Norwegia

Mpek Dul

 

norway01 norway02

norway03

Siapa yang tidak mengenal bangsa the VIKING?  Hollywood pernah membuat film tentang bangsa ini. Bangsa Viking adalah kelompok penduduk yang berasal dari Norwegia selatan, Swedia dan Denmark.  Kali ini ingin bang Doel ajak kalian mengenal negara Norwegia.

Kerajaan Norwegia  adalah salah satu dari negara favorit saya di dunia. Tidak saja karena pemandangan alamnya yang masih murni, bersih dan indah, tetapi juga struktur negara sangat teratur dan penduduknya yang ramah dan mempunyai standar hidup yang sangat tinggi sekali dengan jaminan sosial untuk seluruh rakyat yang sangat tinggi sekali.

Norwegia, yang dikenal sebagai negara “Fjord” (Fyord) adalah salah satu dari negara-negara Scandinavia. Nama resminya Kongeriket Norge (Noreg) yang berarti Kerajaan Noor, terletak di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang menghadap ke Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents.

Luas wilayah sekitar 385.525 km² dengan penduduk sekitar 4.900.000 orang. Ibu kotanya adalah Oslo, sekaligus merupakan kota terbesar di Norwegia.

norway04

Nama Oslo juga dipakai sebagai nama propinsi dan kotapraja. Kota ini mempunyai penduduk sekitar 600.000 orang (menurut statistik 2012).

Mata uang resmi adalah Krone Norwegia (disingkat NOK).

Kepulauan Svalbard atau Spitsbergen terletak 565 km dari Norwegia dan mempunyai penduduk yang sekitar 4000 orang, dengan ibu kota Longyearbyen berdasarkan Traktat Svalbard berada di bawah Norwegia.

Kepulauan lain juga merupakan wilayah Norwegia adalah Jan Mayen dan Bouvet yang hanya dihuni oleh petugas dan pegawai dari dinas meterologi Norwegia. Pulau Bouvet sendiri terletak di Samudera Atlantik, dan hamper selalu ditutup salju.

Negara ini mempunyai kerendahan kepadatan penduduk kedua di Eropa karena luas wilayahnya yang besar dan jumlah penduduknya yang praktis sangat kecil.

Norwegia merupakan satu negara yang sangat kaya sekali karena memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Sekaligus juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah. Kekayaan ini dipakai untuk kesejahteraan penduduknya tanpa dibedakan ras dan sukunya. Lebih dari 110 macam bahasa  yang dikenal di sini, dibawa oleh para immigrant dari seluruh dunia.

Bahasa resmi yang dipakai adalah  bahasa  Noor, termasuk kelompok Noor – Germans yang erat sekali dengan bahasa dari Denmark dan Swedia. Pada umumnya penduduk dari ketiga negara ini dapat berbicara dalam bahasa mereka sendiri dan mereka saling mengerti. Hal ini dapat kita samakan seperti bahasa Melayu dan bahasa Indonesia.

Bahasa Noor sendiri terdiri dari dua versi, yaitu Bokmål (ejaan lama) berdasarkan bahasa Denmark – Noor dimana fonologinya dan disesuaikan ke bahasa Noor, dipakai oleh mayoritas  penduduk sedangkan Nynorsk adalah variasi modern yang diciptakan sekitar tahun 1950 an berdasarkan dari gabungan bahasa daerah dari barat Norwegia, dan dipakai oleh sekitar 15% dari penduduk, untuk dokumen resmi pemerintah, dalam bidang literature, kebudayaan.

Bahasa lain yang diakui dan dipakai oleh minoritas rakyat adalah Sámi. Bahasa ini adalah bagian dari kelompok rumpun bahasa Finoegris yang sangat tua sekali, berasal dari distrik Kárášjohka-Karasjok, Guovdageaidnu-Kautokeino, Unjárga-Nesseby, Porsanger, Deatnu-Tana dan  Gáivuotna-Kåfjord Norwegia di  Norwegia utara.

Itulah sebabnya Norwegia biasanya disebut Kongeriket Norge (Kerajaan Norwegia) dalam bahasa Bokmål, dan Kongeriket Noreg dalam bahasa Nynorsk.

Sistim pemerintahan  Monarki konstitusional dengan raja Harald V, menggunakan sistem pemerintahan parlementer yang sangat  demokratis sekali dan tidak mengenal perselisihan politik, meskipun mempunyai perbedaan ideologi karena  kesadaran rakyatnya yang begitu tinggi sekali sehingga membuat negara ini sangat stabil sekali.

Parlemen Norwegia disebut Stortinget, terbagi dua “kamar” legislasi, Odelsting dan Lagting. Jumlah anggautanya 169 orang (sejak 12 September 2005) yang dipilih untuk masa jabatan selama 4 tahun.

Kesadaran penduduknya begitu besar sekali sehingga korupsi juga hampir tidak dikenal, Selain itu GDP Negara ini tergolong tinggi sekali di dunia, sehingga kerakusan untuk mengisi kantong sendiri juga hampir nihil, meski tidak dapat disangkal, bahwa dimana manusia ada, di situ pasti ada orang yang rakus ……

Yang jelas korupsi adalah satu hal yang tabu, dan bukan satu kebudayaan yang mendarah daging…….. Kriminalitas yang sangat rendah sekali.

Menurut ranking IMF statistik terakir 2011, Norwegia termasuk 10 negara terkaya yang  menduduki tempat ke 4 sesudah Qatar – Luxemburg – Singapura dengan pendapatan sekitar US $ 53.000 setahunnya, disusul dengan Brunei – Hong Kong – A.S. – Uni Arab Emirat – Swiss dan Nederland.

Norwegia sendiri mempunyai perbatasan langsung dengan Laut Utara di barat daya, Laut Norwegia di barat, serta Laut Barents di timur laut dan Kepulauan Skagerrak di selatan.

Di sebelah timur, Norwegia berbatasan langsung dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Titik tertinggi di Norwegia adalah Galdhøpiggen dengan ketinggian mencapai 2.469 meter dari permukaan laut.

Iklim di Norwegia adalah iklim temperat, terutama daerah pesisirnya yang di bawah pengaruh Gulf Stream dari samudra Atlantis yang relatif agak hangat akibat dari air laut, sehingga hampir tidak pernah membeku, hanya di bagian utara saja yang mengarah ke kutub utara yang membeku. Musim dingin di utara Norwegia dapat mencapai  minus 30 sampai minus 40 derajad Celsius, sedangkan musim panas di Norwegia agak sejuk karena panasnya tidak “membara” dan lembab.

Alam Norwegia pada umumnya bergunung-gunung, sebagian besar tertutup oleh gletser, dan memiliki tepi pantai sepanjang lebih dari 83.000 km yang dibatasi oleh fyord. Bagian utara negara ini juga dikenal sebagai Tanah Matahari Tengah Malam karena terletak di ujung paling utara bumi, di mana pada setiap musim panas, matahari tidak pernah tenggelam karena saat itu berada di belahan dunia utara, sedangkan di musim dingin, matahari tidak pernah muncul sama sekali karena berada di belahan selatan dunia.

http://www.visitnorway.com/360/geiranger/#/knivsfla

norway05

Seperti yang telah saya uraikan di atas, pemandangan alam Norwegia yang sangat mengagumkan dan hanya ada di sana adalah Fjord. Trollstigen, yang juga dinamakan Trollsroute  adalah jalan mobil nummer 63 di sepanjang lereng gunung Åndalsnes ke arah selatan yang panjangnya sekitar 20 km.

Jalan ini diresmikan pada 31 juli 1936 oleh raja yang saat itu bertachta yaitu Haakon VII, setelah dibangun delapan tahun juga dan merupakan jalan yang berliku-liku. Pada awalnya hanya merupakan satu jalan sempit dimana hanya dua mobil dapat saling melewati dengan susah payah, tetapi kemudian diperbaiki dan diperlebar sehingga merupakan jalan raya yang dapat ditempuh dengan baik.

Di bagian atas pegunungan ini ada satu tempat yang dinamakan Trollstigheim, dimana kita dapat melihat jalan yang berliku- liku berada di bawahnya dan air terjun Stigfossen.

Trollstigen ini di musim dingin ditutup untuk semua lalu lintas sekitar bulan november dan baru sekitar bulan Mei karena hampir selalu dipenuhi salju dan dapat membahayakan, terutama akibat salju longsor yang dikenal dengan nama Avalanche atau Snowslip. Kemungkinan untuk hidup setelah kecelakaan terlanda snowslip sangat kecil sekali.

Tahun lalu putra kedua dari ratu Belanda juga terlanda salju longsor di Lech Austria karena dia melanggar peringatan dengan mendaki tempat yang dilarang karena sering dilanda salju longsor, hanya untuk bermain ski.

Banyak pemain ski salju yang mengambil risiko demikian karena merupakan satu “tantangan” petualangan, tanpa memikirkan sebelumnya risiko yang dihadapinya.

Salju yang longsor ini dapat berjumlah ratusan ribu kilogram dan mempunyai kecepatan sekitar 200 km per jamnya. Tidak ada seorangpun yang dapat hidup lebih dari 60 detik jika terpendam salju dua meter.

norway06

norway07

norway08

Bergen adalah kota kedua terbesar sesudah Oslo dan terletak di propinsi Hordaland, kota ini mempunyai penduduk sekitar 250.000 orang.

Selain itu kota ini dikenal dengan nama “De Syv Fjell”. Salah satu dari nama tujuh gunung yang sangat terkenal sekali Fløyen. Tempat ini hanya dapat dicapai dengan kereta bergerigi “Fløiban” yang ditarik keatas dengan kabel raksasa seperti yang dipakai di Hong Kong jika kita ingin menuju ke Victoria Peak.

Kereta ini diresmikan sejak tahun 1918 menempuh jarak sekitar 850 meter menuju ke puncak yang tingginya 320 meter dan sekaligus merupakan juga satu alat pengangkutan umum dari penduduk yang tinggal di sekitar di lereng gunung ini.

norway09

Gunung tertinggi adalah Ulriken. Dari sini kita dapat melihat pemandangan yang begitu indah di bawah.  Bergen juga kota kelahiran komponis Edvard Grieg. Rumah kelahirannya di Troldhaugen menjadi Edvard Grieg Museum Troldhaugen.

Selain itu Bergen adalah pusat dari perlayaran Hurtigruten cruise di samping juga sangat digemari oleh para back packers untuk mengunjungi fjords.

Setiap backpacker setidaknya sekali di dalam hidupnya harus mengunjungi Norwegia………

norway10

norway11

norway12

Kota terbesar ke 3 di Norwegia adalah Trondheim yang terletak di bagian barat di distrik Sør-Trøndelag , mempunyai penduduk sekitar 170.000  jiwa yang mendiami wilayah sebesar 342 km2  atau ½ dari negeri Singapura!

Trondheim pernah menjadi tempat kedudukan raja Norwegia pada masa sebelum invasi bangsa Swedia. Kota ini dikelilingi oleh banyak  fjord dan terkenal dengan gereja katedralnya yang tua serta mempunyai pelabuhan yang permai.

norway13

norway14

Kota yang sangat penting lainnya adalah Stavanger, kota pusat industri sumber minyak, terletak disebelah barat daya norwegia di propinsi Rogaland.

Stavanger mempunyai iklim laut dan sering hujan, tetapi temperatur di musim dingin tidak begitu rendah dibandingkan kota-kota lainnya, dan hanya disekitar nul derajad Celsius saja.

Penduduk kota ini sekitar 120.000 jiwa, bersama dengan aglomerasi desa disekitarnya, maka kota ini mempunyai penduduk keseluruhan sekitar 170.000 jiwa.

 

NORWEGIAN   WIRTSCHAFTSWUNDER  –  KEAJAIBAN EKONOMI  NORWEGIA.

Apakah kunci sukses yang menyebabkan Norwegia merupakan satu negara yang makmur, meski tidak  mempunyai industri berat yang berarti untuk diexport, kecuali hasil industri per minyakan? Pertanyaan yang menjadi perhatian para makro ekonom di dunia ekonomi, sayapun tidak terkecualian.

Norwegia bukan anggauta Uni Eropa, tetapi bersama dengan negara-negara  seperti Swiss, Islandia, Lichtenstein, Norwegia tergabung dalam satu pakta yang dinamakan  European Economic Area (EEA) dan mempunyai perjanjian bilateral perdagangan bebas dengan Uni Eropa (E.U.) yang mempunyai asosiasi dengan uni ini.

Negara ini menerapkan satu taktik perekonomian yang “berlawanan arah” yang unik sekali  ketika krisis mundial mulai melanda di tahun 2007. Teori dan sistim yang diterapkan oleh Norwegia  tidak dikenal dalam teori ekonomi kapitalisme atau sosialisme.

Pada awal mulanya sering dinilai sinis oleh negara-negara Eropa lainnya. Hampir semua negara di dunia barat mulai memperketat anggaran belanja negara, dan menjalankan politik “penghematan”  di pelbagai bidang, sehingga banyak perusahan, proyek-proyek pembangunan perumahan, infra struktur terpaksa harus  dihentikan. Banyak pabrik bangkrut, ditutup atau harus merger, tetapi Norwegia justru membuka arus keuangan untuk mempompa perekonomian negara dengan membeayai proyek-proyek yang penting yang bersangkutan dengan industri dan ekonomi.

norway15

Pelbagai infra struktur, baik darat, laut dan udara diperbaiki untuk “merangsang” kegiatan ekonomi. Banyak rumah penampungan orang-orang tua dan cacad dimodernisasi.

Dengan demikian diciptakan lowongan kerja untuk penduduk, sehingga taraf hidup juga tetap berada di tingkatan yang sama, untuk menjaga agar tidak dilanda pengangguran yang merupakan salah satu faktor yang membahayakan, karena hanya menimbulkan kekacauan sosial yang mengakibatkan destabilisasi negara. Di masa kekacauan soosial, maka para konsumen sangat berhati-hati dalam mengeluarkan uang (spending effect) untuk konsumsi, sehingga akirnya perekonomian akan goncang, produksi juga akan macet karena produsen tidak berani memproduksi, takut karena tidak terjual. Stagnasi demikian ini akan membawa akibat deflasi, dan pengangguran karena perusahan akan memecat pegawai mereka untuk menghemat ongkos-ongkos produksi. di dunia ekonomi, konsumen  merupakan satu pilar terpenting. Tanpa konsumen yang mengkonsumsi, ekonomi akan macet.

Hasil dari tindakan pemerintah adalah pengangguran di Norwegia sangat rendah sekali, hanya sekitar 3,7%, 10% dari pengangguran di zona Uni Eropa. Dimana pada awal mula krisis, sekitar 34.000 lowongan kerja hancur, pemerintah berhasil menciptakan 24.000 lowongan kerja lagi.  Darimana beaya untuk mengongkosi semua stimulasi perekonomian dalam negeri ini?   Semua ini dibeayai dari pemasukan hasil industri pertambangan minyak !

Pemasukan keuangan tidak dikorupsi masuk kantong para pembesar atau politisi, melainkan  dimanfaatkan betul-betul untuk kesejahteraan seluruh penduduk, tanpa membedakan kewarga negaraannya, selama penduduk asing mempunyai ijin tinggal yang resmi.

Di situlah seninya. Inflasi di Norwegia sangat rendah sekali. Standar hidup penduduk begitu tinggi dan menduduki ranking ke 4 di dunia.

Norwegia mempunyai cadangan devisa  sekitar € 345.000.000.000 untuk dipakai di masa sulit untuk menangani kalamitas di segala bidang.

Tindakan yang diambil pemerintah untuk merangsang  perekonomian bukan diutamakan karena ingin makin meninggikan gaji para karyawan, melainkan untuk menjaga agar ekonomi tidak meyusut. Dengan demikian pendapatan tetap terjamin tanpa berpengaruh besar terhadap pengeluaran konsumen, karena daya beli mereka tetap ada.

Jika penduduk mempunyai pendapatan yang mencukupi untuk kebutuhan hidup dan dapat menabung, maka animo untuk korupsi juga kecil, meskipun dimana pun di dunia ini, selama ada manusia, pasti ada yang rakus seperti tikus, tetapi kecil selali.

Selain itu memang kesadaran masyarakatnya, seperti di negara-negara maju lainnya, sudah sangat tinggi.  25% dari wilayah Norwegia terdiri dari hutan dan industri kayu dijaga agar tidak ada penebangan kayu gelap karena merupakan satu produk export di samping untuk menjaga agar jangan terjadi erosi. Peternakan sapi, domba dipusatkan di sebelah utara karena alamnya yang bersih dan banyaknya rumput segar untuk makanan binatang-binatang ini. Dengan demikian juga kwalitas dari daging sangat terjamin karena hewan-hewan ini tidak dilepas di tempat sampah untuk mencari makanan seperti yang saya lihat di Indonesia dimana banyak sapi dan kambing digembalakan di tempat sampah, sehingga membawa  akibat yang tidak diinginkan untuk kesehatan rakyat, karena binatang ini memakan makanan yang kotor. Sapi adalah binatang memamah biak yang makan rumput dan bukan makan sisa-sisa makanan dari sampah.

Ikan Salmon dari Norwegia sangat terkenal sekali di dunia dan merupakan salah satu produk export terpenting. 1% dari BNP Norwegia didapat dari sektor ini.

Lebih dari 90% dari kebutuhan listrik di Norwegia dibangkitkan dari tenaga air, dan masih ada surplus sehingga memungkinkan untuk diexport lewat jaringan listrik Eropa untuk disalurkan ke pelbagai negara di Eropa. Hydro energie adalah satu produk yang bersih karena tidak menyebabkan polusi. Industri lain yang penting untuk Norwegia adalah pulpa dan kertas, industi perkapalan, dan elektrokimia.  Banyak turis dari Amerika Serikat yang mengeluh waktu mereka mengunjungi  negara-negara E.U. karena sangat mahal untuk mereka. Mungkin mereka belum pernah berkunjung ke negara-negara Scandinavia. Norwegia – Swedia – Finlandia adalah jauh lebih mahal. Luar biasa mahalnya !

Swedia, Finlandia, Denmark adalah termasuk anggauta Uni Eropa, meski hanya Finlandia yang bergabung di Eurozone yang terdiri dari 18 dari 27 negara-negara Uni Eropa, karena memakai mata uang Euro.

norway16

norway17

norway18

norway19

norway20

norway21

norway22

norway23

norway24

norway25

norway26

norway27

norway28

Jalan yang terbaik dan agak “murah” untuk melihat kota Oslo adalah dengan jalan membeli tiket bus “Hop on – hop off ” misalnya untuk satu hari.  Seperti di banyak kota2 besar di Eropa, Amerika Serikat, Canada , Australia sistim transportasi ini adalah yang sangat praktis. Kita hanya perlu membeli tiket untuk satu hari atau beberapa hari dengan harga tertentu, setiap saat kita dapat naik turun dari dan ketempat yang kita inginkan tanpa perlu membayar lagi. Amsterdam, Barcelona, Paris, Madrid,  Berlin, Vancouver, Melbourne, Sydney, Toronto, mengenal sistim transportasi demikian untuk para turis.

 

54 Comments to "Norwegia"

  1. Fifahh  5 September, 2013 at 17:51

    thanks,, informasi yg bnar2 mmbntu sya,,,,
    is the bestt dch pkok.xx
    okeyyy,,, ^^

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.