Pekan Suci dengan Suasana Musim Dingin

Indriati See

 

Tak terasa kalau masa puasa bagi umat Katholik hampir berakhir dan kita sudah berada pada minggu yang disebut Pekan Suci.

Di Jerman, tradisi memasuki masa puasa biasanya ditandai oleh Pesta Karneval yang diselenggarakan oleh setiap organisasi yang ada baik itu berupa pawai di jalan (Karnevalsumzug) seperti yang terkenal dari kota Köln, Aachen, Mainz dst atau di dalam gedung (Karnevalssitzung).

pekan-suci (1)

Aachen, Rosenmontag 2013

pekan-suci (2)

Aachen, Rosenmontag 2013

Pesta Karneval resmi dibuka pada hari St. Martin yang jatuh pada tanggal 11 November tepat pada jam 11:11 dan berlangsung sampai satu hari sebelum hari Rabu Abu (hari pertama puasa) yang tahun ini jatuh pada tanggal 13 Februari.

pekan-suci (3)

Aachen, Rosenmontag 2013

Bagi umat Katholik Jerman yang saya kenal, biasanya selama masa puasa, mereka juga berpantang dan kebanyakan dari mereka berpantang untuk tidak minum alkohol, ngemil manisan seperti coklat, merokok dan niatan pribadi lainnya.

Pada upacara hari Rabu Abu (Aschermittwoch), semua sekolah mengizinkan para murid mereka untuk boleh meninggalkan kelas pada jam mata pelajaran pertama dan kedua untuk mengikuti Misa Rabu Abu di gereja setempat. Setelah penerimaan abu maka puasapun bisa dimulai.

pekan-suci (4)

Misa Rabu Abu untuk murid TK – 2013

Masa puasa yang berlangsung selama 40 hari sangat terasa, sudah pasti bagi mereka yang menjalaninya. Kami yang tinggal di wilayah yang boleh dibilang masyarakatnya masih sangat ketat menjalankan ritual keagamaan, benar-benar turut merasakan apa arti dari masa puasa dan berpantang tersebut.

pekan-suci (5)

Coklat, Permen, Kue Paskah

Dari sisi komersial, penjualan kebutuhan pesta Paskah sudah dimulai dari bulan Januari (setelah Hari Raya Pesta Tiga Raja – 6 Januari). Hm … melihat keadaan seperti itu kami para orang tua hanya bisa mengajarkan kepada anak-anak, apa arti dari perayaan keagamaan berikut dengan simbol-simbolnyajuga pelaksanaan dan penerapannya. Lucu bukan membeli telur Paskah setelah Pesta Natal selesai !!

pekan-suci (6)

Dekorasi Paskah di Pusat Pertokoan

pekan-suci (7)

Desa Paskah

pekan-suci (8)

Sepatu raksasa ;-)

 pekan-suci (9)

Kelinci Paskah

Musim dingin tahun ini cukup lama walaupun menurut penanggalan bahwa musim semi sudah dimulai tanggal 20 Maret tetapi alam seolah-olah belum mau menunjukkan tanda-tanda musim semi. Temperatur dingin (1 – 6 derajat C) tersebut ternyata tak menghalangi masyarakat yang ingin merayakan Pesta Paskah karena terlihat dimana-mana dekorasi Paskah dipajang, dihias dan dijual. Juga tawaran harga barang-barang dengan diskon yang sangat menarik, turut mengundang hasrat tuk membeli hadiah Paskah bagi orang-orang yang dicintai.

Pada hari Minggu terakhir memasuki masa Pekan Suci disebut Hari Minggu Palma dmana pada hari itu kita memperingati; penyambutan kepada Yesus Kristus ketika memasuki kota Yerusalem.

Zitat:

“Anak-anak berlarian menyambut-Nya,

dengan daun-daun palma di tangan,

mereka bernyanyi:

“Hosana, Putra Daud,

Hosanna bagi raja kita!”

Pada masa sekarang, anak-anak tersebut diwakili oleh anak-anak calon penerima Komuni Pertama.

Pelaksanaan misa Minggu Palma (Palmsonntag) di gereja kami (Jerman) dimulai dengan prosesi yang diikuti oleh Putra/i Altar, anak-anak calon penerima Komuni Pertama dan Pastor Paroki. Adapun daun yang dipergunakan bukan daun palma melainkan daun “buchsbaum” yang dihias sedemikian rupa seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini :

pekan-suci (10)

Pada misa tersebut hanya putri bungsu yang bertugas sebagai putri altar, itupun terlambat 3 menit dimana prosesi sudah mulai berjalan menuju gereja. Pastor kami yang baru, berasal dari Polandia, berusia masih muda dan sangat baik. Ketika melihat si bungsu berlari tuk ganti baju, beliau hanya tertawa sambil berkata; “bergegaslah Martha, kami menunggu kamu”.

pekan-suci (11)

Prosesi Minggu Palma 2013

Karena saya yang mengemudi, saat itu saya sebagai ibu merasa bersalah atas keterlambatan kami.

Misapun dimulai tepat pukul 09:15 dengan khidmat. Setelah misa selesai, masing-masing dari umat boleh mengambil daun buchsbaum (pengganti daun palma) yang sudah diberkati untuk dibawa pulang dan disimpan di rumah sampai tahun depan, dikembalikan ke gereja untuk dibakar dan abunya dijadikan abu dalam peringatan Hari Rabu Abu.

Semoga info diatas berguna dan sampai jumpa di artikel berikutnya tentang perayaan Hari Kamis Putih, Jum’at Agung dan Paskah.

Selamat menjalan Pekan Suci dan Salam Baltyra.

Image: 1, koleksi pribadi

 

20 Comments to "Pekan Suci dengan Suasana Musim Dingin"

  1. Indriati See  2 April, 2013 at 06:57

    Wow … bikin ngiri aja Mbak Lani kapan ya saya bisa jalan2 ke tempat Mbak … kirim mataharinya aja dulu deh

  2. Lani  1 April, 2013 at 23:33

    15 INDRI : nah tuh……..kalian yg di eropa pd kedinginan di hari Paskah………di Kona kebalikannya, cerah, anget………setelah rampung misa kami langsung having brunch di restoran dipinggir laut, mentari mencorong……..anget, sgt indah, langit dan laut kebiruan………

  3. Indriati See  1 April, 2013 at 18:03

    Terima kasih kakakku bahagia dikunjungi disini (Baltyra) … ajak anak2 juga tuk membaca postingan dari teman2 Baltyra; sangat informatif dan bermanfaat

    Soen sayang juga dari kami disini tuk keluarga terkasih di Jayapura

    Selamat Paskah dalam cinta dan kasihNya

  4. Indriati See  1 April, 2013 at 17:59

    Sama2 JC … ngomong2 tentang cuaca di masa Paskah tahun ini, memang cukup ekstrem, yang kasihan itu para petani, dimana tanaman mereka mulai tumbuh, tiba2 salju turun … hiks

    Met Paskah tuk JC sekeluarga dam cinta dan kasihNya.

  5. Indriati See  1 April, 2013 at 17:56

    @Hennie – Terima kasih sist … Schoene Gruesse

    @Alvina – Terima kash Mbak dan Selamat Paskah juga tuk Mbak sekeluarga dalam cinta dan kasihNya

    @Dewi – Terima kasih sist Dewi, salam hangat dari belahan dingin & Tuhan memberkati

  6. Indriati See  1 April, 2013 at 17:52

    Terima kasih Mbak Lani Selamat Paskah juga tuk Mbak sekeluarga dalam cinta dan kasihNya

  7. Indriati See  1 April, 2013 at 17:47

    Wow … mantap tuh sist Linda ! … jika memang cocok, mengapa tidak ? … Saya juga sering mengurangi karbohidrat (nasi, mie, kentang) dan hanya makan sayur dan ikan saja

    Met Paskah sist dalam cinta dan kasihNya …

  8. Indriati See  1 April, 2013 at 17:45

    Sama2 Mas Juwandi. Terima kasih jika tulisan diatas bermanfaat … Salam bahagia selalu.

  9. J C  1 April, 2013 at 16:08

    SELAMAT PASKAH Indri dan keluarga ya…semoga berkah Paskah menaungi dan melimpahi Indri sekeluarga…

    Masih rada heran juga, bulan sudah April kok di beberapa tempat di negara 4 musim masih turun salju ya…

  10. benedictus renny see  1 April, 2013 at 09:17

    selamat paskah In, salam untuk Marthin, Johanes, Agatha dan Martha dari kami di Jayapura

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.