, bahkan sudah Dj. balas juga.
    Enaknya yu, sarapan dengan nasi goreng dan telur dadar…
    Lha kalau kopinya,Dj. tidak iri,karena memang Dj. tidak minum kopi.
    Tapi cium harumnya kopi, Dj. sangat senang.
    Tadi juga bikin kopi untuk Suusi, dia senang,kalau pulang ngarit, sudah ada kopi panas diatas meja.
    Malam ini, kami makan roti saja, karena males masak.
    Juga kami pikir tiidak sehat, makan malam panas atau 2X makan panas dalam 1 hari.
    Jadi makan roti denbgan macam-macam sosis…
    Jadi hari ini harus ngarit ya yu…

  7. Lani  26 February, 2013 at 00:39

    93 MAS DJ : wedewwwwwwww……..pie iki? njur kesasar nang endi? coba deh di cek lagi yo mas, jangan sampai kabel internetnya ke breg-an saljuuuuuuu hehehe……….baru aja selesai sarapan, simpel nasi goreng pakai telur dadar………sambil nyruput Kona kopi……….

  8. Dj. 813  26 February, 2013 at 00:11

    Sudah di cek dan belum ada yu….
    Apa kabar hari ini…???
    Semoga sehat selal ya…

  9. Dj. 813  26 February, 2013 at 00:10

    matahari Says:
    February 25th, 2013 at 23:22

    Pak Djoko…sudah pasti lebih tegang dari CSI dan lebih hebat…karena sutradara…producer..pemain utama…penulis skenario…cameraman…make-up artist semuaaa diperankan oleh satu orang…heheh just joking Pak…

    Ternyata benar dugaan saya..pak Djoko selamat terbang ke German…( belasan jam…. dalam kondisi jantung yang tidak sedang bagus ) karena ada guardian angels…malah 2 orang lagi…satu yang docent dan satu lagi pendeta yang kebetulan duduk disamping pak Djoko dipesawat…walau saya bukan seorang religius…ke gereja sangat amat jarang tapi saya percaya semua ini ADA YANG ATUR….

    “Dan teman Dj. yang di Jogya itu, kalau kami ngumpul, selalu cerita hal yang sama…
    Dia selalu bilang, kalau Dj. punya nyawa rangkap7… hahahahahaha…!!
    TUHAN mesih sayang sama Dj. dan keluarga Dj.”

    Pak Djoko ada nyawa rangkap 7 ? Mungkin satu waktu saya akan sewa 1 saja sebagai cadangan nyawa…hahahah
    ———————————————————————————————-

    Ibu Matahari….
    Dj. baca sambil senyum sendiri….
    Hahahahahahaha….. One man show ya….???
    Banyak pengalam hidup ini yang kadang perlu dibikin pilem….
    Tapi untuk Dj. cukup untuk cerita dengan sobat dan anak-cucu….
    Kadang kalau sarapan pagi, bukan Dj. yang cerita, tapi malah Susi yang cerita pengalaman Dj.
    Karena dulu, setiap mudik, dia selalu dapat cerita dari kaka-adik Dj. bagaimana kenakalan Dj.
    Sampai ada tetangga kami di Semarang berkata…. Kok kamu masih hidup…???
    Susi bertanya, apakah sudah keterlaluan…???
    Tapi Susi tau, karena selama pacaran dengan Susi juga 3X urusan dengan polisi di Mainz.
    Tapi paling hanya dapat denda uang saja.
    Bukan tindakan kreminal, tapi benar-benar sekedar kenakalan anak muda saja.
    Seperti, taruhan dengan teman-teman, berenang nyeberang sungai Rhein.
    Jelas itu sangat membehayakan lalulintas kapal dan juga bahaya untuk diri sendiri.
    Ingat dapat denda DM 300,- saat itu….
    Tapi Dj. tidak menyesal, karena jadi ada bahan cerita untuk anak-cucu…. hahahahaha….!!!
    Tapi karena kesabaran Susi, maka Dj. jadi berubah.

    Benar juga, seperti doa Dj. agar TUHAN kirim Malaikan untuk menjaga Dj. selama penerbangan ke Frankfurt.
    Puji TUHAN…!!!
    TUHAN kabulkan dan seorang teman pendeta Dia kirim, sehingga saat itu Dj. sangat yakin, kalau Dj. sampai
    di Frankfurt dengan selamat.
    Nah disitu iman Dj. yakin,kalau memang ada yang atur.

    Mengenai nyawa rangkap 7, itu kan cerita teman Dj. yang di Jogya.
    But Who Knows…??? Hahahahahaha….!!!
    Hanya Dia TUHAN dan Juru Selamat yang tau segalanya.

    Okay….
    Lain kesempatan Dj.ceritakan kenakalan Dj. yang lainnya….
    Salam manis dari Mainz.

  10. Lani  26 February, 2013 at 00:06

    89 MAS DJ : aku balas via japri………di cek yo mas……..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.